Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: 'Posisi' matahari di bumi  (Dibaca 26243 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
'Posisi' matahari di bumi
« pada: Juli 04, 2010, 08:12:50 PM »
Karena ada permintaan dari member lain (sebut saja sisca ;D), maka q post kan artikel tentang musim.

Kita tahu bahwa Indonesia memiliki iklim tropis. Karena itu kita mempunyai dua musim. Kemarau dan hujan? Mungkin kurang tepat jika disebut demikian. Berikut penjelasannya.

Musim kemarau dan hujan disebabkan oleh 'posisi' matahari pada bumi. Untuk Indonesia, akan terjadi musim hujan jika matahari berada pada garis balik selatan (sekitar 23 1/2 ° lintang selatan). Hal itu menyebabkan suhu di daerah tersebut meningkat sehingga tekanan udaranya menjadi kecil. Di belahan bumi utara, karena lebih dingin sehingga tekanan udaranya lebih besar. Udara akan mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Dalam hal ini, angin berhembus dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan. Karena lebih banyak melewati lautan, angin ini membawa 'banyak' air untuk 'diturunkan' di Indonesia.

Sebaliknya, pada saat matahari berada pada garis balik utara (sekitar 23 1/2° lintang utara), terjadilah musim kemarau di Indonesia. Alasannya sama, hanya saja angin yg berhembus dari belahan bumi selatan ke belahan bumi utara ini 'kering' karena melewati gurun di Australia dan area laut yg dilewati cukup sedikit.

Q: Kenapa sekarang yang seharusnya musim kemarau masih sering hujan?
A: Sepertinya berhubungan dengan pergeseran lempeng... Entahlah... Ada ide?


Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #1 pada: Juli 04, 2010, 08:21:54 PM »
oh..
ok ok...
tak tambahin IQnya.. :D :D
TQ ya.. ^^
tar sisca baca lagi.. ;D
~ You are what you eat ~

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #2 pada: Juli 04, 2010, 08:25:53 PM »
hohooo...makasih..makasih... ;D ;D

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #3 pada: Juli 04, 2010, 10:51:26 PM »
Karena ada permintaan dari member lain (sebut saja sisca ;D), maka q post kan artikel tentang musim.

Kita tahu bahwa Indonesia memiliki iklim tropis. Karena itu kita mempunyai dua musim. Kemarau dan hujan? Mungkin kurang tepat jika disebut demikian. Berikut penjelasannya.

Musim kemarau dan hujan disebabkan oleh 'posisi' matahari pada bumi. Untuk Indonesia, akan terjadi musim hujan jika matahari berada pada garis balik selatan (sekitar 23 1/2 ° lintang selatan). Hal itu menyebabkan suhu di daerah tersebut meningkat sehingga tekanan udaranya menjadi kecil. Di belahan bumi utara, karena lebih dingin sehingga tekanan udaranya lebih besar. Udara akan mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Dalam hal ini, angin berhembus dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan. Karena lebih banyak melewati lautan, angin ini membawa 'banyak' air untuk 'diturunkan' di Indonesia.

Sebaliknya, pada saat matahari berada pada garis balik utara (sekitar 23 1/2° lintang utara), terjadilah musim kemarau di Indonesia. Alasannya sama, hanya saja angin yg berhembus dari belahan bumi selatan ke belahan bumi utara ini 'kering' karena melewati gurun di Australia dan area laut yg dilewati cukup sedikit.

Q: Kenapa sekarang yang seharusnya musim kemarau masih sering hujan?
A: Sepertinya berhubungan dengan pergeseran lempeng... Entahlah... Ada ide?
Hahahaahha...
Jawaban akhirnya tetep gak tau.
Kalo soal angin utara selatan tuh pelajaran SMP juga ada kan?
OOT OOT OOT..!!!

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #4 pada: Juli 05, 2010, 05:21:30 AM »
Iya...xixixi
Eee? jawabannya kan uda disebutkan tuh? Berhubungan dengan pergeseran lempeng, shga 'kadar' air yg dilewati angin berbeda... Mungkin juga salah satu efek pemanasan global... ;D ;D

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #5 pada: Juli 05, 2010, 08:00:58 AM »
Luas permukaannya kan tetap sama..
Kecuali benua yang bergeser.
Mungkin ada alasan lain.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6725
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #6 pada: Juli 05, 2010, 09:49:18 AM »
Pergeseran lempeng selalu terjadi, tapi gak akan menyebabkan perubahan musim sedrastis itu.

Dan iklim kan dipengaruhi berbagai hal. Pemanasan global juga menimbulkan dampak bagi iklim. Termasuk perubahan tekanan udara, perubahan suhu dsb, yang sedikit banyak mempengaruhi curah hujan, angin, kelembaban dsb.
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun cs

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #7 pada: Juli 05, 2010, 02:15:00 PM »
Nah, jadi yang mempengaruhi berubahnya iklim di Indonesia itu apa?

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6725
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #8 pada: Juli 06, 2010, 08:09:06 AM »
Perubahan iklim global akibat global warming. Tekanan udara di seluruh dunia juga relatif berubah.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #9 pada: Juli 06, 2010, 09:12:32 AM »
...mungkin pendapat Pi bener juga, karena global warming penyebabnya. Pasalnya angin berpindah dari yang bertekanan tinggi ke bertekanan rendah, nah apa yang membuat tekanan disetiap permukaan bumi berubah2 seperti itu hal itu karena suhu yang berbeda setiap tempat...angin kan juga menggerakkan awan :)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #10 pada: Juli 06, 2010, 09:17:37 AM »
Perubahan iklim global akibat global warming. Tekanan udara di seluruh dunia juga relatif berubah.

Global warning dah ditolak oleh hampir seluruh ilmuwan yang ada di dunia. Anda masih percaya hahahahaha. Eh pantes sih, Anda khan perancang sumber energi yang bertolak belakang sama hukum termodinamika. Hahahahaha.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #11 pada: Juli 06, 2010, 12:04:07 PM »
Global warming ditolak?
Ada penjelasan?

Offline Siau.lung

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: -1
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #12 pada: Juli 06, 2010, 12:10:15 PM »
baru tahu global warming ditolak...:D...

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6725
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #13 pada: Juli 06, 2010, 07:52:59 PM »
Global warning dah ditolak oleh hampir seluruh ilmuwan yang ada di dunia. Anda masih percaya hahahahaha. Eh pantes sih, Anda khan perancang sumber energi yang bertolak belakang sama hukum termodinamika. Hahahahaha.
Mau asbun juga ada batasnya. Kapan aku merancang sumber energi yang bertolak belakang dengan hukum termodinamika? Aku bukan si karno gendengtono!

Dan global warming ditolak sama sebagian besar ilmuwan? Ilmuwan mana lagi? Jangan-jangan sumbernya situs propaganda lagi. Eskutub pada mencair, greenlandesnya makin susut, himalaya esnya menyusut, ini masih berceloteh global warming bohong?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #14 pada: Juli 06, 2010, 08:09:28 PM »
Bukan global warming emank..
Pemanasan global yang bener. =.,="

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
4133 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2013, 02:25:05 PM
oleh Monox D. I-Fly
4 Jawaban
3573 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2010, 06:32:44 AM
oleh topazo
91 Jawaban
5604 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2011, 11:48:15 AM
oleh Pi-Man
6 Jawaban
2265 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2011, 08:40:41 PM
oleh Pi-Man
1 Jawaban
598 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 25, 2014, 09:04:23 PM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia