Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: 'Posisi' matahari di bumi  (Dibaca 25316 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
'Posisi' matahari di bumi
« pada: Juli 04, 2010, 08:12:50 PM »
Karena ada permintaan dari member lain (sebut saja sisca ;D), maka q post kan artikel tentang musim.

Kita tahu bahwa Indonesia memiliki iklim tropis. Karena itu kita mempunyai dua musim. Kemarau dan hujan? Mungkin kurang tepat jika disebut demikian. Berikut penjelasannya.

Musim kemarau dan hujan disebabkan oleh 'posisi' matahari pada bumi. Untuk Indonesia, akan terjadi musim hujan jika matahari berada pada garis balik selatan (sekitar 23 1/2 ° lintang selatan). Hal itu menyebabkan suhu di daerah tersebut meningkat sehingga tekanan udaranya menjadi kecil. Di belahan bumi utara, karena lebih dingin sehingga tekanan udaranya lebih besar. Udara akan mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Dalam hal ini, angin berhembus dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan. Karena lebih banyak melewati lautan, angin ini membawa 'banyak' air untuk 'diturunkan' di Indonesia.

Sebaliknya, pada saat matahari berada pada garis balik utara (sekitar 23 1/2° lintang utara), terjadilah musim kemarau di Indonesia. Alasannya sama, hanya saja angin yg berhembus dari belahan bumi selatan ke belahan bumi utara ini 'kering' karena melewati gurun di Australia dan area laut yg dilewati cukup sedikit.

Q: Kenapa sekarang yang seharusnya musim kemarau masih sering hujan?
A: Sepertinya berhubungan dengan pergeseran lempeng... Entahlah... Ada ide?


Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #1 pada: Juli 04, 2010, 08:21:54 PM »
oh..
ok ok...
tak tambahin IQnya.. :D :D
TQ ya.. ^^
tar sisca baca lagi.. ;D
~ You are what you eat ~

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #2 pada: Juli 04, 2010, 08:25:53 PM »
hohooo...makasih..makasih... ;D ;D

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #3 pada: Juli 04, 2010, 10:51:26 PM »
Karena ada permintaan dari member lain (sebut saja sisca ;D), maka q post kan artikel tentang musim.

Kita tahu bahwa Indonesia memiliki iklim tropis. Karena itu kita mempunyai dua musim. Kemarau dan hujan? Mungkin kurang tepat jika disebut demikian. Berikut penjelasannya.

Musim kemarau dan hujan disebabkan oleh 'posisi' matahari pada bumi. Untuk Indonesia, akan terjadi musim hujan jika matahari berada pada garis balik selatan (sekitar 23 1/2 ° lintang selatan). Hal itu menyebabkan suhu di daerah tersebut meningkat sehingga tekanan udaranya menjadi kecil. Di belahan bumi utara, karena lebih dingin sehingga tekanan udaranya lebih besar. Udara akan mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Dalam hal ini, angin berhembus dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan. Karena lebih banyak melewati lautan, angin ini membawa 'banyak' air untuk 'diturunkan' di Indonesia.

Sebaliknya, pada saat matahari berada pada garis balik utara (sekitar 23 1/2° lintang utara), terjadilah musim kemarau di Indonesia. Alasannya sama, hanya saja angin yg berhembus dari belahan bumi selatan ke belahan bumi utara ini 'kering' karena melewati gurun di Australia dan area laut yg dilewati cukup sedikit.

Q: Kenapa sekarang yang seharusnya musim kemarau masih sering hujan?
A: Sepertinya berhubungan dengan pergeseran lempeng... Entahlah... Ada ide?
Hahahaahha...
Jawaban akhirnya tetep gak tau.
Kalo soal angin utara selatan tuh pelajaran SMP juga ada kan?
OOT OOT OOT..!!!

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #4 pada: Juli 05, 2010, 05:21:30 AM »
Iya...xixixi
Eee? jawabannya kan uda disebutkan tuh? Berhubungan dengan pergeseran lempeng, shga 'kadar' air yg dilewati angin berbeda... Mungkin juga salah satu efek pemanasan global... ;D ;D

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #5 pada: Juli 05, 2010, 08:00:58 AM »
Luas permukaannya kan tetap sama..
Kecuali benua yang bergeser.
Mungkin ada alasan lain.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6710
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #6 pada: Juli 05, 2010, 09:49:18 AM »
Pergeseran lempeng selalu terjadi, tapi gak akan menyebabkan perubahan musim sedrastis itu.

Dan iklim kan dipengaruhi berbagai hal. Pemanasan global juga menimbulkan dampak bagi iklim. Termasuk perubahan tekanan udara, perubahan suhu dsb, yang sedikit banyak mempengaruhi curah hujan, angin, kelembaban dsb.
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun cs

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #7 pada: Juli 05, 2010, 02:15:00 PM »
Nah, jadi yang mempengaruhi berubahnya iklim di Indonesia itu apa?

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6710
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #8 pada: Juli 06, 2010, 08:09:06 AM »
Perubahan iklim global akibat global warming. Tekanan udara di seluruh dunia juga relatif berubah.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #9 pada: Juli 06, 2010, 09:12:32 AM »
...mungkin pendapat Pi bener juga, karena global warming penyebabnya. Pasalnya angin berpindah dari yang bertekanan tinggi ke bertekanan rendah, nah apa yang membuat tekanan disetiap permukaan bumi berubah2 seperti itu hal itu karena suhu yang berbeda setiap tempat...angin kan juga menggerakkan awan :)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #10 pada: Juli 06, 2010, 09:17:37 AM »
Perubahan iklim global akibat global warming. Tekanan udara di seluruh dunia juga relatif berubah.

Global warning dah ditolak oleh hampir seluruh ilmuwan yang ada di dunia. Anda masih percaya hahahahaha. Eh pantes sih, Anda khan perancang sumber energi yang bertolak belakang sama hukum termodinamika. Hahahahaha.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #11 pada: Juli 06, 2010, 12:04:07 PM »
Global warming ditolak?
Ada penjelasan?

Offline Siau.lung

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: -1
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #12 pada: Juli 06, 2010, 12:10:15 PM »
baru tahu global warming ditolak...:D...

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6710
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #13 pada: Juli 06, 2010, 07:52:59 PM »
Global warning dah ditolak oleh hampir seluruh ilmuwan yang ada di dunia. Anda masih percaya hahahahaha. Eh pantes sih, Anda khan perancang sumber energi yang bertolak belakang sama hukum termodinamika. Hahahahaha.
Mau asbun juga ada batasnya. Kapan aku merancang sumber energi yang bertolak belakang dengan hukum termodinamika? Aku bukan si karno gendengtono!

Dan global warming ditolak sama sebagian besar ilmuwan? Ilmuwan mana lagi? Jangan-jangan sumbernya situs propaganda lagi. Eskutub pada mencair, greenlandesnya makin susut, himalaya esnya menyusut, ini masih berceloteh global warming bohong?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: 'Posisi' matahari di bumi
« Jawab #14 pada: Juli 06, 2010, 08:09:28 PM »
Bukan global warming emank..
Pemanasan global yang bener. =.,="

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
3903 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2013, 02:25:05 PM
oleh Monox D. I-Fly
4 Jawaban
3495 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2010, 06:32:44 AM
oleh topazo
91 Jawaban
4913 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2011, 11:48:15 AM
oleh Pi-Man
6 Jawaban
2141 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2011, 08:40:41 PM
oleh Pi-Man
1 Jawaban
456 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 25, 2014, 09:04:23 PM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia