Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Pebruari 06, 2016, 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet  (Dibaca 36004 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« pada: Oktober 14, 2011, 01:40:47 AM »
Penulis : topazo

Tanpa disadari, manusia sebenarnya bisa melihat medan magnet bumi karena adanya suatu senyawa dalam mata. Ada kemungkinan, nenek moyang manusia dulu punya kemampuan tersebut. Sebuah studi menunjukkan bahwa ada kemungkinan protein bernama cryptochrome terdapat pada retina. Protein tersebut banyak didapati pada hewan dan tumbuhan sehingga beberapa spesies bisa menggunakan medan magnet bumi untuk melakukan navigasi.

Baca selengkapnya




Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #1 pada: Oktober 14, 2011, 07:06:55 AM »
Info menarik.   Kalo moyang manusia dulu punya kemampuan melihat medan magnet bumi,  lalu kita sekarang gak punya,  kira2 sebabnya apa yah ?  :D

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1515
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #2 pada: Oktober 14, 2011, 08:58:10 AM »
Teknologi mungkin? Sekarang kan udah banyak benda2 yg pake' magnet, mungkin banyaknya gelombang magnet dr gadget2 itu mengacaukan track record manusia?
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline genaugust

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #3 pada: Oktober 16, 2011, 07:19:25 PM »
apakah ada hubungannya dengan melihat aura?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1515
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #4 pada: Oktober 16, 2011, 08:12:37 PM »
Aq rasa bukan deh... IMO, medan magnet itu wujudnya kayak kl kita ngarahin kamera ke layar komputer, kan ntar layar komputer yg ada di kamera kita ada gelombang2nya gitu... CMIIW

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #5 pada: Oktober 18, 2011, 08:14:05 PM »
Kalau saya waktu kecil, dari luar rumah bisa tahu ada yang lagi nonton tivi atau tidak. Setelah saya cek, ternyata untuk anak anak bisa mendengar suara dengan gelombang tertentu, soalnya waktu itu adek saya bisa dengar suara gelombang rendah, tapi saya tidak bisa. Sebaliknya yang orang tua saya tidak bisa dengar, saya malah bisa, tapi menimbulkan pusing bagi ortu saya.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1515
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #6 pada: Oktober 19, 2011, 03:15:41 PM »
Maksudnya kayak suara yg keluar dr lampu neon atau kulkas (eh, iya ya? rasanya udah bertahun2 udah nggak denger suara2 itu lagi, padahal masih sering pake' lampu neon & buka kulkas...)?  ???
Kl waktu q masih kecil dulu q sama kakakQ nyebut itu "suara radiasi lampu/kulkas".  ;D

Offline Ammi Hamzah

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #7 pada: Oktober 24, 2011, 11:47:17 PM »
Sangkaan ini yang sepertinya harus diubah setelah para ahli saraf dari University of Massachusetts melakukan penelitian. Mereka mengambil cryptochrome dari manusia dan memberikannya pada lalat buah yang kehilangan kemampuan melihat medan magnet. Hasilnya, seperti dilaporkan Wired Science, lalat buah kembali memiliki kemampuan melihat medan magnet. Sayangnya pada manusia, cara kerja cryptochrome tidak seperti pada lalat. "Kami tidak tahu apakah kerja molekul itu sama pada retina manusia. Tapi kemungkinan itu ada," kata Steven Reppert, ahli saraf dari University of Massachusetts.

Yg ingin saya tanyakan, kapan lalat buah itu kehilangan kemampuannya, dan mengapa bisa kehilangan?

Maaf kalo ga nyambung, saya baru gabung

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1515
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #8 pada: Oktober 25, 2011, 01:38:56 PM »
Yg ingin saya tanyakan, kapan lalat buah itu kehilangan kemampuannya, dan mengapa bisa kehilangan?

Maaf kalo ga nyambung, saya baru gabung

Saya sendiri justru lebih ingin tahu bagaimana bisa lalat buah kembali mendapatkan kemampuan tersebut...

Offline Muhammad Ar-Rasyid

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #9 pada: Oktober 28, 2011, 11:39:07 PM »
Jam molekul itu apa ya? Apa yang buat pengaturan di siklus sel?

Offline Ammi Hamzah

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #10 pada: Oktober 29, 2011, 08:43:08 AM »
Saya sendiri justru lebih ingin tahu bagaimana bisa lalat buah kembali mendapatkan kemampuan tersebut...

Saya jg pengen tau cara bisa kembali. Tapi kenapa saya tanyakan "kenapa bisa hilang"? Krn proses pengembalian kemampuan tsb tentu dipengaruhi oleh cara menghilangnya.
Jika hilang secara buatan oleh manusia, secara logika kemampuan tsb bisa dikembalikan oleh manusia yg menghilangkannya. Misal dgn operasi pemotongan salah satu organ, berati harus dikembalikan organ tsb (hanya logika saya)
Tapi jika hilang dgn sebab lain, maka caranya pun mungkin berbeda.

Nah, ada yg tau?

Offline yulianafa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #11 pada: November 01, 2011, 06:50:13 AM »
wah2.. info yang menarik,

Offline shinato

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #12 pada: November 08, 2011, 11:58:20 AM »
nice info gan, btw untuk prakteknya gimana"?

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #13 pada: November 08, 2011, 05:05:05 PM »
Yg ingin saya tanyakan, kapan lalat buah itu kehilangan kemampuannya, dan mengapa bisa kehilangan?

Maaf kalo ga nyambung, saya baru gabung

Pada suatu hari, sel sperma dari seekor lalat jantan atau sel telur dari seekor lalat betina mengalami mutasi pada lokus gen yang menentukan kemampuan untuk memproduksi cryptochrome. Mutasi gen bisa dipicu dengan paparan sinar X. Saat sepasang lalat itu kawin, muncullah zygot calon lalat yang tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi cryptochrome. Setelah calon lalat itu menetas dan tumbuh dewasa, ia tidak memiliki kemampuan untuk "melihat" medan magnet.
Alternatifnya, zygot lalat dimutasi menggunakan paparan sinar X. Mutasinya sendiri sifatnya acak. Namun dari ribuan percobaan yang dilakukan, beberapa spesimen diketahui mengalami mutasi pada lokus gen yang dimaksud.

Saya pernah baca di buku kartun biologi molekuler, di situ disebutkan slogan/hipotesa "satu gen,satu enzym". Maksudnya setiap gen bertanggung jawab dalam produksi satu enzym pada setiap organisme, yang pada gilirannya mempengaruhi satu tahap dalam jalur metabolisme. Namun belakangan diketahui bahwa proses actualnya lebih rumit daripada yang diduga sebelumnya.
once we have eternity, everything else can wait

Offline aariesstya

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Artikel ForSa - Manusia Bisa Melihat Medan Magnet
« Jawab #14 pada: November 09, 2011, 07:07:53 PM »
saya sering mlihat cahaya disekitar tubuh manusia.. akadang ada yg kuning .. putih..atau campuran warna-warni.. apakah ada kaitannya dgn topik ini ?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
15791 Dilihat
Tulisan terakhir November 20, 2008, 11:55:15 AM
oleh dani_yosman
13 Jawaban
10200 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2009, 07:34:47 PM
oleh Sky
1 Jawaban
3683 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 14, 2010, 09:49:18 AM
oleh superstring39
43 Jawaban
20446 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2014, 07:00:40 AM
oleh imad323
15 Jawaban
20180 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 04, 2016, 07:57:53 PM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia