Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.  (Dibaca 63362 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« pada: Agustus 10, 2009, 07:14:13 PM »
Mau tanya
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Kenapa uji Karbohidrat pake' Lugol?
Kenapa uji Protein pake' Biuret?
Kenapa uji kandungan gula pake' Fehling ato Benedict?

Domo arigato gozaimasu!


Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #1 pada: Agustus 10, 2009, 07:36:48 PM »
aq jg gag tau,,,
mngkin uda ketentuannya,,,
he....
~ You are what you eat ~

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #2 pada: Agustus 10, 2009, 10:03:51 PM »
klo protein pake biuret dasar reaksinya:
kompleks koordinasi antara Cu 2+ dgn gugus -C=O dan NH ikatan peptida dalam larutan alkalis, akan membentuk warna lembayung

Larutan Benedict yg mengandung tembaga alkalis akan direduksi oleh gula yg mempunyai gugus aldehida atau keton bebas dgn membentuk kuprooksida yg berwarna (hijau, kuning, atau merah)

Fehling terdiri dari campuran CuSO4 + Asam tartat + Basa. Jika gula tersebut merupakan gula pereduksi (glukosa, galaktosa, dll) Cu akan berubah menjadi Cu2O yang berwarna merah bata

Lugol digunakan untuk menguji apakah suatu makanan mengandung karbohidrat atau tidak. Bila makanan yang kita tetesi lugol menghitam, maka makanan tersebut mengandung karbohidrat. Semakin hitam berarti makanan tersebut banyak kandungan karbohidratnya.


Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #3 pada: Agustus 10, 2009, 10:07:09 PM »
ouwh,,,
bgtu toh,,,
bru tw.,,

mkci,,,

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #4 pada: Agustus 11, 2009, 05:00:46 PM »
Kalo' lugol, reaksinya apa?
Gugus aldehida ama keton itu yang gimana sih?
Kok kayaknya dimana-mana ada kata2 itu?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #5 pada: Agustus 11, 2009, 07:44:24 PM »
gugus aldehida itu -c=o
                           I
                           H

tpi klo keton bukan ngikat H,,,
tpi R'

Y,,,,,
gtu la,,,,
is.fungsi aldehida itu y keton,,,
cth aldehid itu formalin (dlm larutan formaldehida 40%)
     etanal sbg bhan dasar murni pembuatan as.asetat murni...
     aldehid suku tinggi bisa dipake buat camppuran pewangi,,,
        ex,, oktanal : bau mawar n melati
              nonanal : mawar
              dekanal : jeruk...

klo keton byk dipke buat pelarut sy.organik (ex:butanon),,,
cth : propanon/aseton utk pembersih cat kuku
        hormon testosteron dan estron yg b'peran dlm ciri seksual jg mrupakan keton...

bgtu la,,,
he,,,

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #6 pada: Agustus 12, 2009, 12:07:20 AM »
Larutan amilum yang ditempatkan dalam tabung reaksi kemudian ditambah larutan iodin(lugol) warnanya menjadi biru kehitaman. Setelah larutan tersebut dipanaskan warnanya menjadi kuning agak bening dengan uap berwarna biru. Setelah didinginkan kembali, warna larutan tersebut kembali menjadi biru kehitaman. Ketika larutan tersebut ditambah dengan larutan NaOH, warna biru menjadi hilang berubah menjadi kuning agak jingga. Na yang bersifat alkalis dapat mengikat iodin sehingga warna biru kehitaman menjadi hilang.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #7 pada: Agustus 12, 2009, 11:07:03 AM »
ehm...
Lugol ada rumus kimianya?
Reaksi kimianya gimana ya?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #8 pada: Agustus 12, 2009, 08:15:01 PM »
Lugol dibuat dengan cara melarutkan 5gr Iodine (I2) dan 10gr Kalium Iodida (KI) pada 85gr air.
klo gak salah rumus kimianya I2KI (iodine-kalium iodida)

klo reaksi kimianya kurang taw...
sorry....

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #9 pada: Oktober 19, 2009, 10:23:38 AM »






Lugol digunakan untuk menguji apakah suatu makanan mengandung karbohidrat atau tidak. Bila makanan yang kita tetesi lugol menghitam, maka makanan tersebut mengandung karbohidrat. Semakin hitam berarti makanan tersebut banyak kandungan karbohidratnya.



Kurang tepat nih, lugol (iodine) lebih tepat digunakan untuk mendeteksi keberadaan polisakarida (karohidrat rantai panjang) khusus yaitu amilum.
...setetes air di samudera luas...

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #10 pada: Oktober 19, 2009, 05:35:18 PM »
Hanya amilum ya???

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #11 pada: Oktober 20, 2009, 02:12:12 PM »
Amilum (starch) dan glycogen.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #12 pada: Oktober 24, 2009, 03:45:33 PM »
BTW, aku kemaren praktikum elektrolisis KI, dan kalo' nggak salah, pada ruang anoda (I- teroksidasi) ditambahkan lugol dan warnanya jadi item...
Berarti membuat lugol juga bisa dengan elektrolisis KI ya?

Offline Meilan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #13 pada: Oktober 05, 2010, 08:09:45 AM »
mau tau donk,, emang iodin ama lugol itu sama ya?
trus kalo kita mau bikin larutan iodin sendiri ada yang taukah caranya?

Offline Blue_Rain

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #14 pada: Oktober 05, 2010, 08:12:59 PM »
Kalo di UN sering keluar soal beginian gak?
The Rain Always Blue...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
4644 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2008, 07:11:16 PM
oleh reborn
3 Jawaban
7074 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2009, 02:12:27 PM
oleh insan sains
13 Jawaban
3488 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2009, 06:44:54 PM
oleh Nabih
4 Jawaban
3906 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 12, 2010, 03:06:10 PM
oleh nandaz
5 Jawaban
3243 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 28, 2012, 10:22:40 PM
oleh biobio

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia