Forum Sains Indonesia



*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Hari Ini jam 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Hari Ini jam 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

Show 50 latest
Sejak masa kekuasaan Orde Baru, kenaikan gaji pegawai negeri maupun perusahaan lain, sering justru menimbulkan masalah rentetannya. Seperti saat ini, jauh-jauh hari menteri pendidikan sudah mengumumkan bahwa tahun 2009 gaji terendah untuk guru Rp 2 juta. Akibat pengumuman tak resmi tersebut maka harga-harga merangkak naik, akhirnya inflasi tetap meninggi dan hasilnya sama saja. Penaikan gaji, ataupun semacamnya, merupakan suatu solusi sesaat yang tidak memecahkan persolan mendasar.

Salah satu cara menjaga kestabilan ekonomi, yaitu memantapkan nilai mata uang. Problem mendasar di negeri kita, jurang miskin-kaya sangat luar biasa. Jangan heran bahwa gaji seorang direktur bank (semisal bank Mandiri) dapat mencapai Rp 240 juta per bulan, gaji direktur BUMN sekitar Rp 50 -60 juta per bulan. Gaji anggota DPR .. jangan tanya.
Sementara di bawah, upah minimum hanya berkisar Rp 600 - 800 ribu per bulan. Di negara ini, pekerjaan tukang sampah se-olah-olah tidak penting, pekerjaan tukang kebersihan tidak penting sehingga dibayar murah. Kemiskinan banyak menimbulkan kejahatan, termasuk korupsi manipulasi kelas teri yang sudah merambah kemana-mana.

Kita lihat contoh di berbagai negara maju dan  makmur, gaji maksimum dan minimum kisarannya hanya sekitar 5 kali lipat, bahkan banyak yang kurang dari itu. Artinya betul-betul ada pemerataan pendapatan. Jika pendapatan terlalu tinggi, maka kena pajak yang tinggi (pajak progresif). Jaminan kesehatan, pendidikan dan transportasi publik kepada warga negara juga sangat baik. Jangan heran, jika gaji sopir bus kota sama dengan gaji profesor.

Untuk menguatkan nilai mata uang, maka negara harus memiliki tabungan (devisa) yang besar dan hutang yang kecil, sementara hutang negara kita saja 140 M USD.
Di Jepang, bunga bank hanya sekitar 0,16% per tahun, berarti tidak ada orang menjadi kaya karena menyimpan deposito. Menjadi kaya karena bekerja dan menabung. Nilai mata uang yang stabil, menyebabkan harga-harga selalu tetap atau nyaris tetap dari tahun ke tahun.

Mampukah para birokrat kita mengambil langkah-langkah politik ekonomi secara radikal revolusioner, untuk kemakmuran rakyat? ...... tunggu aja siapa yang berani.
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia