Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Anisa168

Januari 30, 2015, 12:33:34 AM
mohon bantuannya..
sebuah bola bermassa m dan berjari-jari R terletak pada lantai licin sebuah mobil memiliki percepatan horizontal a1 ke kanan. Berapakah percepatan bola a2? anggap bola menggelinding tanpa tergelincir.diketahi percepatan grafitasi adalah g.

agaricpro

Januari 23, 2015, 11:37:52 AM

lochvigo

Januari 21, 2015, 03:36:15 PM
kenapa terowongan bentuknya bulat? bantu jawab

denumam

Januari 20, 2015, 08:07:54 PM
Kok sepi yah disini??? Ga kaya forum geje sebelah. Mungkin orang indonesia suka yg geje2... :v

SAHABATPD

Januari 20, 2015, 02:57:45 PM
Salam kenal  ;)
 

Gen-I-uSy

Januari 19, 2015, 05:32:53 AM
sekarang latexnya udah ga bisa lagi ya

Taf_id

Januari 18, 2015, 06:00:30 PM
Sebuah mesin carnot dengan reservoir suhu tinggi 640K menyerap kalor sebesar 1250 kaloridengan efisiensi 20%. Berapakah kalor yang di serap  pada reservoir suhu tinggi bila efisiensi mesin naik menjadi 50%? Mohon di jawab dengan langkah2nya. Terima kasih
 

ch0c0

Januari 17, 2015, 07:21:24 PM
siapa aja yg online ni ;D

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:15:50 PM
kalau mau ttg partikel tuhan,saya sedikit tahu tp ni mencakup ilmu tasawwuf modern

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:14:45 PM
salam kenal semuanya
 :)

Show 50 latest

Penulis Topik: Ekliptika  (Dibaca 4083 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Irvan Wira trihadi G

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • SonE>SNSD 9,21,24,32,0,11,7,22,12
    • Lihat Profil
Ekliptika
« pada: November 03, 2011, 07:27:49 PM »
Ekliptika adalah lintasan matahari tahunan. jadi ekliptika sebenarnya tidak lebih dari representasi orbit bumi mengelilingi matahari. 2 titik dimana ekliptika memotong ekoator langit disebut equinox. equinox musim semi(vernal equinox) terjadi pd tanggal 21 maret. musim gugur (autumal equinox) terjadi pada tanggal 23 september. pada dua saat ini, matahari berada di atas ekuator bumi. dua tempat "paling atas" dan "paling Bawah" dari ekliptika disebut titik balik(solstices). titik balik musim panas terjadi tanggal 22 juni dan titik balik musim dingin tanggal 22 desember. pd dua titik ini matahari berada pada jarak terjauh ke utara dan ke selatan dari ekuator langit. ekliptika miring thdp ekuator langit disebabkan oleh sumbu rotasi bumi yang tidak tegak lurus pada bidang orbit bumi dalam revolusinya mengelilingi Matahri. sudut kemiringan ini (disbut obliquity dari ekliptika) besarnya 23,5*. akibat hal ini, pada titik balik musim panas Matahri berada pada lintang 23,5* diutara...... (*=derajat)


taeyeon, tiffany, yoona, yuri, jessica, seohyun, sooyoung, hyoyeon, sunny

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #1 pada: November 05, 2011, 10:20:01 PM »
Vernal Equinox itu yang dinamakan Titik Aries ?

Offline Irvan Wira trihadi G

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • SonE>SNSD 9,21,24,32,0,11,7,22,12
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #2 pada: November 12, 2011, 07:06:56 PM »
yang aku tahu titik aries itu adalah titik untuk menentukan asensiorekta... hehehe

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #3 pada: November 12, 2011, 08:34:25 PM »
tanggal titik balik musim panas dan dingin yg TS sebutin itu khusus yg belahan utara bumi kan? soalna australia musim dinginnya justru sekitar bulan juni sampai agustus..
hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #4 pada: November 17, 2011, 04:47:14 AM »
Memang agak sedikit membingungkan,  dan diperlukan imajinasi ::), bagaimana peredaran semu matahari tersebut bisa menimbulkan terjadinya 4 musim.

Kalau gak salah,  peredaran semu matahari dari tgl 21 Juni - 21 Desember menyebabkan terjadinya :
-  Di lintang Utara,  lamanya siang selalu lebih pendek daripada malam.
-  Di  lintang Selatan,  lamanya siang selalu lebih panjang daripada malam.

Sebaliknya peredaran semu matahari dari tgl 21 Desember - 21 Juni menyebabkan terjadinya :
-  Di lintang Utara,  lamanya siang selalu lebih panjang daripada malam.
-  Di lintang Selatan,  lamanya siang selalu lebih pendek daripada malam.

Gak tahu juga nich arah diskusinya mau dibawa kemana,  soal terjadinya musim2 ato berkaitan dengan asensio rekta ( RA ) .......... ::)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1438
  • IQ: 45
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #5 pada: November 17, 2011, 10:50:12 AM »
tgl 21 Maret dan 23 September, matahari tampak di atas khatulistiwa.
21 Juni di titik balik Utara (23.5 derajat LU)
21 Desember di titik balik Selatan (23.5 derajat LS)
once we have eternity, everything else can wait

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #6 pada: November 17, 2011, 11:17:43 AM »
Ya benar,  saya coba melengkapinya :

- Tgl 21 Maret  :  Titik Aries atau Titik Burjamhal,  Deklinasi = 0,  RA = 0

- Tgl 23 Sebtember :  Titik Libra atau Titik Mizan,  Deklinasi = 0,  RA = 12 jam.

- Tgl 21 Juni  :  Titik Cancer atau Titik Mengkara,  Deklinasi =  23, 5 derajat U,  RA =  6 jam.

-  Tgl 21 Desember :  Titik Capricornus atau Titik Jadayat,  Deklinasi =  23,5 derajat S,  RA = 18 jam.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1113
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Ekliptika
« Jawab #7 pada: Agustus 17, 2014, 06:14:44 PM »
Btw, emang bener ya kalau musim di belahan bumi utara dan selatan itu berkebalikan? Soalnya waktu nonton episode salah satu anime, di situ disebutkan kalau di Jepang lagi musim panas maka di Australia lagi musim dingin.
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia