Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

Show 50 latest

Penulis Topik: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi  (Dibaca 139903 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« pada: Agustus 03, 2008, 10:38:35 PM »
Menindaklanjuti pembicaraan di biologi untuk pemula, topik ini khusus untuk membahas Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi.
Kalau ada pertanyaan atau koreksi silahkan reply, tulisan di luar bahasan ini akan dihapus.

Terima kasih.

« Edit Terakhir: Agustus 03, 2008, 10:59:41 PM oleh reborn »



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Apa itu biologi dan apa saja yang dipelajari dalam biologi?
« Jawab #1 pada: Agustus 03, 2008, 10:40:43 PM »
Definisi Biologi

Biologi berasal dari kata bios (βiος) dan logos (λόγος) yang merupakan bahasa Yunani, masing-masing artinya hidup dan ilmu. Jadi artinya ilmu alam yang mempelajari tentang organisme hidup dan interaksinya dengan lingkungan. Sebenarnya aspek yg dipelajari di biologi adalah semua yg berhubungan dengan makhluk hidup itu sendiri. Selain struktur, fungsi, tumbuh-kembang, dan adaptasi terhadap lingkungan tempat hidup, ada juga penggolongan makhluk hidup, habitatnya, peran pada lingkungan, asal-usul dan evolusinya. Biologi sangat luas karena semua makhluk hidup dipelajari, dari yang sekecil bakteri hingga yang sebesar paus putih. Karena begitu luasnya cakupan Biologi, maka dibuatlah cabang-cabang ilmu biologi.

Cabang-cabang Biologi

Cabang biologi terus-menerus bertambah, sesuai dengan perkembangan ilmu biologi itu sendiri. Antara lain mikologi (ilmu tentang fungi) yang dahulu disatukan dalam botani, sekarang dipisahkan, kemudian ada fikologi (ilmu tentang alga), lalu ada bryologi (ilmu lumut), ada ichtiologi (ilmu tentang ikan), karsinologi (ilmu tentang krustasea), mammologi (ilmu tentang mammalia), ornitologi (ilmu tentang burung), entomologi (ilmu tentang insekta), paratisologi (ilmu tentang parasit), etnobotani, dan etnozoologi.  Cabang biologi yg mempelajari virus disebut virologi, bakteri bakteriologi, mikroorganisme secara umum disebut mikrobiologi, tumbuhan botani, hewan zoologi, hubungan antara makhluk dan lingkungan disebut ekologi. Cabang yg mempelajari aspek kimia dari kehidupan disebut biokimia. Di sini masih bisa dibagi lagi menjadi biologi molekuler (interaksi antara molekul biologi), biologi seluler (interaksi antar pengguna telepon seluler? bukan! tapi berkaitan dengan sel), dan fisiologi (fungsi jaringan dan organ dalam tubuh). Masih buaanyaak lagi yang kalau di tulis disini pasti ngabisin satu halaman.

*Silakan om moderator syx dan milmi mengupdate ya  ;D
« Edit Terakhir: Agustus 04, 2008, 09:45:56 PM oleh reborn »

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #2 pada: Agustus 04, 2008, 07:14:19 PM »
Gimana nih, mau yang mana dulu yang dibahas? Judulnya "cabang-cabang biologi" tetapi pertanyaannya kok "apa itu biologi?"  ???
omne vivum ex vivo, so viva!

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #3 pada: Agustus 04, 2008, 09:32:42 PM »
Ya di sini dibahas pengertian biologi, definisi, ruang lingkup, dan cabang-cabang biologi. Post kedua (sekarang reserved) itu nantinya yang akan koreksi dan ditambahin setelah ada masukan-masukan dari para member.
Kenapa seperti itu? Karena topik ini nantinya jadi referensi, jadi biar ga harus baca seluruh postingnya, cukup baca post kedua itu aja. Kalo salah dikoreksi dan nantinya post kedua itu diedit sama moderator. Untuk awal, gw coba pindahin yang udah ada di topik sebelah dulu deh. Yang lain tolong dikoreksi ya.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #4 pada: Agustus 06, 2008, 07:44:37 AM »
kalo cabang-cabang dalam dunia kedokteran itu sebenernya keturunan dari biologi juga kan? seperti anatomi, histologi, fisiologi, morfologi, obstetri-ginekologi, andrologi, seksologi (ada ga?)...?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #5 pada: Agustus 06, 2008, 10:14:34 AM »
Seharusnya sih dari biologi juga. Tapi kedokteran kan ilmu terapan, multidisipliner, bukan lagi basic science dan hanya biologi. Kalo dari mata kuliahnya aja misalnya : biologi medis, kimia medis, fisiologi kedokteran, dll. Seksologi lagi, duh lagi hobi bahas itu di sini ya ;D Seksologi ada tapi bukan termasuk biologi keknya, dah multidisipliner itu.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #6 pada: Agustus 06, 2008, 10:30:09 AM »
iya nih, banyak yg nanya... keliatannya bakal makin hot aja. ya kita-kita yg pengalaman ini yg musti kasi arahan yg bener buat para adik.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #7 pada: Agustus 07, 2008, 04:38:25 AM »
hehe, apanya yang hot ;D Iya, tolong diliat lagi deh tuh kalo ada yang perlu dikoreksi ato ditambah. Mungkin beberapa cabang biologi yang banyak dipake saat ini juga perlu diperlebar dikit penjelasannya.

Offline Hypnerotomachia

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #8 pada: Maret 30, 2009, 02:29:59 PM »
kalau biokimia masuk dimana nih??

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 407
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #9 pada: Maret 30, 2009, 03:41:53 PM »
stuju..
lebih baek masuk di biologi aja de..
bio kimia asik juga..

Offline nachan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #10 pada: April 08, 2009, 10:22:37 PM »
tanya dunk..
klo bioteknologi??
apa hrus sing nggilani?
conto : mengubah kotoran hewan menjadi gas untuk kompor...
artinya sendiri apa?

thx :)

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #11 pada: April 24, 2009, 01:42:50 AM »
tanya dunk..
klo bioteknologi??
apa hrus sing nggilani?
conto : mengubah kotoran hewan menjadi gas untuk kompor...
artinya sendiri apa?

thx :)
Bioteknologi ato teknobiologi kasarnya adalah aplikasi teknologi yang memerlukan bantuan mikroorganisme,seperti yanga anda bilang  tadi,trus fermentasi buat arak,yohurt,sampai sintesa insulin tiruan pake E.coli yang mestinya ada di tahi manusia itu,dan mungkin kloning juga masuk biotek ya..
"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #12 pada: April 24, 2009, 01:45:58 AM »
kalau biokimia masuk dimana nih??
Intinya,bohong kalo belajar bio tanpa belajar kimia...biokimia intinya belajar kimia yang ada dalam makhluk hidup dan rposesnya...misalkan seperti metabolisme,respirasi,dkk...kalo mau buku yang bagus,H(//////a////r//PER lumayan jg..

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #13 pada: Mei 22, 2009, 12:42:24 AM »
Bioteknologi ato teknobiologi kasarnya adalah aplikasi teknologi yang memerlukan bantuan mikroorganisme,seperti yanga anda bilang  tadi,trus fermentasi buat arak,yohurt,sampai sintesa insulin tiruan pake E.coli yang mestinya ada di tahi manusia itu,dan mungkin kloning juga masuk biotek ya..
Gak semua aplikasi bioteknologi membutuhkan mikroorganisme, contohnya pada kultur jaringan tumbuhan gak butuh mikroba sama sekali, malahan gak boleh ada mikroba karena akan mengganggu prosesnya.
...setetes air di samudera luas...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
« Jawab #14 pada: Mei 22, 2009, 09:26:50 AM »
Gak semua aplikasi bioteknologi membutuhkan mikroorganisme, contohnya pada kultur jaringan tumbuhan gak butuh mikroba sama sekali, malahan gak boleh ada mikroba karena akan mengganggu prosesnya.
justru itu kita mempelajari kiat2 agar mikroorganismenya ga mengganggu... ;D ;D ;D ;D ;D wkwkwk.. jgn marah ya mi.. :D :D :D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Biologi Untuk Pemula

Dimulai oleh reborn « 1 2 3 » Biologi

35 Jawaban
28123 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2014, 04:21:57 PM
oleh milmi
0 Jawaban
1560 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2008, 03:57:15 PM
oleh biobio
5 Jawaban
4620 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2009, 08:54:04 PM
oleh luth
36 Jawaban
10144 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 06, 2009, 12:16:14 PM
oleh Hendy wijaya, MD
CABANG-CABANG BIOLOGI

Dimulai oleh obbiq « 1 2 » Biologi

17 Jawaban
30174 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2011, 05:53:07 PM
oleh steven marchelus

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia