Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

esusukambing

Kemarin jam 09:58:43 AM
Gue suka forum nie,...
buat nambah pengetahuan :) :)

esusukambing

September 02, 2015, 11:53:50 AM
Ayoo.. buruan jadi agen susu kambing etawa begifa.. ;)

Gabung grup FB Agen Susu Begifa --> https://goo.gl/IN7CFd

Info dan pertanyaan lebih lanjut :
BBM : 54D01E87 | WA : 0878.3622.9494

Online Shop Sepatu

Agustus 28, 2015, 11:30:15 PM

aji saka

Agustus 28, 2015, 05:19:10 PM
Perkenal kan nama saya ajisaka tggl di bogor

ViviSeptri

Agustus 25, 2015, 05:53:54 AM
1. Mengapa terjadi penyerapan dan pelepasan elektron, yang akan masuk ke sistem transport elektron
2. mengapa pada aliran elektron tidak ada produksi NADPH dan tidak ada pelepasan oksigen?
3. Energi apa yang digunakan dalamfotosintesis
4. warna gelombang cahaya manakah yang penting dalam fotosint

jetkoplo

Agustus 24, 2015, 12:35:06 AM
Bagi yang interest ke sains coba deh ikutan Science Project Awards, siapa tau menang.
Lengkapnya klik aja www.starfm3uns.wordpress.com/science-project-awards/

 ;)

khariesma07

Agustus 21, 2015, 01:47:40 AM
KAMI JUAL OBAT ABORSI | *** | *** | *** | *** MISOPROSTOL | GASTRUL


INFO ORDER PEMESANAN VIA SMS / BBM KE :
Call me : 082243840567 - PIN BB : 29b8b770
Website : www.pelancarhaid1-6.blogspot.com


*** *** ( misoprostol pfizer)

fathoni

Agustus 20, 2015, 10:37:32 PM
salam kenal,
kebetulan saya ada kesulitan dengan soal fisika, kalau mau tanya gimana caranya ya??

fiand20

Agustus 06, 2015, 10:15:07 AM
Salam kenal yah semua,, :D ;)

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Show 50 latest

Penulis Topik: Tentang dinosaurus  (Dibaca 30421 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 266
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Quorum Sensing
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #30 pada: Desember 21, 2009, 09:09:23 PM »
Archosauria yang disebut-sebut oleh dopamine muncul pertama kali pada awal Triassic sekitar 251 juta tahun yang lalu, merupakan salah satu ujung cabang dari evolusi Amniota.



Cabang tersebut menjadi dua, satu menjadi Crurotarsi, sedangkan cabang kedua menuju Ornithodira dan Dinosauria.



Dinosauria sendiri terbagi menjadi dua clade besar, yaitu Ornithischia yang memiliki panggul (hips) seperti burung, serta Saurischia yang memiliki panggul seperti kadal.







Burung sendiri termasuk ke dalam Eumaniraptora, salah satu kelompok Theropoda pada clade Saurischia. Titik percabangannya ditandai dengan Archeopteryx, dinosaurus bersayap.







Semua gambar diambil dari http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/lectures

...setetes air di samudera luas...

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #31 pada: Desember 25, 2009, 02:03:09 AM »
Wah, bagus..bagus..jadi nambah pengetahuan ttg dino nih..
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1211
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Tentang dinosaurus
« Jawab #32 pada: Maret 05, 2014, 10:33:18 PM »
kalo berdasarkan kitab suci, dinosaurus mati gara-gara air bah jaman nuh. siapa mo bawa t-rex ato brontosaurus masuk bahtera? dalam Kitab Ayub pasal 40-41 ada dua gambaran makhluk yg tidak bisa digambarkan dengan hewan apa pun yg hidup sekarang. cuma aja diterjemahkan jadi kuda nil dan buaya. tapi dari ciri-ciri fisik yang disebutkan di situ lebih cocok dengan gambaran dinosaurus.

Kuda Nil & Buaya = Behemoth & Leviathan?
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline IdontSpeakHuman

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Tentang dinosaurus
« Jawab #33 pada: Maret 09, 2014, 09:19:56 PM »
Di Indonesia saja, ada lebih dari 1500 spesies dinosaurus yang sampai sekarang masih hidup...  ;)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1211
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Tentang dinosaurus
« Jawab #34 pada: Maret 14, 2014, 08:49:50 AM »
Di Indonesia saja, ada lebih dari 1500 spesies dinosaurus yang sampai sekarang masih hidup...  ;)

Rangkok & Cendrawasih? Jalak Bali?

Dinosaurus itu termasuk Aves atau Reptil sih?

Offline IdontSpeakHuman

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Tentang dinosaurus
« Jawab #35 pada: Maret 19, 2014, 11:56:51 PM »
Rangkok & Cendrawasih? Jalak Bali?

Dinosaurus itu termasuk Aves atau Reptil sih?

Reptil. Dinosaurus itu klad, dia keturunan reptil, punya keturunan dari yang berbentuk reptil sampai burung. Pernah ada yang mengusulkan dibuat supaya dibikin kelas terpisah dari reptil yang isinya buaya, dinosaurus, & burung. Buaya, aligator, & gharial secara kekerabatan lebih dekat ke burung daripada ke reptil yang lain..

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1211
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Tentang dinosaurus
« Jawab #36 pada: September 02, 2015, 11:40:09 AM »
Reptil. Dinosaurus itu klad, dia keturunan reptil, punya keturunan dari yang berbentuk reptil sampai burung.

Kalau Triceratops, Styracosaurus, dan Monoclonius? Mereka tidak tampak seperti reptil maupun burung, malah lebih mirip badak.

Offline Emerald_Eyes

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 62
  • IQ: 5
    • Lihat Profil
Re:Tentang dinosaurus
« Jawab #37 pada: September 02, 2015, 04:39:55 PM »
Kalau Triceratops, Styracosaurus, dan Monoclonius? Mereka tidak tampak seperti reptil maupun burung, malah lebih mirip badak.
Evolusi selama jutaan tahun bisa mengubah ciri fisik makhluk hidup menjadi sangat berbeda dari nenek moyangnya. Salah satu contoh nenek moyang ceratopsian adalah psittacosaurus, spesies ini terlihat lebih mirip burung mengingat dia semi-bipedal.
Terkait kemiripan ceratopcian dg badak, ini adalah contoh evolusi konvergen. Evolusi konvergen adalah proses perubahan sifat2 spesies2 yg berbeda (bahkan dari kingdom yg berbeda seperti reptil dan mammalia) melalui evolusi menuju keturunan2 yg memiliki beberapa sifat yg mirip. Contoh lain evolusi konvergen adalah kelalawar dan burung yg sama2 memiliki sayap.
Contoh2 lain evolusi konvergen dapat dilihat di https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_examples_of_convergent_evolution
Termasuk juga tentang ceratopsian yg bercula seperti badak.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1211
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Tentang dinosaurus
« Jawab #38 pada: Hari Ini jam 06:23:46 AM »
Saya terkadang agak bingung tentang evolusi. Pernah baca di TV Tropes kalau kekerabatan T-Rex ke ayam lebih dekat daripada kekerabatannya ke komodo. Oya, kalau evolusi itu mengantarkan makhluk hidup ke tingkatan yang lebih tinggi, berarti burung berevolusi menjadi mamalia dong? Tapi kok tidak ada mamalia yang berbentuk seperti burung ya selain platypus? Atau burung dan mamalia hanya mempunyai nenek moyang yang sama?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???

Dimulai oleh Ahazveroz « 1 2 3 » Biologi

35 Jawaban
15502 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 10, 2009, 09:37:06 AM
oleh milmi
15 Jawaban
14781 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 25, 2010, 10:44:42 PM
oleh arydhamayanti
0 Jawaban
2062 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2009, 04:27:39 PM
oleh Alicha
0 Jawaban
2437 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 12, 2009, 05:03:24 PM
oleh biobio
8 Jawaban
5304 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2009, 04:09:56 PM
oleh Pi-One

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia