Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi
Kita sering tertegun melihat kinerja sebuah jam digital di tangan kita yang mampu mencacah detik demi detik, atau odometer digital kendaraan kita yang mencacah kilometer demi kilometer atau timbangan digital yang maencacah gram demi gram, mesin otomatis pengisi bahan bakar mencacah liter demi liter bensin dan lain-lain. Mengapa piranti digital tersebut dapat mencacah? Mengapa piranti tersebut dapat meniru kita dalam mencacah sesuatu, 2 lliter bensin misalnya? Berikut ini kita akan membahas piranti digital yang mempunyai kemampuan mencacah yaitu piranti pencacah atau Counter.

Telah kita pelajari berbagai piranti digital dengan berbagai sifat, kegunaan dan prinsip kerja, yang meliputi : membentuk sistem analog menjadi digital, memutuskan bentuk operasi logika, menyimpan, dan menggeser. Piranti–piranti tersebut mempunyai satu kekurangan yaitu tidak dapat mencacah. Tetapi penggabungan dari berbagai macam piranti digital seperti : gerbang logika, Flip–flop, dan register dapat diciptakan sebuah piranti pencacah, yakni suatu piranti dengan kemampuan baru ; kemampuan mencacah, disamping kemampuannya sebagai pembentuk logika, menyimpan dan menggeser data. Jadi piranti pencacah terdiri dari : gerbang logika, Flip – flop dan register yang dibangun dengan suatu arsitektur umpan balik, sehingga mempunyai kemampuan baru, yaitu dapat mencacah. Pencacah atau counter merupakan rangkaian logika sekuensi yang berfungsi mencacah atau menghitung jumlah pulsa clock yang masuk. Menurut jumlah pulsa yang dapat dicacah, terdapat jenis pencacah modulo 2n, contohnya pencacah modulo 4, modulo 8 dan modulo 16.

Sedangkan menurut pengaktifan elemen penyimpanannya dan dalam hal ini elemen penyimpan penacah adalah flip-flop, terdapat pencacah jenis tak serempak atau pencacah tak singkron (asynchronous counter) dan pencacah serempak atau pencacah singkron (synchronous counter). Pada pencacah tak serempak, elemen-elemen penyusunnya yakni flip-flip bekerja secara tidak serempak ketika pencacah tersebut diberi input pulsa, dan pada pencacah serempak elemen-elemen penyusunnya bekerja secara bersama-sama ketika ada pulsa masuk ke inputnya. Prosedur perancangan kedua jenis pencacah tersebut agak berbeda. Untuk pencacah serempak prosedur perancangannya sama dengan prosedur perancangan rangkaian sekuensial. Sedangkan rangkaian pencacah tak serempak prosedur perancangannya lebih sederhana.

Artikel Teknologi Lainnya

Tanggapan *

1) Re: Sistem Organisasi Komputer Rangkaian Data Selektor (Enable)
oleh shofawaty_ni pada Januari 08, 2009, 01:13:24 PM
Fungsi yang dibentuk oleh selektor data atau multiplekser adalah memilih diantara kanal n sebagai sumber data yang masuk dan mentrasmisikan data masuk kesaluran saluran informasi tunggal. Gambar  menunjukan sebuah blok diagram pada komutator analog 16 masukan yang merupakan ilustrasi dari cara kerja sebuah .

Ilustrasi multiplekser

Saklar S2 tertutup untuk interval waktu kedua, S3 memancarkan untuk perioda ketiga dan seterusnya. Pada gambar 2.6 Cn (n = 1,2,3,4, ….16) adalah tegangan kendali digital yang didapat dalam sebuah pembalik (inverter). Jika Cn sama dengan biner 1 maka gerbang CMOS meneruskan sinyal analog Vn ke keluaran, tapi jika Cn adalah biner 0 maka trasmisi tidak diizinkan.

Diagram penghasil tegangan kendali digital

Gambar diatas adalah diagram sistem untuk menghasilkan tegangan kendali Cn yang diperlukan suatu multiplekser. Pengendali Cn merupakan keluaran dari garis ke n dari dekoder 1 ke 16 baris. 4 baris alamat A,B,C dan D merupakan keluaran dari pencacah (counter) biner yang dirangsang dengan sebuah generator pulsa jika interval waktu antara pulsa sama dengan T maka pengadaan menurut waktu.

Multiplekser Analog 4051

Dari penjabaran diatas diterangkan bahwa multiplekser analog adalah suatu sistem penyaluran data (analog) dari sejumlah n kanal ke satu kanal keluaran. Pemilihan salah satu kanal untuk dihubungkan ke saluran ditentukan oleh kode biner yang spesifik. Misalnya, saat kode biner menunjukkan atau mempunyai kombinasi 010 maka berarti sinyal yang dihubungkan ke saluran keluaran adalah sinyal informasi yang kedua yaitu dalam pencacah biner 3 bit. Beikut ini adalah Gambar dari sebuah multiplekser tipe 4051.

Diagram logika dari multiplekser analog 4051

susunan kaki dari multiplekser analog 4051

Dalam penelitian ini multiplekser analog 4051 digunakan untuk memasukkan sinyal input analog dari sensor suhu dan intensitas cahaya ke ADC secara bergantian dengan mengatur sinyal kontrol dari A, B dan C. IC ini akan bekerja sesuai dengan tabel kebenaran sebagai berikut.

2) Re: Sistem Organisasi Komputer Rangkaian Data Selektor (Enable)
oleh cartiman pada Mei 05, 2009, 02:38:33 PM
Gambar 2.6 nya mana ?
Ilustrasi multiplekser

3) Re: Sistem Organisasi Komputer Rangkaian Data Selektor (Enable)
oleh Mohamad Torik pada Juni 23, 2010, 01:51:46 AM
Sebenarnya mesin pengisi BBM dapat melaporkan hasil penjualan keKomputer serta dengan sistem
internet komputer dapat melaporkan kekantor pusat, namun sekarang aku sedang diserang benda
tajam dan pistol jadi tolong kode 3 digit u/ melepas benda tajam dari sarungnya, serta u/
merahasiakan keluarnya peluru dari pistol polisi dengan 3 digit juga dan digit tsb dapat diubah sesuai
kemauan pemiliknya......

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.