Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: bakteri pengurai  (Dibaca 13342 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline terminalkoi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 22
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
bakteri pengurai
« pada: Agustus 20, 2008, 08:40:33 PM »
para sobat, mungkin ada yang bisa bantu bagaimana untuk " mengembangbiakan bakteri penguarai" atau kalau boleh juga info tentang " budidaya bakteri pengurai ".
 



Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: bakteri pengurai
« Jawab #1 pada: Agustus 21, 2008, 03:32:43 PM »
Wah, tanya balik dulu neh. Apakah yang ingin dikembang biakkan isolat tunggal atau isolat campuran? Apakah spesifik menguraikan sesuatu atau tidak?
...setetes air di samudera luas...

Offline terminalkoi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 22
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: bakteri pengurai
« Jawab #2 pada: Agustus 23, 2008, 01:06:17 AM »
brujut ,,,,,,,,,,,,,,,,,,, :o :o :o :o :o :o :o
pusing deh :kribo: :kribo: :kribo: :kribo:
apaan tuh isolat udah lama nich enggak pegang buku, apalagi waktu sekolah biologi dapat 5, itupun katrolan dari 4,5 ;D ;D ;D ;D ;D

yang saya maksud yang dapat menguraikan kotoran ikan ( feses, sisa metabolisme lain, lain) atau mungkin juga seperti kotoran organik lain daun busuk dll.


Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: bakteri pengurai
« Jawab #3 pada: Agustus 23, 2008, 10:54:01 AM »
Untuk membiakkan bakteri, dibutuhkan bebrapa hal:
1. Medium pertumbuhan, medium ini ada yg sudah jadi, seperti NA (Nutrient Agar). Namun bisa juga dibuat sendiri dengan campuran agar-agar dan air rebusan daging
2. Wadah pemeliharaan, umunya menggunakan tabung reaksi atau cawan petri
3. Sterilisator, berguna untuk mensterilisasi alat dan medium yang akan digunakan. Umumnya, di laboratorium mikrobiologi, sterilisator yang digunakan adalah autoclave.
4. Alat-alat transfer mikroba: ose, pembakar spiritus, alkohol, etc.
5. Lebih baik lagi kalau punya laminar airflow untuk menjaga kesterilan ketika mentransfer bakterinya

Offline terminalkoi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 22
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: bakteri pengurai
« Jawab #4 pada: Agustus 28, 2008, 08:14:04 PM »
kalau kita mau budi daya, dan belum punya peralatan, bahan & perlengkapan spt di atas kr2 perlu investasi berapa yah ?

than's ya boss

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: bakteri pengurai
« Jawab #5 pada: Agustus 29, 2008, 04:39:10 PM »
wah, klo infestasi bisa habis jutaan, dan itu hanya untuk peralatan (autoclave yg paling murah 5jt). Itu belum ditambah medium pertumbuhan yg harganya mencapai 1,2 jt/500gr

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: bakteri pengurai
« Jawab #6 pada: Agustus 29, 2008, 06:24:51 PM »
@milmi
emm..... bukanya tuh alat2 klo praktek di ruang patology klinis. butuh autoclave? buat paan ? emangnya nih neliti bakteri berbahaya? n kok gak sekalian aja makek agar coklat, pewarnaan gram, uji sensivitas antibiotic, dll? hehehe... just kidding bos..........
soalnya aq nangkepnya topic ini lain

n @terminalkoi
budidaya bakteri pengurainya tuh buat apa sih? untuk di ambil biogasnya ato emang ente mau neliti bakteri pengurainya. klo mau ambil biogas nya tinggal masukkan aja ke tong ntar isi dengan kotoran tadi + 1/3 air bila perlu di kasih bakteri pengurai sekalian (bila perlu).
klo mau neliti bakteri pengurainya usul milmi juga boleh.... trus tambahin alat2 diatas. agar coklat biar kita tahu bacterinya mengurai darah juga ato tidak, pewarnaan gram biar kita tahu bacteri tadi gram positif ato negatif n uji sensifitas antibiotic biar klo terinfeksi bacteri tadi kita bisa milih antibiotic mana yang paling tepat... hehehe......
« Edit Terakhir: Agustus 29, 2008, 06:28:36 PM oleh dark_nekron »
......i'am still stupid..... and always stupid......
----ORANG GENDENG----

Offline barbarian

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: bakteri pengurai
« Jawab #7 pada: Agustus 30, 2008, 09:48:46 AM »
Sebenarnya di dalam proses sterilisasi tidak harus dengan cara autoclave saja, klo mau bisa saja proses sterilisasinya diganti dengan panci presto, atau juga yg sederhana dengan cara pasteurisasi. Dalam skala besar untuk proses sterilisasi banyak digunakan penyemprotan dengan uap air. Untuk media pertumbuhan bakteri, kita juga bisa memainkan modifikasi media. misalnya sukrosa diganti gula pasir, bacto agar diganti dengan agar2 yg ada dipasar, dan banyak lagi modifikasi yg dapat dilakukan sengan membandingkan komposisi media yg dibutuhkan dengan bahan2 yg ada disekitar kita. jadi percobaan ini ga hanya bisa dilakukan di laboratorium saja, bisa jg dilakukan dirumah, tetapi hati2 dengan mikroba yg digunakan, klo terlalu berbahaya, sebaiknya dilakukan di laboratorium saja. selamat mencoba.....

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: bakteri pengurai
« Jawab #8 pada: Agustus 30, 2008, 10:56:05 AM »
Penggunaan panci presto pernah disebut-sebut bisa menggantikan autoclave, namun tingkat keberhasilannya rendah karena kemungkinan kontaminasi tinggi. Pasteurisasi hanya cocok digunakan pada bahan yang tidak tahan panas dan mengandung mikroba non-sporulasi, karena kalau dengan pasteurisasi tidak mampu membunuh spora (endospora) yang tahan terhadap panas tinggi. Cara yang paling aman dan paling bisa diandalkan adalah autoclave.
Kalau masalah medium, bisa diganti dengan bahan-bahan yang lebih murah. Sebagai contoh, untuk mengganti NA bisa menggunakan air rebusan 30% tulang yang ditambah dengan 1,5% gula pasir dan 2% agar roti. Namun kalau memang berniat mengembangkan bakteri, harus memiliki lab min, dan alat-alat yang saya ususlkan di atas merupakan alat minimal yang dibutuhkan pada lab mikrobiologi.

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: bakteri pengurai
« Jawab #9 pada: Agustus 30, 2008, 11:08:43 AM »
ya ..... kita tunggu aja jawaban dari terminalkoi dia itu mau ambil biogasnya ato mau neliti microbanya? soale kie klo mau ambil biogasnya biasanya medianya tuh ditaruh di tong. emange ada autoclave yang bisa mensterilisasi tong. klo ada berapa duit tuh autoclave?

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: bakteri pengurai
« Jawab #10 pada: Agustus 30, 2008, 01:13:56 PM »
Kalau untuk produksi, memang tidak perlu steril. Tapi kultur yang digunakan kan harus murni, sehingga proses pekerjaan harus steril. Dan alat-alat yg saya sebut di atas sebenarnya adalah alat-alat lab mikro. Lagi pula, memelihara bakteri bukan hanya untuk biogas, bisa juga untuk bioremediasi, atau biokonversi.

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: bakteri pengurai
« Jawab #11 pada: Agustus 30, 2008, 01:22:21 PM »
kayak postulat koch ya....

Offline terminalkoi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 22
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: bakteri pengurai
« Jawab #12 pada: Agustus 30, 2008, 10:15:10 PM »
wuehh..................... :kribo: :kribo: :kribo: :kribo:
saya jadi bingung nich, buta banget ya biologiku....

maksud sy sebenarnya ingin membuat produk bibit bakteri pengurai utk pembersih air kolam, sementara kalau di daerah saya produknya minim dan kualitas kurang baik.
biasa kalau kita mengerjakan kolam pakai produk lokal setempat yg kualitas kurang.

biasa kalau pas ke kota besar atau lewat kawan kita titip beli buatan bangkok yg agak murah kadang juga beli japan punya dengan harga yg cukup jahud tapi kualitas sesuai.

kalau tampa bibit bakteri filter kolam baru bisa berfungsi dengan baik setelah 2-3 bulan, kalau dgn bibit bakteri cukup 1-2 minggu sudah lumayan.

gitu deh gambarannya, kalau bakterinya jenis apa saya buta sama sekali, maaf,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Offline oqsafir

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re: bakteri pengurai
« Jawab #13 pada: Juli 31, 2014, 11:21:04 AM »
Penggunaan panci presto pernah disebut-sebut bisa menggantikan autoclave, namun tingkat keberhasilannya rendah karena kemungkinan kontaminasi tinggi. Pasteurisasi hanya cocok digunakan pada bahan yang tidak tahan panas dan mengandung mikroba non-sporulasi, karena kalau dengan pasteurisasi tidak mampu membunuh spora (endospora) yang tahan terhadap panas tinggi. Cara yang paling aman dan paling bisa diandalkan adalah autoclave.
Kalau masalah medium, bisa diganti dengan bahan-bahan yang lebih murah. Sebagai contoh, untuk mengganti NA bisa menggunakan air rebusan 30% tulang yang ditambah dengan 1,5% gula pasir dan 2% agar roti. Namun kalau memang berniat mengembangkan bakteri, harus memiliki lab min, dan alat-alat yang saya ususlkan di atas merupakan alat minimal yang dibutuhkan pada lab mikrobiologi.

Kalau sterilisasi menggunakan sinar matahari kira2 bisa gak ya? krn autoclave kn mahal

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
4123 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2014, 08:56:07 PM
oleh MuhammadRyan
8 Jawaban
7347 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2009, 09:48:25 AM
oleh Pi-One
23 Jawaban
5275 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2010, 04:51:11 PM
oleh Huriah M Putra
2 Jawaban
3434 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2011, 07:15:46 PM
oleh rithone
0 Jawaban
354 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2011, 06:45:03 PM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia