Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

MuhammadRyan

Maret 05, 2015, 08:49:32 AM
koveran jaringannya, mas. Indonesia musatinnya di Jawa, klo di luar jawa pke parabola smua; yg di Kalimantan ama Riau byk pke router Malaysia
 

Farabi

Maret 04, 2015, 10:51:44 AM
Kalo alasan kuota karena jaringan kurang kuat? Kenapa tiap akhir bulan dimana semua orang abis kuota jaringan tidak jadi lebih cepat? Sebenarnya Internet Indonesia lambat lebih karena masalah nyari duit kan?
 

Farabi

Maret 04, 2015, 10:49:30 AM
Tarolah setiap gajian orangindonesia beli pulsa.  Berarti ada 10 juta orang yang kuotanya bisa akses internet kecepatan full.  Berarti kekuatan jaringan sebetulnya kuat kan.  Tapi kenapa setelah kuota abis jadi lambat?
 

Farabi

Maret 04, 2015, 10:39:28 AM
Apaan nih ganti menkominfo internet kecepatan nya malah ancur bae gini.

Raidahafi27

Pebruari 28, 2015, 07:12:04 AM
departemen tehnik lingkungan banyak menggambar nya ga??

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:46:50 PM
 >:(

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:42:11 PM
ada yg tau gk bahan kimia /material pembuat n pembentuk plastik n bagaimana proses campurane/takaran yg pas untuk membuat plastik frame kacamata yg celluloid n thanks ya

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:40:36 PM
hy saya anggota baru dr kota surabaya n salam kenal n thanks udh d ijinin gabung

abdillahibnunasrullah

Pebruari 24, 2015, 07:53:17 PM
Assalamualaikum, shalom kenal semuanya, ane temennya MuhammadRyan
 

MuhammadRyan

Pebruari 23, 2015, 10:23:33 PM
YAOW, Akhirnya pulang juga dari Haifah, Israel. Ada proyek... bkan soal Mossad...

Show 50 latest

Penulis Topik: fermentasi asam laktat  (Dibaca 10526 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline defian

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 4
    • Lihat Profil
fermentasi asam laktat
« pada: Oktober 08, 2009, 04:12:21 PM »
di dalamtubuh terjadi fermentasi asam laktat.. kita tau sendiri di dalam tubuh juga terjadi siklus o2 dan co2.... bagaimana terjadinya fermentasi ini di tengah siklus o2 dan co2??? :kribo: :kribo:



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #1 pada: Oktober 08, 2009, 09:11:08 PM »
karena susunan tubuh kita kompleks jadi byk kerjaan bisa dilakukan,,
asam laktat itu b'guna buat energi cadangan buat pergerakan dlm tubuh ya...???

klo asam laktat b'tumpuk,, t'jadilah,, kram..?
gtu ya,,
hohohoho~

maap rada OOT...
:P
;D
~ You are what you eat ~

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 265
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #2 pada: Oktober 09, 2009, 12:44:25 AM »
Sebenarnya ini maksud pertanyaannya apa sih? Maksudnya siklus O2 dan CO2 di tubuh manusia itu apa? Sorry agak ketus, soalnya kalau melemparkan suatu pertanyaan dan bahan diskusi di thread Biologi diharapkan bisa memberikan latar belakang yang cukup kenapa masalah tersebut layak diperbincangkan. Tolong diperbaiki lagi postingnya.
...setetes air di samudera luas...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #3 pada: Oktober 09, 2009, 12:36:20 PM »
itu karna glukosa tdk bisa diubah dgn oksigen yg cukup... mknya yg seharusnya jd 34/36 ATP malah mjd 2 ATP dan sisanya jd asam laktat yg akhirnya bikin pegel2...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #4 pada: Oktober 09, 2009, 01:38:28 PM »
Fermentasi pada dasarnya dibutuhkan untuk meregenerasi NAD+ (yang sudah direduksi menjadi NADH pada glikolisis). ATP yang dihasilkan selama fermentasi laktat hanya berasal dari glikolisis (2 ATP) dan hal ini terjadi pada keadaan anaerob.
Intinya, fermentasi laktat terjadi sebagai berikut:

1. Glukosa (6C) diubah menjadi 2 molekul piruvat (3C) oleh glikolisis menghasilkan 2 ATP dan 2 NADH

2. Pada kondisi aerob, piruvat akan masuk siklus Krebs dan ETS untuk membuat ATP melalui fosforilasi tingkat substrat (Krebs) dan fosforilasi oksidatif (ETS). ETS akan mentransfer H dari NADH ke O menjadi H2O dan secara otomatis meregenerasi NAD+ yang dibutuhkan agar glikolisis bekerja. Tanpa NAD+, glikolisis macet! Jika tidak ada oksigen molekuler (anaerob), sel akan berusaha meregenerasi NAD+ melalui fermentasi.

3. Dalam kondisi anaerob tersebut, H dari NADH akan dilepas sehingga terjadilah regenerasi NAD+. Sebagai hasil samping, terbentuklah asam laktat (enzimnya Lactate Dehydrogenase alias LDH). Asam laktat ini jika tertumpuk banyak, akan menyebabkan linu otot. Laktat sendiri akan diuraikan kembali di hati.


asam laktat itu b'guna buat energi cadangan buat pergerakan dlm tubuh ya...???
Laktat bukan sebagai energi cadangan, malah bisa buat linu. Energi cadangan dapat diperoleh dari glikogen yang oleh enzim glukagon bisa diuraikan jadi glukosa. Glukosa ini bisa langsung masuk glikolisis, siklus Krebs, dan ETS menghasilkan ATP.

itu karna glukosa tdk bisa diubah dgn oksigen yg cukup... mknya yg seharusnya jd 34/36 ATP malah mjd 2 ATP dan sisanya jd asam laktat yg akhirnya bikin pegel2...
Bukannya  36 atau 38 ATP?

Berikut di bawah ini saya lampirkan gambar langkah glikolisis yang menghasilkan piruvat dari glukosa dan juga proses regenerasi NAD+ dengan hasil samping laktat.
"The pen is mightier than the sword"

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #5 pada: Oktober 09, 2009, 02:05:26 PM »
ada glukagon...?
Rumus molekulnya apa..? hehhhehe~

baru tauu,,

iyah,, kalo asam laktat menimbun kan jadi kram yah...???

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #6 pada: Oktober 09, 2009, 02:18:04 PM »
1.ada glukagon...?
Rumus molekulnya apa..? hehhhehe~
2.iyah,, kalo asam laktat menimbun kan jadi kram yah...???
1. Glucagon adalah enzim, polipeptidanya punya 29 asam amino... saya gak hafal asam aminonya apa aja... Kalau ga salah yang di manusia dimulai dari Histidin, Serin, Glisin, Threonin, Phenilalanin, dst... Mr nya sekitar 4000 dalton.

2. Iya...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #7 pada: Oktober 10, 2009, 06:26:55 AM »
itu karna glukosa tdk bisa diubah dgn oksigen yg cukup... mknya yg seharusnya jd 34/36 ATP malah mjd 2 ATP dan sisanya jd asam laktat yg akhirnya bikin pegel2...
Bukannya  36 atau 38 ATP?

klo angka sih sulit dipastikan..
bbrp buku ada yg tulis 34, ada yg tulis 36, ada jg yg tulis 38...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #8 pada: Oktober 10, 2009, 02:18:22 PM »
Kebanyakan buku nulisnya 38 ATP, tapi transport piruvat (glikolisis terjadi dalam sitosol) ke mitokondria (tempat Siklus Krebs dan ETS) dianggap butuh 2 ATP. Angka sebenarnya bahkan bisa jauh lebih rendah dari itu.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #9 pada: Oktober 17, 2009, 09:01:50 AM »
Pada beberapa organ, memang terdapat perbedaan (macam-macam) transporter elektron dari sitosol ke mitokondria dan hal ini mempengaruhi pendapatan ATP total dari pemecahan molekul gula. Untuk contoh, silahkan mengunjungi malate-aspartate shuttle di tante wiki:
http://en.wikipedia.org/wiki/Malate-aspartate_shuttle

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #10 pada: Oktober 17, 2009, 12:44:52 PM »
34ATP di buku q jg,, hohho~

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
4662 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2010, 06:04:59 PM
oleh topazo
10 Jawaban
6188 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2010, 07:36:49 PM
oleh sisca, chemistry
0 Jawaban
2916 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 04, 2010, 03:03:18 PM
oleh twanx
fermentasi

Dimulai oleh hawari Kimia

4 Jawaban
1412 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2010, 08:33:11 PM
oleh nandaz
2 Jawaban
3658 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2011, 07:15:46 PM
oleh rithone

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia