Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi
Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menilai fenomena Unidentified Flying Object (UFO) bukan sebagai bagian dari pembahasan secara scientific (ilmiah,red). Pasalnya, keberadaan UFO ini tidak pernah bisa dibuktikan secara ilmiah.

"Dalam nomenklatur kajian antariksa, UFO tidak pernah masuk sebagai kajian ilmiah," ujar Peneliti LAPAN, Thomas Djamaludin, Selasa (8/4).

Thomas mengakui bahwa ada sebagian masyarakat yang mengaku pernah menyaksikan atau melihat objek luar angkasa yang berbentuk seperti topi dan bercahaya, ataupun bentuk lainnya, dan menyebutnya sebagai UFO. Bahkan, dari informasi yang diperoleh Republika, pada Juni mendatang, pemburu UFO dari seluruh Indonesia akan berkumpul di Bandung untuk menantikan datangnya penampakan UFO. Mengenai hal ini, Thomas menegaskan, berbagai kesaksian dari orang yang pernah melihat benda luar angkasa yang disebut UFO ini tidak pernah bisa dibuktikan secara ilmiah. "Kesaksian-kesaksian itu sifatnya lebih personal saja," cetus dia.

Beberapa waktu yang lalu, kata Thomas, National Aeronautics and Space Administration (NASA) pernah melakukan kajian terhadap foto sebuah object yang bercahaya dan bentuknya mirip Apollo. Gambar objek tersebut difoto oleh salah seorang astronot saat penerbangan Apollo.

Dari hasil kajian NASA, kata Thomas, objek dalam foto itu ternyata salah satu bagian dari Apollo itu sendiri. Dengan demikian, kata dia, NASA pun tidak pernah memiliki bukti secara ilmiah adanya UFO.

Thomas menambahkan, dirinya pernah melihat di internet ada gambar makhluk luar angkasa yang tengah dibedah oleh sekelompok ilmuwan. Anehnya, kata dia, kalau hal itu memang itu benar terjadi, kenapa sampai sekarang, tidak pernah ada paper ilmiah yang menjelaskan soal itu.

"Bagi kalangan ilmuwan, hal ini merupakan sebuah prestasi yang dapat mengantarkannya memperoleh nobel. Jadi, tidak mungkin disembunyi-sembunyikan," cetus dia.

Meski begitu, Thomas menjelaskan, dalam nomenklatur astronomi, memang terdapat kajian khusus mengenai kemungkinan adanya kehidupan lain di luar Bumi. Nama kajian itu adalah Bio Astronomi.

Tapi, kata dia, dalam Bio Astronomi ini, kajiannya difokuskan pada kemungkinan-kemungkinan kehidupan lain di luar angkasa berdasarkan indikator-indikator tertentu yang memang bisa dibuktikan menjadi penunjang kehidupan.

Menurut Thomas, masih adanya sebagian masyarakat yang mempercayai UFO merupakan hak masyarakat. Meski demikian, Thomas menghimbau, jika ada masyarakat yang menyaksikan fenomena antariksa seperti benda bergerak disertai cahaya, sebaiknya segera melaporkan ke LAPAN.

"Nanti, kami akan melakukan kajian secara ilmiahnya sehingga bisa menjelaskan kepada masyarakat," jelas dia.

Artikel Umum Lainnya

Tanggapan *

1) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh 0 pada September 22, 2008, 11:59:49 PM
y, sbenernya dari penamaan UFO itu sendiri telah membuktikan bahwa baik alien atau kendaraan itu sendiri tidak akan terdeteksi, secara Unidentified, maka, selama dinamakan UFO, akan selalu tak teridentifikasi...


2) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh Idad pada September 25, 2008, 08:16:33 PM
berarti kalo UFO udah teridentifikasi, namanya bukan UFO lagi donk

3) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh HammaR pada Oktober 18, 2008, 11:33:10 AM
Selama phenomena ini bersih dari intrik monetari,finansial, imigrasi dan efek socio-pilitiks, sepertinya event ini memang PHENOMENA (?), kalopun kita bisa memperoleh artefak dari kendaraan termaksud ataupun mahluk yg mengendarainya, apalagi sampai bisa masuk ke HQ (DeathStar ?) daripada mereka itu, saya kira masih jauh sekali, atau kejauhan.

4) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh mcfbcmnfsz1 pada Oktober 20, 2008, 05:17:45 PM
Mengenai UFO ini sendiri, ada yg pro dan kontra..

nah masalahnya jika UFO ini bohongan, mengapa CIA punya divisi spesifik yg menangani masalah informasi UFO..
apa hal ini menunjukkan UFO ini ada?

ato jangan2, proyek mata2 US yg mengatasnamakan UFO?

5) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh cempari pada Oktober 21, 2008, 09:49:18 AM
Suatu hal yang fenomenal itu tidak selalu ilmiah. Banyak hal ilmiah yang luar biasa didapatkan dengan cara di luar ilmiah.
Kapasitas logis setiap orang itu berbeda-beda, itu karena IQ manusia juga berbeda-beda. Logis buat anda, bukan berarti logis buat saya.

Artikel diatas membuktikan bahwa, proses pengkajian ilmiah kita masih berkiblat pada NASA. NASA bilang tidak ilmiah, kita juga bilang tidak ilmiah. Ini diibaratkan menyerah sebelum berperang.

Bukti UFO itu ada,  dan itu banyak sekali, suatu negara yang pernah mengidentifikasi UFO tidak akan membocorkan informasi ini ke negara lain, karena jika UFO itu berhasi di replika teknologinya, itu adalah keuntungan yang sangat besar.

6) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh alfan pada Oktober 23, 2008, 09:59:30 AM
Betul! makanya disebut UFO, karena belum teridentifikasi. Tetapi bukan tidak mungkin ada makhluk lain selain mahkluk bumi dari tatasurya yang lain. Karena bumi kan hanya anggota dari salah satu tatasurya, sedangkan di luar sana ada ribuan bahkan jutaan tata surya yang lain.

Dan mungkin saja mahkluk di luar sana jauh lebih maju teknologinya dibanding mahkluk bumi. Wallahu'alam.

7) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh h4ry pada November 03, 2008, 01:45:05 PM
Hmmm . . .yang di takutkan ,mereka udah mempunyai kendaraan yang bisa melampaui beberapa juta tahun cahaya , , , ,so pasti teknologi mereka  . . jaaaaaaaaauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh lebih canggih . . . .

8) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh anni3 pada Pebruari 19, 2009, 02:59:10 PM
Kita masih belum mengetahui apakah UFO itu benar-benar ada atau tidak. Mungkin karena IQ kita belum sampai di sana. Tapi mungkin saja mereka itu ada, hanya kita belum tahu.

9) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh maskana pada Maret 25, 2009, 03:16:08 AM
MAY....
maybe yes or no.....
emang sampe skarang UFO keberadaan-nya msih tanda tanya(?) juga......
tapi....
jangan nyerah gitu aja.....
Qta kan pnya "akal" sebagai fitroh yang hebat tuh...
so SeMaNgaT!!!!!

10) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh goodkid pada Maret 31, 2009, 01:39:58 AM
tau ......... ah .... glap ... x|

11) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh Beni Iskandar pada Juni 13, 2009, 10:25:32 PM
UFO&alien apakah itu hanya imajinasi saja?Ato salah satu rahasia alam yg belum terpecahkan?

12) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh bupunsu pada Juni 22, 2009, 10:59:45 AM
Kalau mau cari dan download di Youtube, ada sejumlah video tentang UFO dan Alien, yang dibocorkan dari arsip CIA, dan umumnya film lama, sekitar tahun 1960-an. Ada yang bagus, misal yang di Hawai. Entah betul atau rekayasa, tapi kayanya ada sungguhan kok.

13) Re: Fenomena Unidentified Flying Object (UFO)
oleh bayuamus pada Juni 07, 2010, 12:11:01 PM
Saya justru menilai pernyataan "keberadaan UFO ini tidak pernah bisa dibuktikan secara ilmiah" adalah petunjuk kelemahan dari sistem pembuktian ilmiah yang dunia kenal saat ini. Fenomenanya jelas ada, sudah terjadi selama ratusan mungkin ribuan tahun, catatan peristiwanya ada mulai dari lukisan manusia purba di gua prasejarah, catatan papirus Firaun, cukil kayu dari abad pertengahan, sampai ke video shoot di YouTube, koq sains masih belum bisa memberikan penjelasan? :)

Terus karena tidak bisa menjelaskan, maka di-cap saja pseudo-science begitu? Atau sekalian saja dianggap tidak pernah terjadi? Hehehehe

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.