Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

esusukambing

Hari Ini jam 09:58:43 AM
Gue suka forum nie,...
buat nambah pengetahuan :) :)

esusukambing

Kemarin jam 11:53:50 AM
Ayoo.. buruan jadi agen susu kambing etawa begifa.. ;)

Gabung grup FB Agen Susu Begifa --> https://goo.gl/IN7CFd

Info dan pertanyaan lebih lanjut :
BBM : 54D01E87 | WA : 0878.3622.9494

Online Shop Sepatu

Agustus 28, 2015, 11:30:15 PM

aji saka

Agustus 28, 2015, 05:19:10 PM
Perkenal kan nama saya ajisaka tggl di bogor

ViviSeptri

Agustus 25, 2015, 05:53:54 AM
1. Mengapa terjadi penyerapan dan pelepasan elektron, yang akan masuk ke sistem transport elektron
2. mengapa pada aliran elektron tidak ada produksi NADPH dan tidak ada pelepasan oksigen?
3. Energi apa yang digunakan dalamfotosintesis
4. warna gelombang cahaya manakah yang penting dalam fotosint

jetkoplo

Agustus 24, 2015, 12:35:06 AM
Bagi yang interest ke sains coba deh ikutan Science Project Awards, siapa tau menang.
Lengkapnya klik aja www.starfm3uns.wordpress.com/science-project-awards/

 ;)

khariesma07

Agustus 21, 2015, 01:47:40 AM
KAMI JUAL OBAT ABORSI | *** | *** | *** | *** MISOPROSTOL | GASTRUL


INFO ORDER PEMESANAN VIA SMS / BBM KE :
Call me : 082243840567 - PIN BB : 29b8b770
Website : www.pelancarhaid1-6.blogspot.com


*** *** ( misoprostol pfizer)

fathoni

Agustus 20, 2015, 10:37:32 PM
salam kenal,
kebetulan saya ada kesulitan dengan soal fisika, kalau mau tanya gimana caranya ya??

fiand20

Agustus 06, 2015, 10:15:07 AM
Salam kenal yah semua,, :D ;)

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Show 50 latest

Penulis Topik: Ciri-ciri Makhluk Hidup  (Dibaca 19201 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #45 pada: Desember 03, 2011, 09:40:05 AM »
Biobio:
Robot pun nantinya bisa demikian, tapi tetap saja bukan benda hidup. Malah boleh jadi tanaman adalah benda hidup yang punya kesadaran, maksudnya, bisa merasakan ini dan itu.
"Nantinya", dan hal tersebut belum terbukti ataupun dapat digunakan untuk identifikasi ciri-ciri makhluk hidup sekarang, dan yang paling tepat (menurut pandangan subyektif saya) untuk ciri-ciri makhlk hidup adalah seperti yang diberikan Prof. Houw Liong

Keduluan pak THL postingnya  ............. ;D

Post di atas yang tadinya ingin saya usulkan agar dikukuhkan penyebutannya menjadi salah satu Hukum dalam Biologi,  mencontoh di Fisika itu kan banyak hukum2nya ..................

Misalnya disebut :  Hukum Pertama Biologi. ::)
Nah, kadang sulit sekali membedakan antara hukum, teori, lemma, konjektur, aksioma, dll dalam dunia sains. Tidak semudah itu suatu hal dinamai hukum atau diberi embel-embel teori, dll. Monggo dibrowsing perbedaannya. Kayaknya di forsa udah pernah dibahas sih...
"The pen is mightier than the sword"

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3064
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #46 pada: Desember 03, 2011, 04:06:42 PM »
Setidaknya robot bisa memproduksi komputer untuk sekarang, kalau diotomatiskan lebih dalam lagi, digabungkan dengan internet, mungkin pabrik bisa dianggap sebagai sebuah telur raksasa. Tetap saja, bukan itu inti dari kehidupan.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1210
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #47 pada: Desember 05, 2011, 11:26:05 AM »
Excretion

Excretion is the removal of waste from the body. If this waste was allowed to remain in the body it could be poisonous. Humans produce a liquid waste called urine. We also excrete waste when we breathe out. All living things need to remove waste from their bodies.

Ng? Emangnya apa yg dibuang oleh tumbuhan selain dlm proses pernafasan?  ???
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 719
  • IQ: 32
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #48 pada: Desember 05, 2011, 02:29:35 PM »
Saya pikir, usulan Prof. Farabi perlu dipertimbangkan..Kita tidak bisa mengabaikannya begitu saja..Tetapi, seperti Prof Biobio bilang bahwa conciousness sampai saat ini belum bisa diukur secara kuantitatif dan kualitatif, maka dengan terpaksa masalah conciousness baru bisa dibahas dalam disiplin Filosofi..Bukan di SF Biologi..Sampai suatu waktu ada yang bisa mempresentasikan metode ilmiah untuk menguji conciousness, bahkan mungkin "ruh"..
DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #49 pada: Desember 05, 2011, 02:36:16 PM »
Ng? Emangnya apa yg dibuang oleh tumbuhan selain dlm proses pernafasan?  ???

mungkin tulisan berikut bisa menjawab?
Kutip
In plants, breakdown of substances is much slower than in animals. Hence accumulation of waste is much slower and there are no special organs of excretion. Green plants in darkness or plants that do not contain chlorophyll produce carbon dioxide and water as respiratory waste products. Carbon dioxide released during respiration gets utilized during photosynthesis. Oxygen itself can be thought of as a waste product generated during photosynthesis, and exits through stomata, root cell walls, and other routes. Plants can get rid of excess water by transpiration and guttation. Waste products may be stored in leaves that fall off. Other waste materials that are exuded by some plants — resins, saps, latexes, etc. are forced from the interior of the plant by hydrostatic pressures inside the plant and by absorptive forces of plant cells. These processes do not need added energy, they act passively.[2]Plants also excrete some waste substances into the soil around them.[3]

http://en.wikipedia.org/wiki/Excretion#Non-mammalian
once we have eternity, everything else can wait

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1210
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #50 pada: Desember 05, 2011, 05:19:38 PM »
^
Oh, jadi gitu toh... Habisnya q belum pernah liat di bagian mana tumbuhan "kencing"...  :P
However, +1 IQ for you...  ^-^

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #51 pada: Desember 06, 2011, 07:23:02 AM »
yg paling terkenal mungkin adalah peristiwa gutasi.


Spartina sp mengeluarkan garam. tumbuhan ini mampu hidup di tanah dengan kadar garam tinggi.


sejenis jamur, Abortiporus biennis, mengeluarkan eksudat berwarna kemerahan.

http://www.mykoweb.com/CAF/species/Abortiporus_biennis.html

kebanyakan jenis tumbuhan karnivora mengeluarkan zat pemikat serangga. beberapa mengeluarkan 'perekat' dan beberapa mensekresi enzim pencerna.





Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1210
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #52 pada: Desember 06, 2011, 04:20:29 PM »
Yg peristiwa gutasi itu mungkin banyak yg nggak tahu coz dikiranya itu embun, terus yg jamur itu alih2 ngeluarin ekskresi berwarna merah kalo' dilihat sekilas malah lebih tampak spt tumbuhan merah yg tertutup ribuan jamur kecil berwarna putih...  ::)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #53 pada: Desember 06, 2011, 06:48:55 PM »
latex, cairan yang umumnya berwarna putih, dikeluarkan dari jaringan tumbuhan yang terluka, merupakan emulsi yang komposisinya cukup kompleks, bisa mencakup karbohidrat, protein, minyak, alkaloid, dan/atau tanin. umum digunakan sebagai langkah pertahanan diri terhadap serangga.


resin, cairan kental aromatis karena kandungan terpena, biasanya lengket banget. ada yang menduga resin adalah bahan buangan dari tanaman, tetapi peneliti yang lain mengganggap resin sebagai bahan antiparasit karena sifat toksiknya.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1210
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #54 pada: Desember 07, 2011, 11:23:46 AM »
^
Keduanya (Latex & Resin) itu getah kan?
Latex itu kayak getah kaktus, terus kalo' Resin itu kayak getah apa ya q lupa, tapi pernah liat dulu (& baru tahu sekarang kl Resin itu bersifat toxic  ::) )

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #55 pada: Desember 23, 2011, 07:06:40 AM »
Ciri-ciri makhluk hidup adalah memiliki energi yang diperlukan untuk aktifitasnya ......................

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Ciri-ciri Perokok

Dimulai oleh biobio « 1 2 3 4 » Kesehatan

59 Jawaban
42768 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2009, 11:40:30 AM
oleh alvin pratama
25 Jawaban
8168 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 10:27:33 AM
oleh Hendy wijaya, MD
35 Jawaban
11088 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2011, 02:36:08 PM
oleh Hendy wijaya, MD
10 Jawaban
3542 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2011, 11:07:16 PM
oleh Astrawinata G
2 Jawaban
3843 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2011, 01:56:31 PM
oleh msihabudin

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia