Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Juli 05, 2015, 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

Show 50 latest

Penulis Topik: Tumbuhan penghasil oksigen?  (Dibaca 37730 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

lotta

  • Pengunjung
Tumbuhan penghasil oksigen?
« pada: Pebruari 21, 2008, 05:51:26 PM »
Tumbuhan disebut sebut sebagai penghasil oksigen.
Tetapi jika tumbuhan bernafas dan mengambil oksigen di malam hari, berarti tumbuhan tidak menghasilkan apa apa dong... sebab hanya mengambil oksigen yang dilepaskannya di siang hari... jikakesimpulannya oksigennya dipakai lagi di malam harinya... kenapa disebut peneduh ya... ??? mungkin hanya karena menghalangi sinar matahari yang masuk, begitu? Dan orang orang kenapa jadi ribut soal penghijauan atau menyebut tumbuhan sebagai paru paru dunia jika demikian..?



caca

  • Pengunjung
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #1 pada: Pebruari 25, 2008, 05:20:39 PM »
mungkin menghasilkan untuk dirinya sendiri, kali ya...

kalo tentang paru paru dunia... bedanya Tumbuhan dengan manusia, manusia menghisap oksigen dan menghasilkan Co2 kebalikan dari tumbuhan yang menghisap Co2 dan menghasilkan oksigen...

tapi kalo peneduh, ya memang adem kalo dibawah pohon...


pertanyaan gw, bisakah oksigen diolah dan dikeluarkan dalam bentuk oksigen lagi...?

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 266
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Quorum Sensing
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #2 pada: Juni 18, 2008, 12:42:26 PM »
@ Lotta, harus tahu ceritanya dulu nih.

Tumbuhan adalah makhluk hidup fotoautotrof, atau dengan kata lain dapat menggunakan energi dari sinar matahari untuk membuat zat makanan. Nah, bahan pembuat makanan tersebut adalah CO2 dan air (H2O). Prosesnya disebut sebagai fotosintesis. Pada proses tersebut, air akan dipecah menjadi H dan O2, H akan digunakan, sedangkan O2 akan dilepaskan ke udara.

Namun, seperti makhluk hidup yang lain, tumbuhan juga membutuhkan O2 untuk proses respirasi (pemecahan makanan untuk menghasilkan energi). Kalau makhluk hidup selain tumbuhan, O2 diambil dari udara, sedangkan kalau pada tumbuhan O2 yang digunakan merupakan O2 hasil fotosintesis tadi. Tetapi, jumlah O2 yang dihasilkan pada fotosintesis lebih banyak dibandingkan dengan O2 yang digunakan untuk respirasi, sehingga masih ada banyak O2 yang dilepaskan ke udara yang membuat udara menjadi segar.

Nah, masalahnya, pada malan hari, proses fotosintesis tidak terjadi, sehingga tidak ada O2 yang dihasilkan, sehingga untuk respirasi tumbuhan akan mengambil O2 dari udara. Oleh sebab itulah, pada malam hari, tumbuhan lebih baik dikeluarkan dari ruangan, karena akan menghisap O2 di ruangan tersebut untuk proses respirasinya.
« Edit Terakhir: Juni 18, 2008, 12:46:41 PM oleh milmi »
...setetes air di samudera luas...

Lyza

  • Pengunjung
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #3 pada: Juni 26, 2008, 02:12:47 AM »
hmm, jadi tumbuhan dijadikan sebagai penghasil oksigen,,
karena proses fotosintesis kan??
kalo respirasi ttp ngeluarin CO2..

yah, walopun ttp hirup o2 pada malam hari, setidaknya beda dengan makhluk lain yang hanya bisa menyerap tan[a menghasilkan..
tul tidak??

Offline newcomer

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #4 pada: Juni 26, 2008, 05:10:56 PM »
@milmi

Mau tanya dong, kira-kira untuk respirasinya ini oksigen yang mereka (tanaman) pakai ini sebanyak apa?
Apa perlu untuk dikeluarkan waktu malam hari? Maksudnya, terkait banyaknya oksigen yang digunakan.
Terima kasih sebelumnya

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #5 pada: Juli 05, 2008, 01:29:56 PM »
kalo CO2 dan O2 yang dihasilkan tumbuhan seimbang dari dulu bumi udah alami global warming...

Offline lovianettesherry_gonz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
  • see the future,be the future
    • Lihat Profil
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #6 pada: Juli 09, 2008, 07:44:13 PM »
biar aku bantu jelasin sedikit...
tumbuhan sebagai produsen pastinya dia melakukan yang namanya metabolisme dong, yang terbagi atas 2 bagian yaitu anabolisme(fotosintesis yang menghasilkan makanan untuk kita makan) dan katabolisme(menggunakan makanan untuk menghasilkan energi)...disini aku perlu bedain supaya bisa jelas kapan CO2 dipake kapan o2 dipake...

Di dalam fotosintesis itu sendiri ada 2 reaski disebut reaksi terang(reaksi bergantung cahaya) dan reaksi gelap(reaksi tidak bergantung cahaya berarti kalo siang-malem lanjut aja itu reaksi).Pada reaksi terang,tumbuhan mengumpulkan energi matahari untuk persiapan pembentukan gula(C6H12O6) dari CO2.Nah,karena energi matahari itu kuat maka tumbuhan memecah air menjadi hidrogen dan oksigen..dari situ oksigen berasal deh..perlu diketahui..pada beberapa tumbuhan, oksigen itu racun...nah,cerita oksigen berhenti dulu ampe disini.

disisi lain,tumbuhan mengambil CO2 untuk diubah jadi gula..maka selesailah proses anabolismenya
untuk katabolisme,tumbuhan perlu makan makanan yang dia bikin dong..maka dia mengambil glukosa yang sudah dia buat untuk diubah menjadi energi..tapi pembentukan energi ini perlu oksigen,nah disini oksigennya dipake...

sekarang kita lihat tumbuhan hanya bisa mecahin oksigen waktu siang sedangkan pembentukan gula dan pemakaiannya sekaligus bisa berlangsung kapan aja..jadi waktu siang,laju fotosisntesis harusss lebih besar daripada laju pembentukan gula dan pemakaiannya...kebalikannya ya malem hari...

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 266
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Quorum Sensing
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #7 pada: Juli 10, 2008, 12:25:32 PM »
sekarang kita lihat tumbuhan hanya bisa mecahin oksigen waktu siang sedangkan pembentukan gula dan pemakaiannya sekaligus bisa berlangsung kapan aja..jadi waktu siang,laju fotosisntesis harusss lebih besar daripada laju pembentukan gula dan pemakaiannya...kebalikannya ya malem hari...

Hmmm, perbaiki sedikit...
Tumbuhan tidak memecah oksigen, tp memecah air menjadi oksigen. Sedangkan reaksi gelap memang bisa berjalan pada malam atau siang hari, namun, umumnya tumbuhan di daerah tropis melakukan reaksi gelap pada siang hari. Tumbuhan yang melakukan rekasi gelap pada malam hari adalah tumbuhan-tumbuhan yang hidup di habitat yg panas (padang rumput dan gurun).
Proses katabolisme sendiri tidak tergantung dari laju proses anabolisme, namun tergantung dari kebutuhan tumbuhan akan energi. Kalau di tanya berapa banyak okisgen yg digunakan oleh tumbuhan pada malam hari, saya agak susah menjawabnya. Hitungan kasarnya, setiap pemecahan 1 molekul glukosa dalam setiap sel membutuhkan 1 molekul oksigen. Jumlah molekul glukosa yg dipecah tiap sel bervariasi tergantung kebutuhan, sedangkan kita tahu bahwa jumlah sel dalam tumbuhan banyak. Jadi, bisa dikira-kira kan berapa oksigen yang dibutuhkan.....

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #8 pada: Juli 27, 2008, 02:32:44 PM »
Mungkin kalo siang hari, tumbuhan aerob lebih banyak menghasilkan oksigen daripada menggunakan oksigen pada malam hari..

@newcomer:
penggunaannya ya berbeda2 tergantung jenis tanaman dan kondisi lingkungan..

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 266
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Quorum Sensing
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #9 pada: Juli 27, 2008, 08:22:53 PM »
Mungkin kalo siang hari, tumbuhan aerob lebih banyak menghasilkan oksigen daripada menggunakan oksigen pada malam hari..

Memang ada ya tumbuhan anaerob? Setahu saya, semua tumbuhan pasti aerob, karena menghasilkan dan menggunakan oksigen...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #10 pada: Juli 28, 2008, 08:48:06 AM »
mungkin nonphotosynthetic parasitic plants ga isa menghasilkan oksigen. cuma nyedot aja.

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #11 pada: Juli 28, 2008, 10:17:41 AM »
Oh, maksudku tumbuhan yang bisa fotosintesis..
Maaf,,

Offline Eduardo

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 4
    • Lihat Profil
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #12 pada: September 18, 2008, 05:50:16 AM »
Oh...jadi begitu....

Tapi bukannya Pada reaksi Gelap (Siklus Calvin-Benson) hanya ditunjukkan untuk membuat atom C ??
Dan tidak ada pemecahan air menjadi O2....

CMIIW

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #13 pada: September 19, 2008, 03:47:23 PM »
ini kok ada di topik anak SMU? bukannya topic biologi umum?

Offline man2tu

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Exalt the Savior! Serve the world!
    • Lihat Profil
Re: Tumbuhan penghasil oksigen?
« Jawab #14 pada: Oktober 31, 2008, 07:18:05 PM »
Hmm..
1.tumbuhan mang menghalang sinar matahari
2. Sumber energi yg dihasilkan lebih besar daripada energi yg diperlukan(makanya bsa ad buah, dll). Kt simpulkan fotosintesis > respirasi. Artinya O2 > CO2.
3.dimalam hari mang tumbuhan ga hasilin O2 n tumbuhan hisap O2 dr lingkungan. Apalagi klo gelap auksin kan aktif. Pertumbuhan jd lbh cpt, artinya respirasi bertambang n O2 yg diperlukan lbh banyak. Tp kemungkinan besar O2 yg dihasilkan tumbuhan dalam 1 hr lbh banyak drpd yg dibutuhkannya.

Menurut saya seperti itu....:-)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
6947 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2010, 12:43:02 PM
oleh damanhuri
oksigen di atmosfer bumi

Dimulai oleh nandaz « 1 2 » Kimia

19 Jawaban
12187 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2009, 03:49:57 PM
oleh Muztank
8 Jawaban
3920 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 17, 2012, 06:11:06 PM
oleh syx
6 Jawaban
2843 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2012, 02:09:01 PM
oleh Farabi
12 Jawaban
1504 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2015, 10:15:54 AM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia