Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

pandu.rengga

Agustus 16, 2014, 08:12:48 PM
ehm, ada yg tau gk caranya jwb soal mtk yg ini 1125000 = 2p.3q.5r nah p,q dan r brp? saya kgk tahu itu< tolong saya yah plissssss

Show 50 latest

Penulis Topik: Ekliptika  (Dibaca 3355 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Irvan Wira trihadi G

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • SonE>SNSD 9,21,24,32,0,11,7,22,12
    • Lihat Profil
Ekliptika
« pada: November 03, 2011, 07:27:49 PM »
Ekliptika adalah lintasan matahari tahunan. jadi ekliptika sebenarnya tidak lebih dari representasi orbit bumi mengelilingi matahari. 2 titik dimana ekliptika memotong ekoator langit disebut equinox. equinox musim semi(vernal equinox) terjadi pd tanggal 21 maret. musim gugur (autumal equinox) terjadi pada tanggal 23 september. pada dua saat ini, matahari berada di atas ekuator bumi. dua tempat "paling atas" dan "paling Bawah" dari ekliptika disebut titik balik(solstices). titik balik musim panas terjadi tanggal 22 juni dan titik balik musim dingin tanggal 22 desember. pd dua titik ini matahari berada pada jarak terjauh ke utara dan ke selatan dari ekuator langit. ekliptika miring thdp ekuator langit disebabkan oleh sumbu rotasi bumi yang tidak tegak lurus pada bidang orbit bumi dalam revolusinya mengelilingi Matahri. sudut kemiringan ini (disbut obliquity dari ekliptika) besarnya 23,5*. akibat hal ini, pada titik balik musim panas Matahri berada pada lintang 23,5* diutara...... (*=derajat)


taeyeon, tiffany, yoona, yuri, jessica, seohyun, sooyoung, hyoyeon, sunny

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #1 pada: November 05, 2011, 10:20:01 PM »
Vernal Equinox itu yang dinamakan Titik Aries ?

Offline Irvan Wira trihadi G

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • SonE>SNSD 9,21,24,32,0,11,7,22,12
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #2 pada: November 12, 2011, 07:06:56 PM »
yang aku tahu titik aries itu adalah titik untuk menentukan asensiorekta... hehehe

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #3 pada: November 12, 2011, 08:34:25 PM »
tanggal titik balik musim panas dan dingin yg TS sebutin itu khusus yg belahan utara bumi kan? soalna australia musim dinginnya justru sekitar bulan juni sampai agustus..
hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #4 pada: November 17, 2011, 04:47:14 AM »
Memang agak sedikit membingungkan,  dan diperlukan imajinasi ::), bagaimana peredaran semu matahari tersebut bisa menimbulkan terjadinya 4 musim.

Kalau gak salah,  peredaran semu matahari dari tgl 21 Juni - 21 Desember menyebabkan terjadinya :
-  Di lintang Utara,  lamanya siang selalu lebih pendek daripada malam.
-  Di  lintang Selatan,  lamanya siang selalu lebih panjang daripada malam.

Sebaliknya peredaran semu matahari dari tgl 21 Desember - 21 Juni menyebabkan terjadinya :
-  Di lintang Utara,  lamanya siang selalu lebih panjang daripada malam.
-  Di lintang Selatan,  lamanya siang selalu lebih pendek daripada malam.

Gak tahu juga nich arah diskusinya mau dibawa kemana,  soal terjadinya musim2 ato berkaitan dengan asensio rekta ( RA ) .......... ::)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #5 pada: November 17, 2011, 10:50:12 AM »
tgl 21 Maret dan 23 September, matahari tampak di atas khatulistiwa.
21 Juni di titik balik Utara (23.5 derajat LU)
21 Desember di titik balik Selatan (23.5 derajat LS)
once we have eternity, everything else can wait

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Ekliptika
« Jawab #6 pada: November 17, 2011, 11:17:43 AM »
Ya benar,  saya coba melengkapinya :

- Tgl 21 Maret  :  Titik Aries atau Titik Burjamhal,  Deklinasi = 0,  RA = 0

- Tgl 23 Sebtember :  Titik Libra atau Titik Mizan,  Deklinasi = 0,  RA = 12 jam.

- Tgl 21 Juni  :  Titik Cancer atau Titik Mengkara,  Deklinasi =  23, 5 derajat U,  RA =  6 jam.

-  Tgl 21 Desember :  Titik Capricornus atau Titik Jadayat,  Deklinasi =  23,5 derajat S,  RA = 18 jam.

Online Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 966
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Ekliptika
« Jawab #7 pada: Agustus 17, 2014, 06:14:44 PM »
Btw, emang bener ya kalau musim di belahan bumi utara dan selatan itu berkebalikan? Soalnya waktu nonton episode salah satu anime, di situ disebutkan kalau di Jepang lagi musim panas maka di Australia lagi musim dingin.
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia