Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

Kemarin jam 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

Kemarin jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Synchronous Rotation  (Dibaca 1467 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Synchronous Rotation
« pada: Juni 01, 2009, 09:06:57 PM »
Synchronous rotation banyak dijumpai pada satelit (bulan) dari planet-planet dalam tata surya kita.  Salah satunya adalah, bulan yang periode rotasinya identik dengan periode revolusinya mengelilingi bumi.  Ada hal yang menarik dari mekanisme terjadinya fenomena tersebut.  Kalau kita coba menganalisa gerakan dengan menggunakan konsep special relativity, ditemukan kemiripan dengan mekanisme gerak roda pada sebuah lintasan.

Seandainya kita asumsikan sebuah satelit berada pada pusat roda, ketika sumbu roda (anggap sebagai sumbu satelit juga) berputar dan bagian tepi roda menyentuh jalan (lintasan), maka proses rotasi dan translasi berlangsung.  Synchronous rotation terjadi jika lintasan (di mana tepi roda menyentuh) membentuk lingkaran dengan jejari yang kecil.  Untuk bumi-bulan, tepi 'roda' bulan menyentuh lintasan yang berada di dalam bumi. 

Artinya, terjadinya synchronous rotation memerlukan dua komponen, yaitu : rotasi dan lintasan.  Gerak translasi tidak terjadi jika tidak ada lintasan, meski benda tersebut berotasi pada sumbu putarnya.  Sama seperti roda yang tergantung di udara.  Roda yang berputar akan bertranslasi saat permukaan tepinya menyentuh lintasan.

Cara pandang ini mungkin terlihat tidak biasa, tapi cukup mudah untuk memberikan gambaran sederhana tentang synchronous rotation. 


ditulis ulang dari artikel yang dikirimkan oleh Razan


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Synchronous Rotation
« Jawab #1 pada: Juni 15, 2009, 04:47:43 PM »
hmm.....
gak ngeh aku.
arus baca berulang2 nih

Offline Ammar18

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 84
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Synchronous Rotation
« Jawab #2 pada: Maret 01, 2012, 08:48:59 PM »
In astronomy, synchronous rotation is a planetological term describing a body orbiting another, where the orbiting body takes as long to rotate on its axis as it does to make one orbit; and therefore always keeps the same hemisphere pointed at the body it is orbiting. Another way of describing it is that from the surface of the satellite, the main planet appears to be locked in place in the sky as it slowly rotates.

The Moon is in synchronous rotation about the Earth, and Iapetus is in synchronous rotation about Saturn.



 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
993 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 05, 2012, 07:22:08 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia