Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ghea1905

April 22, 2014, 02:34:03 PM
Salam Kenal :D

yansen

April 21, 2014, 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

April 20, 2014, 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

Show 50 latest

Penulis Topik: adakah benda langit yang tidak bulat?  (Dibaca 8291 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
adakah benda langit yang tidak bulat?
« pada: September 30, 2009, 08:05:56 PM »
ada ga?



Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #1 pada: September 30, 2009, 08:19:43 PM »
keliatannya kalo' untuk ukuran yang ada diluar angkasa (smacam planet ato bintang) ga ada deh,
soalnya gaya gravitasinya itu sendiri membuat objek apapun membentuk bentuk suatu bentuk yang gaya gravitasinya sama disemua titik...(hehe bingung yah ama bahasanya)...
intinya karena gaya gravitasi itu merupakan variable terkait jarak jadi misalnya bentuk awalnya memanjang kekanan kiri sementara atas-nya kosong, maka bagian-bagian yang ada dikanan kiri-nya cenderung akan menuju ketengah dengan mengisi bagian atas dan bawahnya...

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Alseven - Physics and Technology
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #2 pada: Oktober 01, 2009, 08:26:22 AM »
Kl bulat simetri (bola) . Bumi ga termasuk cz bumi bulatnya ga simetri. :)
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline wuriant

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #3 pada: Oktober 01, 2009, 08:57:31 AM »
semua benda kalo berotasi pasti keliatannya bulat.
coba aja dadu kalo diputar keliatannya bulat juga kan.
cmiiw

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Alseven - Physics and Technology
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #4 pada: Oktober 01, 2009, 09:11:21 AM »
semua benda kalo berotasi pasti keliatannya bulat.
coba aja dadu kalo diputar keliatannya bulat juga kan.
cmiiw

Tp tetep aja ga tampak seperti bola. Y kan? Bumi sndiri d lht d atas satelit tdk simetri bulat.

Asumsi bulat = lingkaran atau bulat = bola ?
Kl benda d rotasikan atau d putar akan tampak bulat dr kerangka lab yg tegak lurus dg rotasinya.. Tdk d smua posisi. :)

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #5 pada: Oktober 01, 2009, 10:35:35 AM »
Asteroid/planetoida, termasuk yang berukuran besar seperti kuartet Ceres, Pallas, Juno, Vesta, lalu kedua satelit mars (Phobos dan Deimos) gak bulat tuh...
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun, semut asb

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #6 pada: Oktober 01, 2009, 10:49:57 AM »
Asumsi bulat = lingkaran atau bulat = bola ?
setau sy lingkaran(2d) berbeda dgn bulat(3d)
bola = bulat simetri atas bawah

semua benda kalo berotasi pasti keliatannya bulat.
coba aja dadu kalo diputar keliatannya bulat juga kan.
cmiiw
jd hampir semua benda langit berputar pada porosnya
karena efek gravitasi di semua titik menyebabkan berbentuk bulat

Asteroid/planetoida, termasuk yang berukuran besar seperti kuartet Ceres, Pallas, Juno, Vesta, lalu kedua satelit mars (Phobos dan Deimos) gak bulat tuh...
iya msh agak bulat lonjong
tp kemungkinan nanti jd bulat bola
jika benda tsb berputar pada porosnya

cmiiw

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #7 pada: Oktober 01, 2009, 11:07:49 AM »
iya msh agak bulat lonjong
tp kemungkinan nanti jd bulat bola
jika benda tsb berputar pada porosnya
Mustahil, karena mereka sudah jadi benda padat. Kalo masih bola gas atau cair masih mungkin...

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Alseven - Physics and Technology
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #8 pada: Oktober 01, 2009, 11:37:24 AM »
Iya. Jd yg sy simpulkan td tdk ada benda langit yg bulat persis/simetri. :)
Bc post sy mengenai bumi yg tdk simetri bulat. 

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #9 pada: Oktober 01, 2009, 03:21:29 PM »
Iya. Jd yg sy simpulkan td tdk ada benda langit yg bulat persis/simetri. :)
Bc post sy mengenai bumi yg tdk simetri bulat.  
Lebih dari itu, tidak semua benda langit itu bulat atau simetris. Ada juga yang bentuknya bisa dibiang tak beraturan (irregular)

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Alseven - Physics and Technology
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #10 pada: Oktober 01, 2009, 06:50:00 PM »
Lhaiya ksimpulan saya kan gt? Bumi cm permisalan kq. :)

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #11 pada: Oktober 01, 2009, 10:49:47 PM »
bukan gitu...
IMHO
jadi teorinya kalo' benda tersebut itu diam justru bentuknya (lama-kelamaan) bakalan jadi bulat karena gravitasinya mengatur benda-benda tersebut berada pada medan yang sama...{intinya gitu, i'm bad at explaining}

kasus yang terjadi pada ceritanya wuriant itu beda, soalnya disitu ga ada kaitannya dengan gravitasi, dan itu lebih pada tipuan mata...{kan cuman keliatannya, sementara bentuk aslinya ngga, beda sama bumi yang (memang aslinya) bulat, jika tidak berotasi}

terjadinya rotasi tu justru mengakibatkan bumi mencembung karena "partikel-partikelnya" terlempar keluar...(yah inget-inget aja pelajaran tentang GLMB).Jadi andaikan rotasi bumi menjadi lebih cepat maka jari-jari bumi di khatulistiwa akan menjadi lebih besar sementara jarak antara kutub selatan dengan kutub utara semakin kecil...

keliatannya kalo' untuk ukuran yang ada diluar angkasa (smacam planet ato bintang) ga ada deh,
haha maksud saya waktu itu untuk benda luar angkasa yang ukurannya smacam planet ato bintang jadi beda yah artinya...(maklum bahasa indonesia dapet 7 aja udah turun hujan)...karena definisi planet itu sendiri adalah
Kutip
A celestial body that is (a) in orbit around the Sun, (b) has sufficient mass for its self-gravity to overcome rigid body forces so that it assumes a hydrostatic equilibrium (nearly round) shape, and (c) has cleared the neighbourhood around its orbit.
dari en.wikipedia.org/wiki/planet

@Pi-one
secara teori bukan hal yang mustahil sih, entah butuh waktu berapa tahun, berapa debu pertahun yang bergerak menuju kepusatnya...apalagi kalo dia dibuat dalam sistem terisolasi hampa gravitasi...
enw boleh dong kasi tau contoh yang bentuknya disebut irregular begitu, pengen tau sberapa irregular mereka...
kalo benda-benda kecil mah emang gravitasinya yang kurang.
« Edit Terakhir: Oktober 01, 2009, 10:53:27 PM oleh HyawehHoshikawa »

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #12 pada: Oktober 05, 2009, 07:10:07 PM »
btw judulnya berkata "adakah benda langit yang tidak bulat?"

benda langit banyak sekali, ada meteor, komet, bintang, planet dan exoplanet, satelit, dll...
mungkin maksud anda planet kali, jika dilihat dari perdebatannya.

btw, blackhole apakah termasuk "benda langit"??
setauku sih iya blackhole termasuk benda langit, karena mempunyai bentuk serta massa, bahkan massanya sangat tinggi, dan mempunyai gravitasi sangat kuat, jadi intinya gak semua benda langit itu bulat (3D), bahkan untuk sempurna itu sangatlah susah, karena terdapat banyak gaya yang bekerja.

CMIIW 
« Edit Terakhir: Oktober 05, 2009, 07:14:14 PM oleh loser1942 »

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #13 pada: Oktober 05, 2009, 09:48:55 PM »
iya
sebenernya lbh mengarah ke planet
tp lama pikir semua hampir membentuk lingkarat dan bulat
kenapa ga ada yang segitiga atau limas ya hehe

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: adakah benda langit yang tidak bulat?
« Jawab #14 pada: Oktober 06, 2009, 08:07:41 PM »
tp lama pikir semua hampir membentuk lingkarat dan bulat
kenapa ga ada yang segitiga atau limas ya hehe

coba saja anda pikirkan bahwa sebuah benda dapat dibentuk2 karena adanya gaya yang bekerja pada benda itu.
utk membuat bentuk seperti segitiga atau limas, itu pasti dibutuhkan gaya yang teratur atau diatur (biasanya oleh makhluk hidup), sedangkan coba anda pikirkan di luar angkasa gaya yang bekerja pada planet tdk teratur serta tdk diatur, dan sebagian besar gaya yang membantuk planet adalah gaya gravitasi dan gaya sentripetal ya kalo gak salah, gaya gravitasi membuat planet bentuknya hampir bulat karena menarik benda2 tersebut ke dalam/inti, sedangkan gaya sentripetal membuat partikel2 bagian khatulistiwa itu terlempar sehingga agak menonjol keluar, jadi tak bisa dibilang bulat sempurna atau ada bentuk khusus karena gaya yang bekerja itu tdk teratur dan banyak
« Edit Terakhir: Oktober 06, 2009, 08:10:52 PM oleh loser1942 »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
29 Jawaban
10081 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 04, 2009, 04:43:22 PM
oleh loser1942
4 Jawaban
1062 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 22, 2010, 09:00:25 PM
oleh Nabih
22 Jawaban
5778 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2011, 09:00:20 PM
oleh Balya
0 Jawaban
431 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2011, 10:37:32 AM
oleh Chanz99
19 Jawaban
4153 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 15, 2012, 10:21:39 AM
oleh all@one

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia