Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Ariie

Hari Ini jam 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

Show 50 latest

Penulis Topik: Ciri-ciri Makhluk Hidup  (Dibaca 13912 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline xacteer

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Ciri-ciri Makhluk Hidup
« pada: November 10, 2011, 07:31:33 PM »
Salam damai rekan-rekan ForSa,

Saya orang yang awam tentang biologi. Makanya ingin bertanya pada rekan-rekan yang lebih mengerti.
Begini, dari SD sampai dengan SMA kita diajarkan ciri-ciri makhluk hidup, salah satunya adalah bernapas.
Pernapasan di sini selalu berarti mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.
Yang ingin saya tanyakan adalah:
Apakah benar semua makhluk hidup mengambil O2 dan mengeluarkan CO2?
Jika tidak, berarti apa yang diajarkan oleh guru-guru kita selama ini salah.
Selain itu, penelitian para ilmuwan yang mencari "kehidupan lain" di luar bumi juga sia-sia, karena berpatokan pada "bernapas" ini.
Terima Kasih



Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #1 pada: November 11, 2011, 07:00:39 AM »
tidak semuanya. ada yang bersifat anaerob, yang jalur energinya tidak memerlukan oksigen.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2810
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #2 pada: November 11, 2011, 03:58:52 PM »
Definisi hidup sendiri masih membingungkan. Kalau menurut saya sih, intinya adalah kesadaran, seperti kita, yang merasakan ini dan itu.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Online Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 986
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #3 pada: November 11, 2011, 04:30:27 PM »
Definisi hidup sendiri masih membingungkan. Kalau menurut saya sih, intinya adalah kesadaran, seperti kita, yang merasakan ini dan itu.

Berarti menurutmu tumbuhan bukan makhluk hidup?
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline Pi-Man

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 267
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • Everybody Loves Lain
    • Lihat Profil
    • Manga Scans Information
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #4 pada: November 11, 2011, 04:36:45 PM »
Bukannya ciri yang lebih khas adalah bermetabolisme?
Juga kemampuan berkembang biak.
oro?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2810
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #5 pada: November 11, 2011, 04:46:18 PM »
Berarti menurutmu tumbuhan bukan makhluk hidup?

Siapa yang tahu kalau tumbuhan punya kesadaran? Masing masing toh menikmati dengan kemampuan yang ada. Betulkan?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #6 pada: November 12, 2011, 05:38:07 PM »
Salam damai rekan-rekan ForSa,

Saya orang yang awam tentang biologi. Makanya ingin bertanya pada rekan-rekan yang lebih mengerti.
Begini, dari SD sampai dengan SMA kita diajarkan ciri-ciri makhluk hidup, salah satunya adalah bernapas.
Pernapasan di sini selalu berarti mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.
Yang ingin saya tanyakan adalah:
Apakah benar semua makhluk hidup mengambil O2 dan mengeluarkan CO2?
Jika tidak, berarti apa yang diajarkan oleh guru-guru kita selama ini salah.
Ga salah. Tapi ga bener juga. hahaa...
Guru itu ngajar kan sesuai jenjangnya..
Kalo di SD diajarin ciri2 mahluk idup itu bernafas, bermetabolisme, berreproduksi, berekskresi, dll.. Pasti ga bakalan ngerti2. Musti di jelasin pelan2.. sejelas2nya.. hahaha..
Seperti dulu kita pelajari, tumbuhan berfotosintesis di mana???
SD : daunnnnn!
SMP : klorofillll!!
SMA : di stroma.. (atau grana ya? lupa. XDDD) yang berada dalam klorofil di daun..
gitu.. berjenjang..

Salam damai rekan-rekan ForSa,
Selain itu, penelitian para ilmuwan yang mencari "kehidupan lain" di luar bumi juga sia-sia, karena berpatokan pada "bernapas" ini.
Terima Kasih
yah.. seperti yang dikatakan om syx.. mahluk idup ada yang anaerob..
seperti amoeba (anaerob kan ya? hahaha..)..
Dia itu bernafas lo.. tapi ga pake O2..
Bernafas nya manusia pake O2.
Bernafasnya tumbuhan pake CO2...
Beda2...
Mungkin mahluk lain nafasnya pake N2 atau H2 atau H2O atau H2S... Who knows?
:D :D :D
~ You are what you eat ~

Offline semutdaun

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #7 pada: November 13, 2011, 12:46:18 PM »
setau saya karakter makhluk hidup itu punya asam nukleat (DNA).
virus diragukan statusnya antara hidup atau benda mati.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #8 pada: November 14, 2011, 07:16:47 AM »
Bernafasnya tumbuhan pake CO2...
sis, tumbuhan hijau tetap bernapas mengambil oksigen. mereka mengambil CO2 hanya untuk fotosintesis.

setau saya karakter makhluk hidup itu punya asam nukleat (DNA).
virus diragukan statusnya antara hidup atau benda mati.
tidak semua virus punya DNA, ada yang hanya punya RNA.
virus hanya berlaku seperti makhluk hidup jika berada dalam tubuh makhluk hidup lainnya. di luar itu dia berlaku seperti benda mati.

Online Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 986
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #9 pada: November 14, 2011, 10:00:25 AM »
sis, tumbuhan hijau tetap bernapas mengambil oksigen. mereka mengambil CO2 hanya untuk fotosintesis.

GuruQ waktu masih kelas 3 SD bilang kalau di malam hari tumbuhan bernafas menggunakan oksigen dan menghasilkan karbon dioksida. Dia bilang makanya jangan tidur di bawah pohon di malam hari coz bisa mati lemes.

Offline orang pinggiran

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #10 pada: November 14, 2011, 11:45:24 AM »
nimbrung ah....
dai jaman nabi adam sampe zaman adam malik kayaknya standaritas mahluk hidup (MH) ini dapat di simpulkan dengan "dapat berkembang biak" artinya punya keturunan untuk mempertahankan eksistensi spesiesnya agar tidak punah, nah MH yang tidak bisa mempertahankan eksistensinya maka disebut punah......
tuk nafas, dari beberapa literatur dapat didefenisikan dengan pertukaran gas pada satu organisme tertentu/MH tadi, bisa antara O2 dengan CO2 tau lainnya, karena ternyata ada MH yang tidak butuh oksigen, contoh saat tumbuhan mendapatkan sinar dengan gelombang tertentu yang bisa melakukan fotosintesis maka lebih butuh CO2, dan malah membuang oksigen...
nah tuk keturunan, karena ada tuntutan tuk memepertahankan eksistensi maka MH dengan segenap usaha akan membuat speciesnya unggul dari lingkungan.... coba deh kalo kita nanem tumbuhan holtikultura di lahan kritis, maka dia akan membuah organ generatif walaupun belum umurnya untuk membuat bunga atau buah.... nah teori ini banyak di manfaatkan oleh para petani ubi rambat....

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #11 pada: November 14, 2011, 12:11:33 PM »
GuruQ waktu masih kelas 3 SD bilang kalau di malam hari tumbuhan bernafas menggunakan oksigen dan menghasilkan karbon dioksida. Dia bilang makanya jangan tidur di bawah pohon di malam hari coz bisa mati lemes.
terlalu berlebihan... kecuali kalo di ruang tertutup.

Online Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 986
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #12 pada: November 14, 2011, 01:43:26 PM »
terlalu berlebihan... kecuali kalo di ruang tertutup.

Tapi kalo' nggak salah waktu itu guruQ bilangnya pohon besar deh... Masihkah terlalu berlebihan?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #13 pada: November 14, 2011, 03:10:58 PM »
sepertinya binatang di hutan ga ada yang mati lemas abis bobo di bawah pohon besar...
guru sd-ku juga pernah bilang gitu. tapi lebih pada tanaman di dalam ruang, misalnya di kamar tidur, karena bakal bisa berebut oksigen.

Online Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 986
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #14 pada: November 14, 2011, 03:52:51 PM »
sepertinya binatang di hutan ga ada yang mati lemas abis bobo di bawah pohon besar...
guru sd-ku juga pernah bilang gitu. tapi lebih pada tanaman di dalam ruang, misalnya di kamar tidur, karena bakal bisa berebut oksigen.

Hmmm... Mungkin emang itu kali ya yg dimaksud sama guruQ?  ::)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Ciri-ciri Perokok

Dimulai oleh biobio « 1 2 3 4 » Kesehatan

59 Jawaban
35724 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2009, 11:40:30 AM
oleh alvin pratama
25 Jawaban
5978 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 10:27:33 AM
oleh Hendy wijaya, MD
35 Jawaban
7423 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2011, 02:36:08 PM
oleh Hendy wijaya, MD
10 Jawaban
2714 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2011, 11:07:16 PM
oleh Astrawinata G
2 Jawaban
3086 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2011, 01:56:31 PM
oleh msihabudin

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia