Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Nursaadah

Kemarin jam 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

Kemarin jam 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?

Show 50 latest

Penulis Topik: transpor elektron  (Dibaca 17605 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
transpor elektron
« pada: Agustus 09, 2009, 07:06:54 AM »
Ada yang tahu tidak bagaimana proses transpor elektron sehingga dapat menghasilkan 34 ATP? tolong dijelaskan... ::)



Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: transpor elektron
« Jawab #1 pada: Agustus 13, 2009, 01:00:19 AM »
Reaksi pembongkaran glukosa sampai menjadi H20 + CO2 + Energi, melalui tiga tahap :

1. Glikolisis
2. Daur Krebs
3. Transpor elektron respirasi

1. Glikolisis:
Peristiwa perubahan :
Glukosa --> Glulosa - 6 - fosfat --> Fruktosa 1,6 difosfat --> 3 fosfogliseral dehid (PGAL) / Triosa fosfat --> Asam piravat
Jadi hasil dari glikolisis :
 2 molekul asam piravat.
 2 molekul NADH yang berfungsi sebagai sumber elektron berenergi tinggi.
 2 molekul ATP untuk setiap molekul glukosa.

2. Daur Krebs (daur trikarbekdlat):
Daur Krebs (daur trikarboksilat) atau daur asam sitrat merupakan pembongkaran asam piravat secara aerob menjadi CO2 dan H2O serta energi kimia

3. Rantai Transportasi Elektron Respiratori:
Dari daur Krebs akan keluar elektron dan ion H+ yang dibawa sebagai NADH2 (NADH + H+ + 1 elektron) dan FADH2, sehingga di dalam mitokondria (dengan adanya siklus Krebs yang dilanjutkan dengan oksidasi melalui sistem pengangkutan elektron) akan terbentuk air, sebagai hasil sampingan respirasi selain CO2.

Produk sampingan respirasi tersebut pada akhirnya dibuang ke luar tubuh melalui stomata pada tumbuhan dan melalui paru-paru pada peristiwa pernafasan hewan tingkat tinggi.

Ketiga proses respirasi yang penting tersebut dapat diringkas sebagai berikut:

PROSES AKSEPTOR ATP

1. Glikolisis:
Glukosa ——> 2 asam piruvat 2 NADH     (2 ATP)
2. Siklus Krebs:
2 asetil piruvat ——> 2 asetil KoA + 2 C02 + 2 NADH     (2 ATP)
2 asetil KoA ——> 4 CO2 + 6 NADH + 2 PADH2
3. Rantai trsnspor elektron respirator:
10 NADH + 502 ——> 10 NAD+ + 10 H20     (30 ATP)
2 FADH2 + O2 ——> 2 PAD + 2 H20          (4 ATP)

Total 38 ATP

Kesimpulan :
Pembongkaran 1 mol glukosa (C6H1206) + O2 ——> 6 H20 + 6 CO2 menghasilkan energi sebanyak 38 ATP

Offline Rizki Dwi Rahmadi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
  • Science is the way of knowing XD Life for Science
    • Lihat Profil
Re: transpor elektron
« Jawab #2 pada: September 18, 2009, 03:29:48 PM »
Tambahan,, pada prosesnya, dalam Glikolisis tubuh kita juga menggunakan 2 ATP sebagai kelangsungan prosesnya.
Jadi secara total ATP yang dihasilkan tubuh kita adalah 36 ATP. 38 ATP yang dihasilkan dari Glikolisis, Siklus Krebs & Transport Elektron Respirator, dikurangi 2 ATP yang digunakan pada proses Glikolisis.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
3985 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2009, 07:28:14 AM
oleh syx
3 Jawaban
2607 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 11, 2009, 07:45:35 PM
oleh syifaaa
11 Jawaban
8471 Dilihat
Tulisan terakhir September 04, 2011, 07:59:23 AM
oleh galihutomo
1 Jawaban
3846 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 02, 2012, 08:58:24 AM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
666 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2013, 09:43:31 PM
oleh elesca prakasa

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia