Forum Sains Indonesia



*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

jinggapersada

Desember 11, 2014, 09:08:06 AM
GOOD DAYS sahabat saya yg berbaik hati nya salam dari saya

raqiem7

Desember 09, 2014, 09:49:41 PM
Apakah di sini ada pembahasan sains dan hubungannya dengan agama?
 

Farabi

Desember 03, 2014, 06:50:05 PM
Seorang diktator akan menuntut rakyatnya untuk mengabdi kepada negara. Padahal seharusnya negara itu menjadi pelayan masyarakat.

tolle

Desember 03, 2014, 10:23:20 AM
gan dlu aku pernah coba buat kontrol robot pake stik ps2 tpi ngak jdi,,,,
bisa minta solusinya ....?

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:47:34 PM
nurhalimah
hmm.. bagus blognya..

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:45:40 PM
hallo.. mau nannya ada yg punya tutorial labview? lagi sangat butuh untuk kuliah..  :D

NurHalimah24

Desember 02, 2014, 11:13:09 AM
Halo salam kenal semuanya. bisa kunjungi blog saya ya http://nurhalimah-24.blogspot.com/ terima kasih :)

agus.sucipto99

Desember 01, 2014, 03:32:01 PM
haloo bang syair dari medan... minta alamat email atau no tlp yg bisa dihubungi dong ????

Learner

Desember 01, 2014, 01:03:16 AM
Ini anggota forumnya masih aktif kah?

quietwave

November 30, 2014, 08:24:45 PM
halo?

Show 50 latest

27 Mei 2007 - Misteri Bilangan Nol

Ratusan tahun yang lalu, manusia hanya mengenal 9 lambang bilangan yakni 1, 2, 2, 3, 5, 6, 7, 8, dan 9. Kemudian, datang angka 0, sehingga jumlah lambang bilangan menjadi 10 buah. Tidak diketahui siapa pencipta bilangan 0, bukti sejarah hanya memperlihatkan bahwa bilangan 0 ditemukan pertama kali dalam zaman Mesir kuno. Waktu itu bilangan nol hanya sebagai lambang. Dalam zaman modern, angka nol digunakan tidak saja sebagai lambang, tetapi juga sebagai bilangan yang turut serta dalam operasi matematika. Kini, penggunaan bilangan nol telah menyusup jauh ke dalam sendi kehidupan manusia. Sistem berhitung tidak mungkin lagi mengabaikan kehadiran bilangan nol, sekali pun bilangan nol itu membuat kekacauan logika. Mari kita lihat.

Nol, penyebab komputer macet

Pelajaran tentang bilangan nol, dari sejak zaman dahulu sampai sekarang selalu menimbulkan kebingungan bagi para pelajar dan mahasiswa, bahkan masyarakat pengguna. Mengapa? Bukankah bilangan nol itu mewakili sesuatu yang tidak ada dan yang tidak ada itu ada, yakni nol. Siapa yang tidak bingung? Tiap kali bilangan nol muncul dalam pelajaran Matematika selalu ada ide yang aneh. Seperti ide jika sesuatu yang ada dikalikan dengan 0 maka menjadi tidak ada. Mungkinkah 5*0 menjadi tidak ada? (* adalah perkalian). Ide ini membuat orang frustrasi. Apakah nol ahli sulap?

Lebih parah lagi, tentu menambah bingung, mengapa 5+0=5 dan 5*0=5 juga? Memang demikian aturannya, karena nol dalam perkalian merupakan bilangan identitas yang sama dengan 1. Jadi 5*0=5*1. Tetapi, benar juga bahwa 5*0=0. Waw. Bagaimana dengan 50=1, tetapi 500=1 juga? Ya, sudahlah. Aturan lain tentang nol yang juga misterius adalah bahwa suatu bilangan jika dibagi nol tidak didefinisikan. Maksudnya, bilangan berapa pun tidak bisa dibagi dengan nol. Komputer yang canggih bagaimana pun akan mati mendadak jika tiba-tiba bertemu dengan pembagi angka nol. Komputer memang diperintahkan berhenti berpikir jika bertemu sang divisor nol.

Bilangan nol: tunawisma

Bilangan disusun berdasarkan hierarki menurut satu garis lurus. Pada titik awal adalah bilangan nol, kemudian bilangan 1, 2, dan seterusnya. Bilangan yang lebih besar di sebelah kanan dan bilangan yang lebih kecil di sebelah kiri. Semakin jauh ke kanan akan semakin besar bilangan itu. Berdasarkan derajat hierarki (dan birokrasi bilangan), seseorang jika berjalan dari titik 0 terus-menerus menuju angka yang lebih besar ke kanan akan sampai pada bilangan yang tidak terhingga. Tetapi, mungkin juga orang itu sampai pada titik 0 kembali. Bukankah dunia ini bulat? Mungkinkah? Bukankah Columbus mengatakan bahwa kalau ia berlayar terus-menerus ia akan sampai kembali ke Eropa?

Lain lagi. Jika seseorang berangkat dari nol, ia tidak mungkin sampai ke bilangan 4 tanpa melewati terlebih dahulu bilangan 1, 2, dan 3. Tetapi, yang lebih aneh adalah pertanyaan mungkinkan seseorang bisa berangkat dari titik nol? Jelas tidak bisa, karena bukankah titik nol sesuatu titik yang tidak ada? Aneh dan sulit dipercaya? Mari kita lihat lebih jauh.

Jika di antara dua bilangan atau antara dua buah titik terdapat sebuah ruas. Setiap bilangan mempunyai sebuah ruas. Jika ruas ini dipotong-potong kemudian titik lingkaran hitam dipindahkan ke tengah-tengah ruas, ternyata bilangan 0 tidak mempunyai ruas. Jadi, bilangan nol berada di awang-awang. Bilangan nol tidak mempunyai tempat tinggal alias tunawisma. Itulah sebabnya, mengapa bilangan nol harus menempel pada bilangan lain, misalnya, pada angka 1 membentuk bilangan 10, 100, 109, 10.403 dan sebagainya. Jadi, seseorang tidak pernah bisa berangkat dari angka nol menuju angka 4. Kita harus berangkat dari angka 1.

Mudah, tetapi salah

Guru meminta Ani menggambarkan sebuah garis geometrik dari persamaan 3x+7y = 25. Ani berpikir bahwa untuk mendapatkan garis itu diperlukan dua buah titik dari ujung ke ujung. Tetapi, setelah berhitung-hitung, ternyata cuma ada satu titik yang dilewati garis itu, yakni titik A(6, 1), untuk x=6 dan y=1. Sehingga Ani tidak bisa membuat garis itu. Sang guru mengingatkan supaya menggunakan bilangan nol. Ya, itulah jalan keluarnya. Pertama, berikan y=0 diperoleh x=(25-0)/3=8 (dibulatkan), merupakan titik pertama, B(8,0). Selanjutnya berikan x=0 diperoleh y=(25-3.0)/7=4 (dibulatkan), merupakan titik kedua C(0,4). Garis BC, adalah garis yang dicari. Namun, betapa kecewanya sang guru, karena garis itu tidak melalui titik A. Jadi, garis BC itu salah.

Ani membela diri bahwa kesalahan itu sangat kecil dan bisa diabaikan. Guru menyatakan bahwa bukan kecil besarnya kesalahan, tetapi manakah yang benar? Bukankah garis BC itu dapat dibuat melalui titik A? Kata guru, gunakan bilangan nol dengan cara yang benar. Bagaimana kita harus membantu Ani membuat garis yang benar itu? Mudah, kata konsultan Matematika. Mula-mula nilai 25 dalam 3x+7y harus diganti dengan hasil perkalian 3 dan 7 sehingga diperoleh 3x+7y=21.

Selanjutnya, dalam persamaan yang baru, berikan y=0 diperoleh x=21/3=7 (tanpa pembulatan) itulah titik pertama P(6,1). Kemudian berikan nilai x=0 diperoleh y=21/7 = 3 (tanpa pembulatan), itulah titik kedua Q(0, 3). Garis PQ adalah garis yang sejajar dengan garis yang dicari, yakni 3x+7y=25. Melalui titik A tarik garis sejajar dengan PQ diperoleh garis P1Q1. Nah, begitulah. Sang murid telah menemukan garis yang benar berkat bantuan bilangan nol.

Akan tetapi, sang guru masih sangat kecewa karena sebenarnya tidak ada satu garis pun yang benar. Bukankah dalam persamaan 3x1+7x2=25 hanya ada satu titik penyelesaian yakni titik A, yang berarti persamaan 3x1+7x2 itu hanya berbentuk sebuah titik? Bahkan pada persamaan 3x1+7x2=21 tidak ada sebuah titik pun yang berada dalam garis PQ. Oleh karena itu, garis PQ dalam sistem bilangan bulat, sebenarnya tidak ada. Aneh, bilangan nol telah menipu kita. Begitulah kenyataannya, sebuah persamaan tidak selalu berbentuk sebuah garis.

Bergerak, tetapi diam

Bilangan tidak hanya terdiri atas bilangan bulat, tetapi juga ada bilangan desimal antara lain dari 0,1; 0,01; 0,001; dan seterusnya sekuat-kuat kita bisa menyebutnya sampai sedemikian kecilnya. Karena sangat kecil tidak bisa lagi disebut atau tidak terhingga dan pada akhirnya dianggap nol saja. Tetapi, ide ini ternyata sempat membingungkan karena jika bilangan tidak terhingga kecilnya dianggap nol maka berarti nol adalah bilangan terkecil? Padahal, nol mewakili sesuatu yang tidak ada? Waw. Begitulah.

Berdasarkan konsep bilangan desimal dan kontinu, maka garis bilangan yang kita pakai ternyata tidak sesederhana itu karena antara dua bilangan selalu ada bilangan ke tiga. Jika seseorang melompat dari bilangan 1 ke bilangan 2, tetapi dengan syarat harus melompati terlebih dahulu ke bilangan desimal yang terdekat, bisakah? Berapakah bilangan desimal terdekat sebelum sampai ke bilangan 2? Bisa saja angka 1/2. Tetapi, anda tidak boleh melompati ke angka 1/2 karena masih ada bilangan yang lebih kecil, yakni 1/4. Seterusnya selalu ada bilangan yang lebih dekat... yakni 0,1 lalu ada 0,01, 0,001, ..., 0,000001. demikian seterusnya, sehingga pada akhirnya bilangan yang paling dekat dengan angka 1 adalah bilangan yang demikian kecilnya sehingga dianggap saja nol. Karena bilangan terdekat adalah nol alias tidak ada, maka Anda tidak pernah bisa melompat ke bilangan 2?

Yusmichad Yusdja, Staf peneliti pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial dan ekonomi Pertanian IPB

Komentar *

1) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh 0 pada Juni 09, 2007, 10:46:05 AM
Anka Nol "O" ya? Setau aq sih penemua angka Nol itu Ulama Islam/ Ahli Matematika Islam..(Al-Gebra) yg lbh populer perumusan Al-Jabarnya
2) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh 0 pada Juni 25, 2007, 05:28:09 PM
Hm.. sepakat sama ay_maryani,
setauku sih angka nol di temukan sama Al-Kwarizmi yang menemukan algebra...
3) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh 0 pada Agustus 22, 2007, 03:07:22 AM
gw spakat ma tulisan ini....& ma komentar dari ay_maryani
karena ni salah satu pola pikir yg gw pikir dahsyat. sebab dengan d temukannya angka 0 berarti semua angka memiliki angka 0 terlihat ataupun tidak, dan memang d temukan oleh pemikir islam.
seperti 0:1 = 0 yang maknanya bahwa 0 adalah allah(tuhan) perintahkan kepada manusia akan dikembalikan lagi kepada allah melalui ibadah & 1:0 = ~ yang maknanya apa yang manusia harapkan kepada allah tak terhingga contohnya melalui do'a.
tanx....
4) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh rawWARus pada Desember 14, 2007, 04:49:01 PM
0=123456789=0  begitulah nantinya alam semesta akan berakhir dari tiada menjadi ada lalu kembali musnah
kosong adalah isi dan isi adalah kosong...emange sulap,hehehe....
5) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh manusiarender pada Pebruari 06, 2008, 01:49:09 AM
alamak..... bodo amat.... mao yang bikin angka orang arab kek, afrika kek, islam kek, zionis kek, bodo amat...... number is universal tdk mengenal ras..

bagi gwe angka nol cuma berguna di buku tabungan dan lembaran cek ajah...
6) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh 0 pada Pebruari 15, 2008, 10:07:29 AM
0 adalah garis lingkaran
garis lingkaran adalah 0
0 bukanlah kosong,kosong bkanlah 0

alah mboh,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!mikirke 0 marake mubeng koyo bentuke
7) Bilangan Prima
Ditulis oleh chow bun how pada Maret 11, 2008, 02:18:02 PM
Hi.. All pecinta matematika di nusantara.

Mungkin diantara teman2 sudah pernah dengan Millenium Prize (http://www. claymath. org/millennium/ ) adalah.7 problem dunia matematika  yg belom terpecahkan yaitu :

    * Birch and Swinnerton-Dyer Conjecture
    * Hodge Conjecture
    * Navier-Stokes Equations
    * P vs NP
    * Poincar√ɬ© Conjecture
    * Riemann Hypothesis
    * Yang-Mills Theory

nah salah satu problem diatas : Rieman Hypothesis: yg memperkenalkan fungsi zeta, dimana fungsi zeta ini menerangkan tentang pola bilangan prima. masalahnya  sampai sekarang  belom ada  orang  yang  bisa  membuat  algoritma  dan  teori  bilangan prima  yang  mangkus. artinya : belom ada spektrum bilangan untuk mencari faktor2 bilangan prima. kalau di bidang kimia ada spektrum kimia atom. bila diambil senyawa atau zat kimia dengan spektrum kimia tadi langsung ketauan struktur atomnya. Spektrum seperti itu yg dibutuhkan:

contoh : 100 : 10 x 10 =  2 x 5 x 2 x 5  faktor  primanya : 2 dan  5
bila : 1841921854111823274 2236667995226521 5254869586358663 5525426264214121 4525462342246264 7

 faktor prima berapa? dan apakah ini bilangan ini prima? sebagai acuan untuk mendapatkan bilangan prima 100 digit dengan memakai super komputer yg canggih dan algoritma yg canggih saat ini. dibutuhkan waktu 4 millyard tahun lamanya..( klo ndak percaya buktikan sendiri).

nah..dengan kerendahan hati saya telah membuat teori matematika dan algoritmanya tentang bilangan prima tentu waktu yg di butuhkan bukan tahun bukan bulan atau jam...untuk 200 digit dibutuhkan hanya beberapa menitsaja. sy memakai program VB6.0..

nah..temen2 sy sudah email ke claymath.org beberapa kali tapi ndak ada tanggapan. tolong dong temen2 kasih masukan buat sy...

thanks

chow bun how
8) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh satria pada April 19, 2008, 10:02:01 PM
siapapun yang nemuin, itu mah karena kekuasaan n kemuliaan Allah SWT yang ciptain makhluk yang namanya manusia.....................
tolong kalau ada referensi tambahan mengenai ini atau sejarah matematika yang lainnya dikirm ke thio8jundi@yahoo.com.......
9) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh must_eka pada April 23, 2008, 07:51:38 AM
Salut ...
Namanya juga misteri ...
10) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh suhartoyo pada Mei 10, 2008, 08:11:10 PM
NOL emang misteri, krana semua bilangan di * kan nol = nol, maka nol jika di equelkan dg teori gravitasi nol merupakan pusat gravitasi. sori yaa klao jauh dari ilmiah
11) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh 0 pada Mei 13, 2008, 04:10:47 AM
Wah ini luar biasa sekali...ada yang mengklaim spt ini..

"nah..dengan kerendahan hati saya telah membuat teori matematika dan algoritmanya tentang bilangan prima tentu waktu yg di butuhkan bukan tahun bukan bulan atau jam...untuk 200 digit dibutuhkan hanya beberapa menitsaja. sy memakai program VB6.0.."

Itu tentu teori matematikanya sangat complicated, sementara ini memang telah beberapa bentuk bilangan prima yang disodorkan oleh pendekar2 matematika dunia. Pada tahun 2002 Nitin Saxena dkk dari Kanpur Institute of Technology membuat algoritma untuk mengetahui apakah suatu bilangan prima atau komposit, itupun berdasar perhitungan time complexity, waktu yang diperlukan akan melonjak cepat membesar sesuai membesarnya bilangan.
Kalau saya sendiri terus terang baru berusaha mempelajari pola yang ternyata memang kerumitannya melonjak cepat, dan itupun pola untuk bilangan2 yang komposit yang punya kemiripan pola dengan bilangan prima.
Tentunya saudara chow bun how sudah menyusun teori yang hebat sehingga bisa menyusun algoritma untuk mendapatkan bilangan prima tersusun dari 200 digit, amat luar biasa, hebat !!!

Salam
12) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh winnet pada Juni 09, 2008, 09:32:13 AM
dari 9 angka menjadi 45 variable

1   123,456,789   x   1   =   123,456,789
2   123,456,789   x   2   =   246,913,578
3   123,456,789   x   11   =   1,358,024,679
4   123,456,789   x   3   =   370,370,367
5   123,456,789   x   12   =   1,481,481,468
6   123,456,789   x   21   =   2,592,592,569
7   123,456,789   x   4   =   493,827,156
8   123,456,789   x   13   =   1,604,938,257
9   123,456,789   x   22   =   2,716,049,358
10   123,456,789   x   31   =   3,827,160,459
11   123,456,789   x   5   =   617,283,945
12   123,456,789   x   14   =   1,728,395,046
13   123,456,789   x   23   =   2,839,506,147
14   123,456,789   x   32   =   3,950,617,248
15   123,456,789   x   41   =   5,061,728,349
16   123,456,789   x   6   =   740,740,734
17   123,456,789   x   15   =   1,851,851,835
18   123,456,789   x   24   =   2,962,962,936
19   123,456,789   x   33   =   4,074,074,037
20   123,456,789   x   42   =   5,185,185,138
21   123,456,789   x   51   =   6,296,296,239
22   123,456,789   x   7   =   864,197,523
23   123,456,789   x   16   =   1,975,308,624
24   123,456,789   x   25   =   3,086,419,725
25   123,456,789   x   34   =   4,197,530,826
26   123,456,789   x   43   =   5,308,641,927
27   123,456,789   x   52   =   6,419,753,028
28   123,456,789   x   61   =   7,530,864,129
29   123,456,789   x   8   =   987,654,312
30   123,456,789   x   17   =   2,098,765,413
31   123,456,789   x   26   =   3,209,876,514
32   123,456,789   x   35   =   4,320,987,615
33   123,456,789   x   44   =   5,432,098,716
34   123,456,789   x   53   =   6,543,209,817
35   123,456,789   x   62   =   7,654,320,918
36   123,456,789   x   71   =   8,765,432,019
37   123,456,789   x   9   =   1,111,111,101
38   123,456,789   x   18   =   2,222,222,202
39   123,456,789   x   27   =   3,333,333,303
40   123,456,789   x   36   =   4,444,444,404
41   123,456,789   x   45   =   5,555,555,505
42   123,456,789   x   54   =   6,666,666,606
43   123,456,789   x   63   =   7,777,777,707
44   123,456,789   x   72   =   8,888,888,808
45   123,456,789   x   81   =   9,999,999,909
               
   Jumlah:      1,365      168,518,516,985

komulatif
1   1   1   1   1
1   2   3   4   5
1   3   6   10   15
1   4   10   20   35
1   5   15   35   70
1   6   21   56   126
1   7   28   84   210
1   8   36   120   330
1   9   45   165   495
1   10   55   220   715
1   11   66   286   1001
1   12   78   364   1365
1   13   91      
1   14   105      
1   15   120      
1   16   136      
1   17   153         
1   18   171         
1   19   190         
1   20   210         
1   21   231         
1   22   253         
1   23   276         
1   24   300         

168,518,516,985      -   300   =   168,518,516,685
               
1685185 16685      :   16685   =   10,100,001


13) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh dongker pada Juni 19, 2008, 10:29:32 AM
jeje,,,
bilangan nol ya??
ada misterinya towh..??
seru juga..
ngukur logika euy..
angka nol... angka nol...
engkau bikin bingung orang banyak...
14) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh sahendra pada Juli 08, 2008, 09:33:13 AM
aku senantiasa sependapat, nol tetap perlu dalam penghitungan
15) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh elmo pada Juli 23, 2008, 05:01:32 PM
HI,,aku anggota baru nie,,
salam knal,,

ada lagi g misteri2 yang berhub.dengan mtk??
16) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh bupunsu pada Juli 24, 2008, 11:31:32 AM
Wooww, bilangan nol barangkali cuma simbol aja, bagaimana dengan minus nol dan plus nol, kemudian dengan minus tak berhingga dan plus tak berhingga, kalau digambarkan dalam sistem salib sumbu. Aljabar biner cuma mengenal angka nol dan satu, dipakai di komputer jadi listrik mati dan listrik hidup. Dari hidup terus mati, dari mati terus hidup, persis PLN, byar-pet byar-pet ... heheheh
Masih ada yang bikin pusing yaitu akar minus satu, jadi bilangan i (imaginer), akar plus satu sama dengan satu, tetapi akar minus satu kok jadi bilangan imajiner? percaya aja lah sama yang ahli matematik.
17) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh dewi_lamdha pada Agustus 05, 2008, 09:32:46 PM
aku suka angka 0
18) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh dewi_lamdha pada Agustus 05, 2008, 09:36:46 PM
nol adalah lambang dari sebuah pusat
dalam kehidupan ini entah itu alam nyata maupun tidak selalu akan ada  pusatnya, entah itu berupa titik maupun daerah/wilayah. dalam kesempatan berikutnya akan saya jabarkan
19) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh qie_qie_cool pada Agustus 10, 2008, 01:18:43 PM
"aku suka angka 0" ......kutipan
klo ada yang suka bilangan '0'
aQ ga suka....
soalna aku selalu kena marah kalo dapat angka '0' waktu sekolah dLu
Jd....apa enaq nya bilangan '0'


20) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh dewi_lamdha pada Agustus 15, 2008, 08:38:01 AM
nol termasuk sebagai anggota "bilangan". bilangan real, bilangan bulat.Akan tetapi nol bukan termasuk
"bilangan asli" atau biasa kita simbolkan dengan "N". terlebih dahulu sebaiknya dalam menguak tentang misteri bilangan nol ini. Akan lebih mudahnya kita pelajari dan kita pahami apa yang di maksud dengan bilangan asli itu sendiri, dan kenapa bilangan nol tidak termasuk dalam anggota bilangan asli?????ASLI??apa yang dimaksud dengan asli?apakah sama dengan nyata?bila saya berargumen 0 bukan merupakan bilangan nyata?apakah asumsi yang seperti itu disetujui oleh matematikawan semuanya???apabila kita menggunakan cartesian dimensi 1, maka akan muncul hamparan garis yang dimana titik tengah dari garis tersebut adalah bilangan nol. Saya kurang setuju apabila dikatakan nol adalah bilangan yang tunawisma. Krn suatu ruang atau selang pasti ada titik pangkal dan titik ujung.dan titik nol adalah titik yang sering sekali digunakan sebagai titik pasangan dari titik-titik yang lain.
21) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh dewi_lamdha pada September 14, 2008, 11:23:30 PM
kenapa saya suka angka 0?
coz 0 adalah lambang dari pusat atau permulaan.
22) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Santri pada Oktober 22, 2008, 05:17:03 PM
wah.....
lagi dong ceritanya tentang angka nol..
penasaran nih bagaimana nasib angka nol hheehehee
kalo tadi tunawisma apa angka nol juga tunarungu..????
di tunggu lohh...!
23) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh hanifa pada Oktober 28, 2008, 03:14:05 PM
itu cerita misteri bilangan nol,,

nah klo sejarah'y bilangan2 yg laen gimana crita'y???
24) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Dhy_f4n_06 pada Januari 13, 2009, 09:59:06 PM
wow...
25) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh iid weasley pada Maret 05, 2009, 04:41:14 PM
Nol emang bilangan misteri, karena dia tidak bisa dikatakan bilangan positif dan juga tak bisa dikatakan bilangan negatif.
dia juga tidak kosong karena di mempunyai nilai.
26) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh aRuRi pada Maret 23, 2009, 11:25:33 PM
Menurut artikel yang aku baca. Angka 0-9 adalah mewakili jumlah sudutnya. Tapi aku masih bingung kenapa ya?? Gag ngerti maksudnya?!!
27) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh prince arthas pada April 03, 2009, 08:04:29 PM
selain bilangan 0 yang hebat ada lagi temannya yang ga kalah hebat yaitu bilangan 1, karena dari dua bilanagan itu bisa tercipta beratus-ratus bilangan lainnya, kalo ga percaya konversi aja dari biner ke desimal atau ke hexadesimal.
sory gw bawa-2 angka 1....he...he biar banyakan dikit.
 
28) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Inspiration pada April 10, 2009, 02:20:01 PM
hi
aku anggota baru

cos 0 = 1,

kok bisa y.
29) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh jhonson tamba pada April 10, 2009, 11:54:45 PM
saya kira angka 0 (nol) itu bukan sesuatu yang aneh(misteri) ,karena kita sudah pakai dalam kesehari-harian kita. jadi nilai nol itu tergantung kita aja ,bisa 0=5 atau 0=7 atau 0=10 terserah aja ,nikmatin aja kegunaan angka 0 (nol).angka 1 tidak selamanya dipakai sama dengan 1 ,bisa aja 1=2, 1=4, 1=9 , tergantung manfaatnya /kegunaan angka itu bagi kita,karena buat apa ada/ tahu angka tapi nggak bisa digunakan. saya berharap banyak agar teman-teman(atau orang yang sok tahu matematika seperti saya) tidak terlena/terjebak dengan lubang dubur yang dibuat sendiri.
30) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Nami pada April 17, 2009, 10:23:28 AM
Jika nol punya misteri, gimana dengan angka 1, bukannya angka 1 juga angka yang unik?
31) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh anni3 pada Mei 08, 2009, 01:02:46 PM
hanya 0 sampai 9 saja bisa membuat berbagai misteri, keren!
32) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Rohedi pada Mei 10, 2009, 05:07:09 AM
Setidaknya kalo tidak ada angka 0 pada 1/2^10 maka definisi angka 1 itu menjadi tidak utuhkan.....tapi anehnya ahir ahir ini banyak matematikaiawan yang lupa pada dogmanya dhewek e yo, mosok toh 0.999...=1, aneh khan?
33) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh janu eka pada Mei 13, 2009, 07:25:40 PM
Misteri angka nol berarti tidak terbatas, Misteri Illahi yang mengetahuiNYa.
34) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh desert_fox pada Mei 26, 2009, 11:26:36 AM
menurut saya angka 0 itu hanya perlambang saja.lambang ketidadaan. misteri yang dibuatnya adalah konsekuensi dari ketiadaan itu sendiri. tidak ada yang misteri seprtinya pada angka nol......
:)
35) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh CheerZ pada Juni 05, 2009, 02:03:23 PM
good...gooood...................
36) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh zzz pada Juni 10, 2009, 08:45:06 AM
yah jangan dibulatkan...dunk...matematika itu ilmu pasti......
37) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Anang_P pada Juni 19, 2009, 11:44:05 PM
Dasarnya aku memang ndak bisa matematika, jadi ........... tetap ndak tahu. bingung
38) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Shinlee pada Agustus 12, 2009, 10:21:03 PM
Hai semuanya.

Kalau menurut saya, 0 lahir untuk memberitahukan pada manusia sesuatu yang disebut dengan 'awal' dan 'kejadian'.
0 membatasi rasional dan irasional (bilangan negatif).
Sesuatu yang nyata ternyata tidak lahir begitu saja melainkan harus melalui proses 'ketiadaan tetapi ada' ini, dan ternyata sebelum ketiadaan ada pula proses-proses lain (bilangan-bilangan negatif).

Maaf kalau jadi OOT dan terdengar filsafat begini, karena bagi saya angka 0 itu menakjubkan... ^^
39) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Calvin P L pada Agustus 13, 2009, 07:37:30 PM
Aku makin bingung nih! Setahuku gara2 bil nol, muncul namanya bil tak tentu. BUkannya 0 tambah mengacaukan suasana y? (Contoh : 0/0)
40) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh faiqhr pada September 03, 2009, 03:40:30 PM
kaya'ny titik A (6,1) ga' ngelewatin 3x+7y = 25 deh, coba cek lagi,
41) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh faiqhr pada September 03, 2009, 03:42:31 PM
kalo menurutku gini, "BILANGAN NOL TIDAK SAMA DENGAN KOSONG. BILANGAN NOL TETAP ADA, CONTOHNYA DI KOORDINAT KARTESIUS DIA MEMILIKI TEMPAT. YANG MENUNJUKKAN KETIADAAN ITU KOSONG, BUKAN ANGKA NOL."
42) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh alfan dacozta pada Oktober 06, 2009, 06:05:16 PM
klw menurutku bilangan nol, merupakan bilngan yang mewakili semua bilangan yang ada .,.,.karena no merupakan bilangan identitas bilangan
43) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh r.a.n pada Desember 01, 2009, 04:01:40 PM
Nol  aja ada O nya = nol...Puyeng...
44) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh gery unib pada Desember 07, 2009, 08:20:10 PM
thanxs ya jaya selalu matematika
45) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh gelangtangan pada Januari 12, 2010, 07:35:42 PM
ni baru bilangan keren...
46) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Freddy Lumbantoruan pada Januari 16, 2010, 12:47:46 AM
belum paham betul sih penjelasannya. tapi menarik!!!
47) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh bangmas pada Pebruari 17, 2010, 10:14:21 PM
wow,,menarik neh
48) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh PocongSains pada Maret 25, 2010, 12:27:35 AM
0 memang misterius, penciptanya kalo gak salah Al-Gebra kah???

Angka nol adalah angka terkecil , tapi bisa menciptakan sesuatu yang tidak terhingga :)
49) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh ahmad m.s pada April 03, 2010, 08:02:11 PM
khan dalam perhitungan... yg tak terhingga d anggap nol, tetapi kenapa g da yang nganggap nol itu tak terhingga?? sungguh aneh...
50) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh ahsar pada April 18, 2010, 09:12:35 PM
Logika yang mengambang. Ini yg disebut "mencoba mengangkasa tapi bingung bagaimana caranya kembali ke bumi". Yang diuraikan di dalam tulisan ini bukanlah misteri, melainkan keunikan angka nol, lebih tepatnya keistimewaan angka nol.
51) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Andika Candrajaya pada Mei 15, 2010, 07:50:01 PM
Angka nol adalah bilangan istimewa. Karena "Abjad" universal (a.k.a biner) hanya terdiri dari nol yang dilambangkan dengan bulatan dan sati yang dilambangkan dengan garis lurus. Alasan lainnya adalah bilangan nol adalah unsur identitas dalam penjumlahan.
52) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh WALUDIN pada Mei 26, 2010, 02:21:57 PM
angka nol merupakan bilangan cacah. Semua bilangan yang dibagi nol hasilnya tetap tak terhingga. Dan apabila nol membagi bilangan apapun hasilnya juga tetap nol. Bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari ?
53) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh dich4y pada Mei 31, 2010, 06:06:47 PM
mulai dari nol ya pa' hehehe...
klo  0=1 boleh. gimana klo yg enih: 0=360
54) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh vito_11885 pada Juli 16, 2010, 09:16:11 AM
tanpa angka nol, apa kata dunia??
55) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh hariono pada September 26, 2010, 04:18:27 PM
assalamu'alaikum
sekedar berbagi, menrut pandangan saya demikian...

pertama: bilangan identitas pada operasi penjumlahan adalah 0, sedangkan pada operasi perkalian bilangan identitasnya adalah 1 jadi pada sub
bahasan "nol penyebab komputer macet" telah keliru dalam menempatkan nol sebagai bilangan identitas yang tidak sesuai dengan operasinya sehingga
wajar jika membingungkan. (pelajari lebih dalam tentang teori bilangan dalam aljabar)

kedua: nol bukanlah bilangan tunawisma, kenapa.? jika memang tuna wisma, coba saja anda tulis nomor HP/tlp tanpa angka nol misal "0852xx" cukup
anda tulis "852xx" (tanpa nol) niscaya anda tidak akan sampai pada tujuan anda. ilustrasi lainnya adalah jika anda hendak melangkah satu langkah
maka dikatakan anda melangkah satu langkah setelah anda benar2 melakukan tindakan berpindah tempat sejauh satu langkah dari posisi anda
sebelumnya. maksudnya adalah titik satu yaitu titik dimana saat ini anda berdiri setelah anda berpindah tempat sejauh satu langkah dari posisi anda
sebelumnya, sedangkan titik sebelum anda melangkah adalah titik "t0" atau "titik awal" yaitu titik dimana belum dimulai perhitungan. jadi nol disini bukan
menunjukan wujut tidaknya sesuatu tetapi menunjukan awal (titik tolak) dari suatu tindakan. pada sub bahasan "nol bilangan tunawisma" di atas telah
menempatkan makna nol yang tidak relevan dengan contoh kasusnya sehingga lagi-lagi membingungkan.

wassalam...
56) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh sunray pada November 07, 2010, 10:34:45 PM
wow..keren neh,,,, :)) salam kenal deh,,baru neh...berarti sebelum masuk di sini aku di posisi 0 atau kosong ya?
57) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh wau_wah_yu_doo pada Desember 12, 2010, 11:27:22 PM
Nol itu antara ada dan tidak ada,menggambarkan abstrak menjadi lebih berwujud,kayakna liat dr segi filosofi jg mantap gan...
58) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh Balya pada Desember 16, 2010, 07:57:56 AM
penemu angka 0 itu bukannya al - khawarizmi?
???
tapi artikelnya luar biasa...
:)
59) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh ka-chan pada Januari 02, 2011, 03:46:35 PM
Ada yang udah baca "SETAN ANGKA"? Angka Nol disebut oleh peri/setan sebagai angka yang paling istimiwa.
60) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh hani jatmika pada November 27, 2011, 11:10:57 PM
sepertinya ditulisan ini ada yang keliru
5+0=0 benar tpi 5*0=5 itu salah yang benar 5*0=0
61) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh markajam pada Juni 22, 2012, 08:49:41 AM
wah artikelnya bagus banget........mau tanya ada yang tahu misteri angka 1. misal Allah itu satu. nah, ada yang tahu maksudnya apa...kalo ada yang bisa dengan menggunakan logika matematika gmana?
62) Re: Misteri Bilangan Nol
Ditulis oleh yanu pada April 01, 2013, 03:33:40 PM
maaf ni aku ga begitu ngerti matematika, tapi mau coba berpendapat aja, kayaknya ada dua pemakanaan nol (0) yang bikin bingung, yang pertama 0 itu adalah simbol ketiadaan atau kosong (nol dicoret itu bukan sih?), yang kedua ya 0 yang ada di bilangan bulat, harusnya keduanya itu beda ya secara logika, jadi gini menurut aku kalo kita pake 0 itu sama dengan kosong jadi 1 dibagi 0 ya harusnya tetap 1, karena 1 ga di bagi dengan apa2, tapi kalo kita pake 0 yang ada pada bilangan bulat, 1 dibagi 0 sama dengan tak terhingga. kata "tak terhingga" ada yang pernah bahas, secara logika jelas banget, dijelasinnya gini, 1 dibagi 1/2 kan sama dengan 2, lagi misal, 1 dibagi 1/200 kan sama dengan 200, itu terus yang bagi lebih diperkecil lagi misal, 1 dibagi 1/1000000 kan sama dengan 1000000, jadi trus semakin yang bagi itu kecil (semakin mendekati 0) semakin gede hasilnya, jadi kalo 0 yang dipake disini mewakili bilangan terkecil ya 1 dibagi 0 sama dengan tak terhingga. kira2 gitu kali ya, kayaknya harus dibedakan 0 sebagai kosong dengan 0 yang ada dalam bilangan bulat.
Diskusi dan komentar dipindah ke forum.
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia