Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:18 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:17 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

Show 50 latest

Penulis Topik: Fenomena Alam, Pelangi Terbalik  (Dibaca 4916 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Fenomena Alam, Pelangi Terbalik
« pada: Pebruari 25, 2010, 08:55:43 AM »
Bentuk pelangi terbalik mudah saja ditemui di dunia dongeng. Meski sangat langka, di dunia nyata hal itu ternyata bisa ditemui. Fenomena ini bisa dinikmati penduduk Cambridge, Inggris. Dengan mata telanjang sekalipun, mereka bisa melihat untaian pelangi yang bentuknya terbalik dari biasanya. Ilmuwan Inggris mengatakan bahwa itu dipengaruhi kondisi di lapisan atmosfer bumi.

Daily Telegraph melansir, seorang astronom Jacqueline Mitton berhasil mengabadikan fenomena itu pada Minggu (14/9). Dia mengatakan bahwa terbaliknya lengkung pelangi maupun susunan warnanya tersebut disebabkan tingginya kristal es yang terdapat di lapisan atmosfer. Nah, cahaya yang diterima kristal es tadi direfleksikan lagi ke langit.

Bentuk pelangi terbalik tersebut sangat langka terjadi. Pelangi istimewa itu melengkung ke atas sehingga bentuknya mirip simbol senyum warna-warni.

Warna pelangi terbalik itu tidak terlalu berbeda dengan pelangi biasa. Di bagian horizon berwarna merah. Lantas berpendar menjadi kuning dan hijau. Di bagian ujung berwarna biru.



Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Fenomena Alam, Pelangi Terbalik
« Jawab #1 pada: Pebruari 25, 2010, 09:00:43 AM »
untuk mengetahui tentang pelangi...
http://eo.ucar.edu/rainbows/

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Fenomena Alam, Pelangi Terbalik
« Jawab #2 pada: Pebruari 25, 2010, 01:29:57 PM »
bukanya itu hanya efek dari lensa kameranya ya?;D
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Fenomena Alam, Pelangi Terbalik
« Jawab #3 pada: Pebruari 25, 2010, 01:31:45 PM »
bukanya itu hanya efek dari lensa kameranya ya?;D

bukan....
di China jg katanya da yg pernah liat....

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Fenomena Alam, Pelangi Terbalik
« Jawab #4 pada: Pebruari 25, 2010, 01:39:37 PM »
saya sih masih skeptis..tapi ntar saya coba dulu gali informasinya...hehehehehe..;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Fenomena Alam, Pelangi Terbalik
« Jawab #5 pada: Pebruari 25, 2010, 05:04:20 PM »

Offline Scorpion

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 125
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Fenomena Alam, Pelangi Terbalik
« Jawab #6 pada: Maret 16, 2010, 08:00:07 PM »
wah menarik sekali, saya suka saya suka. tapi sekarang saya juga bisa melihat air terjun terbalik dngan pola airmengucur keatas, tinggal potret tuh air terjun lalu fotonya dibalik, hehe just kiding ;D

Offline Ammar18

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 84
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Fenomena Alam, Pelangi Terbalik
« Jawab #7 pada: April 05, 2012, 05:57:07 PM »
Itu karena posisi matahari dan awan.Pelangi berasal dari titik air hujan.Pelagi berada di tempat kosong bagian awan.Jadi,pelangi bisa terbalik

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Fenomena Alam, Pelangi Terbalik
« Jawab #8 pada: April 06, 2012, 08:09:39 AM »
Pelangi itu kan bentuknya sebenarnya lingkaran kan, kalau kejadian pelangi itu siang dan bagian atasnya tertutup awan, jadinya ya setengah ingkaran terbalik toh?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
10 Jawaban
6965 Dilihat
Tulisan terakhir September 07, 2008, 05:25:06 PM
oleh ksatriabajuhitam
13 Jawaban
6438 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 13, 2009, 04:47:12 PM
oleh syx
11 Jawaban
6943 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2009, 10:31:13 AM
oleh ryoma
19 Jawaban
6988 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 22, 2012, 10:52:16 PM
oleh mhyworld
2 Jawaban
1482 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2014, 10:24:51 AM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia