Forum > Agama dan Filosofi

Bukti Eksistensi TUHAN

<< < (78/79) > >>

rizqi_fs:
kok ga kena banget y? maaf y

Klo Al Quran sebgai bukti adanya Tuhan gimana tuh menurut anda :D ?
dengan kejaiban-keajaiban yang ada didalamnya :), yang tidak mungkin itu manusia yang membutanya :)

cronny:
iya saudara rizqi, saya tau ttg keajaiban penafsiran2 nya.
Yg saya mao tanya, apa anda sudah yakin sama penafsiran anda? Apa anda berani mengakui ada kesalahan di dalam alquran tsb jika penafsiran anda salah?
Kalau anda bener2 yakin dan berani mengakui jika salah, silahkan jabarkan. Kalau main multi tafsir, sampai kapan juga ngak bakal beres.

rizqi_fs:
Al Quran itu adalah ayat yang jelas, menafsirkan Al Quran tentu dengan sumber yang benar. Saya cuman memberikan informasi yang ada dialam dan ternyata di Al Quran telah diceritakan. Just it

Bisa anda jabarkan mana yang menurut anda keliru dari Al Quran?

cronny:
alquran jelas??? yakin loe?
jadi hadist buat apa?
suatu yg jelas butuh buku lain buat penafsiran nya?

semut-ireng:
Pertanyaan paling bagus.   Salut @Cronny.

Skak mat deh ................................... ;D

Herwitz:
@ Rizqi

Klo Al Quran sebgai bukti adanya Tuhan gimana tuh menurut anda  ?
dengan kejaiban-keajaiban yang ada didalamnya , yang tidak mungkin itu manusia yang membuatnya

Iyaa,, film Spongebob juga adalah bukti adanya Dewa Neptunus, Mermaid Man, dan Barnacleboy karena keajaiban-keajiban Mereka yang ada di dalamnya... :D

Herwitz:
@ Cronny

alquran jelas??? yakin loe?
jadi hadist buat apa?
suatu yg jelas butuh buku lain buat penafsiran nya?

Mungkin maksudnya jelas tulisannya... hehe,, :)

*Sorry kalau OOT,,

cronny:
Oot dikit ah,
ini thread umur nya panjang banget yah... Sudah ke halaman 78 postingan ke 1161.
Nanti kalau sampai halaman ke 100, dapat hadiah kali dari moderator nya ;D

MonDay:
wajar dong
krn msh ada pencari Tuhan seperti sy

btw agama koq kek pseudosains ya
km hanya perlu percaya ga usah banyak tanya that's it
lagian setiap agama koq menganggap agamanya spesial
agama sy yg plg bagus, bukan agama sy dst dst  ::)  ::)  ::)

dr ramalan2 akan muncul agama Tuhan
yang menyatukan semua agama, mungkin itu FSM hehehe

kalo sy membuat suatu agama baru
agama Spongebob dengan FSM sbg nama lain dr Tuhan
dan orang-orang dungu (Patrick) akan mempertanyakan keajaiban2 yg bs dilakukan FSM

MonDay:

--- Kutip dari: Pi-One pada Januari 05, 2011, 10:32:14 AM ---
Ini adalah lukisan karya Michaelangelo yang menggambarkan penciptaan Adam oleh Tuhan.

--- Akhir Kutipan ---

Michaelangelo seakan2 memberi tahu kita bahwa Tuhan itu ada dalam otak kita tak terjamah (tersentuh)
coba lihat gambar Tuhan dikelilingi Malaikat seperti gambar otak tangannya tak menyentuh

MonDay:
nemu di Kaskus, bgs juga argumen Aristoteles

--- Kutip ---"Aristoteles mencoba membuktikan keberadaan Tuhan(yakni sekedar membuktikan bahwa Tuhan itu ada, bukan bermaksud mendefinisikan Tuhan itu apa, Dzat-Nya terbuat dari apa dsb...) dengan argumen sebagai berikut...
Menurut Aristoteles, dengan asas berpikir prinsip "kausalitas", yakni bahwa setiap akibat pasti memerlukan sebab, maka dapat kita lihat bahwa setiap sesuatu yang kita ketahui itu memerlukan sesuatu yang lain supaya dirinya bisa terwujud. Dari sini kita peroleh 2 hal;
1. Realitas yang bergantung pada sesuatu yang lain (disebut akibat),
2. Realitas yang digantungi oleh sesuatu yang lain (disebut sebab).
Bila ternyata realitas sebab itu memerlukan sesuatu yang lain juga, maka dapat dikatakan dia juga sebagai akibat bagi sesuatu yang digantungi itu.... dst.
Maka, kausalitas atau sebab-akibat ini pun membentuk suatu rantai sebab-akibat.
Nah, rantai sebab-akibat ini memiliki beberapa kemungkinan sbb:
1. Tidak berujung ( A disebabkan B, B disebabkan C, C disebabkan D, D disebabkan E, dst.--- tak berujung)
2. Berujung pada sebab yang tidak lagi disebabkan (A disebabkan B, B disebabkan C, C disebabkan D, D disebabkan X, X tidak lagi disebabkan oleh apapun --- berujung pada X sebagai sebab awal)
3. Berputar atau daur.(A disebabkan B, B disebabkan C, C disebabkan A.)

Nah, kemungkinan ke-3 adalah mustahil. Mengapa? Karena berdasarkan kaidah "Setiap Sebab tentu lebih sempurna daripada akibatnya", maka kemungkinan ketiga adalah mustahil adanya. Yakni mustahil C disebabkan oleh A, padahal A tidak lebih sempurna daripada C, sehingga tidaklah mungkin mengakibatkan C.

Beralih kepada kemungkinan ke-1, itupun mustahil. Mengapa? karena bila rantai sebab-akibat ini tidak berujung, artinya semua yang ada ialah akibat. Bila semuanya adalah akibat, bagaimana mungkin ia bisa terwujud..??
(Ibaratnya katakanlah ada 15 orang pelari yang tidak akan mulai berlari sebelum salah satu di antara mereka ada yang berlari terlebih dahulu. Maka, agar mereka sungguh-sungguh mulai berlari, harus ada setidaknya salah satu diantara mereka yang mau berlari tanpa syarat.)
Nah, bila kenyataannya kini akibat itu memang ada (dalam analogi tadi 15 orang pelari itu memang berlari) itu berarti memang ada Sebab awal yang tidak memerlukan sebab lain bagi keberadaannya (Alias Sebab Primer/ prima causa, dalam analogi tadi adalah pelari yang berlari tanpa syarat).
Maka, kemungkinan ke-2 lah yang benar.
Nah dengan demikian, keberadaan Sebab awal yang tidak lagi disebabkan itu terbukti kebenarannya.
Dan, dengan kaidah, setiap sebab pasti lebih sempurna daripada akibatnya, maka sebab awal ini pastilah yang paling sempurna dari segala yang ada, yang karenanya, dikatakanlah bahwa itulah yang disebut dengan "Tuhan".
Demikian argumen Aristoteles..."

--- Akhir Kutipan ---

mungkin argumen di atas sedikit menjawab dr hal ini


--- Kutip dari: Herwitz pada Januari 04, 2011, 08:21:21 AM [email protected] MonDay

sy prnah berpikir bgn
manusia nanti akan menciptakan robot
dan diberik artifical intelejen
manusialah penciptanya dan penentu keadaan hidup robot itu
nanti robot akan menciptakan lg mahluk berikutnya
bgt seterusnya

Kalau untuk kedepan begitu seterusnya, mungkin untuk kebelakang begitu seterusnya juga yaa,, alias tanpa awal dan akhir... :)
Waoww,, orang yg beranggapan semacam itu akan merugi selama-lamanya karena telah mengingkari keberadaan 'Monster Spaghetti Terbang'...!!! :o
.
.
ternyata manusia juga merupakan ciptaan
ada 7 level (7 langit) menurut bbrp kitab, berarti yang terataslah Yang Maha Kuasa

Dan yang Maha Kuasa,, siapa lagi kalau bukan 'Monster Spaghetti Terbang'... ;D

--- Akhir Kutipan ---

MonDay:
lagi sy berpikir bgn
sori ya double double post soalnya isiya beda2

bagaimana jika yang di luar ini adalah palsu
maksudku ini hanya represntasi indra semata
seperti menjelaskan merah pada orang buta
jd sebenarnya Tuhan menanamkan chip ke otak kita
melihat alam yang seakan tersentuh sebenarnya hanya ilusi
koq jd teringat The Matrix ya ~~
bahwa manusia sebenarnya tidur dikendalikan para robot
manusia hidup dalam dunia virtual dan Neolah yang menyadari itu

dan lagi bagaimana jika kita hanya robot
maksud sy kita hanya ciptaan sepeti yg sy katakan sblmnya
seperti kita menciptakan robot begitulah Tuhan menciptakan kita

rizqi_fs:

--- Kutip dari: cronny pada Januari 05, 2011, 06:04:46 PM ---alquran jelas??? yakin loe?
jadi hadist buat apa?
suatu yg jelas butuh buku lain buat penafsiran nya?

--- Akhir Kutipan ---
Yakin :) Al Quran itu adalah kitab yang sangat jelas. hadist itu adalah perkataan, perbuatan, ketetapan dan diamnya Rosul Alloh :)
Mengapa orang Islam pakai Hadist? karena diperintahkan di dalam Al Quran :)

Allah memberi petunjuk jalan-jalan keselamatan kepada orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya.

Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan

Herwitz:
@ MonDay


Maka, kausalitas atau sebab-akibat ini pun membentuk suatu rantai sebab-akibat. Nah, rantai sebab-akibat ini memiliki beberapa kemungkinan sbb:

1. Tidak berujung ( A disebabkan B, B disebabkan C, C disebabkan D, D disebabkan E, dst.--- tak berujung)

2. Berujung pada sebab yang tidak lagi disebabkan (A disebabkan B, B disebabkan C, C disebabkan D, D disebabkan X, X tidak lagi disebabkan oleh apapun --- berujung pada X sebagai sebab awal)

3. Berputar atau daur (A disebabkan B, B disebabkan C, C disebabkan A)

                                        =========||==========
Nah, kemungkinan ke-3 adalah mustahil. Mengapa? Karena berdasarkan kaidah "Setiap Sebab tentu lebih sempurna daripada akibatnya", maka kemungkinan ketiga adalah mustahil adanya. Yakni mustahil C disebabkan oleh A, padahal A tidak lebih sempurna daripada C, sehingga tidaklah mungkin mengakibatkan C.

Nyatanya tidak mustahil tuhh,, seperti pada Ibu yang abnormal melahirkan anak yg normal, dimana sebab tidak lebih sempurna dari akibat. Lagian, sempurna-tidak sempurna itu sifatnya subyektif, misalkan pada siklus air,, mana yg lebih sempurna antara air (cairan), es (padat), dan uap (gas)..?? :)

Juga,, kejadian pada siklus yg sekarang tidaklah sama dengan siklus yg terdahulu maupun yg akan datang, seperti pada siklus hari.. Walaupun sama-sama hari Minggu, mungkin bagi sebagian orang kehidupannya di hari Minggu yg sekarang jauh lebih sempurna daripada kehidupannya di hari Minggu yg lalu... :)
.
.
Beralih kepada kemungkinan ke-1, itupun mustahil. Mengapa? karena bila rantai sebab-akibat ini tidak berujung, artinya semua yang ada ialah akibat. Bila semuanya adalah akibat, bagaimana mungkin ia bisa terwujud..??

Keliru,,!! Justru semuanya adalah sebab sekaligus akibat.. Bapak-ibumu adalah akibat dari adanya kakek-nenekmu sekaligus sebab dari adanya kamu.. Begitu juga dengan ada-ada yang lain.. :)
.
.
Maka, kemungkinan ke-2 lah yang benar.
Nah dengan demikian, keberadaan Sebab awal yang tidak lagi disebabkan itu terbukti kebenarannya. Dan, dengan kaidah, setiap sebab pasti lebih sempurna daripada akibatnya, maka sebab awal ini pastilah yang paling sempurna dari segala yang ada, yang karenanya, dikatakanlah bahwa itulah yang disebut dengan "Tuhan".

Kaidahnya aja tidak sesuai dgn kenyataan dan terlalu subyektif.. kok bisa-bisanya dikatakan kemungkinan kedua-lah yg benar... Aneh,,!!! =_="

maula:

--- Kutip dari: rizqi_fs ---Mengapa orang Islam pakai Hadist? karena diperintahkan di dalam Al Quran
--- Akhir Kutipan ---
apa iya ayat mana yang memerintahkan pake hadist ?

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

[*] Halaman sebelumnya

Ke versi lengkap