Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

alfiansa

Juli 22, 2014, 06:19:13 AM
lebaran jualan sepatu online kak http://goo.gl/G3NXOq

visitpare

Juli 20, 2014, 07:25:09 AM
ada yang mau ke Kampung Inggris Pare - Kediri gak di sini? Salam kenal dari www.visitpare.com  :D
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:17 PM
Presentasi Liputan Internet di http://www.prestisewan.tk/p/liputan-internet.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:04 PM
Presentasi Pancaspirasi untuk Prabowo-Hatta yang selengkapnya dapat dibaca http://bloggerwan.blogdetik.com/2014/06/23/pancaspirasi-untuk-prabowo-hatta.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:49 PM
Presentasi Indotophosting Hosting Unlimited dan Domain Murah Terbaik di Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/12-indotophosting-com-hosting-unlimited-dan-domain-murah-terbaik-di-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:30 PM

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:21 PM
Presentasi Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/10-camry-mobil-hybrid-terbaik-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:09 PM
Presentasi Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang di http://www.indonia.ga/2014/07/08-yamaha-r15-dan-yamaha-r25-motor-sport-racing-dan-kencang.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:46:19 PM
Presentasi ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia yang selengkapnya dapat dibaca di http://dipoblogforce1.blogspot.com/2014/06/12-ADRO-TEXTILE-Konveksi-Murah-Indonesia-Tlp-081362666444.html

Show 50 latest

Penulis Topik: Ciri-ciri Makhluk Hidup  (Dibaca 12869 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline xacteer

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Ciri-ciri Makhluk Hidup
« pada: November 10, 2011, 07:31:33 PM »
Salam damai rekan-rekan ForSa,

Saya orang yang awam tentang biologi. Makanya ingin bertanya pada rekan-rekan yang lebih mengerti.
Begini, dari SD sampai dengan SMA kita diajarkan ciri-ciri makhluk hidup, salah satunya adalah bernapas.
Pernapasan di sini selalu berarti mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.
Yang ingin saya tanyakan adalah:
Apakah benar semua makhluk hidup mengambil O2 dan mengeluarkan CO2?
Jika tidak, berarti apa yang diajarkan oleh guru-guru kita selama ini salah.
Selain itu, penelitian para ilmuwan yang mencari "kehidupan lain" di luar bumi juga sia-sia, karena berpatokan pada "bernapas" ini.
Terima Kasih



Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #1 pada: November 11, 2011, 07:00:39 AM »
tidak semuanya. ada yang bersifat anaerob, yang jalur energinya tidak memerlukan oksigen.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2801
  • IQ: 168
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #2 pada: November 11, 2011, 03:58:52 PM »
Definisi hidup sendiri masih membingungkan. Kalau menurut saya sih, intinya adalah kesadaran, seperti kita, yang merasakan ini dan itu.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 918
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #3 pada: November 11, 2011, 04:30:27 PM »
Definisi hidup sendiri masih membingungkan. Kalau menurut saya sih, intinya adalah kesadaran, seperti kita, yang merasakan ini dan itu.

Berarti menurutmu tumbuhan bukan makhluk hidup?
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline Pi-Man

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 267
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • Everybody Loves Lain
    • Lihat Profil
    • Manga Scans Information
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #4 pada: November 11, 2011, 04:36:45 PM »
Bukannya ciri yang lebih khas adalah bermetabolisme?
Juga kemampuan berkembang biak.
oro?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2801
  • IQ: 168
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #5 pada: November 11, 2011, 04:46:18 PM »
Berarti menurutmu tumbuhan bukan makhluk hidup?

Siapa yang tahu kalau tumbuhan punya kesadaran? Masing masing toh menikmati dengan kemampuan yang ada. Betulkan?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #6 pada: November 12, 2011, 05:38:07 PM »
Salam damai rekan-rekan ForSa,

Saya orang yang awam tentang biologi. Makanya ingin bertanya pada rekan-rekan yang lebih mengerti.
Begini, dari SD sampai dengan SMA kita diajarkan ciri-ciri makhluk hidup, salah satunya adalah bernapas.
Pernapasan di sini selalu berarti mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.
Yang ingin saya tanyakan adalah:
Apakah benar semua makhluk hidup mengambil O2 dan mengeluarkan CO2?
Jika tidak, berarti apa yang diajarkan oleh guru-guru kita selama ini salah.
Ga salah. Tapi ga bener juga. hahaa...
Guru itu ngajar kan sesuai jenjangnya..
Kalo di SD diajarin ciri2 mahluk idup itu bernafas, bermetabolisme, berreproduksi, berekskresi, dll.. Pasti ga bakalan ngerti2. Musti di jelasin pelan2.. sejelas2nya.. hahaha..
Seperti dulu kita pelajari, tumbuhan berfotosintesis di mana???
SD : daunnnnn!
SMP : klorofillll!!
SMA : di stroma.. (atau grana ya? lupa. XDDD) yang berada dalam klorofil di daun..
gitu.. berjenjang..

Salam damai rekan-rekan ForSa,
Selain itu, penelitian para ilmuwan yang mencari "kehidupan lain" di luar bumi juga sia-sia, karena berpatokan pada "bernapas" ini.
Terima Kasih
yah.. seperti yang dikatakan om syx.. mahluk idup ada yang anaerob..
seperti amoeba (anaerob kan ya? hahaha..)..
Dia itu bernafas lo.. tapi ga pake O2..
Bernafas nya manusia pake O2.
Bernafasnya tumbuhan pake CO2...
Beda2...
Mungkin mahluk lain nafasnya pake N2 atau H2 atau H2O atau H2S... Who knows?
:D :D :D
~ You are what you eat ~

Offline semutdaun

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #7 pada: November 13, 2011, 12:46:18 PM »
setau saya karakter makhluk hidup itu punya asam nukleat (DNA).
virus diragukan statusnya antara hidup atau benda mati.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #8 pada: November 14, 2011, 07:16:47 AM »
Bernafasnya tumbuhan pake CO2...
sis, tumbuhan hijau tetap bernapas mengambil oksigen. mereka mengambil CO2 hanya untuk fotosintesis.

setau saya karakter makhluk hidup itu punya asam nukleat (DNA).
virus diragukan statusnya antara hidup atau benda mati.
tidak semua virus punya DNA, ada yang hanya punya RNA.
virus hanya berlaku seperti makhluk hidup jika berada dalam tubuh makhluk hidup lainnya. di luar itu dia berlaku seperti benda mati.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 918
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #9 pada: November 14, 2011, 10:00:25 AM »
sis, tumbuhan hijau tetap bernapas mengambil oksigen. mereka mengambil CO2 hanya untuk fotosintesis.

GuruQ waktu masih kelas 3 SD bilang kalau di malam hari tumbuhan bernafas menggunakan oksigen dan menghasilkan karbon dioksida. Dia bilang makanya jangan tidur di bawah pohon di malam hari coz bisa mati lemes.

Offline orang pinggiran

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #10 pada: November 14, 2011, 11:45:24 AM »
nimbrung ah....
dai jaman nabi adam sampe zaman adam malik kayaknya standaritas mahluk hidup (MH) ini dapat di simpulkan dengan "dapat berkembang biak" artinya punya keturunan untuk mempertahankan eksistensi spesiesnya agar tidak punah, nah MH yang tidak bisa mempertahankan eksistensinya maka disebut punah......
tuk nafas, dari beberapa literatur dapat didefenisikan dengan pertukaran gas pada satu organisme tertentu/MH tadi, bisa antara O2 dengan CO2 tau lainnya, karena ternyata ada MH yang tidak butuh oksigen, contoh saat tumbuhan mendapatkan sinar dengan gelombang tertentu yang bisa melakukan fotosintesis maka lebih butuh CO2, dan malah membuang oksigen...
nah tuk keturunan, karena ada tuntutan tuk memepertahankan eksistensi maka MH dengan segenap usaha akan membuat speciesnya unggul dari lingkungan.... coba deh kalo kita nanem tumbuhan holtikultura di lahan kritis, maka dia akan membuah organ generatif walaupun belum umurnya untuk membuat bunga atau buah.... nah teori ini banyak di manfaatkan oleh para petani ubi rambat....

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #11 pada: November 14, 2011, 12:11:33 PM »
GuruQ waktu masih kelas 3 SD bilang kalau di malam hari tumbuhan bernafas menggunakan oksigen dan menghasilkan karbon dioksida. Dia bilang makanya jangan tidur di bawah pohon di malam hari coz bisa mati lemes.
terlalu berlebihan... kecuali kalo di ruang tertutup.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 918
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #12 pada: November 14, 2011, 01:43:26 PM »
terlalu berlebihan... kecuali kalo di ruang tertutup.

Tapi kalo' nggak salah waktu itu guruQ bilangnya pohon besar deh... Masihkah terlalu berlebihan?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #13 pada: November 14, 2011, 03:10:58 PM »
sepertinya binatang di hutan ga ada yang mati lemas abis bobo di bawah pohon besar...
guru sd-ku juga pernah bilang gitu. tapi lebih pada tanaman di dalam ruang, misalnya di kamar tidur, karena bakal bisa berebut oksigen.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 918
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #14 pada: November 14, 2011, 03:52:51 PM »
sepertinya binatang di hutan ga ada yang mati lemas abis bobo di bawah pohon besar...
guru sd-ku juga pernah bilang gitu. tapi lebih pada tanaman di dalam ruang, misalnya di kamar tidur, karena bakal bisa berebut oksigen.

Hmmm... Mungkin emang itu kali ya yg dimaksud sama guruQ?  ::)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Ciri-ciri Perokok

Dimulai oleh biobio « 1 2 3 4 » Kesehatan

59 Jawaban
34218 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2009, 11:40:30 AM
oleh alvin pratama
25 Jawaban
5624 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 10:27:33 AM
oleh Hendy wijaya, MD
35 Jawaban
7071 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2011, 02:36:08 PM
oleh Hendy wijaya, MD
10 Jawaban
2580 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2011, 11:07:16 PM
oleh Astrawinata G
2 Jawaban
2989 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2011, 01:56:31 PM
oleh msihabudin

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia