Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Ciri-ciri Makhluk Hidup  (Dibaca 14510 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #30 pada: Desember 01, 2011, 07:46:53 AM »
itu nama virus? kaya pesawat luar angkasa aja... penciptanya NASA?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #31 pada: Desember 01, 2011, 08:59:39 AM »
Becanda kok ;D
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #32 pada: Desember 01, 2011, 11:41:37 AM »
Kutip

Ada bukti riset menunjukkan bahwa radiasi UV ternyata punya potensi dapat  "  menggugah  "  status  "  tidur  "  HIV.   Dengan "  sentuhan " ( eksposur ) sinar UV dalam intensitas tertentu virus AIDS yang semula dalam kondisi laten  "  terbangun "  menjadi reaktif.   Tingkat reaktifitas bahkan mencapai puluhan sampai ratusan kali lebih kuat daripada tingkat reaktifitas normalnya,  dalam arti tanpa faktor pemicu seperti radiasi UV.   Informasi ini antara lain pernah diungkap dalam majalah ..........................


" virus " yang menjadi reaktif karena sentuhan sinar UV seperti disampaikan dalam kutipan di atas,   apakah tergolong / termasuk ciri-ciri makhluk hidup  ?


Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #33 pada: Desember 01, 2011, 12:22:28 PM »
satu satunya alasan virus disebut mahluk hidup itu kan karena dia berkembang biak kan? Kalau bgt virus komputer apa bisa disebut mahluk hidup? dia kan berkembang biak (menggandakan diri)?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #34 pada: Desember 01, 2011, 12:36:19 PM »
beda lah... emang virus komputer ada bentuk fisiknya?
jadi inget pas di awal 90-an. waktu itu komputer rumahan masi jarang. saya dan beberapa teman ngerjain tugas pake komputer salah satu rekan. trus ada temen yang bersin deket komputer. mama pemilik komputer langsung menasihati, 'eh, hati-hati, jangan bersin di depan komputer, nanti komputernya kena virus...' (bayangin aja ada komputer kena pilek!)

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #35 pada: Desember 01, 2011, 12:48:34 PM »
apa harus punya bentuk fisik?

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #36 pada: Desember 01, 2011, 12:52:34 PM »
Pencarian planet berpenghuni biasanya mengikuti "standar" bumi: ada air, ada udara, hangat, dll. Bagaimana kalau ada alternatif kehidupan bentuk lain, misalnya mahluk hidup berbentuk gas atau apa?

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #37 pada: Desember 01, 2011, 12:59:33 PM »
bentuknya kayak ranjau jangkar ............ ;D

kalo ada yang belum tahu ranjau jangkar,  yaitu seperti virus yang menyebabkan hari ini 1 Desember menjadi hari peringatan seluruh dunia ::)

ranjau jangkar diameternya kurang lebih 1 meter,  kalo virus itu diameternya kurang lebih 200 nm .................

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #38 pada: Desember 01, 2011, 01:48:53 PM »
apa harus punya bentuk fisik?
kalo ga punya bentuk fisik yang jangan dibahas di subforum biologi. silakan dibahas di pseudoscience aja. thanks.

Bagaimana kalau ada alternatif kehidupan bentuk lain, misalnya mahluk hidup berbentuk gas atau apa?
makhluk hidup bentuk gas? sepertinya susah karena gas susah mempertahankan wujudnya, kena angin dikit aja udah berantakan. selain itu diperlukan air sebagai media reaksi metabolisme. makhluk hidup yang saat ini diketahui nyaris sedikit komponen padatnya adalah ubur-ubur. kadar air mereka bisa mencapai 95%.

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #39 pada: Desember 01, 2011, 03:47:47 PM »
The Seven Characteristics of Living Things

Feeding

All living organisms need to take substances from their environment to obtain energy, to grow and to stay healthy.

Movement

All living organisms show movement of one kind or another. All living organisms have internal movement, which means that they have the ability of moving substances from one part of their body to another. Some living organisms show external movement as well - they can move from place to place by walking, flying or swimming.

Breathing or Respiration

All living things exchange gases with their environment. Animals take in oxygen and breathe out carbon dioxide.

Excretion

Excretion is the removal of waste from the body. If this waste was allowed to remain in the body it could be poisonous. Humans produce a liquid waste called urine. We also excrete waste when we breathe out. All living things need to remove waste from their bodies.

Growth

When living things feed they gain energy. Some of this energy is used in growth. Living things become larger and more complicated as they grow.

Sensitivity

Living things react to changes around them. We react to touch, light, heat, cold and sound, as do other living things.

Reproduction

All living things produce young. Humans make babies, cats produce kittens and pigeons lay eggs. Plants also reproduce. Many make seeds which can germinate and grow into new plants.

http://www.saburchill.com/chapters/chap0001.html
HouwLiong

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #40 pada: Desember 02, 2011, 09:31:35 PM »
Makhluk hidup terletak pada kesadarannya, saya rasa itu.

Offline Blue_Rain

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #41 pada: Desember 02, 2011, 09:50:47 PM »
Makhluk hidup terletak pada kesadarannya, saya rasa itu.

Maksudnya..??
Sadar untuk bisa bergerak gitu..??
The Rain Always Blue...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #42 pada: Desember 02, 2011, 11:38:03 PM »
Makhluk hidup terletak pada kesadarannya, saya rasa itu.
Apakah yang dimaksud adalah "consciousness"? Jika ya, bagaimana cara mengukur secara kualitatif maupun kuantitatif consciousness itu? Saya lebih setuju bahwa uraian Prof Houw Liong berikut lebih bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah:
The Seven Characteristics of Living Things

Feeding

All living organisms need to take substances from their environment to obtain energy, to grow and to stay healthy.

Movement

All living organisms show movement of one kind or another. All living organisms have internal movement, which means that they have the ability of moving substances from one part of their body to another. Some living organisms show external movement as well - they can move from place to place by walking, flying or swimming.

Breathing or Respiration

All living things exchange gases with their environment. Animals take in oxygen and breathe out carbon dioxide.

Excretion

Excretion is the removal of waste from the body. If this waste was allowed to remain in the body it could be poisonous. Humans produce a liquid waste called urine. We also excrete waste when we breathe out. All living things need to remove waste from their bodies.

Growth

When living things feed they gain energy. Some of this energy is used in growth. Living things become larger and more complicated as they grow.

Sensitivity

Living things react to changes around them. We react to touch, light, heat, cold and sound, as do other living things.

Reproduction

All living things produce young. Humans make babies, cats produce kittens and pigeons lay eggs. Plants also reproduce. Many make seeds which can germinate and grow into new plants.

http://www.saburchill.com/chapters/chap0001.html
"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #43 pada: Desember 03, 2011, 07:53:07 AM »
Biobio:
Robot pun nantinya bisa demikian, tapi tetap saja bukan benda hidup. Malah boleh jadi tanaman adalah benda hidup yang punya kesadaran, maksudnya, bisa merasakan ini dan itu.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:Ciri-ciri Makhluk Hidup
« Jawab #44 pada: Desember 03, 2011, 08:10:28 AM »
The Seven Characteristics of Living Things

Feeding

All living organisms need to take substances from their environment to obtain energy, to grow and to stay healthy.

Movement

All living organisms show movement of one kind or another. All living organisms have internal movement, which means that they have the ability of moving substances from one part of their body to another. Some living organisms show external movement as well - they can move from place to place by walking, flying or swimming.

Breathing or Respiration

All living things exchange gases with their environment. Animals take in oxygen and breathe out carbon dioxide.

Excretion

Excretion is the removal of waste from the body. If this waste was allowed to remain in the body it could be poisonous. Humans produce a liquid waste called urine. We also excrete waste when we breathe out. All living things need to remove waste from their bodies.

Growth

When living things feed they gain energy. Some of this energy is used in growth. Living things become larger and more complicated as they grow.

Sensitivity

Living things react to changes around them. We react to touch, light, heat, cold and sound, as do other living things.

Reproduction

All living things produce young. Humans make babies, cats produce kittens and pigeons lay eggs. Plants also reproduce. Many make seeds which can germinate and grow into new plants.

http://www.saburchill.com/chapters/chap0001.html


Keduluan pak THL postingnya  ............. ;D

Post di atas yang tadinya ingin saya usulkan agar dikukuhkan penyebutannya menjadi salah satu Hukum dalam Biologi,  mencontoh di Fisika itu kan banyak hukum2nya ..................

Misalnya disebut :  Hukum Pertama Biologi. ::)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Ciri-ciri Perokok

Dimulai oleh biobio « 1 2 3 4 » Kesehatan

59 Jawaban
36610 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2009, 11:40:30 AM
oleh alvin pratama
25 Jawaban
6193 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 10:27:33 AM
oleh Hendy wijaya, MD
35 Jawaban
7755 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2011, 02:36:08 PM
oleh Hendy wijaya, MD
10 Jawaban
2841 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2011, 11:07:16 PM
oleh Astrawinata G
2 Jawaban
3204 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2011, 01:56:31 PM
oleh msihabudin

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia