Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

jinggapersada

Desember 11, 2014, 09:08:06 AM
GOOD DAYS sahabat saya yg berbaik hati nya salam dari saya

raqiem7

Desember 09, 2014, 09:49:41 PM
Apakah di sini ada pembahasan sains dan hubungannya dengan agama?
 

Farabi

Desember 03, 2014, 06:50:05 PM
Seorang diktator akan menuntut rakyatnya untuk mengabdi kepada negara. Padahal seharusnya negara itu menjadi pelayan masyarakat.

tolle

Desember 03, 2014, 10:23:20 AM
gan dlu aku pernah coba buat kontrol robot pake stik ps2 tpi ngak jdi,,,,
bisa minta solusinya ....?

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:47:34 PM
nurhalimah
hmm.. bagus blognya..

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:45:40 PM
hallo.. mau nannya ada yg punya tutorial labview? lagi sangat butuh untuk kuliah..  :D

NurHalimah24

Desember 02, 2014, 11:13:09 AM
Halo salam kenal semuanya. bisa kunjungi blog saya ya http://nurhalimah-24.blogspot.com/ terima kasih :)

agus.sucipto99

Desember 01, 2014, 03:32:01 PM
haloo bang syair dari medan... minta alamat email atau no tlp yg bisa dihubungi dong ????

Learner

Desember 01, 2014, 01:03:16 AM
Ini anggota forumnya masih aktif kah?

quietwave

November 30, 2014, 08:24:45 PM
halo?

Show 50 latest

Penulis Topik: Konsep Hidup dan Kehidupan  (Dibaca 54678 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Konsep Hidup dan Kehidupan
« pada: Januari 20, 2007, 07:08:56 AM »
Konsep Hidup dan Kehidupan


I. Pendahuluan

Dikutip dari Wiki :

Kutip
Biologi adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda "biologie", yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, bios ("hidup") dan logos ("lambang", "ilmu"). Dahulu (sampai tahun 1970-an) digunakan istilah ilmu hayat (yang berarti "ilmu kehidupan"), yang diambil dari bahasa Arab.

Pun demikian, manusia belum dapat memberikan definisi dan batasan-batasan yang jelas tentang apa arti hidup sesungguhnya. Banyak ilmuwan mencoba mengajukan teori-teori untuk menjelaskan apakah hidup dan dari mana asalnya hidup. Berikut akan dijelaskan teori-teori tentang asal dan kejadian hidup.


II. Teori Abiogenesis (Teori Generatio Spontanea)

2.1 Aristoteles
Teori Abiogenesis pertama kali diajukan oleh Aristoteles (394-322 SM) yang menyatakan bahwa :

Makhluk hidup berasal dari benda mati yang secara spontan dapat muncul akibat adanya gaya hidup.

2.2 Antonie van Leeweunhoek
Antonie van Leeweunhoek adalah seorang biologis Belanda yang mendukung teori ini. Dengan menggunakan mikroskop, ia menemukan adanya jentik-jentik pada air hujan dan rendaman air jerami. Berdasarkan hal tersebut van Leeweunhoek mengatakan jentik-jentik (makhluk hidup) berasal dari air (benda mati).

2.3 John Needham (1713-1781)
Biologis asal Inggris ini mendapatkan bahwa pada air kaldu yang telah dipanaskan (bebas dari mikroorganisme) setelah beberapa lama kemudian akan muncul lagi mikroorganisme yang baru.


III. Teori Biogenesis

Teori ini menyangkal abiogenesis. Teori Biogenesis menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup (Omne vivum ex vivo, omne ovum ex vivo).

Pendapat yang mendukung adalah sebagai berikut :

3.1. Lazzaro Spallanzani (1729 - 1799)
Spallanzani adalah seorang biologis Itali yang menentang eksperimen John Needham. Ia mengatakan bahwa kehidupan yang terlihat pada air kaldu disebabkan oleh pemanasan yang tidak cukup lama untuk dapat membunuh semua mikroorganisme.

3.2. Francesco Redi (1968)
Kesimpulan dari eksperimen Redi adalah larva (kehidupan) bukan berasal dari daging yang membusuk tetapi dari lalat yang masuk ke dalam tabung dan bertelur pada daging.

3.3 Louis Pasteur (1822-1895)
Pasteur melakukan eksperimen dengan menggunakan labu leher angsa. Penutup berbentuk leher angsa ini bertujuan untuk membuktikan bahwa mikroorganisme terdapat di udara. Hasil yang diperoleh Pasteur adalah :

a. Mikroorganisme yang tumbuh bukan berasal dari benda mati (cairan) tetapi dari mikroorganisme yang terdapat di udara.
b. mikroorganisme terdapat di udara bersama-sama dengan debu.

Hasil eksperimen ini akhirnya menggugurkan Teori Abiogenesis dan Pasteur menjadi sangat terkenal dengan perkataannya  Omne vivum ex vivo, omne ovum ex vivo (artinya kehidupan berasal dari telur dan telur dihasilkan makhluk hidup atau dapat juga diartikan makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga).

3.4 Pohon Van Helmot
Pohon dapat tumbuh membesar bukan berasal dari tanah sebab tanah yang hilang tidak sesuai pertumbuhannya. Dapat disimpulkan bahwa kehidupan yang dimiliki tumbuh-tumbuhan (makhluk hidup) bukanlah berasal dari tanah (benda mati).


3.5 Teori Urey dan Teori Oparin

3.5.1 Teori Harold Urey (1893)
Urey berpendapat bahwa kehidupan terjadi pertama kali di atmosfer. Pada saat tertentu dalah sejarah perkembangan bumi, terbentuk atmosfer yang kaya akan CH4 (metana), NH3 (ammonia), H2 (hidrogen) dan H2O (air). Molekul-molekul ini dengan bantuan petir yang menimbulkan loncatan listrik dan sinar kosmik akan membentuk asam amino yang merupakan awal dari kehidupan.

3.5.2 Teori Oparin
Oparin sependapat dengan Urey bawah kehidupan pertama terjadi di cekungan pantai yang bahan-bahannya dari lautan.
Seperti saya katakan sebelumnya, manusia belum dapat memberikan definisi dan batasan-batasan yang jelas tentang apa arti hidup sesungguhnya. Namun kita dapat mengamati perbedaan antara makhluk hidup dan benda mati. Perbedaan inilah yang kemudian menjadi ciri-ciri atau sifat-sifat makhluk hidup.

Sifat-sifat makhluk hidup :


a. Nutrisi
b. Transportasi
c. Respirasi
d. Ekskresi
e. Sintesis
f. Pertumbuhan dan Perkembangan
g. Regulasi
i. Iritabilitas
j. Reproduksi
k. Adaptasi
l. Interaksi
m. Memiliki bentuk dan ukuran tertentu
o. Memiliki unit fungsional terkecil yang disebut sel

Silahkan kalau ada tanggapan, pertanyaan, atau mau melengkapi. Beberapa bagian masih perlu penjelasan lagi seperti bagaimana eksperimen yang dilakukan, eksperimen siapa yang disangkal siapa dan penjelasan sifat-sifat makhluk hidup.

Topik terbuka untuk diskusi :)
« Edit Terakhir: Mei 17, 2009, 09:07:23 PM oleh milmi »



Lyza

  • Pengunjung
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #1 pada: Juni 18, 2007, 02:52:42 PM »

3.4 Pohon Van Helmot
Pohon dapat tumbuh membesar bukan berasal dari tanah sebab tanah yang hilang tidak sesuai pertumbuhannya.

maksudnya tanah yang hilang itu yang kae gimana ya???
bener2 bingung dech!

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #2 pada: Juni 19, 2007, 10:09:51 PM »
Hai Lyza,

Bisa baca tentan van Helmont di sini

Kutip
He was a careful observer of nature, and an exact experimenter who in some cases realized that matter can neither be created nor destroyed. He performed an experiment to determine where plants get their mass. He grew a willow tree and meticulously measured the amount of soil, the weight of the tree and the water he added. After five years the plant had gained about 170 pounds. Since the amount of soil was basically the same as it had been when he started his experiment, he deduced that the tree’s weight gain had come from water. Since it had received nothing but water and the soil weighed practically the same as at the beginning, he argued that the increased weight of wood, bark and roots had been formed from water alone.


Intinya ya gitu. Dia ngamatin pertumbuhan pohon ara, darimana pohon itu bisa bertambah besar. Dia buat percobaan numbuhin pohon ara dari kecil yang dikasih air terus, ukur jumlah tanah tiap saat sampe si pohonnya mencapai berat 170 pounds.

Nah, hasilnya tanahnya gak berkurang. Jadi dia simpulkan pohon itu bertumbuh karena adanya air.

Btw, sebelum paragraf itu sebenernya ada kalimat ini :

Kutip
For him air and water are the two primitive elements. Fire he explicitly denies to be an element, and earth is not one because it can be reduced to water.


Mudah2an ngebantu  ;D

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #3 pada: Juli 10, 2008, 12:34:39 PM »
Mas reborn, usul aja sedikit, kalo mau mengacu jangan dari wikipedia, soalnya tidak jelas siapa yg menulis. Selain itu, isi wikipedia dapat diedit oleh semua orang, jd bisa-bisa orang ngomong sembarangan tp malah diacu oleh kita.

Oh iya, untuk sifat makhluk hidup yg poin O, yg menyatakan bahwa "Pada umumnya berupa sel", itu kurang tepat. Mungkin lebih tepat kalau disebutkan bahwa "seluruh makhluk hidup memiliki unit fungsional terkecil yang disebut sel". Ini akan mengeluarkan virus dari definisi makhluk hidup, karena virus bukan sel.
...setetes air di samudera luas...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #4 pada: Juli 10, 2008, 12:59:52 PM »
@milmi

Makasih banget buat masukannya. Iya, lain kali saya ga mengacu ke wiki deh referensinya.
Tapi khusus topik yang ini, kutipan dari wiki itu hanya yang dalam quote itu aja kok. Selebihnya dari buku dan catatan bekas jaman sma dulu. Jadi singkat ceritanya, saya liat2 kurikulum sma dulu, nah pas ngecek ada buku (Erlangga kalo ga salah) dan catatan sma, ya akhirnya saya post aja. Definisi biologinya sendiri ga ada, makanya dikutip dari wiki.

Untuk "point o", bagusnya diganti ya? Ini dah pasti bener kan? Biar saya edit post awal.
Terima kasih sekali lagi ya ;D

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #5 pada: Juli 14, 2008, 06:27:25 PM »
Ikutan nimbrung ya...

Aku usul, untuk point "o. Pada umumnya berupa sel" " diganti menjadi "tersusun dari sel" sejalan dengan pendapat milmi.

BTW,
Ada sedikit tambahan nih mengenai "Konsep Sel" semoga berguna  ;D

Sel sebagai unit terkecil makhluk hidup berperan sebagai:

1. Unit struktural
Dipelopori oleh Matthias J. Schleiden & Theodore Schwann yang masing-masing mengemukan bahwa tubuh tumbuhan dan hewan tersusun dari sel.

2. Unit pertumbuhan
Dipelopori oleh Rudholf Virchow yang mengemukakan bahwa semua sel hidup pada makhluk hidup berasal dari sel-sel yang ada sebelumnya (omnis cellula e cellula).

3. Unit fungsional
Dipelopori oleh Max Schultze & Heinrich de Bary, yang memperkenalkan "Konsep Protoplasma" sebagai kunci kehidupan sel, bahwa sel-sel yang hidup merupakan massa protoplasma, yaitu sitoplama dan organela-organela yang saling bekerja sama untuk kelangsungan hidup sel itu.

4. Unit hereditas
Ditemukannya kromosom yang mengandung DNA sebagai substansi penyusun gen. Gen-gen ini selanjutnya disebut sebagai unit hereditas tingkat dasar (basic unit of hereditary material)

Kalau ada yang mau menambahkan silakan lho :)
omne vivum ex vivo, so viva!

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #6 pada: Juli 14, 2008, 07:58:13 PM »
@milmi
@Michelle
Berhubung Biologi SMU sekarang dah ada moderatornya, saya serahkan ke mas milmi aja deh buat updatenya.
Tolong dikoreksi dan diedit aja post pertama ya. Thanks buat masukannya.

Offline senena

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #7 pada: Maret 18, 2009, 10:02:27 PM »
teori Urey masuk ke biogenesis?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #8 pada: Maret 19, 2009, 05:13:59 PM »
teori Urey masuk ke biogenesis?

Abiogenesis modern

Offline Kholil

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #9 pada: Juni 21, 2009, 03:06:20 PM »
teori Urey masuk ke biogenesis?

Abiogenesis modern
Kenapa begitu, bukanya abiogenesin itu pemikiran kuno, perasaan percobaan urey itu yang kaldu, trus ga ada makhluk hidupnya kan?

Offline maulidia_ekaputri

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #10 pada: Juni 22, 2009, 03:50:09 PM »
oh, ya Luois Pasteur itu bapak kimia, kan?

Offline Kholil

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #11 pada: Juni 23, 2009, 09:59:36 AM »
oh, ya Luois Pasteur itu bapak kimia, kan?
Bapak Kimia? kenapa?
Pasteur itu yang bikin proses pemanasan "pasterisasi" jadi susu kaleng awet kan?
Katanya dipakai di dunia kedokteran juga trknya buat pembunuhan bakteri di alat2 kedokteran, bener ga c?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #12 pada: Juni 26, 2009, 07:57:01 PM »
Kenapa begitu, bukanya abiogenesin itu pemikiran kuno, perasaan percobaan urey itu yang kaldu, trus ga ada makhluk hidupnya kan?

coba ceck lagi bahan apa saja yang menurut urey bisa menghasilkan zat hidup!

Offline binekas

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 201
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #13 pada: September 15, 2009, 12:52:04 PM »
kl ga salah pernah denger semua hewan yang ada di bumi ini berasal dari air,, bener ga sih??

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • Lihat Profil
    • faiqhr
Re: Konsep Hidup dan Kehidupan
« Jawab #14 pada: Desember 01, 2009, 04:51:29 PM »
trims bung reborn, emang lagi butuh referensi nc ;D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
5414 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 12, 2009, 07:15:26 AM
oleh biobio
1453 Jawaban
131881 Dilihat
Tulisan terakhir Hari Ini jam 10:15:08 AM
oleh ytridyrevsielixetuls
0 Jawaban
3937 Dilihat
Tulisan terakhir September 27, 2010, 07:04:23 PM
oleh anonim
29 Jawaban
4658 Dilihat
Tulisan terakhir April 21, 2011, 03:11:08 PM
oleh ubasape
2 Jawaban
960 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 12, 2014, 04:21:21 AM
oleh bayu220686

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia