Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: CABANG-CABANG BIOLOGI  (Dibaca 31344 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline obbiq

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
  • "Science Is Mistery"
    • Lihat Profil
CABANG-CABANG BIOLOGI
« pada: April 27, 2011, 11:07:29 AM »
Ass. para profesor sains sekalian,,
Ane punya sedikit info buat prof-prof sekalian ...  :)

CABANG-CABANG BIOLOGI

Biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar. Karena luasnya bahan kajian biologi, biologi dibagi lagi menjadi cabang-cabang ilmu. Beberapa cabang-cabang ilmu biologi antara lain :

1. Zoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan
2. Botani, Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
3. Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
4. Anatomi atau ilmu urai tubuh, ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh
5. Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
6. Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari tentang organism
7. Bakteriologi, ilmu yang mempelajari tentang bakteri
8. Mikobiologi, ilmu yang mempelajari tentang jamur
9. Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang.
10. Biologi Molekuler, kajian biologi pada tingkat molekul
11. Rekayasa Genetika, ilmu yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetic
12. Ekologi, ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbale balik antara makhluk hidup dan lingkungannya
13. Taksonomi, ilmu yang mempelajari tentang sistematika makhluk hidup
14. Ikhtiologi, Ilmu yang mempelajari tentang ikan
15. Malakologi, ilmu yang mempelajari tentang moluska
16. Karsinologi, ilmu yang mempelajari tentang crustacean
17. Ornitologi, ilmu yang mempelajari tentang burung
18. Entomologi, Ilmu yang mempelajari tentang serangga
19. Protozoologi, ilmu yang mempelajari tentang protozoa
20. Algologi, ilmu yang mempelajari tentang alga
21. Limnologi, ilmu yang mempelajari tentang rawa
22. Embriologi, ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio
23. Patologi, ilmu yang mempelajari tentang penyakit
24. Endokrinologi, ilmu yang mempelajari tentang hormone
25. Sitologi, ilmu yang mempelajari tentang sel
26. Histologi, ilmu yang mempelajari tentang jaringan
27. Organologi, ilmu yang mempelajari tentang organ
28. Morfologi, ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organism
29. Enzimologi, ilmu yang mempelajari tentang enzim
30. Fikologi, Ilmu yang mempelajari tentang alga
31. Pteridologi, ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan paku
32. Bryologi, ilmu yang mempelajari tentang lumut
33. Dendrologi, ilmu yang mempelajari tentang pohon maupun tumbuhan berkayu lainnya, seperti liana dan semak
34. Paleobotani, ilmu yang mempelajari tumbuhan masa lampau
35. Nematologi, ilmu yang mempelajari tentang nematoda
36. Apiari, ilmu yang mempelajari tentang lebah termasuk ternak lebah
37. Mirmekologi, ilmu yang mempelajari tentang rayap
38. Iktiologi, ilmu yang mempelajari tentang ikan
39. Harpetologi, ilmu yang mempelajari reptilia dan ampibia
40. Mamologi, ilmu yang mempelajari tentang mammalia
41. Primatologi, ilmu yang mempelajari tentang primata
42. Rodentiologi, ilmu yang mempelajari tentang rodentia
43. Paleozoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan purba
44. Pulmonologi, ilmu yang mempelajari tentang paru-paru
45. Kardiologi, ilmu yang mempelajari tentang jantung dan pembuluh darah
46. Radiologi, ilmu untuk melihat bagian dalam tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik
47. Neurologi, Ilmu yang menangani penyimpangan pada sistem saraf
48. Virologi, ilmu yang mempelajari tentang virus
49. Onkologi, ilmu yang mempelajari tentang kanker dan cara pencegahannya
50. Enzimologi, ilmu yang mempelajari tentang enzim


mudah-mudahan info dari ane bermanfaat buat prof-prof sekalian  ;D
:SALAM SAINS INDONESIA:


"My Life Is My Adventure"

Offline FAHMI_T

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Science Is Life Education
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #1 pada: April 27, 2011, 11:48:42 AM »
buanyaak bangeet mas...hehehe
tapi baru tau juga ane...
el_kasyafie

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6725
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #2 pada: April 27, 2011, 01:42:03 PM »
CABANG-CABANG BIOLOGI
......
9. Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang.
Dan masih ada juga yang termakan propaganda si tukang obat, kalau teori evolusi gak ilmiah. Mungkin tukang obat sirik karena 'kreasionisme' belum dimasukkan sebagai cabang biologi? ::)
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun cs

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #3 pada: April 27, 2011, 10:01:29 PM »
Hmm.  gak perlu sirik karena tahu yang satu itu ibarat penyakitnya. ::)

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6725
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #4 pada: April 28, 2011, 01:32:36 AM »
bla bla bla...
Ocehan aneh dari asbuner yang sirik karena 1 link blog yang membantah sang (pseudo) ilmuwan idolanya :D

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #5 pada: April 28, 2011, 07:42:07 AM »
virologi itu masuk cabang dari biologi ya  ?   Itu ilmu virus kan,  padahal arti kata virus dalam bahasa aslinya / Latin,  adalah racun.   Ilmu racun diklaim juga bagian dari ilmu biologi..........itu yang dibahas jenis-jenis racun apa saja,  amat sangat banyak kayaknya ?? :D :D :D

saya belum melihat asal-usul kehidupan  ( origin of life }, apa saya salah baca,  mungkin kelewatan atau yang satu itu masuk di mana ya ?? atau mungkin,  masih belum ilmiah / pseudoscience  ?? :D :D :D

Offline obbiq

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
  • "Science Is Mistery"
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #6 pada: April 28, 2011, 08:13:20 AM »
virologi itu masuk cabang dari biologi ya  ?   Itu ilmu virus kan,  padahal arti kata virus dalam bahasa aslinya / Latin,  adalah racun.   Ilmu racun diklaim juga bagian dari ilmu biologi..........itu yang dibahas jenis-jenis racun apa saja,  amat sangat banyak kayaknya ?? :D :D :D

saya belum melihat asal-usul kehidupan  ( origin of life }, apa saya salah baca,  mungkin kelewatan atau yang satu itu masuk di mana ya ?? atau mungkin,  masih belum ilmiah / pseudoscience  ?? :D :D :D

iya prof,, virologi termasuk cabang-cabang ilmu biologi yg mempelajari tentang virus, dalam bahasa latin virus memang berarti racun, nama itu diberikan karena virus pertama kali ditemukan sebagai penyebab suatu penyakit .

Virus pertama kali ditemukan pertama kali oleh Dmitri Ivanovski(ahli biologi rusia) pada tahun 1892 yg mempelajari tentang penyakit bercak kuning pada dauntembakau.

sejak pada saat itu para ilmuan mulai mempelajari virus tersebut dan memberikan istilah virologi utk orang yg mempelajari tentang virus....
 mungkin dapat bermanfaat prof .. haha :)

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #7 pada: April 28, 2011, 09:03:12 AM »
hehehe, iya.  terima kasih penjelasannya,  sungguh sangat bermanfaat.

saat ditemukan itu Pasteur sudah sepuh ya,  kan beliau meninggal tahun 1895 kalo gak salah,  tapi eksperimen labu leher angsa dan soal vaksinasi yang ditemukannya sudah terkenal di dunia sains saat itu.  mungkin barangkali hal itu ya yang mengilhami ilmuwan seperti  Marthinus Beijerinck ( Belanda, 1893), sampai pada kesimpulannya bahwa virus adalah  '  cairan hidup yang menular '  ?? ::)


Offline obbiq

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
  • "Science Is Mistery"
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #8 pada: April 28, 2011, 10:25:59 AM »
iya ,, pada saat itu pasteur sudah sepuh ...

kira2 umurnya pada saat itu sekitar 62 thn

Offline bacopt

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #9 pada: Mei 02, 2011, 09:49:33 PM »
kalo virus itu apakah bisa dibuat kloningnya ???

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #10 pada: Mei 20, 2011, 03:22:37 PM »
kalo virus itu apakah bisa dibuat kloningnya ???
buat apa....???
kan berkembang biaknya juga cpat ....
apakah anda menemukan vaksin terbaru melalui kloning virus...
Ora Et Labora

Offline can-can

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #11 pada: Mei 20, 2011, 03:56:39 PM »
6. Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari tentang organism

sekedar penambahan...bahwa mikrobiologi adalah ilmu yg mempelajari organisme mikro atau mikroorganisme, seperti bakteri dan kapang

Offline can-can

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #12 pada: Mei 20, 2011, 04:00:14 PM »
Nah untuk istilah mikobiologi..(mempelajari jamur), biasanya disebut mikologi saja bukan mikobiologi..
begitulah kira2...semoga sedikit info ini dapat bermanfaat :)

Offline steven marchelus

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #13 pada: Juli 17, 2011, 02:12:18 PM »

Offline steven marchelus

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: CABANG-CABANG BIOLOGI
« Jawab #14 pada: Juli 17, 2011, 02:13:44 PM »
bala dong mas ?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
26 Jawaban
141334 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2014, 10:55:11 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1597 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2008, 03:57:15 PM
oleh biobio
Blog Biologi

Dimulai oleh milmi Biologi

8 Jawaban
8033 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2011, 03:40:11 PM
oleh fatrukimisbak
Biologi molekuler

Dimulai oleh Danny aji Biologi

4 Jawaban
2527 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 14, 2009, 08:59:32 PM
oleh Nabih
13 Jawaban
17268 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2013, 01:05:34 PM
oleh dodidul

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia