Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Sebagai guru matematika banyak hal yang saya amati terhadap peserta didik saya dalam proses pembelajaran. Ada beberapa masalah yang menyebabkan peserta didik menjadi salah dalam penyelesaian soal namun yang paling mendasar adalah cara di dalam mengoperasikan aljabar, bukan dalam pemahaman materinya.

matematika.jpg

Ada begitu banyak aljabar yang dipelajari pada saat di sekolah. Dari banyaknya tersebut, siswa yang tidak siap menerima ilmu aljabar akan menjadi kabur dalam menerima materi. Sehingga melupakan aturan yang tak jelas atau memilih cara yang "lebih mudah" walau pun pada kenyataannya merupakan aturan yang tidak benar.

Hal semacam inilah yang harus menjadi perhatian kita sebagai pendidik sehingga yang pada dasarnya siswa mampu menyelesaikan soal akhirnya salah karena tidak memahami dengan baik bentuk aljabar.

Berikut ini adalah bentuk-bentuk aljabar yang sering salah dikerjakan oleh siswa :

  • Jangan Menghilangkan suku tengah pada operasi kuadrat.
  • Contoh : \normal \left ( a+b \right )^{2}=a^{2}+2ab +b^{2} bukan \normal a^{2}+b^{2}

  • Hati-hati dalam mendistribusikan perkalian aljabar
  • Contoh : x - 2(y + z - w) = x - 2y - 2y + 2w bukan x - 2y + z - w

  • Hati-hati dalam memecahkan pecahan
  • Contoh : \frac{x+y}{a+b}=\frac{x}{a+b}+\frac{y}{a+b} bukan \frac{x}{a}+\frac{y}{b}

  • Memecah akar
  • Contoh : \sqrt{a^{2}+b^{2}}=\sqrt{a^{2}+b^{2}} bukan \sqrt{a^{2}}+\sqrt{b^{2}}

  • Pangkat pecahan
  • Contoh : \sqrt[m]{x^{n}}=x^{\frac{n}{m}} bukan x^{\frac{m}{n}}

  • Mengalikan bilangan berpangkat
  • Contoh : 2^{3}2^{4}=2^{7} bukan 2^{12}

Contoh di atas adalah beberapa kesalahan mendasar yang sering dilakukan oleh siswa kita dan perlu mendapat perhatian lebih dari kita sebagai pendidik. Demikian dan terima kasih semoga memberi manfaat.

Artikel Matematika Lainnya

Tanggapan *

1) Re: Kesalahan Mendasar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
oleh pemuda pada Desember 14, 2016, 03:34:58 PM
ada juga kesalahan yaitu memaksakan hasil untuk sesuatu yang sebenarnya gak boleh

misal :

(a-b) . 3x = 2a-2b
disederhanakan menjadi
3x(a-b)= 2(a-b)
lalu (a-b) nya dicoret sehingga jadi 3x=2
x = 2/3

padahal kan bisa saja a=b sehingga tidak boleh dikerjakan seperti tadi

2) Re: Kesalahan Mendasar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
oleh Andika Candrajaya pada Januari 30, 2017, 05:17:54 PM
Agaknya, biang keladi masalah ini ada pada pemahaman konsep dasar mereka yang lemah. Selama ini pendidikan matematika kita berpatokan pada hafalan dan latihan soal semi-rutin (mayoritas soal adalah soal tipe 'tinggal ngutip kunci' yang dapat dihafalkan polanya).
Solusi yang kuajukan adalah dengan merombak seluruh pola pengajaran matematika dan kembali pada benda nyata sebagai alat bantu yang kemudian (seiring dengan kemajuan pemikiran abstrak murid) ditinggalkan dengan sendirinya.

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.