Forum Sains Indonesia



*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik

Show 50 latest
Sejak masa kekuasaan Orde Baru, kenaikan gaji pegawai negeri maupun perusahaan lain, sering justru menimbulkan masalah rentetannya. Seperti saat ini, jauh-jauh hari menteri pendidikan sudah mengumumkan bahwa tahun 2009 gaji terendah untuk guru Rp 2 juta. Akibat pengumuman tak resmi tersebut maka harga-harga merangkak naik, akhirnya inflasi tetap meninggi dan hasilnya sama saja. Penaikan gaji, ataupun semacamnya, merupakan suatu solusi sesaat yang tidak memecahkan persolan mendasar.

Salah satu cara menjaga kestabilan ekonomi, yaitu memantapkan nilai mata uang. Problem mendasar di negeri kita, jurang miskin-kaya sangat luar biasa. Jangan heran bahwa gaji seorang direktur bank (semisal bank Mandiri) dapat mencapai Rp 240 juta per bulan, gaji direktur BUMN sekitar Rp 50 -60 juta per bulan. Gaji anggota DPR .. jangan tanya.
Sementara di bawah, upah minimum hanya berkisar Rp 600 - 800 ribu per bulan. Di negara ini, pekerjaan tukang sampah se-olah-olah tidak penting, pekerjaan tukang kebersihan tidak penting sehingga dibayar murah. Kemiskinan banyak menimbulkan kejahatan, termasuk korupsi manipulasi kelas teri yang sudah merambah kemana-mana.

Kita lihat contoh di berbagai negara maju dan  makmur, gaji maksimum dan minimum kisarannya hanya sekitar 5 kali lipat, bahkan banyak yang kurang dari itu. Artinya betul-betul ada pemerataan pendapatan. Jika pendapatan terlalu tinggi, maka kena pajak yang tinggi (pajak progresif). Jaminan kesehatan, pendidikan dan transportasi publik kepada warga negara juga sangat baik. Jangan heran, jika gaji sopir bus kota sama dengan gaji profesor.

Untuk menguatkan nilai mata uang, maka negara harus memiliki tabungan (devisa) yang besar dan hutang yang kecil, sementara hutang negara kita saja 140 M USD.
Di Jepang, bunga bank hanya sekitar 0,16% per tahun, berarti tidak ada orang menjadi kaya karena menyimpan deposito. Menjadi kaya karena bekerja dan menabung. Nilai mata uang yang stabil, menyebabkan harga-harga selalu tetap atau nyaris tetap dari tahun ke tahun.

Mampukah para birokrat kita mengambil langkah-langkah politik ekonomi secara radikal revolusioner, untuk kemakmuran rakyat? ...... tunggu aja siapa yang berani.
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia