Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Hari Ini jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: Biologi Untuk Pemula  (Dibaca 29347 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Biologi Untuk Pemula
« pada: Juli 18, 2008, 05:07:17 PM »
Temen-temen,

Ada ide nih, mudah-mudahan berguna. Biar diskusi kita lebih mantap dan terorganisir dengan baik (keren ga bahasa gw  8) hehe), kita mulai dengan pengenalan-pengenalan dasar dulu, baru kemudian membahas masalah-masalah yang lebih spesifik satu per satu.

Beberapa hal yang terpikir oleh saya :

1. Apa itu biologi dan apa saja yang dipelajari dalam biologi?
2. Cabang-cabang ilmu biologi apa aja sih?
3. Silahkan dilanjut ;D

Topik seperti ini mungkin nantinya perlu dibuat di setiap forum (terutama buat basic science kali). Idenya adalah, topik ini akan dipakai sebagai indeks dan tiap kali butuh referensi bisa liat di sini. Apa aja yang bakal ada di sini? Nah, untuk detilnya kita serahkan kepada pakar-pakarnya aja ya  ;D Mungkin juga thread ini bisa dipakai untuk mengindeks topik-topik yang menarik.

Indeks Topik Biologi Untuk Pemula :

1. Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
2. Konsep Hidup dan Kehidupan
3. Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
4. Jaringan Makhluk Hidup
5. Pembelahan Sel
6. Pengertian Adaptasi

Topik Menarik dalam Biologi :

1. Sistem Pertahanan Tubuh
2. Extinct Animals
3. All About PCR/RT-PCR
4. Stem cells
5. [project] video-video biologi
6. Tumbuhan Karnivora
« Edit Terakhir: Agustus 02, 2010, 07:09:50 PM oleh reborn »



cheloniamydas

  • Pengunjung
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #1 pada: Juli 21, 2008, 02:09:17 PM »
3. Aplikasi Biologi dalam kehidupan : misalnya untuk deteksi kelainan genetik dalam dunia kedokteran (ex: deteksi dini gen pembawa thalasemia), dalam dunia kedokteran hewan (ex: deteksi genetik Flu burung & Phylogenetic tree nya), dalam dunia kepolisian (ex: tujuan FOrensik dan deteksi DNA pelaku kejahatan dan korban kejahatan yang tak teridentifikasi scr langsung (korban bom) ) dlll.
4......

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2008, 08:33:48 AM »
3. Aplikasi Biologi dalam kehidupan : misalnya untuk deteksi kelainan genetik dalam dunia kedokteran (ex: deteksi dini gen pembawa thalasemia), dalam dunia kedokteran hewan (ex: deteksi genetik Flu burung & Phylogenetic tree nya), dalam dunia kepolisian (ex: tujuan FOrensik dan deteksi DNA pelaku kejahatan dan korban kejahatan yang tak teridentifikasi scr langsung (korban bom) ) dlll.

Wah, lebih baik jangan dahulu terlalu jauh ke arah aplikasi yg rumit. Kita mantapkan saja dasar-dasar dari ilmu biologinya, karena tanpa dasar yang kuat, maka bangunan aplikasi di atasnya mudah goyah. Bagaimana menjelaskan tentang deteksi gen apabila definisi dari gen sendiri masih banyak yg bingung? Bagaimana menjelaskan identifikasi molekular korban bom apabila istilah-istilah seputar primer, DNA template, PCR, restriction enzyme, blunt end, sticky end dll belum dipahami dengan baik? Jadi, lebih baik kembali ke dasar kan?
Oh iya, usul donk pak admin. Dari pada dibuat thread, lebih baik di bawah kategori biologi, dibuat sub kategori, contoh sub kategori biologi untuk pemula, sub kategori biologi terapan, dll. Tp usul aja seeh (jd mirip ya nanti sama Forum Biologi UGM :P):D
« Edit Terakhir: Juli 22, 2008, 08:40:52 AM oleh milmi »
...setetes air di samudera luas...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #3 pada: Juli 22, 2008, 09:24:10 AM »
Setuju, di sini yang dibahas bener-bener dasarnya dulu, tujuannya untuk referensi kalo pas bahas topik tertentu entah lupa atau sekedar ngasih tau anggota lain dasarnya apa. Bisa juga nantinya dijadiin indeks. Sekiranya ada topik yang cukup mendalam bahasannya, nanti diindeks juga di sini.

Soal sub forum, yang ada sekarang kan Biologi dan Biologi SMU (untuk bahasan pelajaran dan kurikulum SMU). Kalo dibuat sub kategori lagi di Biologi jadi terlalu spesifik dan terlalu banyak forumnya, sementara topiknya masih sedikit. Sepertinya, setidaknya untuk sekarang, disatuin aja dulu di sini. Kalo nanti memang udah terlalu banyak topiknya memang sebaiknya dibuat lagi sub kategorinya. Gitu kali ya.

cheloniamydas

  • Pengunjung
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #4 pada: Juli 22, 2008, 10:14:35 AM »
Wah, lebih baik jangan dahulu terlalu jauh ke arah aplikasi yg rumit. Kita mantapkan saja dasar-dasar dari ilmu biologinya, karena tanpa dasar yang kuat, maka bangunan aplikasi di atasnya mudah goyah. Bagaimana menjelaskan tentang deteksi gen apabila definisi dari gen sendiri masih banyak yg bingung? Bagaimana menjelaskan identifikasi molekular korban bom apabila istilah-istilah seputar primer, DNA template, PCR, restriction enzyme, blunt end, sticky end dll belum dipahami dengan baik? Jadi, lebih baik kembali ke dasar kan?
Oh iya, usul donk pak admin. Dari pada dibuat thread, lebih baik di bawah kategori biologi, dibuat sub kategori, contoh sub kategori biologi untuk pemula, sub kategori biologi terapan, dll. Tp usul aja seeh (jd mirip ya nanti sama Forum Biologi UGM :P):D

mungkin nanti kalau udah ada topik ttg biologi molekular, nanti aku  ngasih tulisan atau artikelnya, tq atas usulnya  :)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #5 pada: Juli 22, 2008, 10:24:07 AM »
mungkin nanti kalau udah ada topik ttg biologi molekular, nanti aku  ngasih tulisan atau artikelnya, tq atas usulnya  :)

lho kok nanti, sekarang juga gpp kok, gak nolak deh dijamin :-[

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #6 pada: Juli 28, 2008, 10:11:01 AM »
@Reborn:
1. Biologi: berasal dari kata bios dan logos (lupa bahasa apa). Mempelajari ttg kehidupan, pokoke mempelajari yang berhubungan dengan sel2 fungsional yang menyusun makhluk hidup..

2. Banyak.. Tapi lupa istilahnya.. Mempelajari ttg virus, bakteri, tumbuhan, de el el..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #7 pada: Juli 29, 2008, 08:31:48 AM »
vinchemz kebanyakan lupa nih...

bios dan logos dari bahasa yunani, masing-masing artinya kehidupan dan ilmu. jadi artinya ilmu alam yang mempelajari tentang organisme hidup dan interaksinya dengan lingkungan. aspek hidup yg dipelajari di sini terbatas yang berkaitan dengan struktur, fungsi, tumbuh-kembang, dan adaptasi terhadap lingkungan tempat hidup. ada tambahan pula mengenai asal-usul dan evolusi.

cabang biologi yg mempelajari virus disebut virologi, bakteri bakteriologi, mikroorganisme secara umum disebut mikrobiologi, tumbuhan botani, hewan zoologi, hubungan antara makhluk dan lingkungan disebut ekologi. cabang yg mempelajari aspek kimia dari kehidupan disebut biokimia. di sini masi bisa dibagi lagi menjadi biologi molekuler (interaksi antara molekul biologi), biologi seluler (interaksi antar pengguna telepon seluler? bukan! tapi berkaitan dengan sel), dan fisiologi (fungsi jaringan dan organ dalam tubuh).

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #8 pada: Juli 29, 2008, 02:08:27 PM »
Cabang biologi terus-menerus bertambah, sesuai dengan perkembangan ilmu biologi itu sendiri. Antara lain mikologi (ilmu tentang fungi) yang dahulu disatukan dalam botani, sekarang dipisahkan, kemudian ada fikologi (ilmu tentang alga), lalu ada bryologi (ilmu lumut), ada ichtiologi (ilmu tentang ikan), karsinologi (ilmu tentang krustasea), mammologi (ilmu tentang mammalia), ornitologi (ilmu tentang burung), entomologi (ilmu tentang insekta), paratisologi (ilmu tentang parasit), etnobotani, etnozoologi, dan masih buaanyaak lagi yang kalau di tulis disini pasti ngabisin satu halaman.
aspek hidup yg dipelajari di sini terbatas yang berkaitan dengan struktur, fungsi, tumbuh-kembang, dan adaptasi terhadap lingkungan tempat hidup. ada tambahan pula mengenai asal-usul dan evolusi.
Sebenarnya aspek yg dipelajari di biologi adalah semua yg berhubungan dengan makhluk hidup itu sendiri. Selain struktur dan fungsi, ada juga penggolongan makhluk hidup, habitatnya, peran pada lingkungan, dan evolusinya. Biologi sangat luas karena semua makhluk hidup dipelajari, dari yang sekecil bakteri hingga yang sebesar paus putih. Karena begitu luasnya cakupan Biologi, maka dibuatlah cabang-cabangnya seperti yang sudah disebutkan.

Offline pia

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #9 pada: Agustus 02, 2008, 11:22:11 AM »
Ribon Wrote :
Indeks Topik Biologi Untuk Pemula :

1. Konsep Hidup dan Kehidupan
2. Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia

bisa ditambah dengan cabang yang lain dari biologi g??? co : Ekologi,,,, karena bagaimanapun juga, ekologi disiplin ilmu dasar yang wajib diketahui oleh pemula... thanks b4


Salam kenal,
PIA

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #10 pada: Agustus 02, 2008, 03:23:50 PM »
@pia
Bisa banget, mudah-mudahan cukup lengkap nanti bahasannya. Yang diindeks adalah topik-topik yang sudah mulai dibahas, kan ada linknya. Nah, ekologi belum ada jadi belum bisa diindeks. Kalo mau, silahkan dibuka aja topik baru tentang ekologi, nanti diupdate di sini.

Salam kenal juga ;D

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #11 pada: Agustus 02, 2008, 06:39:00 PM »
Hai, aku masuk lagi. Maaf lama nggak nongol soalnya aku lupa password hihi, jadi harus tanya dulu ke sistem dan menunggu kiriman password baru  ;D

bios dan logos dari bahasa yunani, masing-masing artinya kehidupan dan ilmu...
Aku ralat sedikit boleh ya, akar kata "bios" (βiος) adalah "hidup" bukan "kehidupan" meskipun bahasa Inggrisnya sama-sama "life". Menurut guruku yang ngajar Etimologi di kelas sastra dan filsafat beda lho antara "hidup" dan "kehidupan". Dari jenis katanya aja udah beda, kata sifat dan kata benda, apalagi artinya. Gitu katanya  ;D

BTW, aku setuju dengan ide "Biologi Untuk Pemula"
Setelah mengetahui apakah "Biologi" itu, kemudian mempelajari "cabang-cabang Biologi", dilanjutkan dengan "Ciri makhluk hidup", "Hirarki dalam konsep Biologi", dan "Teori sel" Wah jadi ingat waktu aku masih SMP/SMA dulu... itu kan silabusnya. Tapi mengena kok. Mudah-mudahan ide diterima  ;)
omne vivum ex vivo, so viva!

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #12 pada: Agustus 02, 2008, 08:49:28 PM »
kok bisa lama yah email passwordnya? Biasanya ga nyampe berjam-jam lho? Mudah-mudahan ga lupa password lagi ;D

Idenya memang seperti itu sih, bagus kalo yang lain juga sependapat. Ada beberapa keuntungannya nantinya, misalnya member yang reply di salah satu topik, "ah gw ga setuju tuh, masa seperti itu!" kita bisa dengan mudah reply singkat : Maap, sebelum anda mengatakan tidak setuju, sebaiknya baca Biologi Untuk Pemula baru kita diskusi lebih lanjut di sini. ;D Keuntungan lain, setiap ada topik yang membutuhkan pemahaman dasar, bisa merujuk ke sini. Atau untuk anak-anak sekolah yang tertarik biologi, bisa menggunakan topik ini utk mempersiapkan apa aja yang perlu mereka pelajari andai ingin mendalami salah satu bidang. Mudah-mudahan ada keuntungan-keuntungan lain tentunya ;D

Nah, ada yang bersedia menjelaskan dua pertanyaan di atas untuk dibuat indeksnya ga :
1. Apa itu biologi dan apa saja yang dipelajari dalam biologi?
2. Cabang-cabang ilmu biologi apa aja sih?

Makasih semuanya ;D

Offline Tikoqué

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #13 pada: Januari 18, 2009, 01:44:10 PM »
btw, aku mu coba jawab iaa..
Biologi itu ilmu tentang kehidupan.
yang dipelajari dalam biologi adalah semua kehidupan.
cabang-cabang biologi, diantaranya :
Anatomi
Bakteriologi
Botani
Ekologi
Embriologi
Fisiologi
Genetika
Higiene
Histologi
Mikrobiologi
Mikologi
Patologi
Taksonomi
Zoologi
Palentologi
Evolusi
Ornitologi
Virologi

Hoho.
kalo salah mohon dikoreksi, iaa^^
Namasté
"Jika......maka", Jika tidak ada "Jika", maka....., Jika ada "Jika" apakah masih ada "maka"?

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: Biologi Untuk Pemula
« Jawab #14 pada: Pebruari 21, 2009, 04:43:59 PM »
trus kapan nih di bahas satu2 mengenai bdiang2 nya?
 ^-^ salam kenal ya buat smuaa

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
10747 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2011, 03:03:13 AM
oleh N.A.T.O
26 Jawaban
141314 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2014, 10:55:11 AM
oleh Monox D. I-Fly
17 Jawaban
8472 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2010, 10:15:18 PM
oleh veve
Soal Teori Bilangan untuk Pemula

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram « 1 2 » Matematika

27 Jawaban
13677 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 17, 2009, 07:32:07 PM
oleh Nabih
11 Jawaban
3988 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2011, 11:03:57 AM
oleh tiger-tua

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia