Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

pandu.rengga

Agustus 16, 2014, 08:12:48 PM
ehm, ada yg tau gk caranya jwb soal mtk yg ini 1125000 = 2p.3q.5r nah p,q dan r brp? saya kgk tahu itu< tolong saya yah plissssss

Show 50 latest

Penulis Topik: Kamus istilah biologi  (Dibaca 16305 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Kamus istilah biologi
« pada: Juli 29, 2010, 07:49:56 PM »
Temans  :)

Bbrp kali saya mengalami kesulitan ketika menerjemahkan artikel berbhs Inggris ke dlm bhs Indonesia. Juga ketika membaca artikel sains yg bukan bidang saya. Salah satu sebabnya krn ada banyak istilah teknis dlm bhs Indonesia yg saya tidak tahu. Kadang saya coba cek di wikipedia versi bhs Indonesia, eh ternyata ngga lengkap juga.

Nah, saya jd ada usul nih  8)  gimana kalo kita bekerja sama mengumpulkan istilah2 teknis dlm bhs Indonesia, terutama yg bukan kata serapan langsung dr bhs Inggris. Selain utk menambah pengetahuan dan membantu kita dlm membaca dan menulis artikel sains, juga bisa ikut mempopulerkan penggunaan bhs Indonesia asli (cieeeh  8)).


Usul saya, sementara kita kompilasi dg format spt di bawah ini dulu. Nanti kalau sudah banyak, bisa saja saya bikin satu tabel dan berurutan sesuai abjad.

Istilah bhs Indonesia = ...
Bhs Inggris = ...
Arti (dlm bhs Indonesia) = ...



Contohnya (tolong dikoreksi kalau saya salah):

Utas ganda
Bhs Inggris = double helix
Arti = dalam biologi molekular, utas ganda merujuk pada struktur DNA dan RNA yg terdiri dari 2 utas rantai polinukleotida yg terpilin menjadi satu



Kalau ada teman2 yg tdk tahu istilah tertentu, juga bisa di-post di sini, biar kita bisa saling membantu  :)
« Edit Terakhir: Juli 29, 2010, 07:55:34 PM oleh peregrin »


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #1 pada: Juli 29, 2010, 07:53:48 PM »
saya duluan yg nanya yaa  ;D

Apa itu sintas?

Offline Sabrina Dian V

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #2 pada: Maret 13, 2011, 10:01:15 AM »
saya mau nanya , apa ya arti homeostatis?
dan apa arti neurohumor?

saya dapat kata kata itu teh dari bab tentang sistem saraf .
mohon bantuannya :D

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #3 pada: April 24, 2011, 03:46:57 PM »
klu setau saya homeostatis itu prinsip nya biologi, intinya adalah menjaga keseimbangan
klu d sistem saraf sih saya rasa itu ttg masuk n keluarnya ion K dan Na yang merupakan penghantar impuls...

neurohumor ???
tak pernah dengar saya.
Ora Et Labora

Offline shafura ren

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 23
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
  • let's play
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #4 pada: April 25, 2011, 06:09:23 PM »
Neurohumor --> zat/substansi yang dikeluarkan sel neuron yang mampu memberi pengaruh terhadap sel lain (sel neuron, sel otot, atau kelenjar)

Homeostatis --> mekanisme pengaturan kesetimbangan dinamis pada tubuh suatu organisme
it isn't always easy to live the life you were meant to, but the lessons learned and the rewards are immeasurable

Offline can-can

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #5 pada: Mei 20, 2011, 04:08:10 PM »
untuk kata "sintas"...menurut artikata.com,
artinya dlm bhs inggris: survive
artinya dlm bhs indonesia: terus bertahan hidup, mampu mempertahankan keberadaannya

smg bermanfaat..:)

Offline suciwdd

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #6 pada: Agustus 25, 2011, 11:40:45 PM »
kalo foton ??

Offline muse

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #7 pada: September 16, 2011, 09:41:29 AM »
setau saya sih, foton itu berupa paket-paket partikel energi cahaya matahari gitu...
semoga bermanfaat..   :)

Offline suciwdd

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #8 pada: September 19, 2011, 07:35:33 PM »
setau saya sih, foton itu berupa paket-paket partikel energi cahaya matahari gitu...
semoga bermanfaat..   :)

trima kasih. lalu bagaimana dengan massa foton? bermassa 0 kah atau memiliki massa yang tak hingga?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2233
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #9 pada: September 30, 2011, 12:57:35 AM »
@suciwdd

bukan tempatnya membahas itu di sini.

ikutan nambahin :

sel punca
Bhs Inggris = stem cell
Arti = sel muda yang belum berdiferensiasi dan berpotensi untuk berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel lainnya.
Dikenal juga dengan sebutan sel tunas, sel induk, sel batang.

Offline Im

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 66
  • IQ: 18
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #10 pada: September 30, 2011, 04:29:04 PM »
Pernah Dengar Istilah Biostatis dan Bioteknologi Ngk Ya ?

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah biologi
« Jawab #11 pada: Desember 03, 2011, 02:27:54 PM »
dilatasi itu artinya apa ya? saya tanya ke om google malah nyambung ke matematika.
i adore your intelligence

Offline kukuh

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah biologi
« Jawab #12 pada: Maret 15, 2012, 10:15:25 AM »
saya mau tanya, apa yang dimaksud Spontaneous Evolutionary?
terimakasih

Offline dodidul

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
dilatasi
« Jawab #13 pada: Maret 31, 2013, 01:05:34 PM »
kalo enggak salah dilatasi itu artinya memperlebar atau memperluas gan
jadi dilatasi kaya usaha untuk memperlebar suatu rongga tubuh

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
26 Jawaban
139631 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2014, 10:55:11 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1475 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2009, 07:41:55 PM
oleh Nabih
8 Jawaban
10601 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 12:55:41 AM
oleh A
Kamus istilah fisika

Dimulai oleh peregrin « 1 2 » Fisika

17 Jawaban
14115 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2014, 08:13:28 PM
oleh Monox D. I-Fly
4 Jawaban
2476 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2011, 10:40:19 AM
oleh obbiq

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia