Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Monox D. I-Fly

Mei 02, 2016, 10:28:53 AM
ada apa cocack?

Andara Fitriyanti

April 30, 2016, 06:43:21 PM
Diskusi apa nich yg lg rame? ;)
 

cocack

April 27, 2016, 07:12:57 PM
ada yang on di forum matematika

Ebii

April 25, 2016, 10:26:04 AM
guysss gimana sih caranya posting
 

nʇǝʌ∀

April 17, 2016, 10:48:08 AM
@ytridyrevsielixetul

mang kenapa lagi sih? harga minyak anjlok plus kredit macet sektor properti?

*dobel ruginya*

sinjo

April 12, 2016, 09:15:18 PM
 

ytridyrevsielixetuls

April 02, 2016, 05:01:07 PM
benarkah tahun ini dunia akan mengalami resesi ekonomi besar-besaran?

tdccrew666

Maret 31, 2016, 09:35:21 PM
misi boosss
mau minta tolong untuk data mining ada metode "1R Holte" itu metode nya bagaimana ya?? kalau ada sekalian contoh kasus,,, referensi jurnal juga gak papa,,,,,, :) :)

deviana_putri99

Maret 30, 2016, 08:56:25 PM
 :)
 

nʇǝʌ∀

Maret 30, 2016, 04:35:18 PM
@jhonabundance
@rodadua


dimohon tidak beriklan di shoutbox. terma kasih.

@endahsulis20

maksudnya tidak bisa posting gimana? apakah tidak ada captcha?

Show 50 latest

Penulis Topik: Bagaimana bisa tahu jarak di jagat raya?  (Dibaca 9906 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Scorpion

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 125
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Bagaimana bisa tahu jarak di jagat raya?
« Jawab #15 pada: Maret 13, 2010, 02:50:05 PM »
spendapat sama bernando, ada yang tahu tentan derajat kewarnaan pengamat ??? tapi bkankah ntu masih termasuk menggunakan prinsip cahaya?

Offline fazero

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • hati yang memegang penuah kekuasaan pada tubuh ini
    • Lihat Profil
Re: Bagaimana bisa tahu jarak di jagat raya?
« Jawab #16 pada: Maret 26, 2010, 06:08:14 PM »
teropong gak menggunakan cahaya bung ....
jadi kenapa gak ?

Offline Scorpion

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 125
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Bagaimana bisa tahu jarak di jagat raya?
« Jawab #17 pada: Maret 26, 2010, 08:05:04 PM »
teropong gak menggunakan cahaya bung ....
jadi kenapa gak ?
mungkin lebih tepatnya gak pke derajat warna, saya rasa semua teropong membutuyhkan cahaya untuk beroprasi klo gak pke cahaya ya kayak liat d tempat gelap dung..

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Bagaimana bisa tahu jarak di jagat raya?
« Jawab #18 pada: Maret 29, 2010, 01:09:03 PM »
yang jelas cahaya tempat kita melakukan peneropongan akan mempengaruhi pengamatan kita...
semakin gelap tempat kita melakukan peneropongan maka akan semakin baik...
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline agnesque96

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Bagaimana bisa tahu jarak di jagat raya?
« Jawab #19 pada: April 26, 2010, 05:40:09 PM »
ah....orang orang pintar......

caca

  • Pengunjung
Re: Bagaimana bisa tahu jarak di jagat raya?
« Jawab #20 pada: Oktober 21, 2010, 08:17:26 PM »
Nah... ini dia yang gw cari cari... hayo dong share lagi yang ngerti astrophysics... :D

selama ini sih pemikiran gw simpel aja, pake laser gitu nanti delay pantulannya dikalkulasi... nah yang jaraknya masih beberapa digit AU sih mungkin aja, nah kalo yang udah jutaan tahun cahaya...? :D:D

cari di internet, pembahasannya terlalu techie, susah diapahamin orang awam...

:D

Offline Andalusia

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
  • Salahudin Al Ayyubi
    • Lihat Profil
Re: Bagaimana bisa tahu jarak di jagat raya?
« Jawab #21 pada: Oktober 23, 2010, 11:16:22 PM »
Klw menurut saya kita bs ngegunain dua metode bwt ngukur jarak di jagat raya

ada metode pendeteksian langsung dan tidak langsung, tp bwt teknik pendeteksian tidak langsung yang biasa di gunainnya
    * Pengukuran kecepatan radial,
    * Pengukuran astrometri (mengukur posisi bintang dengan ketepatan tinggi)
    * Proses gerhana oleh planet yang lewat di depan muka bintang (planetary transit).
    * Pengukuran mikrolensing
truz kalo proses pendeteksian langsung yaitu dengan pengambilan gambar (citra) planet, yang disebut dengan direct imaging method.

klw menurut saya sih kyk gitu, sumbernya di langitselatan.com

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
6317 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 08, 2008, 11:41:08 AM
oleh superstring39
25 Jawaban
17137 Dilihat
Tulisan terakhir April 19, 2009, 04:34:04 PM
oleh Alicha
67 Jawaban
24166 Dilihat
Tulisan terakhir September 27, 2009, 08:17:06 PM
oleh Pi-One
11 Jawaban
12654 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2014, 08:29:47 AM
oleh paddi9
3 Jawaban
894 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 25, 2015, 07:22:44 PM
oleh logicfreaks

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia