Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:46:50 PM
 >:(

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:42:11 PM
ada yg tau gk bahan kimia /material pembuat n pembentuk plastik n bagaimana proses campurane/takaran yg pas untuk membuat plastik frame kacamata yg celluloid n thanks ya

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:40:36 PM
hy saya anggota baru dr kota surabaya n salam kenal n thanks udh d ijinin gabung

abdillahibnunasrullah

Pebruari 24, 2015, 07:53:17 PM
Assalamualaikum, shalom kenal semuanya, ane temennya MuhammadRyan
 

MuhammadRyan

Pebruari 23, 2015, 10:23:33 PM
YAOW, Akhirnya pulang juga dari Haifah, Israel. Ada proyek... bkan soal Mossad...

DefiRahmawati

Pebruari 23, 2015, 03:34:34 PM
salam kenal semuanya, saya anggota baru di sini, mau tanya apakah ada yg tau bagaimana caranya agar daun yang sudah kita petik tetap segar dan tidak menjadi keriput/ menciut ?
#saya sangat menunggu jawaban dari teman" yang mengetahuinya, terima kasih sebelumnya...  :)

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:39:48 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:32:32 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:32:03 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:32:02 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

Show 50 latest

Penulis Topik: apa benar bumi itu bulat?  (Dibaca 8331 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline parmin

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
apa benar bumi itu bulat?
« pada: Mei 20, 2009, 09:37:50 PM »
apakah benar bumi itu bulat,tapi menurut artikel yang pernah saya baca sih bumi itu bentuknya oval bukan bulat.so jadi mana yang bener?


[

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #1 pada: Mei 20, 2009, 09:39:19 PM »
bumi nyaris bulat, hanya saja sedikit pesek di kutub-kutubnya...
"The pen is mightier than the sword"

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6911
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #2 pada: Mei 21, 2009, 11:38:14 AM »
Secara umum bumi itu bulat, tapi agak pepet pada kedua kutub. Menyebutnya bulat gak salah, tapi gak bulat sempurna...

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #3 pada: Mei 21, 2009, 11:30:27 PM »
Banyak juga benjolannya seperti pegunungan2x...
Mengenai kutub, jika Antartika adalah cembungan maka Artika adalah cekungan...

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #4 pada: Mei 24, 2009, 08:50:37 PM »
kalau bahasa matematikanya spherical bukan


bukan menepis keberadaan gunung dsb, tapi itu hanya 8km dari 14000km
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline Alicha

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 120
  • IQ: 16
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #5 pada: Mei 24, 2009, 08:56:02 PM »
menurut saya Bumi Bulat Fepat.


Jika dilihat dari kejauhan, kedatangan kapal ke arah pantai atau pelabuhan, yang pertama terlihat terlebih dahulu adalah cerobong asapnya atau bagian yang tertinggi pada kapal.
Pada peristiwa gerhana bulan, bayangan bumi yang jatuh di permukaan bulan tampak bulat.
Pada malam hari yang cerah semakin tinggi pesawat itu terbang, semakin banyak bintang yang dilihat oleh orang yang berada di dalam pesawat tersebut.
Terdapat bintang yang tidak pernah terbit dan tenggelam
Berdasarkan foto-foto yang diambil oleh pesawat ruang angkasa, bentuk bumi adalah bulat


TATA KOORDINAT BUMI
Diameter Bumi: sekitar 13.000 km
Untuk mengkomunikasikan letak suatu tempat di permukaan bumi digunakan istilah:
ORDINAT, yang terdiri dari:
Garis Bujur / meredian / altitude:
Garis yang menghubungkan antara Kutub Selatan dengan Kutub Utara
Garis Lintang / paralel / latitude:
Garis yang sejajar dengan equator (khatulistiwa

Garis Bujur yang membentang dari Utara ke Selatan yang melalui Kota Greenwich (Inggris) ditetapkan sebagai:
Garis Bujur 0o atau Meredian Utama
Yang berada di sebelah Barat disebut:
Bujur Barat (BB)
Yang berada di sebelah Timur disebut:
Bujur Timur (BT)
Garis BB 180 akan berimpit dengan garis BT 180 pada suatu garis yang disebut:

Garis Lintang membentuk lingkaran-lingkaran yang besarnya tidak sama
Lingkaran garis lintang terbesarnya pada equator (khatulistiwa)
Besar garis lintang mulai dari 0o pada equator sampai 90o di Kutub Utara dan Kutub Selatan
Lintang Utara (LU)
Lintang Selatan (LS)
Titik temu antara Garis Bujur dan Garis Lintang disebut:
KOORDINAT

Tapi tetep menurutku BUMI TUH BULAT FEPAT!!!

"Jadilah Orang Yang Berguna Bagi Bangsa Dan Yang Lain

Tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #6 pada: Mei 24, 2009, 09:38:57 PM »
menurut saya Bumi Bulat Fepat.

Tapi tetep menurutku BUMI TUH BULAT FEPAT!!!

fepat, apakah itu bahsa melayu, setahu saya pepat

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #7 pada: Mei 29, 2009, 12:24:12 PM »
iya setau gua juga bulat pepat bukan fepat.

Offline Ammar18

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 84
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #8 pada: Pebruari 26, 2012, 02:54:42 PM »
Tidak,tapi bulat pepat agak rata di kutub dan tidak rata di garis khatulistiwa nya

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #9 pada: Pebruari 27, 2012, 03:40:31 PM »
bumi nyaris bulat, hanya saja sedikit pesek di kutub-kutubnya...
bagaimana melihat bagian bumi yang agak "pesek" ya? soalnya saya liat gambar bumi di om google sepertinya kok 'bulat sempurna'? :/
i adore your intelligence

Offline __________

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 134
  • IQ: 90
  • Which Witch Switches Switched Witch ?
    • Lihat Profil
Re:apa benar bumi itu bulat?
« Jawab #10 pada: Maret 07, 2012, 12:50:36 PM »
tidak diragukan lagi Bumi itu bulat, meski nga bulat sempurna tapi tetap tampak bulat sempurna karena faktor grafitasi yg mana "daya tarik" grafitasi sama di semua bagian Bumi sehingga jarak dari tanah ke atmosfer di bagian Bumi manapun selalu sama. yg aku maksud tanah itu bukan puncak gunung lho.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
22 Jawaban
8399 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2009, 03:57:43 AM
oleh Mat Dillom
1 Jawaban
1588 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2009, 04:37:20 PM
oleh syx
7 Jawaban
6697 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2011, 08:30:21 AM
oleh jopie
23 Jawaban
4333 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2011, 06:17:53 AM
oleh semut-ireng
0 Jawaban
1129 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2011, 10:36:23 AM
oleh Chanz99

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia