Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi
Pola instant 3M untuk mencegah berkembangnya nyamuk demam berdarah sepertinya efektif untuk jangka pendek. Mengubur kaleng bekas adalah persoalan besar di masa datang. Bayangkan bila ternyata racun dari kaleng yang berkarat pastinya akan berdampak negatif bagi tanah, dan pastinya akan sulit mengurainya secara alamiah.

Sebaiknya kaleng atau plastik jangan dikubur dalam tanah. Kaleng dan plastik bisa bernilai ekonomis, kenapa tak kita kumpulkan kemudian jual atau berikan pada para pemulung atau pengumpul barang bekas.

Untuk kaleng, plastik atau karet tentunya daur ulang adalah solusi terbaik. Di Jepang, kami pernah menemukan pabrik pengolah limbah, sepasang sepatu kulit sebelum dilabur, dipisah dulu kulitnya, talinya (unsur benang), mur untuk lubang talinya, serta sol yang dari karet, sehingga hasil leburan dari bahan-bahan tadi kembali dapat diolah di pabrik-pabrik. Hal ini tentunya butuh perhatian dari pemerintah, pabrik pengolah limbah ada hampir di setiap kota di Jepang.

Marilah kita senantiasa bijak mengelola tanah kita, tak akan tinggi sebatang pohon bila tidak ditunjang dengan unsur hara yang maksimal dari tanah, artinya percuma kita menanam pohon milyaran kalau tanahnya beracun dan tak mampu memberi pohon tersebut asupan gizi buat sang pohon.

Artikel Teknik Lingkungan Lainnya

Tanggapan *

1) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh juhriana pada Agustus 23, 2010, 12:33:15 PM
Setuju. tugas kita buat bumi ini bukan hanya 4R kan, tapi jg menjaga apa yg tlah ada.
Oh ia, masalah pembungkus makanan dari steroform/styrofoam makin marak. ini juga butuh perhatian dari pemerintah. Mungkin hal ini ga jadi masalah jika di Indonesia jg ada pabrik pengolah limbah.
Trims info-nya.

2) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh mabuk janda pada Agustus 27, 2010, 09:14:09 PM
persoalan besar karena kita belum menemukan cara mendaur ulang kaleng2 bekas tersebt dengan biaya murah dan mengena pada segmen rumah tangga

3) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh Rohmanto pada September 03, 2010, 04:03:33 PM
Lo mw jangka pnjang, mending g ush ada makanan kaleng, atau mkanan instan lainy, karena, dlam jangka panjang ,makanan it g baik jg wat kshatan.

4) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh justbwae pada September 13, 2010, 09:58:48 PM
sebenarnya, semua bermula dari cara pembuangan sampah yang benar. contohnya, sampah di Indonesia gak dipisah antara sampah organik dan non-organik. itu yang menyebabkan bertambah sulitnya proses daur ulang.

klo setiap kita orang Indonesia udah bisa mengatur hal kecil mabam itu, mungkin bakalan mulai bisa teratasi masalah lingkungan yang ada.

5) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh yONs pada September 15, 2010, 11:15:04 PM
wah setuju banget.... coba aja ada anggota pemerintah yang baca ini posting

6) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh idealismiskin pada September 20, 2010, 10:03:26 PM
sebener nya gampang hanya saja orang terlalu sibuk jadi ga da cara praktis untuk 3 M kita kenpa ga
kembangin alat elektrik yg bisa bikin nyamuk KO bgono

7) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh Bono pada September 27, 2010, 03:46:56 PM
terjadinya deman berdarah, banyak dari ulah manusia sendiri. tidak bisa membuat lingkungan yang bersih.

8) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh master genta pada Oktober 06, 2010, 11:47:58 AM
se7
tapi semua kita bisa olah. mari kita dukung program pemilahan sampah organik dan anorganik
organik dapat kita gunakan sebagai pupuk untuk menambah unsur hara yang terdapat dalam tanah
anorganik dapat kita olah kembali dan kita jual

ayayayayayayayayay
lumayan untuk menambah uang

9) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh nate river pada Oktober 09, 2010, 06:45:45 PM
Hmm….sebenernya kalo Indonesia mau menerapkan pemilahan sampah dan daur ulang seperti Jepang, bisa membuka lapangan pekerjaan lho…..
sampah berkurang, lingkungan terjaga, dan angka pengangguran pun turun…..
nice artikel! :-)

10) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh crosslight pada Oktober 10, 2010, 07:30:13 AM
sebenarnya sampah kaleng itu sangat berguna lhooooo.... kalo kita mau dan kreatif, kita bisa buat berbagai macam karya seperti di topik om (kalo ga salah) reborn = "Do It Yourself"
Diantaranya:
- Sel surya mini
- Jet (belum saya poskan)
- kipas angin
- dan karya-karya lainnya

dan jenis sampah lainnya pun kalo kita bisa berguna,, SO DO IT YOURSELF,,, Soalnya kyknya pemerintah beluim mau ngurusin sebegitu detailnya...

11) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh Ra Fuad pada Oktober 19, 2010, 07:32:52 AM
Pabrik pengolahan limbah..? Sebuah ide cemerlang untuk menyelamatkan bumi dan mengurangi pengangguran plus menambah penghasilan. So.. kita perlu sadarkan rekan-rekan dan lingkungan kita sehingga sehat negeriku, maju bangsaku..

12) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh introzip pada Oktober 22, 2010, 07:46:28 AM
Mengubur B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) seperti kaleng yang berpotensi korosif adalah sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan (akumulasi di air tanah). Kumpulkan saja kaleng bekas, serahkan pada pemulung sebagai barisan terdepan pejuang lingkungan... he he he .

13) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh azzkirananta pada Oktober 26, 2010, 08:55:52 AM
ya, sangat setuju dengan daur ulang kaleng bekas agar bs bermanfaat lg, utk DBD yang paling penting adalah menjaga kebersihan lingkungan, dalam siklus nyamuk penentunya ada di penempatan telur, jadi jangan beri kesempatan nyamuk utk bertelur

14) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh ka-chan pada November 10, 2010, 09:44:31 PM
emang iya? nyuruh mendem sampah ke tanah? Ga inget.... hmmm
Klo' ga salah kta-kta nya "menguburkan barang-barang bekas" ... ya bkan?!
Ya elah! Mending jual ke loak an deh!

15) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh petunjuktujuh pada November 12, 2010, 11:18:38 AM
qt gunakan prinsip 3R ...
sebelumnya perlu ditingkatkan gauh buang sampah pada tempatnnya....

16) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh Kimia Junior pada Desember 02, 2010, 09:41:51 PM
Mengubur Kaleng Adalah Hal yang Berbahaya,
jika kita pikirkan Anak2 pd masa perkembangan dan pnuh rasa ingin tw nya bermain di tempat seperti
itu dan terkena Tetanus.
Bukankah menimbulkan Masalah baru?


dan lagi,
jangankan Memisahkan sampah Organic dan Non Organic,
memungut sampah pun saat ini Indonesia Malas......

perlu di lakukan tradisi Kepedulian terhadap Sampah Di  sekitar Kita...

17) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh hampir.tampan pada Desember 16, 2010, 03:23:23 PM
Wahh,,,,iya ya..ternyata mengubur kaleng berakibat jelek di masa depan. Bener juga, lebih baik daur ulang sehingga jadi lebih bermanfaat. Kalo mengubur barang-barang bekas berarti lebih luas lagi dan kita gak tahu kandungan kimia apa yang ada di barang-barang itu. Bisa jadi malah lebih berbahaya untuk tanah. Jangan sampe nantinya air di dalam tanah ikut beracun. Hiiiiii

18) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh nihar.awani pada Desember 18, 2010, 05:21:50 PM
wah, penemuan penting ini, harus berpikir jauh ke depan, good good...

19) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh SATRIO TW pada Desember 18, 2010, 05:39:24 PM
sip

20) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh sunray pada Januari 03, 2011, 06:27:06 PM
siapa yang mau daur ulang?...

21) Re: Mencegah Demam Berdarah Dengan Merusak Lingkungan
oleh andreanvee pada Januari 11, 2011, 09:40:50 PM
wah, itu sih tergantung kesadaran diri masing2.

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.