Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

Hari Ini jam 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

Hari Ini jam 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

Hari Ini jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.  (Dibaca 67203 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« pada: Agustus 10, 2009, 07:14:13 PM »
Mau tanya
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Kenapa uji Karbohidrat pake' Lugol?
Kenapa uji Protein pake' Biuret?
Kenapa uji kandungan gula pake' Fehling ato Benedict?

Domo arigato gozaimasu!


Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #1 pada: Agustus 10, 2009, 07:36:48 PM »
aq jg gag tau,,,
mngkin uda ketentuannya,,,
he....
~ You are what you eat ~

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #2 pada: Agustus 10, 2009, 10:03:51 PM »
klo protein pake biuret dasar reaksinya:
kompleks koordinasi antara Cu 2+ dgn gugus -C=O dan NH ikatan peptida dalam larutan alkalis, akan membentuk warna lembayung

Larutan Benedict yg mengandung tembaga alkalis akan direduksi oleh gula yg mempunyai gugus aldehida atau keton bebas dgn membentuk kuprooksida yg berwarna (hijau, kuning, atau merah)

Fehling terdiri dari campuran CuSO4 + Asam tartat + Basa. Jika gula tersebut merupakan gula pereduksi (glukosa, galaktosa, dll) Cu akan berubah menjadi Cu2O yang berwarna merah bata

Lugol digunakan untuk menguji apakah suatu makanan mengandung karbohidrat atau tidak. Bila makanan yang kita tetesi lugol menghitam, maka makanan tersebut mengandung karbohidrat. Semakin hitam berarti makanan tersebut banyak kandungan karbohidratnya.


Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #3 pada: Agustus 10, 2009, 10:07:09 PM »
ouwh,,,
bgtu toh,,,
bru tw.,,

mkci,,,

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #4 pada: Agustus 11, 2009, 05:00:46 PM »
Kalo' lugol, reaksinya apa?
Gugus aldehida ama keton itu yang gimana sih?
Kok kayaknya dimana-mana ada kata2 itu?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #5 pada: Agustus 11, 2009, 07:44:24 PM »
gugus aldehida itu -c=o
                           I
                           H

tpi klo keton bukan ngikat H,,,
tpi R'

Y,,,,,
gtu la,,,,
is.fungsi aldehida itu y keton,,,
cth aldehid itu formalin (dlm larutan formaldehida 40%)
     etanal sbg bhan dasar murni pembuatan as.asetat murni...
     aldehid suku tinggi bisa dipake buat camppuran pewangi,,,
        ex,, oktanal : bau mawar n melati
              nonanal : mawar
              dekanal : jeruk...

klo keton byk dipke buat pelarut sy.organik (ex:butanon),,,
cth : propanon/aseton utk pembersih cat kuku
        hormon testosteron dan estron yg b'peran dlm ciri seksual jg mrupakan keton...

bgtu la,,,
he,,,

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #6 pada: Agustus 12, 2009, 12:07:20 AM »
Larutan amilum yang ditempatkan dalam tabung reaksi kemudian ditambah larutan iodin(lugol) warnanya menjadi biru kehitaman. Setelah larutan tersebut dipanaskan warnanya menjadi kuning agak bening dengan uap berwarna biru. Setelah didinginkan kembali, warna larutan tersebut kembali menjadi biru kehitaman. Ketika larutan tersebut ditambah dengan larutan NaOH, warna biru menjadi hilang berubah menjadi kuning agak jingga. Na yang bersifat alkalis dapat mengikat iodin sehingga warna biru kehitaman menjadi hilang.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #7 pada: Agustus 12, 2009, 11:07:03 AM »
ehm...
Lugol ada rumus kimianya?
Reaksi kimianya gimana ya?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #8 pada: Agustus 12, 2009, 08:15:01 PM »
Lugol dibuat dengan cara melarutkan 5gr Iodine (I2) dan 10gr Kalium Iodida (KI) pada 85gr air.
klo gak salah rumus kimianya I2KI (iodine-kalium iodida)

klo reaksi kimianya kurang taw...
sorry....

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #9 pada: Oktober 19, 2009, 10:23:38 AM »






Lugol digunakan untuk menguji apakah suatu makanan mengandung karbohidrat atau tidak. Bila makanan yang kita tetesi lugol menghitam, maka makanan tersebut mengandung karbohidrat. Semakin hitam berarti makanan tersebut banyak kandungan karbohidratnya.



Kurang tepat nih, lugol (iodine) lebih tepat digunakan untuk mendeteksi keberadaan polisakarida (karohidrat rantai panjang) khusus yaitu amilum.
...setetes air di samudera luas...

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #10 pada: Oktober 19, 2009, 05:35:18 PM »
Hanya amilum ya???

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #11 pada: Oktober 20, 2009, 02:12:12 PM »
Amilum (starch) dan glycogen.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #12 pada: Oktober 24, 2009, 03:45:33 PM »
BTW, aku kemaren praktikum elektrolisis KI, dan kalo' nggak salah, pada ruang anoda (I- teroksidasi) ditambahkan lugol dan warnanya jadi item...
Berarti membuat lugol juga bisa dengan elektrolisis KI ya?

Offline Meilan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #13 pada: Oktober 05, 2010, 08:09:45 AM »
mau tau donk,, emang iodin ama lugol itu sama ya?
trus kalo kita mau bikin larutan iodin sendiri ada yang taukah caranya?

Offline Blue_Rain

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Lugol, Biuret, Benedict, dan Fehling.
« Jawab #14 pada: Oktober 05, 2010, 08:12:59 PM »
Kalo di UN sering keluar soal beginian gak?
The Rain Always Blue...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
4876 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2008, 07:11:16 PM
oleh reborn
3 Jawaban
7344 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2009, 02:12:27 PM
oleh insan sains
13 Jawaban
4192 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2009, 06:44:54 PM
oleh Nabih
4 Jawaban
4370 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 12, 2010, 03:06:10 PM
oleh nandaz
5 Jawaban
3788 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 28, 2012, 10:22:40 PM
oleh biobio

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia