Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi
Bangun tidur ku terus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi ku tolong ibu
Membersihkan tempat tidur ku

Lirik lagu di atas mungkin sangat familiar bagi kita di masa kanak-kanak. Di balik  lirik syairnya yang sederhana dan mudah dihafal ternyata ada penjelasan ilmiah yang perlu kita perhatikan. Lirik kedua “tidak lupa menggosok gigi” mengingatkan kita bagaimana pentingnya menggosok gigi. Bahkan Ikatan Dokter Gigi Indonesia (IDGI) menyarankan untuk menggosok gigi sekurang-kurangnya dua kali sekali. Ada apakah gerangan? Berikut  adalah penjelasan sederhana kenapa kita mesti menggosok gigi.

Air liur (secara ilmiah disebut dengan saliva) mengandung lebih dari seratus milyar (108) bakteri per milimeternya. Dalam air liur juga mengandung lapisan tipis glikoprotein yang menempel pada enamel gigi, dan menjadi medium pertumbuhan bagi milyaran bakteri tersebut.

Di antara milyaran bakteri tersebut, Streptococccus mutans merupakan bakteri yang menyebabkan pembusukan dan menyebabkan lubang pada gigi. Bakteri ini menghasilkan suatu enzim khusus yang dikenal dengan glukosil transferase yang berkerja secara spesifik dalam penguraian sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa (sukrosa merupakan jenis gula yang kita konsumsi sehari-hari). Enzim ini selanjutnya akan merombak glukosa yang telah diuraikan tadi menjadi suatu polisakarida yang disebut dengan dextran. Plak gigi (dental plaque), atau disebut juga dengan karang gigi, merupakan sejumlah besar dextran yang menempel pada enamel gigi dan menjadi media pertumbuhan bagi berbagai jenis bakteri tersebut.

Pembentukan plak gigi ini merupakan langkah awal dalam proses pembusukan gigi. Hasil penguraian sukrosa yang kedua adalah fruktosa. Bakteri Lactobacillus bravis mengubah fruktosa menjadi asam laktat melalui serangkaian reaksi glikolisis dan fermentasi. Terbentuknya asam laktat akan menyebabkan penurunan pH pada permukaan gigi. Suasana asam ini menyebabkan  kalsium dari enamel gigi akan terurai atau rusak.

Secara alamiah kita memproduksi 1 liter air liur setiap hari yang berguna  mengurangi keasaman mulut. Akan tetapi, plak gigi yang terbentuk tidak bisa diuraikan oleh air liur tersebut. Plak gigi ini menahan keberadaan bakteri. Akibatnya asam laktat akan tetap terbentuk dan tetap akan merusak enamel gigi.

Menggosok gigi secara teratur dapat membantu mengurangi pembentukan plak gigi. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung sukrosa juga merupakan langkah pencegahan kerusakan gigi. Kontrol kesehatan gigi secara berkala merupakan salah satu langkah menjaga kesehatan gigi. Agar kita dapat membantu ibu bukan hanya sekedar membersihkan tempat tidur lho... ^_*

Artikel Kesehatan Lainnya

Tanggapan *

1) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh V-chan pada Juni 04, 2009, 09:10:45 AM
mulai umur brp y qta mengajarkn ato mengenalkan pd ank2 pentingnya gosok gigi??
gmn cara membiasakan mrk gosok gigi?
krn mnrt saya, agk susah menyuruh ank2 gosok gigi...
terima kasih...

2) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh CheerZ pada Juni 05, 2009, 02:53:55 PM
ya mulai dari sejak dini dunk..
oh ya, q punya sepupu.
Anaknya yg masih kecil tuh udah dibiasakan membersihkan giginya sejak balita.
Yaitu dengan cara menggosokkan kain yang udah dikasih air/ kain basah ke giginya sehabis mimik susu.

Nah, pas sekitar 2 tahunan gituh, dia udah terbiasa dengan gosok gigi. Jadi dia ga rewel lagi kalo di suruh gosok gigi, soalnya udah biasa dari kecil....

piss

3) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh biobio pada Juni 06, 2009, 06:06:52 PM
"Enzim ini selanjutnya akan merombak glukosa yang telah diuraikan tadi menjadi suatu polisakarida yang disebut dengan dextran"
Bagaimana cara menguraikan glukosa (suatu monosakarida) menjadi polimer karbohidrat (polisakarida)?

4) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh arrevi pada Juni 08, 2009, 01:35:37 PM

"Bagaimana cara menguraikan glukosa (suatu monosakarida) menjadi polimer karbohidrat (polisakarida)?"

Sepertinya tidak diuraikan (hidrolisis) atau mungkin mengalami reaksi polimerisasi???
CMIIW

5) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh cartiman pada Juni 10, 2009, 03:25:13 PM
menguraikan glukosa.....! saya ngak ngerti ? apakah itu berbahaya bagi kesehatan gigi kita ?

6) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh ryco pada Juni 25, 2009, 12:18:48 PM
Ada hal yang perlu diteliti dan dicermati, mengapa orang-orang tua dulu sebelum ada pasta gigi akan tetapi gigi-gigi mereka cenderung lebih awet (tidak mudah keropos). Banyak diantara mereka yang menginang untuk menjaga kesehatan gigi akan tetapi air liurnya kelihatan kotor sekali (berwarna merah). Adakah anak-anak muda sekarang yang suka nginang ??
Baikan mana antara menginang (tembakau, kapur sirih, daun sirih) dengan pasta gigi yang ada sekarang?

7) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh maryam pada Juli 13, 2009, 04:54:26 PM
gMn si CaRa GosOk GigI Yg BaIk????
kRn tiAp OrG bEda2 caraX...
WaLaU sIkaT GiGi Tp TerKaDanG muLuT masi BaU n maSiH aD bEkaS maKaNaN???
oH y paSta GiGi YG baIk cIrI2x bGmn????

8) Re: Pentingnya Menggosok Gigi Maryam |||
oleh okrek pada Juli 28, 2009, 01:03:20 PM
menggosok gigi harus rata dan seluruh bagian gigi, gusi, dan mulut dapat dibersihkan.
untuk membersihkan seluruh bagian itu, terkadang tidak cukup hanya dengan sikat gigi dan pasta gigi.
terkadang perlu di bantu dengan yang lainnya misalnya obat kumur.
dan untuk membersihkan mungkin perlu jari tangan, dan benang gigi.

untuk pasta gigi, asal mengandung fluoride sudah cukup baik.

begitu kira-kira Maryam..

9) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh Lanthoq pada Agustus 10, 2009, 12:26:07 AM
Bro.. lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi, emang tapat, tapi lebh tepat bila tida dua-duanya.
" saya ini udah pake sikat gigi+pasta dann cairan kumur-kumur seperti di iklan tu, tetap aja gigi ini kropos, gimana nih...

10) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh paunk pada Agustus 25, 2009, 11:05:23 PM
gw taunya lgu mbah surip bangun tidur...tidur lagi...bangun tidur...tidur lagi.....

11) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh batock79 pada Agustus 27, 2009, 07:58:54 PM
g ngerti...tp intinya gosok gigi penting biar mulut g bau...

12) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh putribumi pada September 01, 2009, 12:29:39 PM
Kadang-kadang bau dari mulut juga bisa dari pencernaan yang nggak sehat kan... panas dalam juga bisa bau mulut...

Oiya pernah denger nggak kalo habis makan jangan langsung sikat gigi, tapi tunggu kira-kira setengah jam - satu jam setelah makan baru sikat gigi, kalau langsung sikat gigi, giginya cepet rusak, kira-kira kenapa ya?

13) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh Harri_94 pada Oktober 05, 2009, 02:49:30 PM
maksih buat yang buat artikel nie yang jelas sangat ber arti mulai sekarang saya akan lebih rutin gosog gigi

14) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh dhen_kl pada November 16, 2009, 10:56:39 AM
gosok gigi sesudah makan, walaupun harus 6 kali sehari ga masalah  yang penting gigi sehat ......

15) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh AmramRede pada Desember 15, 2009, 11:37:47 PM
kebiasaan menggosok gigi 2 atau 3x sehari sebaiknya dimulai dari umur balita, pada saat sikecil dapat melakukannya sendiri.

16) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh Jonathan Tj pada Januari 23, 2010, 02:44:42 AM
menyikat gigi ditambah dgn pasta gigi dapat juga membasmi kuman/bakteri yg mau masuk melalui gigi yg berlubang kecil!makanya rajin kontrol
gigi ke dokter gigi, salah satu untuk menjaga kesehatan rongga mulut!

17) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh andan pada Maret 12, 2010, 07:24:02 PM
bukankan lebih penting menyikat gusi daripada gigi, karena sisa makanan lebih banyak tinggal di gusi daripada di gigi?

18) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh Didi Rochadi pada Maret 17, 2010, 04:54:11 PM
perlu juga mencuci tangan dengan benar

19) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh Zaejunk fox pada Maret 22, 2010, 06:06:22 PM
nanya ni klau gigi warnaya hitam it apa penyebabnya?
and bahan dasar pembuat gigi palsu...?

20) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh D3v1L pada Maret 27, 2010, 10:28:13 PM
nice inpoo gan!!!!!!!!

21) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh Markaz pada April 08, 2010, 09:59:02 PM
lerestah... rupina simkuring jarang kosok gigi, janten nyeri waos... snuut..snuuut.......
kumaha obatna sanuuut...snuuut.....

22) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh MBAH JAMBRONG pada April 21, 2010, 12:28:54 PM
EMANG , KALO MULUT BAU BIKIN NGGAK PD........!

23) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh Diie pada April 29, 2010, 11:40:02 AM
Thanks artikelnya..

Saya punya pertanyaan,,
saya pernah dengar kalau semakin sering gosok gigi dengan pasta gigi, kekuatan daya ingat
orang tersebut semakin menjadi lebih kuat..

nah,, pengaruh dari apa bisa terjadi begitu..?? dari pasta giginya atau saraf-saraf yg berada
di gigi..??
 apakah itu benar/ atau fiksi belaka..??

24) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh abu zahid pada Mei 02, 2010, 09:13:06 AM
mmm...gosok gigi, kalau dlm islam istilahnya siwak. Rasulullah shalallahu'alaiwasalam pernah bersabda (secara maknawai),"seandainya tidak memberatkan umatku, niscaya akan diwajibkan siwak itu."

25) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh dony19 pada Mei 08, 2010, 09:04:39 AM
BETUL SEKALI...kalau malas...makan strowberi dapat membantu karena buah ini dapat memutihkan gigi.

26) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh feb_slipknot pada Juni 18, 2010, 03:56:52 PM
kata orang kan selain sikat gigi ..  bisa juga dengan kumur kumur menggunakan air urine ...  bnar ga sih . .???? hohohoohohoho

27) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh lee rn pada Juni 23, 2010, 03:32:15 PM
saya mau tanya apakah dengan sering2 menggosok gigi, akan berdampak negatif pada mulut kita ??

28) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh akusuka pada Desember 30, 2010, 01:54:51 PM
gigi geraham ane uda mulai berlubang ne...

29) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh Vhya Atha pada November 29, 2011, 05:13:53 PM
waw ..
kumur2 dengar air urine ??

30) Re: Pentingnya Menggosok Gigi
oleh frengkybaik pada Desember 06, 2011, 01:42:54 PM
mau nanya nih, gimana ngatasi gigi berlubang? yah minimal membuat agar lubang gigi tidak melebar..

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.