Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr

Show 50 latest

Penulis Topik: Asal Mula Kehidupan  (Dibaca 36097 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Asal Mula Kehidupan
« pada: April 25, 2009, 05:05:47 PM »
Karena topik mengenai asal mula kehidupan sangatlah penting bagi biologi dan juga dibutuhkan dalam memahami evolusi, serta belum banyak yang membahas mendalam tentang ini di forumsains.com, aku mencoba membuat topik tentang asal mula kehidupan ini. Seperti biasa, untuk memperjelas yang disampaikan, akan saya pisah menjadi beberapa posting untuk sub bahasan yang berbeda. Kritik,pertanyaan,komen, dan saran saya tunggu.


"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
1.Pengantar
« Jawab #1 pada: April 25, 2009, 05:09:10 PM »
Pada dasarnya, yang ingin saya sampaikan di topik asal mula kehidupan ini adalah hubungan antara sejarah biologi, kimiawi, serta geologis. Mengapa melibatkan geologi dan kimia? Jelas karena lingkungan punya andil yang besar dalam menentukan “mau ke mana organisme itu nantinya berkembang”. Sebaliknya, kehidupan juga mengubah lingkungan dengan segala aktivitas biotik mereka tersebut. Contoh mudahnya: lingkungan panas tidak bisa dihuni beruang kutub (lingkungan mempengaruhi kehidupan) dan manusia membuang limbahnya ke laut sehingga laut jadi tercemar (kehidupan mempengaruhi lingkungan). Saya akui bahwa tulisan ini (dan semua tulisan lain yang membahas hal ini!) bersifat amat spekulatif karena jejak sejarah yang ditinggalkan oleh alam memang sangat minim untuk hal ini, namun setidaknya apa yang saya tulis disini merupakan pendapat yang paling bisa diterima oleh sains modern.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
2.Kehidupan Bermula 3,5-4 Milyar Tahun Silam
« Jawab #2 pada: April 25, 2009, 05:10:26 PM »
Bumi terbentuk kira-kira 4,6 milyar tahun yang lalu, namun kehidupan tidak langsung terbentuk setelahnya... menurut penyelidikan para ilmuwan, setidaknya kehidupan baru dimulai beberapa ratus juta tahun setelah bumi terbentuk. Bukti terbaru (dan ter”paling diakui”) adalah sejenis prokariota berumur 3,8 miliar tahun di Green land (tanah hijau, kutub utara). Seseorang bisa saja menebak bahwa prokariotik ada duluan dibanding eukariotik karena struktur prokariotik yang lebih sedrhana, dan memang catatan fosil yang ada mendukung dugaan tersebut. Adalah STROMATOLIT, semacam endapan (sedimen) yang melekat pada batu di dasar rawa berair asin yang tersusun seperti jelly, aslinya terbentuk oleh koloni bakteria dan cyanobacteria, dan berlapis-lapis seperti kue lapis.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
3.Kehidupan Awal
« Jawab #3 pada: April 25, 2009, 05:11:32 PM »
Prokariota pertama bisa muncul ketika bumi sudah mulai memadat dan mendingin dan selama kira-kira 2 milyar tahun,prokariota menjadi satu-satunya organisme yang bisa hidup di atas permukaan bumi. Bukti biologi molekuler dari analisa urutan RNA membuktikan bahwa 2 kelompok prokariota yang amat berbeda yakni Arkhaea dan Bacteria memisah amat dini, kurang lebih 2 milyar tahun sila. Produksi oksigen yang dipelopori oleh organisme fotosintetik pertama menciptakan atmosfer aerob yang memulai tahapan evolusi organisme aerobik. Sementara evolusi prokariotik berlanjut, beberapa organisme telah mampu mentolerir oksigen, bahkan menjadi pengguna oksigen. Fosil eukariotik tertua yang ditemukan berumur 1,7 milyar tahun. Bagaimana asal eukariotik ini? Saya akan bahas dalam teori ENDOSIMBION (sudah saya buatkan thread mengenai ini di biologi juga)

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
4.Evolusi Kimiawi Dan Asal Mula Kehidupan
« Jawab #4 pada: April 25, 2009, 05:14:08 PM »
Sebagian besar ahli biologi sependapat bahwa kehidupan di bumi berasal dari bahan tak hidup yang pada akhirnya menjadi kumpulan molekuler yang mampu memperbanyak diri dan melakukan metabolisme sendiri. Sejauh ini dalam percobaan di laboratorium pun, tidak terbuktikan dengan jelas bahwa organisme bisa terbentuk dari unsur abiotik, namun ingat bahwa kondisi bumi pada awal terbentuknya amat berbeda dengan kondisi sekarang (bahkan laboratorium yang berusaha menirunya pun masih jauh berbeda). Misalkan, dulu hanya terdapat sedikit oksigen, banyak petir, dan aktivitas vulkanik yang luar biasa, radiasi ultraviolet yang masih amat kuat, serta banyak meteorit berjatuhan. Setidaknya para ahli menyetujui 4 tahapan hipotesa terbentuknya organisme awal sbb:
-   Sintesa dan akumulasi monomer organik seperti asam amino dan nukleotida
-   Penyatuan monomer-monomer menjadi polimer, termasuk asam nukleat dan protein
-   Agregasi molekul abiotik menjadi protobion yang memiliki karakteristik kimiawi berbeda
        dari lingkungannya
-   Asal mula hereditas yang bahkan mungkin sudah ada sebelum tahapan protobion

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
5.Sintesa Abiotik Monomer Organik
« Jawab #5 pada: April 25, 2009, 05:15:23 PM »
Pada awal abad ke-20, Oparin dan Haldane membuat postulat yang menyatakan bahwa kondisi bumi awal sangat memungkinkan reaksi kimia yang mensintesa senyawa organik  dari prekusor anorganik. Menurut mereka, kondisi bumi saat ini tidak memungkinkan untuk hal tsb karena terlalu melimpahnya jumlah oksigen yang dihasilkan organisme fotosintetik. Atmosfer pengoksidasi ini tidak memungkinkan sintesa molekul kompleks secara spontan karena oksigen akan memutus ikatan kimia, yang melepaskan elektron. Dengan atmosfer pereduksi pada bumi awal,pembuatan molekul organik yang memerlukan energi banyak dibantu oleh adanya kilat dan radiasi UV. Terdapat pula bukti fisika bahwa matahari 4 milyar tahun lalu lebih banyak memancarkan radiasi UV dibanding sekarang. Hal ini diuji oleh Stanley Miller dan Harold Urey tahun 50-an dengan menggunakan peralatan yang di set mirip atmosfer purba, dengan gas hidrogen, uap air, metana, dan ammonia yang diyakini banyak terdapat pada atmosfer purbakala. Alat itu dilengkapi kondensor (pengembun) dan elektroda sebagai pengganti kilat. Dibiarkan demikian selama seminggu, air berubah menjadi cokelat dan ditemukannlah banyak senyawa organik, termasuk 20 asam amino yang umum pada organisme, bahkan basa purin dan pirimidin, beberapa gula, lipid, dan bahkan ATP (jika ditambahkan fosfat dalam alat itu). Percobaan ini telah banyak diulangi di laboratorium seluruh dunia dengan hasil yang memuaskan: Yak, sintesa molekul organik dari zat anorganik telah terbukti!!

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
6.Protobion
« Jawab #6 pada: April 25, 2009, 05:16:32 PM »
Protobion adalah istilah untuk kumpulan molekul yang disusun ke tingkat yang lebih tinggi,belum dapat bermetabolisme maupun berkembangbiak,namun mampu mempertahankan kondisi lingkungan yang berbeda dengan lingkungan sekitarnya. Percobaan membuktikan bahwa suatu suspensi makromolekul terdiri atas polipeptida, asam nukleat, dan polisakarida yang dikocok membentuk agregat (disebut koaservat) yang hidrofobik, bila diberi enzim,koaservat akan bergabung dengan enzim,mengambil substrat dari lingkungan, lalu melepaskan produk hasil reaksi yang dikatalisis enzim tersebut. Setidaknya protobion telah menunjukkan adanya “ciri-ciri kehidupan”.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
7.Asal Mula Fotosintesis
« Jawab #7 pada: April 25, 2009, 05:22:28 PM »
Pada prokariota awal, pigmen penyerap cahaya mungkin telah banyak menyerap sinar UV pada organisme yang tumbuh pada daerah dengan intensitas cahaya tinggi yang sebenarnya membahayakan bagi organisme tersebut. Kemudian pigmen yang penuh energi ini dirangkaikan dengan protein membran yang terlibat sintesa ATP. Ada yang namanya bakteriorhodopsin, molekul pada arkhaea ternentu yang bekerja dengan menyerap cahaya,menggunakan energi untuk memompa H+ keluar sel, sehingga ada gradien H+ (perbedaan pH) yang merangsang sintesa ATP. Inilah mekanisme fotosintesa sederhana yang diketahui saat ini. Pigmen dan fotosistem berevolusi dengan menggunakan cahaya sebagai penggerak elektron hidrogen sulfida ke NADP+ yang menghasilkan tenaga pereduksi untuk mengikat CO2 dalam fotosintesis. Beberapa bakteri fotosintetik akhirnya memiliki alat metabolisme yang bisa menggunakan air yang berlimpah sebagai pengganti hidrogen sulfida dan senyawa lain sebagai sumber elektron dan hidrogen yang dibutuhkan untuk mereduksi CO2. Inilah cyanobacteria,organisme pertama yang membebaskan oksigen sebagai hasil sampingan fotosintesisnya. Pada suatu periode,cyanobacteria yang berlimpah jumlahnya membebaskan oksigen yang berekasi dengan ion besi terlarut di laut yang menghasilkan besi oksida yang mengendap. Reaksi ini menghambat akumulasi oksigen bebas selama berjuta tahun sebelum presipitasi itu kehabisan besi terlarut. Larutan pun jenuh oksigen, dan membebaskan oksigen berlimpah ke atmosfer. Hal ini dibuktikan dengan berbagai penelitian kimiawi serta biologi molekuler. Banyak prokariota yang punah saat itu karena rusaknya ikatan molekul organik karena “serangan” oksigen. Ada yang “bersembunyi” di tempat anaerobik, sekarang kita kenal sebagai anaerob obligat.Namun, ada beberapa yang bisa beradaptasi dengan memiliki antioksidan. Melimpahnya oksigen ini membuka jalan baru bagi eukariota yang memanfaatkan oksigen.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
8.Hubungan Dengan Evolusi Darwinian (?)
« Jawab #8 pada: April 25, 2009, 05:23:42 PM »
Skenario yang berkembang diantara para ilmuwan saat ini adalah bagaimana RNA adalah bahan herediter pertama,mendahului DNA. Kita telah membentuk hipotesa teoritis sel awal dengan menggabungkan informasi genetik tersebut kedalam protobion yang bisa mengkatalis reaksi kimia,termasuk membuat polimer. Protobion tumbuh, membelah, serta membagikan informasi genetik tadi pada keturunannya. Sampai saat ini,hanya ditemukan 1 protobion yang bisa “bereproduksi”,namun kesalahan penyalinan RNA bisa jadi merupakan sumber keanekaragaman yang baik. Evolusi Darwinian sesungguhnya agaknya mengumpulkan banyak perbaikan pada metabolisme dan pewarisan, dimana mengarah pada DNA sebagai materi herediter. Pada mulanya, RNA menyediakan cetakan nukleotida DNA,dan DNA yang lebih stabil daripada RNA mengambil alih fungsi penyimpanan informasi. RNA pun memulai peranan sebagai perantara translasi kode genetik.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
9.Daftar Pustaka
« Jawab #9 pada: April 25, 2009, 05:25:03 PM »
Banyak diambil dari “New Ingredient For The Primeval Soup” tulisan P. Aldhous 1995, “Biology: Concepts and Connection” karya Campbell, Reece, Mitchell, “Biology” karya Campbell, Reece, Mitchell,”From Primordial Soup to Prebiotic Beach” (wawancara dengan Stanley Miller)

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Asal Mula Kehidupan
« Jawab #10 pada: September 23, 2009, 08:35:59 AM »
ooo..
jadi dulu2 sebenarne di bumi ini blm ada lapisan ozon dunkz..?
tapi krna prokariota b'fotosintesis...
truz melepaskan O_{2} jadine kyk sekarang...
bnda2 langit bisa ditahan.....?

~ You are what you eat ~

Offline Chaduthz

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 5
    • Lihat Profil
Re: Asal Mula Kehidupan
« Jawab #11 pada: September 23, 2009, 11:35:00 AM »
maxud benda2 langit bisa ditahan gmn? yg jelas...kalau secara scientific c dapat diakui teori2 tersebut berlaku tapi itu juga namanya theory belum tntu yang benar2 terjadi. ya kan?
kebetulan dulunya prokariotalah yang duluan muncul karena mereka uniseluler jdlah pana scientist beranggapan demikian.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Asal Mula Kehidupan
« Jawab #12 pada: September 23, 2009, 12:07:37 PM »
ooo,,
mksdne benda2 langit sekarangkan uda gag sembarangan jatuh2 lagee di bumi,,
karena ada lapisann yg menahan kan...?

Offline Chaduthz

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 5
    • Lihat Profil
Re: Asal Mula Kehidupan
« Jawab #13 pada: September 24, 2009, 12:07:13 PM »
yoi!..atmosphere.what else? tp skrg udah jarang juga ya meteor jatuh gtu?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Asal Mula Kehidupan
« Jawab #14 pada: September 25, 2009, 02:03:56 PM »
Pertanyaan fundamental ialah : "Bagaimana susunan molekul yang mengandung inteligen seperti dalam molekul DNA bisa terjadi "by chance" ?"
Kita mengetahui bahwa sebuah buku yang mengandung inteligen harus dirancang oleh manusia yang inteligen. Tidak mungkin 27 alfabet "by chance" menjadi sebuah buku.
Belum ada teori dan observasi/eksperimen yang bisa membuktikan "by chance" bisa terjadi organisme yang kompleks yang mengandung inteligen.
« Edit Terakhir: September 25, 2009, 02:06:27 PM oleh The Houw Liong »
HouwLiong

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
74 Jawaban
61314 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 01, 2011, 08:07:23 AM
oleh Im
3 Jawaban
6089 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 10, 2009, 09:49:21 PM
oleh Idad
Asal mula e

Dimulai oleh Nabih « 1 2 » Matematika

21 Jawaban
10077 Dilihat
Tulisan terakhir November 12, 2009, 06:53:15 AM
oleh The Houw Liong
9 Jawaban
1419 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2010, 05:30:24 AM
oleh Farabi
1 Jawaban
2108 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 22, 2010, 12:15:36 PM
oleh The Houw Liong

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia