Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ghea1905

Kemarin jam 02:34:03 PM
Salam Kenal :D

yansen

April 21, 2014, 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

April 20, 2014, 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

Show 50 latest

Penulis Topik: REPRODUKSI  (Dibaca 90915 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 387
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
REPRODUKSI
« pada: Maret 04, 2009, 08:46:56 AM »
Ada pikiran tentang reproduksi?
apa saja organ,hormon,dsb yang termasuk reproduksi dalam tubuh kita?
smua opini dan tanggapan nya boleh koqq..
thanks yaaaa ;D ;D ;D



Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1141
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Dexter's Coming
    • Lihat Profil
Re: REPRODUKSI
« Jawab #1 pada: Maret 04, 2009, 08:56:23 AM »
A. REPRODUKSI VEGETATIF (TAK KAWIN)
   Perkembangabiakan terjadi tanpa adanya peleburan sel jantan dan betina, dapat terjadi pada tumbuhan maupun hewan.
   1. Perkembangbiakan Vegetatif pada Hewan dan Tumbuhan Tingkat Rendah
a)   Membelah diri dan fragmentasi, contoh: organisme yang membelah diri, protozoa, alga biru (bakteri). Sedangkan fragmentasi yaitu dengan cara memotong-motong tubuhnya, contoh: algae (ganggang) dan planaria (cacing pipih). Tunas, contoh: Hydra dan ragi (Saccharomyces).
b)   Spora: perkembangbiakan dengan spora antara lain: jamur, alga, lumut dan paku. Pada jamur, spora dibentuk di dalam kotak spora (sporangium). Pada ganggang (alga), sporanya dilengkapi dengan alat gerak berupa bulu cambuk atau bulu getar sehingga dapat bergerak, spora ini disebut zoospora. Pada paku, biasanya spora terletak di daun-daun sebelah bawah, tampak sebagai bintik-bintik hitam yang dinamakan sorus. Sorus tersebut dilindungi indisium.

   2. Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan Biji
   a. Vegetatif alami, tanpa bantuan manusia:
1)   Rhizoma atau akar rimpang, yaitu batang yang tumbuh mendatar yang terletak di bawah permukaan tanah. Rhizoma berbuku-buku dan bersisik,  dan di ujungnya ada kuncup. Pada ketiak sisik terdapat tunas. Contoh: lengkuas, kunyit, temulawak, alang-alang dan sebagainya.
2)   Umbi lapis, terdiri atas cakram dan umbi yang belapis-lapis. Contoh: bawang putih, bawang merah, bakung dan bunga tulip.
3)   Umbi batang, merupakan batang yang tumbuh ke dalam tanah yang menggembung dan membentuk umbi dilengkapi dengan mata tunas. Contoh: kentang dan gembili.
4)   Umbi akar, adalah akar yang berubah fungsi menyimpan makanan. Contoh: singkong dan bunga dahlia.
5)   Geragih atau stolon, yaitu batang yang menjalar di atas permukaan tanah. Contoh: pegagan, rumput teki dan arbei.
6)   Tunas, dapat tumbuh menjadi tanaman baru yang tidak jauh dari induknya dan akhirnya membentuk rumpun. Contoh: pisang, bambu dan tebu.

   b. Vegetatif buatan, dengan bantuan manusia;
1)   Mencangkok, yaitu dengan mengupas kulit sampai ke bagian kayunya. Bagian yang licin dari kayu yaitu kambium harus dibuang, selanjutnya ditutup dengan tanah basah yang subur kemudian dibungkus. Contoh: jeruk, mangga, jambu, rambutan dan tumbuhan berkambium lainnya.
2)   Menempel atau okulasi, yaitu dengan menempelkan mata tunas dari suatu tanaman ke mata tunas tanaman lainnya yang sejenis.
3)   Menyambung (mengenten/kopulasi) yaitu menggabungkan bagian tanaman satu ke bagian tanaman lain untuk mendapatkan tanaman baru yang memiliki sifat lebih baik.
4)   Stek, yaitu memotong batang atau daun untuk ditanam di tempat lain. Ada stek batang dan stek daun. Contoh stek batang: singkong, ketela rambat, sirih, lada dan lain-lain. Contoh stek daun: cocor bebek.
5)   Merunduk, yaitu dengan merundukkan batang atau cabang yang dibengkokkan ke bawah serta ditimbuni tanah untuk menimbulkan akar-akar baru. Contoh: apel, alamanda, kaca piring dan sebagainya.



Keuntungan memperbanyak secara vegetatif:
1.   diperoleh sifat keturunan baru sama dengan induknya
2.   lebih cepat memperoleh hasil (berbuah)

Kerugian memperbanyak secara vegetatif:
1.   tanamannya tidak sekokoh bila ditanam dari biji.
2.   jumlah turunan baru yang diperoleh dalam waktu tertentu terbatas
3.   tanaman induk akan menderita bila terlalu banyak bagian tanaman yang di-stek atau dicangkok.

(Copy-paste dari modul yang saya buat ;))
"in science there's only physics, the rest just stamp collections"

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 387
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: REPRODUKSI
« Jawab #2 pada: Maret 04, 2009, 04:39:54 PM »
ooow..tengkyu..
tapi yg generatif nya?
secara kawin?
yang dalam tubuh manusia yg aku mau tahu detilnya kk..
thx be4 yah

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1141
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Dexter's Coming
    • Lihat Profil
Re: REPRODUKSI
« Jawab #3 pada: Maret 05, 2009, 12:21:31 PM »
B. REPRODUKSI GENERATIF (KAWIN)
   1. Perkembangbiakan Generatif pada Hewan
            Perkembangbiakan generatif pada hewan meliputi perkembangbiakan dengan konjungsi dan pleburan dua sel gamet.
a.   Konjugasi, yaitu perkembangbiakan secar kawin pada organisma yang belum jelas alat kelaminnya, contohnya Spirogyra.
b.   Peleburan dua sel gamet, dapat terjadi pada hewan yang telah memiliki alat kelamin tertentu, sebagai contoh pada cacing tanah terjadi perkawinan silang antara dua cacing yang kawin. Cacing A dibuahi oleh sperma dari cacing B, sedangkan cacing B dibuahi oleh sperma dari cacing A. cacing tanah tergolong hewan hermafrodit yang memiliki alat kelamin jantan dan berin pada satu tubuh. Selain cacing tanah yang tergolong hermafrodit antara lain cacing pita, siput darat dan bekicot.

Pembuahan pada hewan
   Berdasarkan tempat terjadinya, pembuahan dibedakan atas:
1.   pembuahan luar, pertemuan sperma dan ovum terjadi di luar tubuh, mislnya: ikan dan katak.
2.   pembuahan dalam, pertemuan sperma dan ovum terjadi di dalam tubuh, misalnya reptilia, burung dan manusia

   Pada pembuahan eksternal (pembuahan luar), sel telur dan sel sperma dihasilkan dalam jumlah besar karena:
1.   kemungkinan terjadinya fertilisasi kecil
2.   kemungkinan telur yang dihasilkan akan dimakan oleh hewan lain atau mati karena perubahan lingkungan.

Perkembangan burung
   Burung berkembang biak dengan bertelur. Bagian-bagian telur burung antara lain adalah: cangkang terbuat dari zat kapur untuk melindungi isi telur, membran luar, membran dalam, putih telur, kuning telur, sel-sel embrio, kalaza dan rongga udara. Albumen (putih telur) melindungi telur dari guncangan dan sebagai cadangan makanan. Kuning telur tempat embrio berada juga sebagai cadangan makanan bagi embrio. Kalaza berfungsi menjaga embrio tetap berada di bagian atas kuning telur, sehingga dekat dengan sumber panas dari induknya apabila dierami.

Perkembangbiakan mamalia dan manusia
   Mamalia tergolong hewan vivipar Melahirkan anak), mempunyai alat kelamin jantan dan betina.
1.   Alat kelamin jantan (pria)
a.   Sepasang testes (buah pelir), yaitu penghasil sperma.
b.   Saluran sperma (vas deferen)
c.   Penis, yaitu alat kelamin luar
2.   Alat kelamin betina (wanita)
a.   Ovarium (indung telur) yaitu penghasil ovum
b.   Pembuluh/saluran falopii (tuba falopii) atau saluran ovum atau oviduk
c.   Rahim atau uterus, yaitu tempat pertumbuhan dan perkembangan embrio. Pada hewan mamalia yang dapat menghasilkan banyak anak, juga memiliki uterus yang banyak pula, misalnya tikus.
d.   Vagina (lubang peranakan) adalah saluran terluar dari alat alat kelamin betina.

   Pertemuan sperma dan ovum (fertilisasi) terjadi pada saluran falopii menghasilkan zygot. Zygot tersebut tumbuh menjadi embrio. Embrio akan berkembang menjadi fetus dan akhirnya lahir sebagai bayi.
   Embrio memperoleh zat makanan dari induknya melalui plasenta. Penghubung antara plasenta dengan embrio adalah tali pusat. Untuk melindungi embrio dari benturan terdapat cairan yang disebut air ketuban.

2. Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan Biji
   Bunga pada tumbuhan mengandung alat-alat perkembangbiakan. Bagian-bagian dari bunga antara lain: dasar bunga, kelopak, mahkota, sari dan putik. Mahkota dan kelopak bunga merupakan alat perhiasan bunga yang umumnya berwarna warni. Sedangkan sari dan putik merupakan alat kelamin bunga.
a.   Benang sari meliputi kepala sari dan tangkai sari. Pada kepala sari terdapat kotak sari yang di dalamnya terdapat serbuk sari.
b.   Putik terdiri atas kepala putik, tangkai putik dan bakal buah

Macam-macam bunga berdasarkan kelengkapan alat perkembang biakan:
1.   Bunga lengkap, memiliki perhiasan dan alat kelamin.
2.   Bunga tidak lengkap apabila satu atau lebih dari perhiasan bunga tidak ada.
3.   Bunga sempurna, apabila sari dan putik terdapat dalam satu bunga.
4.   Bunga tidak sempurna, apabila hanya salah satu alat kelamin saja yang terdapat pada satu bunga. Dikenal bunga jantan (hanya sari saja yang ada) dan bunga betina (hanya putik saja). Tumbuhan berumah satu, apabila dalam satu pohon terdapat alat kelamin jantan dan betina. Tumbuhan berumah dua, apabila dalam satu pohon terdapat hanya satu alat kelamin.
Penyerbukan
   Penyerbukan yaitu jatuhnya sari di atas kepala putik. Penyerbukan dipengaruhi oleh empat faktor yaituangin, hewan, air dan manusia.

Macam-macam penyerbukan berdasarkan penyerbukannya:
1.   Penyerbukan oleh anginciri bunganya mahkota kecil/tidakbermahkota, warna mahkota tidak menarik, tidak ada kelenjar madu, sari kecil, jumlah sari banyak dan ringan (mudah dibawa angin), sari memiliki sayap, kedudukan sari bergantungan, putik besar dan menjulur ke luar, tangkai bunga panjang.
2.   Penyerbukan oleh hewan seperti serangga, kupu-kupu, burung dan kelelawar. Ciri bunga yang penyerbukannya dibantu serangga; mahkota besar dan mencolok warnanya, mempunyai bau yang khas, menghasilkan kelenjar madu, serbuk sari mudah melekat.
3.   Penyerbukan oleh air, misalkan Hydrilla.
4.   Penyerbukan oleh manusia misalnya vannili.

Sifat penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari:
1.   penyerbukan sendiri, sari jatuh pada putik dalam satu bunga
2.   penyerbukan tetanggasari jatuh ke putik pada bunga yang berbeda dalam satu pohon
3.   penyerbukan silang, sari dan putik berasal dari pohon yang berbeda yang sejenis
4.   penyerbukan bastar, sari dan putik berasal dari tanaman yang berbeda varietasnya.

Pembuahan (Fertilisasi) pada Tumbuhan
   Setelah terjadi penyerbukan menyusul pembuahan (peleburan antara sperma dengan ovum).
1.   Serbuk sari tumbuh menjadi buluh serbuk sari menuju ke ruang bakal biji. Inti serbuk sari membelah menjadi dua, yaitu inti vegetatif dan generatif. Inti generatif menghasilkan 2 spermatozoid. Spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui mikrofil.
2.   Bersamaan dengan pembentukan sperma pada sari, di ruang bakl biji terjadi juga pembentukan sel telur dan inti kandung lembaga (inti ganda lembaga).
3.   Sperma 1 + sel telur => zygot => menjadi lembaga
4.   Sperma 2 + inti kandung lembaga => endosperm (putik lembaga)
5.   Putik lembaga merupakan tempat cadangan makanan bagi lembaga

ini juga copy paste jadi agak berantakan :P

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 387
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: REPRODUKSI
« Jawab #4 pada: Maret 05, 2009, 03:40:55 PM »
oke2..tengkyu yaa

Offline binekas

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 201
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: REPRODUKSI
« Jawab #5 pada: April 19, 2009, 05:18:54 PM »
kl pd manusia gmna?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: REPRODUKSI
« Jawab #6 pada: April 19, 2009, 05:36:19 PM »
pada manusia secara generativ seperi yang diterangkan superstring39

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: REPRODUKSI
« Jawab #7 pada: April 27, 2009, 06:01:35 PM »
pada manusia secara generativ seperi yang diterangkan superstring39
bisa juga vegetatif...ada yang tau ga caranya?
"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: REPRODUKSI
« Jawab #8 pada: April 28, 2009, 05:44:23 AM »
mungkin cloning!

Offline firta m. d. r.

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: REPRODUKSI
« Jawab #9 pada: Desember 22, 2009, 07:51:14 PM »
pada makhluk hidup tingkat rendah(kingdom protozoa) reproduksi itu tidak selalu menghasilkan individu baru contoh
konjugasi paramecium. intinya reproduksi itu bertemunya dua materi genetik

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: REPRODUKSI
« Jawab #10 pada: Maret 15, 2010, 05:39:37 PM »
intinya reproduksi itu bertemunya dua materi genetik

yg bener btemunya 2 materi genetik ato pembentukkn individu br ne?

wikipedia: suatu proses biologis di mana individu organisme baru diproduksi
If someone feels that they had never made a mistake in their life,then it means that they had never tried a new thing in their life ~ Einstein

Offline ka-chan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: REPRODUKSI
« Jawab #11 pada: Juli 21, 2010, 11:24:08 PM »
Eh, nanya aja nih.
Klo' protozoa tuh berkembang biak atau ber-reproduksi?
Yah, klo' dalam reproduksi, emang tergolong vegetatif. Tpi, protozoa kan membelah diri, itu bukannya namanya berkembang biak?
Ato' vegetatif-generatif yang tadi disebutin di atas tuh ga' nyabung sama topik 'reproduksi' ini?

==========Oke, sebelum gw klik "post", ... Berkembang biak = Reproduksi ==========
Tp, kenapa klo' di bahasa-inggris-kan, berkembang biak > breed (ok, ini buat tanaman)
Trus, reproduksi > reproduction (ini buat manusia pada umumnya)
-------------------------------------------------------------------------------------
Oh! Atau mungkin, kata berkembang biak itu untuk cara vegetatif, dan reproduksi untuk cara generatif....
?
« Edit Terakhir: Juli 21, 2010, 11:33:51 PM oleh ka-chan »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
5458 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2008, 12:47:14 PM
oleh insan sains
1 Jawaban
2430 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2008, 07:03:16 PM
oleh ahmad fauzan
2 Jawaban
6046 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2009, 08:28:56 AM
oleh milmi
15 Jawaban
3341 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 31, 2011, 07:54:56 PM
oleh reborn
4 Jawaban
2436 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2011, 11:37:42 AM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia