Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi
Tumbuhan mungkin makhluk tak berakal terbaik yang pernah diciptakan. Yang dibahas sekarang adalah bagaimana tumbuhan mampu menyerap air dan mineral dari dalam tanah hingga mencapai ketinggian ratusan meter? Wah, memang sulit dipercaya. Bagaimana tidak, itu sama saja melawan gravitasi. Bahkan dengan tekhnologi tercanggih saat ini memerlukan pompa yang canggih untuk melakukan hal seperti itu.

Tapi, bagaimana tumbuhan dapat melakukannya?

Mudah saja bagi Tuhan untuk melakukannya. Tapi, bagi kita untuk memecahkannya saja sulit. Sampai saat ini, ilmuwan belum dapat memastikan secara pasti teori mengenai masalah ini. Ilmuwan hanya mampu mengajukan beberapa teori yang masuk akal mengenai hal ini. Salah satu teori yang paling terkenal adalah bahwa tumbuhan memanfaatkan perbedaan tekanan air di dalam dan di luar sel pengangkut (xilem). Jadi, tumbuhan harus terus menyesuaikan tekanan di dalam sel-sel xilemnya. Asal tahu saja, sel-sel xilem adalah sel mati. Xilem terdiri dari sel-sel pembuluh dan trakeid. Sel-sel itu seperti pori-pori yang saling terhubung yang memungkinkan air untuk melewatinya.

Dan bagaimana tumbuhan memanfaatkan perbedaan tekanan tersebut?

Saat tekanan di luar sel tinggi, maka tumbuhan harus berusaha untuk mempertahankan tekanan di dalam selnya dengan tidak menguapkannya terlalu banyak, karena hal itu dapat menyebabkan air di luar sel masuk terlalu banyak dan yang nantinya dapat menyebabkan tumbuhan kelebihan air dan membusuk. Lalu, jika  tekanan di luar sel rendah, maka tumbuhan harus menyesuaikan tekanan di dalam selnya untul lebih rendah agar air dari tumbuhan tidak keluar dari sel dan sebaliknya, air dari luar sel dapat masuk ke dalam sel. Dengan begitu, tumbuhan dapat mengambil air sebanyak-banyaknya.

Artikel Biologi Lainnya

Tanggapan *

1) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh iklangratis pada Pebruari 25, 2010, 03:15:35 PM
wa.. keren ya, baru kepikiran sekarang, bagaimana dengan proses fotosintesa? trus kenapa akar mereka bisa dengan sendirinya mencari sumber air dan makanan ya?

2) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh nandaz pada Maret 10, 2010, 11:07:00 AM
ada tiga faktor yang membuat air naik sampai keatas dan dedaunan tumbuhan kuketahui dulu dari pelajaranku; tiga itu yaitu...  tekanan akar, daya isap daun, dan terakhir sifat kapilaritas batang.

3) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh black molly pada Maret 17, 2010, 09:55:45 AM
subhanallah, trus kalo tumbuhan tersebut tumbuh di daerah gersang (gurun) bagaimana kok dia bisa survive yah.. trus klo tumbuhan itu deket sama air dia juga tidak kemaruk sehingga tumbuhannya menjadi gendut wkwkwk

4) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh wibi pada Maret 20, 2010, 06:48:27 PM
tapi air bisa masuk ke xilem dengan memanfaatkan prinsip pipa kapiler,kan? -_-

5) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh nandaz pada Maret 30, 2010, 09:16:54 PM
seperti yang kubilang tadi, bukan hanya prinsip pipa kapiler, ada dua lagi yang mempengaruhinya...

6) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh Syafrudin, S.Pd pada April 02, 2010, 10:25:52 PM
Kalau menurut pemikiran saya yang cuma tau fisika ketika SMP dulu begin: Tumbuhan menmanfaatkan sistem permukaan air pada bejana, permukaan air pada bejana kapiler selalu lebih tinggi dari bejana yang lebih besar contoh akar tanaman, akar tanaman berbentuk halus yang mempunyai sel-sel xilem yang berfungsi sebagai bejana kapiler sehingga air yang terdapat di dalam tanah yang jarak puluhan meter akan lebih mudah diserap oleh tanah karena perbedaan ketinggian air tersebut. (Kalau salah jangan diketawaiin yaa... maklum udah lama nggak belajar lagi.)

7) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh Rana pada April 09, 2010, 04:05:55 PM
ya, sepertinya untuk penyerapan air dari dalam tanah ke tubuh tumbuhan menggunakan perbedaan tekanan air antara tanah dan  xylem (osmosis). Tapi untuk sampainya air ke daun mungkin dengan tiga faktor itu, kapilaritas, daya isap daun, dan tekanan akar. tapi kalau sifat evaporasi berpengaruh gak ya?

8) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh fitriasiska pada April 16, 2010, 02:01:34 PM
mbak atau mas,
q mau tanya nih,
itu cara masuknya air ke akar pake osmosis, difusi, atau difusi terfasilitasi?

9) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh angel of cell pada April 21, 2010, 01:14:40 PM
tumbuhan itu, dengan sendirinya menyerap larutan dalam tanah karena perbedaan kadar garam / konsentrasi larutan. hal itu (bener banget) hanya dipengaruhi oleh perbedaan konsentrasi antara larutan dalam sel dan luar sel. Proses itu itu di sebut osmosis , bukan difusi...kalo difusi tidak melalui membranpermeabel tapi kalo osmosis itu melalui membran semipermeable.
Jadi teman2 jangan terlalu berfikir antara sains dengan agama, tumbuhan memang makhluk hidup, tapi gak sama dengan manusia, jadi jangan berpikir seperti manusia....kgak bakal ketemu dehhhhhhh

10) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh ka-chan pada April 23, 2010, 07:56:00 PM
Sama aja kayak proses difusi-osmosis, bukan?!

11) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh angel of cell pada April 26, 2010, 12:27:59 PM
lebih tepatnya osmosis saja kan? karena tidak ada pergantian perpindahan. kalao difusi kan perpindahan larutan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi renndah, sedangkan osmosis adalah perpindahan larutan dari konsentrasi renda ke konsentrasi tinggi

12) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh violet87 pada Mei 02, 2010, 02:13:39 AM
akar mempunyai banyak pori2 sebagai proses resapan tumbuhan, pori2 tersebut ternyata bersifat vakum.

13) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh angel of cell pada Mei 05, 2010, 11:25:35 AM
pori2 kan sebagai jalan saja, sedangnkan pori2 itu memiliki sel di dalamnya yang memiliki larutan berkonsentrasi

14) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh SMILE GIRLS pada Mei 08, 2010, 02:56:28 PM
gimana cara nya yyyyaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!

16) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh Mat Dillom pada Juni 10, 2010, 05:27:51 AM
Waktu di Jakarta ane ke tukang taman. Ada pohon yang menarik. Ane kira bonsai, ternyata bukan. Batang pohon besar dipotong lalu dipasang
pohon berdaun kecil-kecil dengan cara "menempel". Kok bisa yah, ane sampe berfikir, ternyata batang pohon bersar bisa berfungsi sebagai
"selang" untuk phon kecil bagi proses fotosintesa.

17) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh Cain66 pada Juni 11, 2010, 12:24:54 AM
Yap, tumbuhan memang luar biasa, maksudnya semua makhluk ciptaan Tuhan juga luar biasa, tapi sampe beratus-ratus meter!! Ga kepikiran gw, inget pohon randu deket rumah kakek yg tinggi banget, iya ya, hebat!!

Btw, gw nubie, kenalin yah, pengen mengenal science lebih dalam

18) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh muhsatrio pada Juni 13, 2010, 03:56:14 PM
Biasanya sih tumbuhan nyerap air dan mineral pake akar..

19) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh Matital Bosten Rilond pada Juni 21, 2010, 03:52:10 PM
kan xilem adalah sel sel mati tapoi kenapa dapat bekerja utk mengankut air aaaari dalam tanah samapi k seluruh bagian tumbuhan...????

20) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh mustafaadnani pada Juli 09, 2010, 10:52:41 PM
sama ga ama penyerapan minyak tanah pada lampu (AMAN DOELOE)

21) Re: Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?
oleh alchemia pada Juli 23, 2010, 08:00:06 PM
rasanya dulu di sebuah buku alkimia pernah saya baca, mungkin agak2 menyinggung tentang flux dan magnetis bumi/langit?? (sorry lupa)

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.