Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Ekliptika  (Dibaca 3443 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Irvan Wira trihadi G

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • SonE>SNSD 9,21,24,32,0,11,7,22,12
    • Lihat Profil
Ekliptika
« pada: November 03, 2011, 07:27:49 PM »
Ekliptika adalah lintasan matahari tahunan. jadi ekliptika sebenarnya tidak lebih dari representasi orbit bumi mengelilingi matahari. 2 titik dimana ekliptika memotong ekoator langit disebut equinox. equinox musim semi(vernal equinox) terjadi pd tanggal 21 maret. musim gugur (autumal equinox) terjadi pada tanggal 23 september. pada dua saat ini, matahari berada di atas ekuator bumi. dua tempat "paling atas" dan "paling Bawah" dari ekliptika disebut titik balik(solstices). titik balik musim panas terjadi tanggal 22 juni dan titik balik musim dingin tanggal 22 desember. pd dua titik ini matahari berada pada jarak terjauh ke utara dan ke selatan dari ekuator langit. ekliptika miring thdp ekuator langit disebabkan oleh sumbu rotasi bumi yang tidak tegak lurus pada bidang orbit bumi dalam revolusinya mengelilingi Matahri. sudut kemiringan ini (disbut obliquity dari ekliptika) besarnya 23,5*. akibat hal ini, pada titik balik musim panas Matahri berada pada lintang 23,5* diutara...... (*=derajat)


taeyeon, tiffany, yoona, yuri, jessica, seohyun, sooyoung, hyoyeon, sunny

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #1 pada: November 05, 2011, 10:20:01 PM »
Vernal Equinox itu yang dinamakan Titik Aries ?

Offline Irvan Wira trihadi G

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • SonE>SNSD 9,21,24,32,0,11,7,22,12
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #2 pada: November 12, 2011, 07:06:56 PM »
yang aku tahu titik aries itu adalah titik untuk menentukan asensiorekta... hehehe

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #3 pada: November 12, 2011, 08:34:25 PM »
tanggal titik balik musim panas dan dingin yg TS sebutin itu khusus yg belahan utara bumi kan? soalna australia musim dinginnya justru sekitar bulan juni sampai agustus..
hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #4 pada: November 17, 2011, 04:47:14 AM »
Memang agak sedikit membingungkan,  dan diperlukan imajinasi ::), bagaimana peredaran semu matahari tersebut bisa menimbulkan terjadinya 4 musim.

Kalau gak salah,  peredaran semu matahari dari tgl 21 Juni - 21 Desember menyebabkan terjadinya :
-  Di lintang Utara,  lamanya siang selalu lebih pendek daripada malam.
-  Di  lintang Selatan,  lamanya siang selalu lebih panjang daripada malam.

Sebaliknya peredaran semu matahari dari tgl 21 Desember - 21 Juni menyebabkan terjadinya :
-  Di lintang Utara,  lamanya siang selalu lebih panjang daripada malam.
-  Di lintang Selatan,  lamanya siang selalu lebih pendek daripada malam.

Gak tahu juga nich arah diskusinya mau dibawa kemana,  soal terjadinya musim2 ato berkaitan dengan asensio rekta ( RA ) .......... ::)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #5 pada: November 17, 2011, 10:50:12 AM »
tgl 21 Maret dan 23 September, matahari tampak di atas khatulistiwa.
21 Juni di titik balik Utara (23.5 derajat LU)
21 Desember di titik balik Selatan (23.5 derajat LS)
once we have eternity, everything else can wait

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #6 pada: November 17, 2011, 11:17:43 AM »
Ya benar,  saya coba melengkapinya :

- Tgl 21 Maret  :  Titik Aries atau Titik Burjamhal,  Deklinasi = 0,  RA = 0

- Tgl 23 Sebtember :  Titik Libra atau Titik Mizan,  Deklinasi = 0,  RA = 12 jam.

- Tgl 21 Juni  :  Titik Cancer atau Titik Mengkara,  Deklinasi =  23, 5 derajat U,  RA =  6 jam.

-  Tgl 21 Desember :  Titik Capricornus atau Titik Jadayat,  Deklinasi =  23,5 derajat S,  RA = 18 jam.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 982
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Ekliptika
« Jawab #7 pada: Agustus 17, 2014, 06:14:44 PM »
Btw, emang bener ya kalau musim di belahan bumi utara dan selatan itu berkebalikan? Soalnya waktu nonton episode salah satu anime, di situ disebutkan kalau di Jepang lagi musim panas maka di Australia lagi musim dingin.
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia