Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Pebruari 06, 2016, 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: mengapa matahari bercahaya sedang bumi tidak?  (Dibaca 14035 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Sakuranboaoi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: mengapa matahari bercahaya sedang bumi tidak?
« Jawab #30 pada: April 24, 2009, 01:09:53 PM »
Cerita selanjutnya...
"Bagaimana matahari berubah dari bola gas gelap menjadi bintang panas berapi?"
nah kalo itu terjadi sangaaaat lamaaaa,slama bribu ribu taun,saat protostar n awan yg mengelilinginya terus berkontraksi di bawah tarikan gravitasi.D dlam awan,atom2 bertabrakan dgn atom2 lainnya n menghasilkan panas.Suhu dlam awan mningkat,trutama d tngah yg berdesak2an,d mana tabrakannya cepat n ganas.Lalu,mulailah gas2 d protostar berpijar.D dlam matahari yang mnciut,shu berangsur angsur naik sampai jutaan drajat.
Tak hanya sampe d situ,pada shu yg luar biasa tnggi n tkanan yg hebat ini,ssuatu yg bru mlai trjadi pda atom2 yg berdesak2an.Atom2 hidrogen mulai berfusi/bergabung(pnyatuan inti),mmbentuk atom2 helium.
Stiap kali ada hidrogen yg berubah mnjadi helium,sdikit energi sisa-panas n cahaya-dilepaskan.Proses yg membangkitkan tnaga matahari ini disebut fusi nuklir.fusi a/ sjenis ldakan trus mnerus yg trkendali d inti matahari,dmana shunya dperkirakan 15.000.000-22.000.000 oC.dmatahari saat ini,4 jta ton(krg lbh) d ubah mnjadi helium stiap dtik dlam stiap mnit stiap hari.n chaya yg mmancar sma dngan 4triliuntriliun(krg lbih juga) bola lampu.
tetapi matahari hanya mempunyai persediaan hidrogen trbatas untuk berfusi,n brangsur angsur bntang itu brubah.Dmulai dgn hampir 75% hdrogen n skitar 25% helium.Saat ini,stelah milyaran taun berfusi,jmlah hidrogen d inti matahari dmana fusi berlangsung,tlah turun mnjadi skitar 35%.(perkiraan cuiy).

trus bgaimana klanjutan reaksi fusinya kalo khabisan inti d hidrogennya?
to be continued lagi...
adooh...,capek ngetik cuiy...

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: mengapa matahari bercahaya sedang bumi tidak?
« Jawab #31 pada: Mei 24, 2009, 08:35:04 PM »
kalau menurut aku bumi diselubungi olek kerak bumi dan inti bumi tertutup. sedangkan matahari tidak diselubungi.

Setuju, magma kan bercahaya, di dalam bumi, berarti mereka sumber cahaya kan???
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1511
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:mengapa matahari bercahaya sedang bumi tidak?
« Jawab #32 pada: Pebruari 08, 2016, 11:37:59 AM »
Setuju, magma kan bercahaya, di dalam bumi, berarti mereka sumber cahaya kan???

Nah, dari dulu saya juga penasaran, sebenarnya di dalam inti bumi itu gelap atau terang sih?
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
3700 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2012, 10:38:06 PM
oleh Ammar18
10 Jawaban
3785 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2010, 05:41:36 PM
oleh syx
61 Jawaban
50394 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 28, 2012, 10:42:28 PM
oleh nʇǝʌ∀
91 Jawaban
14628 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2011, 11:48:15 AM
oleh Pi-Man
15 Jawaban
6272 Dilihat
Tulisan terakhir November 02, 2011, 05:12:23 PM
oleh exile_rstd

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia