Berita: Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi
tembakauBidang pertanian saat ini menghasilkan perkembangan bioteknologi molekular yang pesat, yang dapat menawarkan cara yang lebih murah daripada pembuatan vaksin dan obat tradisional melalui pabrik. Para ilmuwan telah menemukan tembakau yang menyehatkan setelah memodifikasi faktor genetiknya. Tembakau ini dapat digunakan untuk mengobati diabetes tipe 1.

Peneliti Eropa mengatakan telah menghasilkan tembakau yang mengandung senyawa anti-inflamasi (anti-peradangan) yang disebut interleukin-10 (IL-10) yang dapat membantu pasien diabetes tipe 1 yang masih menggantungkan insulin. Sejumlah perusahaan kimia pertanian, termasuk Bayer dan Syngenta, telah mencari cara untuk membuat kompleks protein dalam tanaman obat-obatan, meskipun membutuhkan proses yang lambat.

Pada saat ini, kebanyakan obat-obatan dan vaksin diproduksi melalui kultur sel dan kultur jaringan. Namun, Mario Pezzotti dari Universitas Verona, yang memimpin studi tentang tembakau yang diterbitkan dalam jurnal BMC Biotechnology, percaya bahwa tembakau tumbuh lebih efisien semenjak tanaman dunia memiliki biaya rendah untuk menghasilkan protein obat.

Berbagai jenis tanaman telah dipelajari oleh sejumlah ilmuwan di seluruh dunia, tetapi tembakau merupakan tanaman yang paling digemari dalam hal riset. "Tembakau adalah tanaman yang fantastis karena mudah mentransformasi genetik dan dengan mudah dapat mempelajari seluruh tanaman dari satu sel," ungkap Pezzotti. Kelompoknya bekerja dan menaruh minat terhadap tembakau raksasa, yaitu Philip Morris, yang mendukung konferensi tanaman berbasis obat di Verona pada bulan Juni.

Pezzotti dan koleganya - yang menerima dana untuk penelitiannya dari Uni Eropa - sekarang berencana untuk megujicobakan tanaman tersebut ke tikus yang memiliki penyakit autoimmune untuk mengetahui responnya.

Selanjutnya, mereka ingin menguji apakah pengulangan dosis kecil dapat membantu mencegah penyakit kencing manis pada orang, ketika diberikan bersamaan dengan senyawa lain yaitu glutamic acid decarboxylase (GAD65), yang juga telah diproduksi di tanaman tembakau.

Diamyd, perusahaan bioteknologi di Swedia sudah menguji secara konvensional vaksin GAD65 terhadap penderita diabetes dalam masa uji coba klinis. Bidang pertanian molekuler belum menghasilkan produk komersial pertama, walaupun Israel Protalix BioTherapeutics telah melakukan uji klinis lanjutan pada enzim untuk pengobatan penyakit Gaucher yang dihasilkan melalui kultur sel wortel. Protalix rencana untuk mengirimkan obatnya untuk persetujuan dari Amerika Serikat dan Israel.

Artikel Biologi Lainnya

Tanggapan *

1) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh teguh wibowo pada Agustus 20, 2010, 04:23:17 PM
luar biasa......inilah kemajuan di zaman modern. saya percaya bahwa segala penyakit itu pasti ada obatnya...dan obat tersebut berasal dari sesuatu yang baik. tinggal bagaimana cara dalam memberikan dosis yang benar untuk tipe penyakit tertentu. jangan sampai obat ini di salah gunakan, seperti halnya narkoba, narkotika dsb.

2) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh away1986 pada Agustus 20, 2010, 08:41:57 PM
Nice info nich... Kebetulan bgt bokap gue diabetes. Sapa tau aja info ini bisa membantu.

3) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh Raharja pada September 17, 2010, 09:01:19 AM
baguuuus skali...cb dikembangkan di indonesia indonesia kn banyak petani tembakau

4) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh deathspeel omega pada September 23, 2010, 02:25:30 AM
nice kk =)

5) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh master genta pada Oktober 06, 2010, 11:30:52 AM
maaf sebelumnya
sy kurang setuju dengan info ini dikarenakan jika kita memakai tembakau otomatis kita juga seperti perokok dan di dalam kandungan tembakau juga terdapat toksin
begitu sepengetahuan sy
n jika ingin mengobati diabetes melitus sy sarankan memakai susu kambing karena penelitian di indonesia telah membuktikan bahwa susu kambing dapat mencegah dan mengurangi diabet itu
sooorrrryyyyyyy banget gggggaaaannnnn

6) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh eviana viosa rosyid pada November 02, 2010, 11:19:41 AM
hmmmm rokok berasal dari tembakau,apakah bisa dihubungkan dengan penyembuhan diabetes????

7) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh Hamdaka pada November 05, 2010, 05:46:36 PM
keliatan masih perlu second opinion lainnya apakah iya seperti itu, tembakau ada manfaatnya bagi tubuh

8) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh deus pada November 08, 2010, 09:14:33 PM
masih belum ada bukti,, jadi saya masih ragu akan hasil penelitian ini???

9) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh daivadeva pada November 18, 2010, 12:44:58 PM
di rokok kan mksdnya gan? tembakaunya beda dari tembakau yg lain ya gan yg biasa dijual rokok2 gitu

10) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh nate river pada November 20, 2010, 06:35:52 PM
Hmmm…..ada efek sampingnya gak nih??? Apakah bisa sembuh 100%??? Apakah dengan diuji coba pada tikus akan memberi hasil yang sama pada manusia?? walaupun seandainya hasil riset tsb diuji coba pada manusia dinilai terlalu kejam juga sih….hahaha
Tambahan lagi, Apakah penyakit autoimmune yang diderita si tikus dapat dianalogikan dengan diabetes tipe 1 pada manusia???
Apa bedanya cara yang dipakai dlm artikel tsb dengan “kultur sel” dan “kultur jaringan”?Bisa dijelaskan secara singkat dan simpel?
Pasti tembakau tsb bakal diekstrak ke dalam kapsul utk dikonsumsi, kan???
Semoga para ilmuwan bisa menemukan tanaman pangan lain yang mudah mentransformasi genetik, sama mudahnya dengan tembakau, mengingat tembakau juga mengandung tar dan nikotin yang memberi dampak negatif bagi tubuh. Nice Article! Bolehkah saya meminta link2 terkait artikel atau website yang berhubungan dengan info di atas?

11) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh zuzilo pada November 21, 2010, 10:53:11 AM
dulu waktu saya kunjungan ke PT Dj**um malah ditantang untuk kita bisa membawa penderita AIDS yang sudah mengonsumsi rokok selama beberapa waktu.,.,
katanya rokok bisa mencegah AIDS.,.

12) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh ka-chan pada Desember 10, 2010, 09:05:03 PM
Pengen deh, ada permen tembakau... ^^

13) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh Ido Setiadi pada Desember 20, 2010, 10:45:04 AM
ada 2 keputusan mengenai nasib sang Tembakau. satu sisi dia dianggap haram satu sisi menjadi penyelamat
bagi penyakit yang selama ini menjadi pembunuh berdarah dingin.
tapi untuk opsi pertama (tembakau haram), rasanya hanya akan menjadi wacana saja yang akan tetap
merupakan pelanggaran mutlak bagi hukum tersebut.

14) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh cute_moetz pada Desember 21, 2010, 07:18:21 AM
sebenarnya yang berbahaya dari rokok itu kan nikotinnya .. kalo tembakau yg sudah diolah jd obat sih .. ga masalah ..
sy agak tertarik sm artikel ini .. krn ayah saya seorang penderita diabetes .. :D

mohon info selanjutnya ya , gan! tengkyu!

15) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh timothy januardo pada Januari 06, 2011, 09:13:45 PM
ah masa sih??
kayaknya tidak juga lah!!!

16) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh armanto pada Januari 14, 2011, 11:39:06 AM
masih perlu di buktikan kalau tembakau mengandung anti-inflamasi IL-10..
bisa ga ya kita dapat hasil penelitiannya?
kalau bisa, tembakau bisa di coba tuh....

17) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh hendrooz pada Juli 18, 2013, 06:05:52 PM
Bingung, antara mau pro atau kontra.
kalo misalkan tembakau yang belum diolah tidak berbahaya, kenapa rokok2 yang terdapat nikotin (dkk) di ganti dengan rokok yang terdapat tembakau yang belum diolah??, yang bisa menolong para penderita diabetes. Tapi masalahnya, tembakau kan bisa menyebabkan candu (?), sedangkan candu tidak baik bagi tubuh

18) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh gmk05 pada Oktober 02, 2013, 05:10:30 PM
Apakah berati penderita dabet boleh merokok untuk kesembuhannya?

19) Re: Tembakau untuk Penderita Diabetes
oleh luk pada Oktober 10, 2013, 09:50:52 PM
salah satu manfaat rokok..

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.