Forum Sains Indonesia



*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Hari Ini jam 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

Kemarin jam 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

Kemarin jam 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr

Show 50 latest

Dalam astronomi dan fisika, kita mengenal adanya suatu fenomena alam yang sangat menarik yaitu lubang hitam (black hole). Lubang hitam adalah suatu entitas yang memiliki medan gravitasi yang sangat kuat sehingga setiap benda yang telah jatuh di wilayah horizon peristiwa (daerah di sekitar inti lubang hitam), tidak akan bisa kabur lagi. Bahkan radiasi elektromagnetik seperti cahaya pun tidak dapat melarikan diri, akibatnya lubang hitam menjadi "tidak kelihatan".

Ternyata, dalam matematika juga ada fenomena unik yang mirip dengan fenomena lubang hitam yaitu bilangan lubang hitam. Bagaimana sebenarnya bilangan lubang hitam itu? Mari kita bermain-main sebentar dengan angka.

Coba pilih sesuka hati Anda sebuah bilangan asli (bilangan mulai dari 1 sampai tak hingga). Sebagai contoh, katakanlah 141.985. Kemudian hitunglah jumlah digit genap, digit ganjil, dan total digit bilangan tersebut. Dalam kasus ini, kita dapatkan 2 (dua buah digit genap), 4 (empat buah digit ganjil), dan 6 (enam adalah jumlah total digit). Lalu gunakan digit-digit ini (2, 4, dan 6) untuk membentuk bilangan berikutnya, yaitu 246.

Ulangi hitung jumlah digit genap, digit ganjil, dan total digit pada bilangan 246 ini. Kita dapatkan 3 (digit genap), 0 (digit ganjil), dan 3 (jumlah total digit), sehingga kita peroleh 303. Ulangi lagi hitung jumlah digit genap, ganjil, dan total digit pada bilangan 303. (Catatan: 0 adalah bilangan genap). Kita dapatkan 1, 2, 3 yang dapat dituliskan 123.

Jika kita mengulangi langkah di atas terhadap bilangan 123, kita akan dapatkan 123 lagi. Dengan demikian, bilangan 123 melalui proses ini adalah lubang hitam bagi seluruh bilangan lainnya. Semua bilangan di alam semesta akan ditarik menjadi bilangan 123 melalui proses ini, tak satu pun yang akan lolos.

Tapi benarkah semua bilangan akan menjadi 123? Sekarang mari kita coba suatu bilangan yang bernilai sangat besar, sebagai contoh katakanlah 122333444455555666666777777788888888999999999. Jumlah digit genap, ganjil, dan total adalah 20, 25, dan 45. Jadi, bilangan berikutnya adalah 202.545. Lakukan lagi iterasi (pengulangan), kita peroleh 4, 2, dan 6; jadi sekarang kita peroleh 426. Iterasi sekali lagi terhadap 426 akan menghasilkan 303 dan iterasi terakhir dari 303 akan diperoleh 123. Sampai pada titik ini, iterasi berapa kali pun terhadap 123 akan tetap diperoleh 123 lagi. Dengan demikian, 123 adalah titik absolut sang lubang hitam dalam dunia bilangan.

Namun, apakah mungkin saja ada suatu bilangan, terselip di antara rimba raya alam semesta bilangan yang jumlahnya tak terhingga ini, yang dapat lolos dari jeratan maut sang bilangan lubang hitam, sang 123 yang misterius ini?

Diskusikan lebih lanjut di forum.

Komentar *

1) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Zorevia pada Agustus 23, 2008, 12:16:03 AM
Namun, apakah mungkin saja ada suatu bilangan, terselip di antara rimba raya alam semesta bilangan yang jumlahnya tak terhingga ini, yang dapat lolos dari jeratan maut sang bilangan lubang hitam, sang 123 yang misterius ini?

Ya Jelas ada donk!!!
yaitu bilangan yg terdiri dari 1 - 2 digit alias 0 s/d 99. Benar kan!
2) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh ksatriabajuhitam pada Agustus 23, 2008, 05:08:28 PM
wow,,, keren...!!
@ Zorevia
ga juga, semua bilangan bakalan terjebak ke 123 koq....

contoh: 1
genap | ganjil | total || HASIL
0          1        1          011
lalu 011
genap | ganjil | total || HASIL
1          2        3          123
lalu 123
genap | ganjil | total || HASIL
1          2        3          123

contoh: 0.5
genap | ganjil | total || HASIL
1          1        2          122
lalu 122
genap | ganjil | total || HASIL
2          1        3          213
lalu 213
genap | ganjil | total || HASIL
1          2        3          123

mantep ini rule...
3) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh lovianettesherry_gonz pada Agustus 24, 2008, 11:14:17 AM
loh..bukannya yang jatuh ke dalam lubang hitam itu bakal jadi singularitas...apapun itu,harusnya tidak
punya angka?
4) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh ksatriabajuhitam pada Agustus 24, 2008, 06:55:20 PM
jangan terlalu disamakan sama 'lubang hitam' asli...
ini kan cuma penamaan aja berdasarkan kemiripan bahwa sesuatu yang masuk ke lubang hitam ga bakalan keluar lagi*
* (pake konsep lubang hitam yg lama ya,, bukan dari Hawking)
bilangan yang dengan rule di atas telah terjebak ke 123, ga bakal lepas dari 123
itu saja, only naming, analogi
5) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Adit Mbek pada Agustus 26, 2008, 04:19:43 PM
Gimana klo dinamakan "Aturan Bilangan Hitam"
6) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh reborn pada Agustus 26, 2008, 11:40:57 PM
keren nih. kira-kira bisa diaplikasikan pada apa yang bilangan lubang hitam ini?
7) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Nenyok pada Agustus 27, 2008, 07:55:16 PM
Salam
Wah ternyata ya..gw baru faham eksak itu penuh misteri juga ya
8) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh mars_acad pada September 07, 2008, 08:06:17 AM
ehheheehehe

keren abies pengen nyoba kayaknya bias bisa jadi ilmuan alam...
9) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh superstring39 pada September 12, 2008, 07:30:02 AM
Gimana kalo namanya "Bilangan Jirolu" (Jirolu=Siji Loro Tilu)
10) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh novie marselina pada September 12, 2008, 10:32:58 AM
gW ga kagum sama si bilangan lubang hitam,,, tpi gW kagum sama yang nemu bilangan lubang hitam... hebat ya, gmana caranya dia sampe bisa nemu bilangan nee?
11) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh hanifa pada Oktober 28, 2008, 03:56:13 PM
it's very interesting...
12) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Haris9416 pada Oktober 31, 2008, 09:01:08 AM
Bilangan lobang  hitam....... Pasti lobangnya gede banget, abiz bisa nampung smua bilangan dijagat raya ini. Tapi itu cuman bilangan real doangya, bilangan imajinernya kaga? Salut dech buat lo nyang nulis, ocre.....
13) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh malaikat komputer pada Oktober 31, 2008, 09:05:23 AM
apakah anda belung mengetahui bilangan yg dapat lolos dari bilangan lubang hitam itu?
14) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh neo pada November 04, 2008, 01:28:38 PM
gud job brow,,, mantep nih rules..
15) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Made Surianta pada Desember 05, 2008, 06:51:40 AM
apa sih gunanya misteri bilangan lubang hitam dalam matematika?
16) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh username pada Desember 16, 2008, 12:21:38 PM
guna misteri bilangan lubang itu adalah.....
...
...
untuk
...
...
ga tau.... hehe...
tapi asik juga kok.. nice posting
17) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh dhiya pada Desember 22, 2008, 02:34:37 PM
eh...
pnemuan hbat yah...
hemm... may be ad yg bsa luput dr lbg htam
tpi tak pikir dlu
18) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh kalkulusalzabar pada Januari 04, 2009, 01:51:26 PM
emangnya angka 0 itu bilangan genap gitu bukannya bilangan ganjil
19) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh cruzerrain pada Januari 11, 2009, 12:27:19 PM
pastinya yang itam2 tu selalu jadi misteri...
20) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Dhy_f4n_06 pada Januari 13, 2009, 10:10:39 PM
waw saya jadi ingin menemukan misteri yang lain dari bilangan di dunia ini..
21) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh onT pada Pebruari 11, 2009, 10:17:01 AM
masih ada misteri lubang hitam yang lain.  misalnya dalam collatz's conjecture (dikenal juga dengan nama Ulam’s problem, Syracuse problem, Kakutani Problem, Thwaites conjecture, dan “3n + 1” problem).  Prosesnya sbb.
1. dimulai dengan bilangan bulat positif sebarang.
2. jika genap bagi 2.
3. jika ganjil, kalikan 3 dan tambahkan 1, kemudian bagi 2.
4. dari bilangan baru yang terbentuk, ulangi langkah 2.
Jika proses di atas diteruskan, diperoleh bilangan 1.
contoh: dimulai dari 11
11 (ganjil)
3x11 + 1 = 34 (genap)
34:2 = 17 (ganjil)
3x17 + 1 = 52 (genap)
52:2 = 26 (genap)
26:2 = 13 (ganjil)
13x3 + 1 = 40 (genap)
40:2 = 20 (genap)
20:2 = 10 (genap)
10:2 = 5 (ganjil)
3x5 + 1 = 16 (genap)
16:2 = 8 (genap)
8:2 = 4 (genap)
4:2 = 2 (genap)
2:2 = 1 (selesai)
Pertanyaannya, apakah setiap bilangan bulat positif melalui proses di atas selalu menghasilkan 1?  Pertanyaan yang belum terjawab sampai sekarang.
22) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh HyawehHoshikawa pada Maret 13, 2009, 09:02:23 PM
@atas:
sbenerx gw ga' paham tentang keistimewaannya...
bukanx itu karena emang proses tersebut ditujukan untuk membuat bilangan akhitnya jadi genap?

maksutnya
ganjil * ganjil = ganjil
ganjil + genap = genap
genap : 2 = bulat

itu kan ada di SD???
apa aq yang salah memahami soal ya?
23) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh jhonson tamba pada April 10, 2009, 11:19:04 PM
good job.
saya kira hal lubang hitam lumayan asik tapi hanya lebih kepada permainan saja,alang kah bagusnya kalau bilangan-bilangan bisa dugunakan dalam bahasa percakapan yang tidak hanya melulu menggunakan huruf saja .
24) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh nachan pada April 18, 2009, 10:28:19 PM
pusiiing
:o
25) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh rdjafri pada April 19, 2009, 05:30:54 PM
sakit bisa sembuh, miskin bisa kaya, gagal jadi sukses, kaya jadi sakit, yag sakit bisa sukses, begitu masuk dalam lubang htam kematian, tak ada yang bisa kembali lagi
26) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh RINDAH JHAYANTI pada April 29, 2009, 05:03:17 PM
iseng2 masuk forum sains,, ternyata seru juga ya...
27) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh anni3 pada Mei 08, 2009, 12:58:02 PM
wew . . siapa penemunya? bisa jadi teka-teki di sekolah nih!
28) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh loser1942 pada Mei 17, 2009, 05:47:37 PM
hehehe
masuk ke the master aja, jadi sulap, wkwkwk
29) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh yubus pada Mei 25, 2009, 11:16:57 AM
Keren boi. yang nemuin siapa?
30) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh desert_fox pada Mei 26, 2009, 11:50:06 AM
sepertinya ini wajar saja
begini
setiap bilangan berapapun besarnya akan direduksi jadi 3 buah bilangan saja yaitu jumlah bilangan genap, ganjil dan jumlah bilangan itu sendiri
tapi harus diperhatikan bahwa jumlah bilangan itu = jumlah bilangan genap + jumlah bilangan ganjil; seperti halnya pada 3 = 1+2
nah proses yang disebutkan di atas pasti akhirnya akan menghasilkan angka 3 pada bagian akhir karena jumlah bilangan yang kita hitung ada 3 (bilangan genap, ganjil dan jumlah bilangan total). kemudian rumus pertama harus kita pakai haitu jumlah bilangan (dalam hal ini 3) = jumlah bilangan genap + jumlah bilangan ganjil. nah kita tau bahwa hal ini benar jika ada 4 kondisi :
1. bilangan genap(3)+bilangan ganjil (0)
2. bilangan genap(1)+bilangan ganjil(2)
3. bilangan genap(2)+bilangan ganjil(1)
4. bilangan genap(0)+bilangan ganjil(3)

kita lihat bahwa dalam setiap dari 4 solusi yang ada hanya ada 1 buah bilangan genap dan 1 buah bilangan ganjil. namun karena jumlah bilangan total adalah 3 yang merupakan bilangan ganjil maka jumlah bilangan genap 1 dan jumlah bilangan ganjil 2.jadi didapat 123.
31) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh siput_lembek pada Juni 24, 2009, 09:26:39 AM
Aku mau ngasi tambahan buat ksatriabajuhitam....

Kalo 011, 213, ama 122 itu masih ada kelanjutannya...

011
genap | ganjil | total || HASIL
1          2         3         123

213
genap | ganjil | total || HASIL
1          2         3         123

122
genap | ganjil | total || HASIL
2          1         3          213
Habis itu kayak yg di atas 213 -> 123...
Selesai deh...
wkwk..
32) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh KEWED pada Agustus 02, 2009, 06:30:38 PM
salam kenal nih, wah keren juga yaa, no comment deh soalnya saya mau jawaban dari tanya yang belum kejawab, kaya siapa yang nemuin, dan apa aplikasinya. wah pengen bgt tau nih
33) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh taeper pada November 18, 2009, 10:00:25 AM
Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga 8kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam". Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati
Landasan Teori
Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking. Pada saat ini banyak astronom yang percaya bahwa hampir semua galaksi dialam semesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi.

Adalah John Archibald Wheeler pada tahun 1967 yang memberikan nama "Lubang Hitam" sehingga menjadi populer di dunia bahkan juga menjadi topik favorit para penulis fiksi ilmiah. Kita tidak dapat melihat lubang hitam akan tetapi kita bisa mendeteksi materi yang tertarik / tersedot ke arahnya. Dengan cara inilah, para astronom mempelajari dan mengidentifikasikan banyak lubang hitam di angkasa lewat observasi yang sangat hati-hati sehingga diperkirakan di angkasa dihiasi oleh jutaan lubang hitam.




Asal Mula Lubang Hitam
Lubang Hitam tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Banyak obyek (termasuk matahari dan bumi) tidak akan pernah menjadi lubang hitam. Tekanan gravitasi pada matahari dan bumi tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi. Tetapi sebaliknya untuk obyek yang bermassa sangat besar, tekanan gravitasi-lah yang menang.

Pertumbuhannya
Massa dari lubang hitam terus bertambah dengan cara menangkap semua materi didekatnya. Semua materi tidak bisa lari dari jeratan lubang hitam jika melintas terlalu dekat. Jadi obyek yang tidak bisa menjaga jarak yang aman dari lubang hitam akan terhisap. Berlainan dengan reputasi yang disandangnya saat ini yang menyatakan bahwa lubang hitam dapat menghisap apa saja disekitarnya, lubang hitam tidak dapat menghisap material yang jaraknya sangat jauh dari dirinya. dia hanya bisa menarik materi yang lewat sangat dekat dengannya. Contoh : bayangkan matahari kita menjadi lubang hitam dengan massa yang sama. Kegelapan akan menyelimuti bumi dikarenakan tidak ada pancaran cahaya dari lubang hitam, tetapi bumi akan tetap mengelilingi lubang hitam itu dengan jarak dan kecepatan yang sama dengan saat ini dan tidak terhisap masuk kedalamnya. Bahaya akan mengancam hanya jika bumi kita berjarak 10 mil dari lubang hitam, dimana hal ini masih jauh dari kenyataan bahwa bumi berjarak 93 juta mil dari matahari. Lubang hitam juga dapat bertambah massanya dengan cara bertubrukan dengan lubang hitam yang lain sehingga menjadi satu lubang hitam yang lebih besar.

Abad ke-20 menyaksikan banyak sekali penemuan baru tentang peristiwa alam di ruang angkasa. Salah satunya, yang belum lama ditemukan, adalah Black Hole [Lubang Hitam]. Ini terbentuk ketika sebuah bintang yang telah menghabiskan seluruh bahan bakarnya ambruk hancur ke dalam dirinya sendiri, dan akhirnya berubah menjadi sebuah lubang hitam dengan kerapatan tak hingga dan volume nol serta medan magnet yang amat kuat. Kita tidak mampu melihat lubang hitam dengan teropong terkuat sekalipun, sebab tarikan gravitasi lubang hitam tersebut sedemikian kuatnya sehingga cahaya tidak mampu melepaskan diri darinya. Namun, bintang yang runtuh seperti itu dapat diketahui dari dampak yang ditimbulkannya di wilayah sekelilingnya. Di surat Al Waaqi'ah, Allah mengarahkan perhatian pada masalah ini sebagaimana berikut, dengan bersumpah atas letak bintang-bintang:

Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui. (QS. Al Waaqi'ah, 56: 75-76)



Istilah "lubang hitam" pertama kali digunakan tahun 1969 oleh fisikawan Amerika John Wheeler. Awalnya, kita beranggapan bahwa kita dapat melihat semua bintang. Akan tetapi, belakangan diketahui bahwa ada bintang-bintang di ruang angkasa yang cahayanya tidak dapat kita lihat. Sebab, cahaya bintang-bintang yang runtuh ini lenyap. Cahaya tidak dapat meloloskan diri dari sebuah lubang hitam disebabkan lubang ini merupakan massa berkerapatan tinggi di dalam sebuah ruang yang kecil. Gravitasi raksasanya bahkan mampu menangkap partikel-partikel tercepat, seperti foton [partikel cahaya]. Misalnya, tahap akhir dari sebuah bintang biasa, yang berukuran tiga kali massa Matahari, berakhir setelah nyala apinya padam dan mengalami keruntuhannya sebagai sebuah lubang hitam bergaris tengah hanya 20 kilometer (12,5 mil)! Lubang hitam berwarna "hitam", yang berarti tertutup dari pengamatan langsung. Namun demikian, keberadaan lubang hitam ini diketahui secara tidak langsung, melalui daya hisap raksasa gaya gravitasinya terhadap benda-benda langit lainnya. Selain gambaran tentang Hari Perhitungan, ayat di bawah ini mungkin juga merujuk pada penemuan ilmiah tentang lubang hitam ini:

Maka apabila bintang-bintang telah dihapuskan (QS. Al Mursalaat, 77: 8)

Selain itu, bintang-bintang bermassa besar juga menyebabkan terbentuknya lekukan-lekukan yang dapat ditemukan di ruang angkasa. Namun, lubang hitam tidak hanya menimbulkan lekukan-lekukan di ruang angkasa tapi juga membuat lubang di dalamnya. Itulah mengapa bintang-bintang runtuh ini dikenal sebagai lubang hitam. Kenyataan ini mungkin dipaparkan di dalam ayat tentang bintang-bintang, dan ini adalah satu bahasan penting lain yang menunjukkan bahwa Al Qur'an adalah firman Allah:

Demi langit dan Ath Thaariq, tahukah kamu apakah Ath Thaariq? (yaitu) bintang yang cahayanya menembus. (QS. At Thaariq, 86: 1-3)


PULSAR: BINTANG BERDENYUT

Demi langit dan Ath Thaariq, tahukah kamu apakah Ath Thaariq? (yaitu) bintang yang cahayanya menembus. (QS. At Thaariq, 86: 1-3)


Pulsar adalah sisa-sisa bintang padam yang memancarkan gelombang radio teramat kuat yang menyerupai denyut, dan yang berputar pada sumbunya sendiri dengan sangat cepat. Telah dihitung bahwa terdapat lebih dari 500 pulsar di galaksi Bima Sakti, yang di dalamnya terdapat Bumi kita.
 
Kata "Thaariq," nama surat ke-86, berasal dari akar kata "tharq," yang makna dasarnya adalah memukul dengan cukup keras untuk menimbulkan suara, atau menumbuk. Dengan mempertimbangkan arti yang mungkin dari kata tersebut, yakni "berdenyut/berdetak," "memukul keras," perhatian kita mungkin diarahkan oleh ayat ini pada sebuah kenyataan ilmiah penting. Sebelum menelaah keterangan ini, marilah kita lihat kata-kata selainnya yang digunakan dalam ayat ini untuk menggambarkan bintang-bintang ini. Istilah "ath-thaariqi" dalam ayat di atas berarti sebuah bintang yang menembus malam, yang menembus kegelapan, yang muncul di malam hari, yang menembus dan bergerak, yang berdenyut/berdetak, yang menumbuk, atau bintang terang. Selain itu, kata "wa" mengarahkan perhatian pada benda-benda yang digunakan sebagai sumpah – yakni, langit dan Ath Thaariq.

Melalui penelitian oleh Jocelyn Bell Burnell, di Universitas Cambridge pada tahun 1967, sinyal radio yang terpancar secara teratur ditemukan. Namun, hingga saat itu belumlah diketahui bahwa terdapat benda langit yang berkemungkinan menjadi sumber getaran atau denyut/detak teratur yang agak mirip pada jantung. Akan tetapi, pada tahun 1967, para pakar astronomi menyatakan bahwa, ketika materi menjadi semakin rapat di bagian inti karena perputarannya mengelilingi sumbunya sendiri, medan magnet bintang tersebut juga menjadi semakin kuat, sehingga memunculkan sebuah medan magnet pada kutub-kutubnya sebesar 1 triliun kali lebih kuat daripada yang dimiliki Bumi. Mereka lalu paham bahwa sebuah benda yang berputar sedemikian cepat dan dengan medan magnet yang sedemikian kuat memancarkan berkas-berkas sinar yang terdiri dari gelombang-gelombang radio yang sangat kuat berbentuk kerucut di setiap putarannya. Tak lama kemudian, diketahui juga bahwa sumber sinyal-sinyal ini adalah perputaran cepat dari bintang-bintang neutron. Bintang-bintang neutron yang baru ditemukan ini dikenal sebagai "pulsar." Bintang-bintang ini, yang berubah menjadi pulsar melalui ledakan supernova, tergolong yang memiliki massa terbesar, dan termasuk benda-benda yang paling terang dan yang bergerak paling cepat di ruang angkasa. Sejumlah pulsar berputar 600 kali per detik.1

Kata "pulsar" berasal dari kata kerja to pulse . Menurut kamus American Heritage Dictionary, kata tersebut berarti bergetar, berdenyut. Kamus Encarta Dictionary mengartikannya sebagai berdenyut dengan irama teratur, bergerak atau berdebar dengan irama teratur yang kuat. Lagi menurut Encarta Dictionary, kata " pulsate ", yang berasal dari akar yang sama, berarti mengembang dan menyusut dengan denyut teratur yang kuat.

Menyusul penemuan itu, diketahui kemudian bahwa peristiwa alam yang digambarkan dalam Al Qur'an sebagai "thaariq," yang berdenyut, memiliki kemiripan yang sangat dengan bintang-bintang neutron yang dikenal sebagai pulsar.

Bintang-bintang neutron terbentuk ketika inti dari bintang-bintang maharaksasa runtuh. Materi yang sangat termampatkan dan sangat padat itu, dalam bentuk bulatan yang berputar sangat cepat, menangkap dan memampatkan hampir seluruh bobot bintang dan medan magnetnya. Medan magnet amat kuat yang ditimbulkan oleh bintang-bintang neutron yang berputar sangat cepat ini telah dibuktikan sebagai penyebab terpancarnya gelombang-gelombang radio sangat kuat yang teramati di Bumi.

Di ayat ke-3 surat Ath Thaariq istilah "an najmu ats tsaaqibu," yang berarti yang menembus, yang bergerak, atau yang membuat lubang, mengisyaratkan bahwa Thaariq adalah sebuah bintang terang yang membuat lubang di kegelapan dan bergerak. Makna istilah "adraaka" dalam ungkapan "Tahukah kamu apakah Ath Thaariq itu?" merujuk pada pemahaman. Pulsar, yang terbentuk melalui pemampatan bintang yang besarnya beberapa kali ukuran Matahari, termasuk benda-benda langit yang sulit untuk dipahami. Pertanyaan pada ayat tersebut menegaskan betapa sulit memahami bintang berdenyut ini. (Wallaahu a'lam)

Sebagaimana telah dibahas, bintang-bintang yang dijelaskan sebagai Thaariq dalam Al Qur'an memiliki kemiripan dekat dengan pulsar yang dipaparkan di abad ke-20, dan mungkin mengungkapkan kepada kita tentang satu lagi keajaiban ilmiah Al Qur'an.


BINTANG SIRIUS (SYI'RA)


Bintang Sirius [Syi’ra] muncul di Surat An Najm (yang berarti "bintang"). Bintang ganda yang membentuk bintang Sirius ini saling mendekat dengan sumbu kedua bintang itu yang berbentuk busur setiap 49,9 tahun sekali. Peristiwa alam tentang bintang ini diisyaratkan dalam ayat ke-9 dan ke-49 dari Surat An Najm.
 
Ketika pengertian-pengertian tertentu yang disebutkan dalam Al Qur'an dikaji berdasarkan penemuan-penemuan ilmiah abad ke-21, kita akan mendapati diri kita tercerahkan dengan lebih banyak keajaiban Al Qur'an. Salah satunya adalah bintang Sirius (Syi'ra), yang disebut dalam surat An Najm ayat ke-49:

… dan bahwasanya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi'ra (QS. An Najm, 53: 49)

Kenyataan bahwa kata Arab "syi'raa," yang merupakan padan kata bintang Sirius, muncul hanya di Surat An Najm (yang hanya berarti "bintang") ayat ke-49 secara khusus sangatlah menarik. Sebab, dengan mempertimbangkan ketidakteraturan dalam pergerakan bintang Sirius, yakni bintang paling terang di langit malam hari, sebagai titik awal, para ilmuwan menemukan bahwa ini adalah sebuah bintang ganda. Sirius sesungguhnya adalah sepasang dua bintang, yang dikenal sebagai Sirius A dan Sirius B. Yang lebih besar adalah Sirius A, yang juga lebih dekat ke Bumi dan bintang paling terang yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Tapi Sirus B tidak dapat dilihat tanpa teropong.

Bintang ganda Sirius beredar dengan lintasan berbentuk bulat telur mengelilingi satu sama lain. Masa edar Sirius A dan B mengelilingi titik pusat gravitasi mereka yang sama adalah 49,9 tahun. Angka ilmiah ini kini diterima secara bulat oleh jurusan astronomi di universitas Harvard, Ottawa dan Leicester.2 Keterangan ini dilaporkan dalam berbagai sumber sebagai berikut:

Sirius, bintang yang paling terang, sebenarnya adalah bintang kembar… Peredarannya berlangsung selama 49,9 tahun. 3

Sebagaimana diketahui, bintang Sirius-A dan Sirius-B beredar mengelilingi satu sama lain melintasi sebuah busur ganda setiap 49,9 tahun. 4

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah garis edar ganda berbentuk busur dari dua bintang tersebut yang mengitari satu sama lain.

Namun, kenyataan ilmiah ini, yang ketelitiannya hanya dapat diketahui di akhir abad ke-20, secara menakjubkan telah diisyaratkan dalam Al Qur'an 1.400 tahun lalu. Ketika ayat ke-49 dan ke-9 dari surat An Najm dibaca secara bersama, keajaiban ini menjadi nyata:

dan bahwasanya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi'ra (QS. An Najm, 53: 49)

maka jadilah dia dekat dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi). (QS. An Najm, 53: 9)

Penjelasan dalam Surat An Najm ayat ke-9 tersebut mungkin pula menggambarkan bagaimana kedua bintang ini saling mendekat dalam peredaran mereka. (Wallaahu a'lam). Fakta ilmiah ini, yang tak seorang pun dapat memahami di masa pewahyuan Al Qur'an, sekali lagi membuktikan bahwa Al Qur'an adalah firman Allah Yang Mahakuasa.

 Sebagian besar Galaksi di Alam Semesta ini memiliki lubang hitam supermasif. Beberapa lubang hitam yang paling besar bisa memiliki massa ratusan juta bahkan miliaran massa Matahari. Dan area disektar lubang hitam tersebut akan menjadi sangat ekstrim. Bahkan para ilmuwan juga memprediksikan dengan teori relativitas Einstein kalau lubang hitam tersebut berputar dengan laju maksimum.

Saat dua galaksi bergabung, lubang hitam supermasif yang ada di kedua galaksi itu tentu akan berinteraksi. Bisa saja interaksi tersebut melalui sebuah tabrakan, atau mungkin dari gerak spiral ke dalam sampai mereka mengalami penyatuan (merger). Menarik bukan?

Berdasarkan simulasi yang dilakukan G. A Shields dari University of Texas, Austin dan E. W. Banning dari Yale University, hasil penyatuan tersebut seringnya merupakan gerakan mundur yang sangat kuat. Dalam proses penggabungan ini, lubang hitam tersebut bukannya mengalami proses penggabungan yang manis, namun gaya yang muncul sangat ekstrim sehingga salah satu lubang hitam akan terdorong keluar dengan kecepatan yang sangat besar.

Dorongan maksimum terjadi pada kedua lubang hitam saat mereka berputar dengan arah yang berbeda, namun keduanya berada pada bidang orbit yang sama. Dalam fraksi hanya satu detik, satu lubang hitam sudah mendapat dorongan yang cukup untuk keluar dari galaksi yang baru saja bersatu dan tak pernah kembali lagi. Saat satu lubang hitam mengalami dorongan, yang lainnya akan menerima energi yang amat besar, terinjeksi ke dalam piringan gas dan debu disekitarnya. Piringan akresi akan bersinar dengan flare sinar X tipis dan baru akan berakhir beberapa ribu tahun.

Nah, meskipun kejadian merger atau penggabungan lubang hitam supermaif itu sangat jarang, kecerlangan yang ditimbulkannya akan berakhir dalam waktu yang cukup lama sehingga bisa kita deteksi sejumlah kejadian yang pernah terjadi. Menurut para peneliti, ada sekitar 100 gerakan mundur yang tiba-tiba yang terjadi dalam 5 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Bulan Januari 2001, fisikawan yang terkenal dari Universitas St. Andrew yakni Nel Ryan Harther mengumumkan bahwa ia dan peneliti Inggris lainnya akan menciptakan sebuah lubang hitam di ruang laboratorium, ketika itu tidak ada yang merasa terkejut terhadap hal demikian. Namun, beberapa hari yang lalu sebuah harian di Rusia mengumumkan ramalan ilmuwannya bahwa lubang hitam tidak saja dapat dibuat dalam ruang laboratorium, bahkan 50 tahun kemudian, ledakan lubang hitam yang mempunyai energi mahadahsyat akan membuat bom atom yang mengerikan manusia sekarang juga terbukti lebih buruk, menjadi pediatri yang tidak patut dipersoalkan.

Pertimbangan manusia menciptakan lubang hitam sebenarnya paling awal abad ke-20 tahun 80-an dikemukakan oleh Profesor William Anroe dari Universitas British, Columbia, ia berpendapat, bahwa manifestasi gelombang suara dalam zat cair dengan manifestasi cahaya dalam lubang hitam sangat mirip, jika membuat kecepatan cairan melampaui kecepatan bunyi, maka pada kenyataannya telah membentuk sebuah gejala lubang hitam buatan dalam cairan tersebut. Sekalipun demikian, Dr. Ryan Harther berencana bahwa lubang hitam buatan yang tercipta oleh karena kekurangan gravitasi yang cukup, selain cahaya, mereka tidak dapat menelan semua benda yang ada di sekeliling seperti lubang hitam yang sebenarnya.

Sebaliknya, ilmuwan Rusia Alexander Delofmankov malah berpendapat, bahwa lubang hitam alam semesta sesungguhnya yang dapat menelan segala benda juga dapat secara keseluruhan "menciptakannya" melalui ruang laboratorium: Sebuah lubang hitam yang berukuran inti atom, energinya akan melampaui sebuah pabrik nuklir. Jika manusia, pada suatu hari nanti benar-benar menciptakan bom lubang hitam, maka energi yang ditimbulkan sebuah bom lubang hitam setelah meledak, akan setara dengan ledakan bom atom yang tak terhingga kelipatannya secara bersamaan, paling tidak ia dapat mengakibatkan kematian 1 miliar jiwa.

Bagi mayoritas orang, lubang hitam yang menakutkan adalah hal yang sangat jauh di alam semesta, masih sangat jauh meninggalkan kita. Namun, Delofmankov berpendapat, sebenarnya kerabat kecil lubang hitam alam semesta --lubang hitam mini ada di mana-mana di atas bumi, bahkan mendatangkan sejumlah besar masalah dan bencana pada manusia. Beberapa ilmuwan Rusia menganggap, bahwa beberapa fenomena misterius di atas bumi berhubungan dengan lubang hitam mini, seperti misalnya letusan gunung berapi, energi dan panas gunung berapi selalu merapat di tempat tertentu di atas bumi, lagi pula tak kunjung habis. Beberapa ilmuwan bahkan curiga, bahwasannya adalah energi mataharilah yang telah menyampaikannya ke tempat yang dalam di bumi melalui lubang hitam. Sebelum ini, beberapa fisikawan mengenali bahwa di atas matahari tidak hanya terdapat energi nuklir, bahkan ada lubang hitam mini, lagi pula setiap bagian dalam planet mungkin terdapat lubang hitam mini.

subhanallah Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya

34) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh r.a.n pada Desember 01, 2009, 04:18:19 PM
Wah..artikelnya bagus juga..kopas yak ;D
35) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh gery unib pada Desember 07, 2009, 08:20:20 PM
thanxs ya jaya selalu matematika
36) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh yoma nidan pada Desember 28, 2009, 12:07:34 PM
emg Nol itu bilangan genap? dalam bagan bilangan bukannya Nol berdiri sendiri?
37) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Nanang HP pada Januari 01, 2010, 02:26:00 AM
Jangan bingung bro...., baca aja koment dari desert_fox... logic banget. Berapa pun angkanya pasti jadi 3 digit, lawong yang diitung cuma genap, ganjil, jumlah. Klau udah jadi 3 digit, hasilnya pasti :
1. bilangan genap(3)+bilangan ganjil (0)
2. bilangan genap(1)+bilangan ganjil(2)
3. bilangan genap(2)+bilangan ganjil(1)
4. bilangan genap(0)+bilangan ganjil(3)"kutipan desert fox"
Alhasil ya 123.
Menarik tapi masih jauh dari black hole...
38) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Freddy Lumbantoruan pada Januari 16, 2010, 12:33:50 AM
ketemu lagi sama Nanang. Kayaknya kita itu harus terima kelebihan orang lain seperti mereka yang sudah bekerja keras dan berpikir keras untuk menemukan sesuatu hal yang unik.
Saya salut dengan permainan ini. itu karena kecerdasan anda BUKAN karena sok cerdas. saya salut tingkatkan terus. thanks
39) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh kafrawi pada Pebruari 05, 2010, 05:24:44 PM
waddduhhh dari 38 jawaban kok tidak ada pemecahan secara sistematis, contoh nya seperti ini... setiap bilangan "yg jumlah digitnya" habis dibagi tiga, maka bilangan tersebut habis dibagi 3 , contoh bilangan 12351 habis dibagi tiga karena 12351 jumlah semua digit = 1+2+3+5+1=12, yg mana 12 habis dibagi 3, dapat dijelaskan bahwa karena ini basis 10, maka 10 itu = 9+1 ,   100=99+1,  1000=999+1, nah untyuk bilangan blackhole 123 bagaimana penyelesaiannya secar sistematis!!!!!
40) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh zahidah pada Pebruari 09, 2010, 02:35:44 PM
1 kata bwt artikel ni
keReN!!!
tp knapa ya ko' aq bru tw....
hehehe!!!
41) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh bangmas pada Pebruari 17, 2010, 09:29:14 PM
q bru tau lok da yg lbih menarik,,,
42) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh aima pada Maret 17, 2010, 12:52:31 PM
tambahan nich.. kita tahu kalo:
0,111111111111... = 1/9
0,222222222222... = 2/9
0,555555555555... = 5/9
0,121212121212... = 12/99
tapi 0,9999999999... tidak sama dengan 9/9
43) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh popolopo pada April 25, 2010, 11:01:26 PM
pernah baca ttg 0,99999... ini, solusinya:
10x - x = 9x
x = 0,99999999999999...
9,999999999... - 0,999999999... = 9x
9 = 9x
x = 1 = 9/9
hahahaha intinya sih mendekati. 0,111111111... jga tidak persis = 1/9, hanya mendekati...
44) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Л-ngin_Л-ntar pada Mei 17, 2010, 01:49:39 PM
wahhhh.... hebat ya si 123 ini... bener-bener bilangan lubang hitam. tapi, kayaknya ada bilangan lubang hitam kembarannya deccchh...!
jika susunannya diubah jadi
 banyaknya bilangan ganjil , banyaknya bilanang genap, trus jumlah bilangan total. maka... jadilah... bilangan lubang hitam kembaran 123 yaitu 213... 
45) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh arialang pada Mei 23, 2010, 12:58:10 AM
mav...
kalau misalnya angka 203 itu bagaimana???
soalnya dia terdiri dari 2 angka genap,0 angka ganjil, dan 3 angka digit...
yg dimana apabila pakai cara anda hasilnya akan sama lg dengan angka semula [203]...
terima kasih...
46) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Arief Widagdo pada Juni 20, 2010, 09:50:32 PM
wha ada juga trik matematkia sperti ini ya,mantap!!
47) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Л-ngin_Л-ntar pada Juni 23, 2010, 09:09:30 PM
bilangan 203 kan terdiri dari satu angka ganjil ( 3 ), dua angka genap ( 2 dan 0 ) dan tiga angka total yaitu 2,0,dan 3.
kalo  susunannya :
 ganjil, genap, total maka jadi 123.
trus dari bilangan 123 terdapat dua angka ganjil (1 dan 3), satu angka genap ( 2 ) dan tiga angka total. sehingga susunannya 213.
dari bilangan 213 terdapat dua angka ganjil (1 dan 3), satu angka genap ( 2 ) dan tiga angka total... sehingga susunannya 213... dan seterusnya,, maka 213 juga merupakan bilangan lubang hitam ... hehehehehehehe........
48) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh away1986 pada Juni 29, 2010, 06:55:51 PM
Mantap.... nice info....
49) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh away1986 pada Juni 29, 2010, 07:01:10 PM
@arialang:
Duh.... kamu kaya'nya ngitungnya ga teliti dech....
coba cek kembali.
angka 203 itu terdiri dari 2 angka genap (angka 2 dan 0), 1 angka ganjil (angka 3), dan mengandung 3 digit angka. Jadi hasilnya bukan kembali menjadi 203. Tapi menjadi 213 atau kalo di urutkan menjadi 123.

Trims.....
50) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh ka-chan pada Juli 06, 2010, 09:42:40 PM
Wew!!! Ajaib!!! Keren!!! Bisa di pakai am Joe Shandy nih!! *itu loh, pesulap angka ...
51) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh winterwing pada Juli 14, 2010, 09:21:49 PM
141985.
4+9+5=2?
1+1+8=4?
1+4+1+9+8+5=6?
52) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Basajew pada Agustus 09, 2010, 07:28:47 AM
kenapa harus lubang hitam ya?
ga da nama lain apa??
53) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh patr28 pada Agustus 11, 2010, 07:40:14 AM
hahaha keren juga. bener2 lubang hitam!
54) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Putrinisa Pukhoi pada September 06, 2010, 08:49:45 PM
nice info! :)
ada APLIKASInya ngga di kehidupan sehari-hari? lagi butuh nih buat tugas >.
55) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Fandazky pada November 04, 2010, 05:02:27 PM
keren nih.
aq br denger pertama kali disini
56) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh gede brawijaya pada Desember 03, 2010, 09:04:58 PM
utak atik asik ... dr judul ak pikir pertamanya black hole ada di nol cz d situ singularnya tetapi ternyata angka nol sendiri hasilnya 123 kan atau 213 (lubang hitam kembarannya)...nah aplikasi dalam kehidupan yaitu (setelah merenung cukup lama) ternyata penggenapan berada diantara dua keganjilan dan hasilnya .... terserah dari sudut mana kita utak atik lagi....kalo ak nemu di "si primer genap" ...takut2nya malah jatuh ke ocultisme numerologi lg, No We Don't
57) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh adjie purbojati pada Desember 14, 2010, 01:19:06 PM
terima kasih atas artikelnya.
ini sangat membantu.
salam hangat!
58) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Balya pada Desember 16, 2010, 07:42:32 AM
Bagus sekali artikelnya...
sampai-sampai bilangan 123 sendiri juga 123 ..
akhirnya...
:)

tapi peraturannya harus genap duluan ya yang di tulis kan di awal angka?
Kalau ganjil atau jumlah digit nya duluan bagaimana??
59) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh savetone pada Desember 18, 2010, 09:20:38 PM
mungkin rumusnya diambil dari dasar 0,1,2 ---> o genap, 1 ganjil, dan 2 jumlah keduanya!
tapi kalo d rubah dalam hexa bisa ga ya? bisa jadi virus mematikan... jika setiap perintah hexa bisa d jadikan black hole sperti 123, kayanya ga akan bisa dihapus!
hemh... menarik.... 2 jempol deh, lumayan kalo bisa dipasang dalam khidupan!
60) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh savetone pada Desember 18, 2010, 09:28:06 PM
oya kita coba dengan angka 7 (angka kelahiran saya hehehe...)
7     = 0 genap, 1 ganjil, 1 total = 011 --> 11
11   = 0 genap, 2 ganjil, 2 total = 022 --> 22
22   = 2 genap, 0 ganjil, 2 total = 202
202 = 3 genap, 0 ganjil, 3 total = 303
303 = 1 genap, 2 ganjil, 3 total = 123 (BLACK HOLE)
wow..  kayanya aku ga akan dekat" blackhole, ga mungkin slamat!
^_^ hehehe.. kiding!
61) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh savetone pada Desember 18, 2010, 09:39:43 PM
masih penasaran om kalo systemnya ganjil dulu gmna ya?
7    = 1 ganjil, 0 genap, 1 total = 101
101 = 2 ganjil, 1 genap, 3 total = 213
213 = 2 ganjil, 1 genap, 3 total = 213 juga
lagi 7552956 (asal lho...) = 4 ganjil, 2 genap, 7 total = 427
427 = 1 ganjil, 2 genap, 3 total = 123
123 = 2 ganjil, 1 genap, 3 total 213 ( BLACK HOLE)
black hole dengan putaran ke kiri... 123 --> ke arah kanan, ke rarh kiri
62) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh savetone pada Desember 18, 2010, 10:15:36 PM
sorry kalo nyepam, abis masih penasaran!
kalo metodenya total, genap, ganjil gmana ya?
7    = 1 total, 0 genap, 1 ganjil = 101
101 = 3 total, 1 genap, 2 ganjil = 312
312 = 3 total, 1 genap, 2 ganjil = 312 (BINGO)
black holenya ternyata angka 1, 2, dan 3!
dengan metode diatas akan menjadi black hole...
genap, ganjil, total = 123 1-->2-->3--> Black hole berkecepatan tinggi (serarah jarum jam)
ganjil, genap, total = 213 2 Black hole berkecepatan rendah (serarah jarum jam)
total, ganjil, genap = 321 3
63) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Ben Sharon pada Desember 23, 2010, 09:21:56 AM
Tuhan mencipatakan Alam Semesta dengan 2 cara: Matematika dan Fisika (Teori Ben Sharon). Makanya saya cinta keduanya. =D Selamat untuk sang penulis artikel ini. =)
64) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh lam_lavoisier09 pada Pebruari 09, 2012, 12:21:57 PM
waw,,, baru ngerti ama yg nama'y bilangan lubang hitam da,,, like this,, izin copas yo,,
;)
65) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh shirleyy pada Juli 17, 2012, 11:10:23 PM
woow, mantap!
66) Re: Misteri Bilangan Lubang Hitam : 123
Ditulis oleh Patner Toni pada Mei 17, 2013, 02:42:57 PM
keren yg nemuinnya bisa kepikiran seperti itu,,,
kreatif banget deh,,,:D
gag kepikiran jg bisa sampai begitu,,
hehehhehe
Diskusi dan komentar dipindah ke forum.
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia