Berita: Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi
Teknik ini tidak akan menolong kita jika yang ingin kita ketahui umurnya masih hidup, misalnya teman mengobrol kita lewat internet yang mengaku 25 tahun. Penentuan umur menggunakan teknik radiokarbon (radiocarbon dating) berguna untuk menentukan umur tumbuhan atau sisa hewan yang mati sekitar lima ratus hingga lima puluh ribu tahun lampau.

Sejak ditemukan oleh gurubesar kimia University of Chicago, Willard F. Libby (1908-1980) sekitar tahun 1950-an (ia menerima Hadiah Nobel untuk penemuan tersebut pada tahun 1960), teknik radiokarbon telah menjadi perkakas riset sangat ampuh dalam arkeologi, oseanografi, dan beberapa cabang ilmu lainnya. Agar teknik radiokarbon dapat memberitahu umur sebuah objek, objek tersebut harus mengandung carbon organic, yakni karbon yang pernah menjadi bagian dalam tubuh tumbuhan atau hewan. Metode radiocarbon dating memberitahu kita berapa lama yang lalu suatu tumbuhan atau hewan hidup, atau lebih tepat, berapa lama yang lalu tumbuhan atau hewan itu mati.

Uji radiocarbon dapat dilakukan terhadap bahan-bahan seperti kayu, tulang, arang dari perapian perkemahan atau gua purba, atau bahkan kain linen yang digunakan untuk membungkus mummi, karena kain linen itu terbuat dari serat tanaman flax. Karbon adalah salah satu unsur kimia yang dikandung oleh setiap makhluk hidup dalam bentuk macam-macam bahan biokimia, dalam protein, karbohidrat, lipid, hormone, enzim, dsb. Sesungguhnya, ilmu kimia yang mempelajari bahan kimia berbasis karbon disebut “kimia organik” karena dahulu orang yakin bahwa satu-satunya tempat bagi bahan kimia ini adalah makhluk hidup. Kini, orang tahu bahwa kita dapat membuat segala macam bahan kimia organik berbasis karbon dari minyak bumi tanpa harus mengambil dari tumbuhan atau hewan.

Tetapi, karbon dalam makhluk hidup berbeda dalam satu hal penting dari karbon dalam bahan-bahan bukan makhluk hidup seperti batu bara, minyak bumi, dan mineral. Karbon “hidup” mengandung sejumlah kecil atm karbon jenis tertentu yang disebut karbon-14, sedangkan karbon”mati” hanya mengandung atom-atom karbon-12 dan karbon-13. Ketiga macam atom-atom karbon berbeda itu disebut isotop-isotop karbon; mereka semua mempunyai perilaku sama secara kimiawi, tetapi mempunyai berat yang berbeda-beda, atau lebih tepat, mempunyai massa berbeda-beda.

Yang unik seputar karbon-14, disamping massanya, adalah karena mereka radioaktif. Yakni, mereka tidak stabil dan cenderung melapuk, terpecah sambil menembakkan partikel-partikel subatom: disebut partikel-partikel beta. Dengan demikian semua makhluk hidup sebetulnya bersifat radioaktif, meskipun sedikit, yaitu karena memiliki karbon-14. Betul termasuk anda dan saya, kita semua radioaktif. Orang dengan berat 68 kg mengandung sekitar sejuta miliar atom karbon-14 yang menembakkan 200.000 partikel beta setiap menit!!

Artikel Kimia Lainnya

Tanggapan *

1) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh tj_david pada Agustus 06, 2008, 02:20:39 PM
Keren tuh, jadi g bisa diboongin ma orang ngakunya sweet 17 tapi nyatanya uda 71. wkwkwk

2) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh ajhoaphoe pada November 12, 2008, 10:59:58 PM
jadi tubuh kita bisa jadi bom atom nih...

3) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh 0 pada November 19, 2008, 04:07:29 PM
jadi kita mesti rame-rame nemuin kalau perlu buka sayembara.....nemuin fosilnya nabi adam biar perdebatan teori evolusi tentang manusia selama ini bisa mencapai titik nadir....

4) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh elmaz pada Januari 12, 2009, 09:03:28 AM
kimia..kerennn..hehehe

5) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh Ran pada Januari 19, 2009, 11:35:19 AM
wah,,hebat ya?!
keren...

truz, boleh tw lebih detil gak gmn cara kerja na??
gmn aj step" nd proses na gtu....

makasih....
i love chemistry....^^

6) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh loser1942 pada Mei 29, 2009, 11:00:05 PM
i love all science!!!!
ehh ini bukannya udah lama banget yaaa.....
baru pada tau ada alat beginian?
tapi cara kerjanya gua blom tau, gimana sih??

7) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh lord ily pada Juli 28, 2009, 04:01:40 PM
aku og bingung ya...

8) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh egi pada Oktober 15, 2009, 05:54:15 PM
ah,... jd kita bisa mledak????

9) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh FAHMI_T pada November 18, 2009, 02:24:09 PM
Boleh tau cara kerjanya ga????????

10) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh heriwidanarko_kamandaka pada Desember 13, 2009, 10:45:19 AM
bro ridwan sbnarnya kita gak harus mencari fosil nabi adam..trnyata sblum nabi adam ada lagi jnis manusia sblum dia..bngsa diu,lemurian,nishnash,nefhilin,dominion..berarti lebih bgus lagi kalo kita nyari fosil2 jnis mreka.. :) kalo gw sich cuma mau cari kunci2 hormonnya..knapa orang dulu tinggi2 pasti tingkat radio aktif bisa smpe trilyunan ribu tuch.. :)

11) Re: Apakah teknik radiokarbon dapat digunakan untuk mengetahui umur apa saja?
oleh meida pada Mei 14, 2010, 10:14:24 PM
salam kenal
boleh g anda menirim artikel ttg ini keemail saya

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.