Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Warna Langit  (Dibaca 17592 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
    • Lihat Profil
Warna Langit
« pada: April 20, 2009, 09:16:20 PM »
kenapa langit warnanya biru???
kok ga item atau pink gitu???


Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: warna langit
« Jawab #1 pada: April 21, 2009, 12:54:50 PM »
langit biru karena adanya polarisasi cahaya dari matahari oleh atmosfer bumi. cahaya dipolarisasikan dengan sudut terbesar adalah daerah biru-ungu karena mata kita lebih sensitif terhadap warna biru jadi kita dominan melihat warna biru di langit. kalo enggak ada atmosfer maka langit kita akan berwarna hitam. pada sore hari atau fajar langit tampak berwarna merah-jingga karena sudut polarisasi yang lebih kecil.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline Sakuranboaoi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #2 pada: April 24, 2009, 01:31:03 PM »
hihihi...
kalo dpikir kdang2 prtanyaan pling sderhana malah pling ssah d jwab.

hmmh,gw cba jwab y...

sbenernya pra ilmuwan udh bnyak mngajukan pnjlasn ttg mngapa lngit bru.Tapi yg trbaik dteng dri om Lord John Rayleigh,ilmuwan inggris,100 taun yg lalu(krg lbih).
Qta mule dri awal.
Snar mtahari yg mnerangi lngit siang kan bewarna putih(jdi lngit hrusnya putih cmerlang donk?).Nah,spaya lngit mnjadi wrna biru,psti ssuatu trjadi pda chaya saat mlewati atmsfir bumi.
POLARISASI.yap jwabannya "superstring" bener,tapi dispersi jga ambil bgian dri fenomena ini lho...!

Snar ptih trbuat dri plangi wrna.Qta dpat mliat plangi ktika mliat chaya mlalui prisma.Prisma mngurai chaya mnjadi:mejikuhibiniu.Bergabung,mreka mnjadi chaya yg qta liat sbagai putih(pasti udh tau kan teori ini)

Jadi saat sinar putih mmancar msuk dri matahari,ssuatu pasti mmecahkan chaya tu mnjadi wrna2nya.Kmudian,dgn suatu cra,bag biru dri cahaya menenggelamkan smua wrna lainnya.

Apa yg mnyebabkan ini y?ada bberapa kmngkinan udra yg mnylmuti bumi trdri dri gas2-nitrigen,oksigen,aron,dll-bercmpur dfn uap air n kristal es.jga ada debu n polutan kimia,n jauh d atas sna masi ada lapisan ozon.Smua bag udra ini tlah dituduh sbgai pnybab lngit bru(ud kaya' t'sangka aje).
Sbagai cntoh,baik air n ozon cnderung mnyerap chaya kmerahan,mbiarkan chaya yg lbih biru untuk lewat."mungkin",pikir beberapa ilmuwan ini mnyebbkan langit biru.
Namun,om John Tyndall,ahli fsika,berpndapat lain bahwa debu n partikel2 lain d udara mngurai cahaya, n biru kluar paling kuat.tuk mmbktikan ggasannya,ia mmbuat kabut asap n kmudian mnyrotkan brkas chaya putih mnembusnya.d liat dari smping,kbut asap itu mnjadi biru tua(kalo maw coba aja).

awalnya om Rayleigh mempercayai teori ini-tapi tdak untuk wktu yg lama-akhirnya dia menerbitkan buku penjelasannya sndiri (gw lupa judulnya),yg topiknya krang lbih brisi tntang udara itu sendiri,bkan debu atau kabut asap yg mngubah langit mnjadi biru.

inilah yg terjadi:
Sjmlah berkas snar mtahari mlewati ruang ksong antra molekul2 gas d atmosfer,tba d tanag sbagai chaya ptih sperti awalnya.TApi,snar mtahari yg betbrakan dgn mlekul2 gas,sperti Oksigen,teserap kmudian dsbarkan k sgla arah.
Atom2 dlam mlekul gas mnjadi bergejolak oleh chaya yg dserap,n mngeluarkan kmbali foton2 chaya dlam sgala pnjang glombang-dri mrah sampe ungu-ke "depan","belakang, dan "sis-sisi" molekul.Jadi sbagian chaya lngsung k tanah,sbagianlagi d krim k angkasa,n sbagian mluncur kmbali k arah mtahari.
Apa yg ditemuin sama om Rayleigh a/ kcemerlngan chaya yg muncul trgantung pda wrna.8 foton chaya biru mncul tuk stiap wrna mrah.
Hasilnya?chaya bru yg pekat mngalir k mata kita dri smua arah d langit,dri triliyun mlekul gas.tapi tentu langit "tidak" murni biru,krna wrna2 lain jga mncpai mta qita.Tapi sngat smar,dtngelamkan oleh biru yg sngat cerah...

smoga puas deh,tpi mgkin ada teori yg lain?

Offline binekas

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 201
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #3 pada: April 25, 2009, 11:53:48 AM »
trs kl sore-sore gt kan langitnya jadi suka berwarna orange tuh. Kira-kira knp yah?? Ada yang bilang kl langit biru itu karena pantulan cahaya matahari terhadap laut, bener g sih??

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #4 pada: April 25, 2009, 12:21:11 PM »
langit biru karena adanya polarisasi cahaya dari matahari oleh atmosfer bumi. cahaya dipolarisasikan dengan sudut terbesar adalah daerah biru-ungu karena mata kita lebih sensitif terhadap warna biru jadi kita dominan melihat warna biru di langit. kalo enggak ada atmosfer maka langit kita akan berwarna hitam. pada sore hari atau fajar langit tampak berwarna merah-jingga karena sudut polarisasi yang lebih kecil.
polarisasi cahaya itu, sama nggak istilahnya dengan pembiasan?....sebagian buku menjawab singkat karena pembiasan.....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Sakuranboaoi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #5 pada: April 25, 2009, 02:58:09 PM »
@Binekas
kalo langit biru itu karena pantulan chaya matahari trhadap laut.Brarti kita bisa ngeliat warna langit itu hijau,biru tua hampir ungu donk!.Soalnya kan warna laut itu berbeda-beda.Lagian buat warna laut beda lagi pmbahasannya.
Petanyaan mengapa langit sore oranye?sepertinya udah d jawab sama om superstring.

@nandaz
polarisasi dan pembiasan...
kalo menurut sifat-sifat cahaya beda bnget malah artinya...
sifat2 chaya lw udah pasti tau kan...ada:
.interferensi(perpaduan)
.difraksi(pelenturan)
.polarisasi(pengkutuban)
.dispersi(penguraian)
.refraksi(pembiasan)
mcam2 sfat chaya ni bsa di liat d bku fisika klas 3

kalo refraksi kan perubahan arah gerak cahaya yg terjadi saat cahaya bergerak dri 1 medium k medium yg lain.
nah,kalo polarisasi itu peristiwa terserapnya sbagian arah getar cahaya shingga chaya tersebut khilangan sbagian arah getarnya.
mungkin yg dimaksud buku lw tntang "pembiasan" tuh gini.Karena ada 4 metode untuk ngedapetin cahaya terpolarisasi yaitu:metode transmisi,metode refleksi,metode hamburan,dan metode refraksi(di metode ini yg dsmakan artinya pembiasan dgn polarisasi).

gmana?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #6 pada: April 26, 2009, 03:22:00 PM »
...boleh, juga aku sekarang dapat menangkap inti dari perbedaan antara keduanya....ngomong mengenai warna langit ada dalam salah satu link berbunyi seperti ini...
Kutip
Banyak sekali fenomena alam yang terjadi di dunia ini, bahkan sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi sering juga kita bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab hal itu. Salah satunya adalah fenomena pembiasan cahaya, cahaya memang memiliki banyak keunikan seperti dapat dipantulkan dan dibiaskan. Pembiasan Cahaya Pembiasan cahaya ialah pembelokan cahaya akibat melalui 2 atau lebih medium berbeda Disamping mengalami pembiasan, ketika melalui dua medium yang kerapatannya berbeda cahaya juga mengalami perubahan kec, hal ini disebabkan karena kerapatan suatu medium. Jika cahaya datang dari medium rapat ke kurang rapat maka cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal (garis 2700) dan jika sebaliknya maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal.
...apa itu dapat dicontohkan warna langit?

Offline Sakuranboaoi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #7 pada: April 26, 2009, 05:31:09 PM »
Yap,
kasarnya bisa dbilang sama,
coba dliat pnjelsan gw yg d atas di bagian "inilah yg terjadi"(bca klimat prtamanya,sori gw ga bsa ngutip cuZ posting lwat hape)

dktakan di atas "sjumlah snar mthari mlwati rwang ks0ng antar mlekul2 gas d atmsfir,tba d tnah sbgi chya ptih sprti awlnya" kalo d artikan sma sperti yg dmksud d klimat yg lw bold kan bhwa tlah trjadi pmbiasan chya akibat pmbelokan dri 2 ataw lbih mdium yg brbeda.

iya gak...?

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: warna langit
« Jawab #8 pada: Mei 24, 2009, 09:41:00 PM »

.interferensi(perpaduan)
.difraksi(pelenturan)
.polarisasi(pengkutuban)
.dispersi(penguraian)
.refraksi(pembiasan)



Wah, lupa semua
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #9 pada: Agustus 29, 2009, 12:28:32 PM »
klo setau gue, itu karena ada partikel2 dari gas dan debu,dan saat cahaya matahari datang sinar merah dan kuning dsb yg mempunyai panjang gelombang yang panjang dapat melewati atau menembus partikel tersebut sedangkan sinar biru yg punya panjang gelombang lebih pendek, dipantulkan kembali ke atmosfir sehingga langit berwarna biru..

Offline M101A

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 238
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • Let's do iT
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #10 pada: Agustus 30, 2009, 12:19:35 AM »
Nah sekarang, kalo kita lihat laut juga, nampak warna biru..
apakah itu karena warna langit??

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #11 pada: Agustus 30, 2009, 01:44:30 AM »
tidak... laut memang aslinya warna biru....

Offline M101A

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 238
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • Let's do iT
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #12 pada: Agustus 30, 2009, 01:48:16 AM »
loh, emang iya ya??
emang ap saja yang mempengaruhi warna laut??

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #13 pada: Agustus 30, 2009, 01:55:12 AM »
1. warna yg terpantul dr langit (klo lg mendung, laut tidak tampak terlalu biru)
2. murni atau tidaknya air (semakin tidak murni air, semakin banyak warna yg akan dipantulkan)
3. tingkat konsentrasi tanaman mikroskopik dan ganggang (makanya laut merah berwarna merah karna banyaknya ganggang merah)
klo gak salah....
^^

Offline M101A

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 238
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • Let's do iT
    • Lihat Profil
Re: warna langit
« Jawab #14 pada: Agustus 30, 2009, 02:53:29 AM »
ok,, sip raisuien..

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
140 Jawaban
25456 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 08, 2009, 10:37:19 AM
oleh einstiar
7 Jawaban
5000 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 21, 2008, 03:35:14 AM
oleh reborn
2 Jawaban
2269 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 23, 2008, 07:53:21 AM
oleh biobio
1 Jawaban
1610 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 26, 2012, 02:14:21 PM
oleh Ammar18
0 Jawaban
659 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2011, 10:34:54 AM
oleh Chanz99

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia