Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

pandu.rengga

Agustus 16, 2014, 08:12:48 PM
ehm, ada yg tau gk caranya jwb soal mtk yg ini 1125000 = 2p.3q.5r nah p,q dan r brp? saya kgk tahu itu< tolong saya yah plissssss

imad323

Agustus 14, 2014, 06:35:28 AM
Buku referensi luar yang bagus untuk kimia fisika biologi sma apa ya?

lisnawati

Agustus 14, 2014, 12:05:05 AM
ada yang bisa bantu aku gak?
 ;D

merykallen

Agustus 10, 2014, 06:35:28 PM
tema,alur,setting,tokoh/penokohan dan amanta dari cerpen JURU MASAK?

graveworm

Agustus 09, 2014, 08:16:01 PM
salam kenal semuanya...
 

Monox D. I-Fly

Agustus 07, 2014, 09:37:59 PM
sebenarnya di inti bumi itu terang atau gelap?

Show 50 latest

Penulis Topik: fermentasi asam laktat  (Dibaca 9678 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline defian

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 4
    • Lihat Profil
fermentasi asam laktat
« pada: Oktober 08, 2009, 04:12:21 PM »
di dalamtubuh terjadi fermentasi asam laktat.. kita tau sendiri di dalam tubuh juga terjadi siklus o2 dan co2.... bagaimana terjadinya fermentasi ini di tengah siklus o2 dan co2??? :kribo: :kribo:



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #1 pada: Oktober 08, 2009, 09:11:08 PM »
karena susunan tubuh kita kompleks jadi byk kerjaan bisa dilakukan,,
asam laktat itu b'guna buat energi cadangan buat pergerakan dlm tubuh ya...???

klo asam laktat b'tumpuk,, t'jadilah,, kram..?
gtu ya,,
hohohoho~

maap rada OOT...
:P
;D
~ You are what you eat ~

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #2 pada: Oktober 09, 2009, 12:44:25 AM »
Sebenarnya ini maksud pertanyaannya apa sih? Maksudnya siklus O2 dan CO2 di tubuh manusia itu apa? Sorry agak ketus, soalnya kalau melemparkan suatu pertanyaan dan bahan diskusi di thread Biologi diharapkan bisa memberikan latar belakang yang cukup kenapa masalah tersebut layak diperbincangkan. Tolong diperbaiki lagi postingnya.
...setetes air di samudera luas...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #3 pada: Oktober 09, 2009, 12:36:20 PM »
itu karna glukosa tdk bisa diubah dgn oksigen yg cukup... mknya yg seharusnya jd 34/36 ATP malah mjd 2 ATP dan sisanya jd asam laktat yg akhirnya bikin pegel2...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #4 pada: Oktober 09, 2009, 01:38:28 PM »
Fermentasi pada dasarnya dibutuhkan untuk meregenerasi NAD+ (yang sudah direduksi menjadi NADH pada glikolisis). ATP yang dihasilkan selama fermentasi laktat hanya berasal dari glikolisis (2 ATP) dan hal ini terjadi pada keadaan anaerob.
Intinya, fermentasi laktat terjadi sebagai berikut:

1. Glukosa (6C) diubah menjadi 2 molekul piruvat (3C) oleh glikolisis menghasilkan 2 ATP dan 2 NADH

2. Pada kondisi aerob, piruvat akan masuk siklus Krebs dan ETS untuk membuat ATP melalui fosforilasi tingkat substrat (Krebs) dan fosforilasi oksidatif (ETS). ETS akan mentransfer H dari NADH ke O menjadi H2O dan secara otomatis meregenerasi NAD+ yang dibutuhkan agar glikolisis bekerja. Tanpa NAD+, glikolisis macet! Jika tidak ada oksigen molekuler (anaerob), sel akan berusaha meregenerasi NAD+ melalui fermentasi.

3. Dalam kondisi anaerob tersebut, H dari NADH akan dilepas sehingga terjadilah regenerasi NAD+. Sebagai hasil samping, terbentuklah asam laktat (enzimnya Lactate Dehydrogenase alias LDH). Asam laktat ini jika tertumpuk banyak, akan menyebabkan linu otot. Laktat sendiri akan diuraikan kembali di hati.


asam laktat itu b'guna buat energi cadangan buat pergerakan dlm tubuh ya...???
Laktat bukan sebagai energi cadangan, malah bisa buat linu. Energi cadangan dapat diperoleh dari glikogen yang oleh enzim glukagon bisa diuraikan jadi glukosa. Glukosa ini bisa langsung masuk glikolisis, siklus Krebs, dan ETS menghasilkan ATP.

itu karna glukosa tdk bisa diubah dgn oksigen yg cukup... mknya yg seharusnya jd 34/36 ATP malah mjd 2 ATP dan sisanya jd asam laktat yg akhirnya bikin pegel2...
Bukannya  36 atau 38 ATP?

Berikut di bawah ini saya lampirkan gambar langkah glikolisis yang menghasilkan piruvat dari glukosa dan juga proses regenerasi NAD+ dengan hasil samping laktat.
"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #5 pada: Oktober 09, 2009, 02:05:26 PM »
ada glukagon...?
Rumus molekulnya apa..? hehhhehe~

baru tauu,,

iyah,, kalo asam laktat menimbun kan jadi kram yah...???

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #6 pada: Oktober 09, 2009, 02:18:04 PM »
1.ada glukagon...?
Rumus molekulnya apa..? hehhhehe~
2.iyah,, kalo asam laktat menimbun kan jadi kram yah...???
1. Glucagon adalah enzim, polipeptidanya punya 29 asam amino... saya gak hafal asam aminonya apa aja... Kalau ga salah yang di manusia dimulai dari Histidin, Serin, Glisin, Threonin, Phenilalanin, dst... Mr nya sekitar 4000 dalton.

2. Iya...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #7 pada: Oktober 10, 2009, 06:26:55 AM »
itu karna glukosa tdk bisa diubah dgn oksigen yg cukup... mknya yg seharusnya jd 34/36 ATP malah mjd 2 ATP dan sisanya jd asam laktat yg akhirnya bikin pegel2...
Bukannya  36 atau 38 ATP?

klo angka sih sulit dipastikan..
bbrp buku ada yg tulis 34, ada yg tulis 36, ada jg yg tulis 38...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #8 pada: Oktober 10, 2009, 02:18:22 PM »
Kebanyakan buku nulisnya 38 ATP, tapi transport piruvat (glikolisis terjadi dalam sitosol) ke mitokondria (tempat Siklus Krebs dan ETS) dianggap butuh 2 ATP. Angka sebenarnya bahkan bisa jauh lebih rendah dari itu.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #9 pada: Oktober 17, 2009, 09:01:50 AM »
Pada beberapa organ, memang terdapat perbedaan (macam-macam) transporter elektron dari sitosol ke mitokondria dan hal ini mempengaruhi pendapatan ATP total dari pemecahan molekul gula. Untuk contoh, silahkan mengunjungi malate-aspartate shuttle di tante wiki:
http://en.wikipedia.org/wiki/Malate-aspartate_shuttle

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: fermentasi asam laktat
« Jawab #10 pada: Oktober 17, 2009, 12:44:52 PM »
34ATP di buku q jg,, hohho~

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
4338 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2010, 06:04:59 PM
oleh topazo
10 Jawaban
5595 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2010, 07:36:49 PM
oleh sisca, chemistry
0 Jawaban
2711 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 04, 2010, 03:03:18 PM
oleh twanx
fermentasi

Dimulai oleh hawari Kimia

4 Jawaban
1174 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2010, 08:33:11 PM
oleh nandaz
2 Jawaban
3313 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2011, 07:15:46 PM
oleh rithone

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia