Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

nʇǝʌ∀

Kemarin jam 08:17:31 PM
Jangan mencantumkan info kontak pribadi atau seseorang. gunakan fasilitas PM untuk berbagi info kontak tsb.
 

nʇǝʌ∀

Kemarin jam 08:15:37 PM
akhir-akhir ini banyak sekali iklan dan iklan terselubung

esusukambing

September 03, 2015, 09:58:43 AM
Gue suka forum nie,...
buat nambah pengetahuan :) :)

esusukambing

September 02, 2015, 11:53:50 AM
Ayoo.. buruan jadi agen susu kambing etawa begifa.. ;)

Gabung grup FB Agen Susu Begifa --> https://goo.gl/IN7CFd

Info dan pertanyaan lebih lanjut :
BBM : 54D01E87 | WA : 0878.3622.9494

Online Shop Sepatu

Agustus 28, 2015, 11:30:15 PM

aji saka

Agustus 28, 2015, 05:19:10 PM
Perkenal kan nama saya ajisaka tggl di bogor

ViviSeptri

Agustus 25, 2015, 05:53:54 AM
1. Mengapa terjadi penyerapan dan pelepasan elektron, yang akan masuk ke sistem transport elektron
2. mengapa pada aliran elektron tidak ada produksi NADPH dan tidak ada pelepasan oksigen?
3. Energi apa yang digunakan dalamfotosintesis
4. warna gelombang cahaya manakah yang penting dalam fotosint

jetkoplo

Agustus 24, 2015, 12:35:06 AM
Bagi yang interest ke sains coba deh ikutan Science Project Awards, siapa tau menang.
Lengkapnya klik aja www.starfm3uns.wordpress.com/science-project-awards/

 ;)

khariesma07

Agustus 21, 2015, 01:47:40 AM
KAMI JUAL OBAT ABORSI | *** | *** | *** | *** MISOPROSTOL | GASTRUL


INFO ORDER PEMESANAN VIA SMS / BBM KE :
Call me : 082243840567 - PIN BB : 29b8b770
Website : www.pelancarhaid1-6.blogspot.com


*** *** ( misoprostol pfizer)

fathoni

Agustus 20, 2015, 10:37:32 PM
salam kenal,
kebetulan saya ada kesulitan dengan soal fisika, kalau mau tanya gimana caranya ya??

Show 50 latest

Penulis Topik: Ciri-ciri Makhluk Hidup  (Dibaca 19216 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #30 pada: Desember 01, 2011, 07:46:53 AM »
itu nama virus? kaya pesawat luar angkasa aja... penciptanya NASA?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3064
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #31 pada: Desember 01, 2011, 08:59:39 AM »
Becanda kok ;D
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #32 pada: Desember 01, 2011, 11:41:37 AM »
Kutip

Ada bukti riset menunjukkan bahwa radiasi UV ternyata punya potensi dapat  "  menggugah  "  status  "  tidur  "  HIV.   Dengan "  sentuhan " ( eksposur ) sinar UV dalam intensitas tertentu virus AIDS yang semula dalam kondisi laten  "  terbangun "  menjadi reaktif.   Tingkat reaktifitas bahkan mencapai puluhan sampai ratusan kali lebih kuat daripada tingkat reaktifitas normalnya,  dalam arti tanpa faktor pemicu seperti radiasi UV.   Informasi ini antara lain pernah diungkap dalam majalah ..........................


" virus " yang menjadi reaktif karena sentuhan sinar UV seperti disampaikan dalam kutipan di atas,   apakah tergolong / termasuk ciri-ciri makhluk hidup  ?


Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #33 pada: Desember 01, 2011, 12:22:28 PM »
satu satunya alasan virus disebut mahluk hidup itu kan karena dia berkembang biak kan? Kalau bgt virus komputer apa bisa disebut mahluk hidup? dia kan berkembang biak (menggandakan diri)?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #34 pada: Desember 01, 2011, 12:36:19 PM »
beda lah... emang virus komputer ada bentuk fisiknya?
jadi inget pas di awal 90-an. waktu itu komputer rumahan masi jarang. saya dan beberapa teman ngerjain tugas pake komputer salah satu rekan. trus ada temen yang bersin deket komputer. mama pemilik komputer langsung menasihati, 'eh, hati-hati, jangan bersin di depan komputer, nanti komputernya kena virus...' (bayangin aja ada komputer kena pilek!)

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #35 pada: Desember 01, 2011, 12:48:34 PM »
apa harus punya bentuk fisik?

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #36 pada: Desember 01, 2011, 12:52:34 PM »
Pencarian planet berpenghuni biasanya mengikuti "standar" bumi: ada air, ada udara, hangat, dll. Bagaimana kalau ada alternatif kehidupan bentuk lain, misalnya mahluk hidup berbentuk gas atau apa?

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #37 pada: Desember 01, 2011, 12:59:33 PM »
bentuknya kayak ranjau jangkar ............ ;D

kalo ada yang belum tahu ranjau jangkar,  yaitu seperti virus yang menyebabkan hari ini 1 Desember menjadi hari peringatan seluruh dunia ::)

ranjau jangkar diameternya kurang lebih 1 meter,  kalo virus itu diameternya kurang lebih 200 nm .................

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #38 pada: Desember 01, 2011, 01:48:53 PM »
apa harus punya bentuk fisik?
kalo ga punya bentuk fisik yang jangan dibahas di subforum biologi. silakan dibahas di pseudoscience aja. thanks.

Bagaimana kalau ada alternatif kehidupan bentuk lain, misalnya mahluk hidup berbentuk gas atau apa?
makhluk hidup bentuk gas? sepertinya susah karena gas susah mempertahankan wujudnya, kena angin dikit aja udah berantakan. selain itu diperlukan air sebagai media reaksi metabolisme. makhluk hidup yang saat ini diketahui nyaris sedikit komponen padatnya adalah ubur-ubur. kadar air mereka bisa mencapai 95%.

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1300
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #39 pada: Desember 01, 2011, 03:47:47 PM »
The Seven Characteristics of Living Things

Feeding

All living organisms need to take substances from their environment to obtain energy, to grow and to stay healthy.

Movement

All living organisms show movement of one kind or another. All living organisms have internal movement, which means that they have the ability of moving substances from one part of their body to another. Some living organisms show external movement as well - they can move from place to place by walking, flying or swimming.

Breathing or Respiration

All living things exchange gases with their environment. Animals take in oxygen and breathe out carbon dioxide.

Excretion

Excretion is the removal of waste from the body. If this waste was allowed to remain in the body it could be poisonous. Humans produce a liquid waste called urine. We also excrete waste when we breathe out. All living things need to remove waste from their bodies.

Growth

When living things feed they gain energy. Some of this energy is used in growth. Living things become larger and more complicated as they grow.

Sensitivity

Living things react to changes around them. We react to touch, light, heat, cold and sound, as do other living things.

Reproduction

All living things produce young. Humans make babies, cats produce kittens and pigeons lay eggs. Plants also reproduce. Many make seeds which can germinate and grow into new plants.

http://www.saburchill.com/chapters/chap0001.html
HouwLiong

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3064
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #40 pada: Desember 02, 2011, 09:31:35 PM »
Makhluk hidup terletak pada kesadarannya, saya rasa itu.

Offline Blue_Rain

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 104
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #41 pada: Desember 02, 2011, 09:50:47 PM »
Makhluk hidup terletak pada kesadarannya, saya rasa itu.

Maksudnya..??
Sadar untuk bisa bergerak gitu..??
The Rain Always Blue...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #42 pada: Desember 02, 2011, 11:38:03 PM »
Makhluk hidup terletak pada kesadarannya, saya rasa itu.
Apakah yang dimaksud adalah "consciousness"? Jika ya, bagaimana cara mengukur secara kualitatif maupun kuantitatif consciousness itu? Saya lebih setuju bahwa uraian Prof Houw Liong berikut lebih bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah:
The Seven Characteristics of Living Things

Feeding

All living organisms need to take substances from their environment to obtain energy, to grow and to stay healthy.

Movement

All living organisms show movement of one kind or another. All living organisms have internal movement, which means that they have the ability of moving substances from one part of their body to another. Some living organisms show external movement as well - they can move from place to place by walking, flying or swimming.

Breathing or Respiration

All living things exchange gases with their environment. Animals take in oxygen and breathe out carbon dioxide.

Excretion

Excretion is the removal of waste from the body. If this waste was allowed to remain in the body it could be poisonous. Humans produce a liquid waste called urine. We also excrete waste when we breathe out. All living things need to remove waste from their bodies.

Growth

When living things feed they gain energy. Some of this energy is used in growth. Living things become larger and more complicated as they grow.

Sensitivity

Living things react to changes around them. We react to touch, light, heat, cold and sound, as do other living things.

Reproduction

All living things produce young. Humans make babies, cats produce kittens and pigeons lay eggs. Plants also reproduce. Many make seeds which can germinate and grow into new plants.

http://www.saburchill.com/chapters/chap0001.html
"The pen is mightier than the sword"

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3064
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #43 pada: Desember 03, 2011, 07:53:07 AM »
Biobio:
Robot pun nantinya bisa demikian, tapi tetap saja bukan benda hidup. Malah boleh jadi tanaman adalah benda hidup yang punya kesadaran, maksudnya, bisa merasakan ini dan itu.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #44 pada: Desember 03, 2011, 08:10:28 AM »
The Seven Characteristics of Living Things

Feeding

All living organisms need to take substances from their environment to obtain energy, to grow and to stay healthy.

Movement

All living organisms show movement of one kind or another. All living organisms have internal movement, which means that they have the ability of moving substances from one part of their body to another. Some living organisms show external movement as well - they can move from place to place by walking, flying or swimming.

Breathing or Respiration

All living things exchange gases with their environment. Animals take in oxygen and breathe out carbon dioxide.

Excretion

Excretion is the removal of waste from the body. If this waste was allowed to remain in the body it could be poisonous. Humans produce a liquid waste called urine. We also excrete waste when we breathe out. All living things need to remove waste from their bodies.

Growth

When living things feed they gain energy. Some of this energy is used in growth. Living things become larger and more complicated as they grow.

Sensitivity

Living things react to changes around them. We react to touch, light, heat, cold and sound, as do other living things.

Reproduction

All living things produce young. Humans make babies, cats produce kittens and pigeons lay eggs. Plants also reproduce. Many make seeds which can germinate and grow into new plants.

http://www.saburchill.com/chapters/chap0001.html


Keduluan pak THL postingnya  ............. ;D

Post di atas yang tadinya ingin saya usulkan agar dikukuhkan penyebutannya menjadi salah satu Hukum dalam Biologi,  mencontoh di Fisika itu kan banyak hukum2nya ..................

Misalnya disebut :  Hukum Pertama Biologi. ::)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Ciri-ciri Perokok

Dimulai oleh biobio « 1 2 3 4 » Kesehatan

59 Jawaban
42800 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2009, 11:40:30 AM
oleh alvin pratama
25 Jawaban
8171 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 10:27:33 AM
oleh Hendy wijaya, MD
35 Jawaban
11098 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2011, 02:36:08 PM
oleh Hendy wijaya, MD
10 Jawaban
3547 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2011, 11:07:16 PM
oleh Astrawinata G
2 Jawaban
3845 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2011, 01:56:31 PM
oleh msihabudin

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia