Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Kemarin jam 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

Show 50 latest

Penulis Topik: Hybrid  (Dibaca 27260 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Hybrid
« pada: Desember 09, 2008, 12:17:56 AM »
Tadi siang saya ngobrol dengan petugas BonBin SBY ttg pemilik Titiles, perusahaan ham di Denpasar yg telah lama diketahui berhasil mengawinkan singa (Felis leo) dan harimau (Panthera tigris). Anaknya seperti harimau, namun totolnya pudar dan memiliki sedikit surai, diberi nama SinCan - Singa Macan. Lucu, memang. Namun, petugas BonBin itu mengaku kesal dengan perkawinan itu, sebab diyakininya merusak usaha konservasi 2 spesies Appendix I CITES tersebut. Apabila, besar sekali kemungkinan kemandulan Sin-Can. Setahu saya, telah banyak hasil perkawinan antar kucing besar anggota familia Felidae di BonBin Eropa dan Afrika, namun tidak pernah mengetahui apakah keturunan campuran itu tetap fertil. Bagaimana teman-teman? Setujukah dengan perkawinan antar-spesies Felidae?


"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #1 pada: Desember 09, 2008, 09:47:34 PM »
Kembali ke konsep spesies: spesies adalah suatu kelompok dimana anggotanya dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan yang fertil. Nah, kalau beda spesies, walaupun sama genus atau bahkan sama famili, gak akan fertil keturunannya. Karena itu tidak perlu dipusingkan usaha orang-orang tersebut, toh tidak akan menghasilkan spesies baru.
...setetes air di samudera luas...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #2 pada: Desember 10, 2008, 02:17:47 AM »
nyatanya, telah didapat dua macam keturunan baru=
1. (Panthera tigris x Felis leo) x Panthera tigris, yakni crossback sincan dgn harimau.
2. Sincan x sincan
Maka,mana yg perlu diperbaiki, definisi spesies itu sendiri,atau mungkin menjadikan singa dan harimau dlm satu spesies,hny beda varietas,ato bgmn?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #3 pada: Desember 10, 2008, 02:20:18 AM »
Nah, kalau beda spesies, walaupun sama genus atau bahkan sama famili
Maaf, sdr.milmi? Sebenarny lbh tepat, "nah,kalau beda spesies,walaupun sama famili atau bahkan sama famili...". Sory kl agak rewel..hehehe

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #4 pada: Desember 10, 2008, 07:18:47 AM »
dalam hal ini uda ada perbedaan genus.
kalo dalam tanaman, persilangan masih memungkinan hasil anakan yang fertil. sebagai contoh di tanaman karnivora, banyak banget silangan-silangan baik dari alam maupun buatan untuk menghasilkan anakan yang lebih unggul dalam hal bentuk dan daya tahan terhadap lingkungan.


kantung Nepenthes x kuchingensis, hasil silangan antara N. mirabilis dan N. ampullaria.

dalam dunia hewan? untuk lebih jelasnya mari kita batasi dulu perkawinan antar spesies. apakah anjing dalmatian bisa dikawinkan dengan anjing herder?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #5 pada: Desember 10, 2008, 09:20:51 AM »
Maaf, sdr.milmi? Sebenarny lbh tepat, "nah,kalau beda spesies,walaupun sama famili atau bahkan sama famili...". Sory kl agak rewel..hehehe
keliru lg.hehehe.lbh tpt kalau,"nah,kalau beda spesies,walaupun sama famili atau bahkan sama genus..."^^

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #6 pada: Desember 10, 2008, 09:25:47 AM »
bisa... sy hobi piara anjing,dan byk sekali cmpuran yg bs didapat... Herder dgn dobermann,dobermann dgn rotweiler,n msh byk lg...namun,tdk dapat dijadikan cnth krn (menurutku,salah g y?) mereka kn ga beda spesies,sm2 Canis familiaris (tul ga y?),hny beda varietas or sub spesi kan? Bgtu juga, panthera tigris sumatrae bs dikawinkan dgn panthera tigris sondaica,sy kira.namun,krn yg dibahas brbeda speci, mari kt lht,bisa ga serigala Canis lupus kawin dgn anjing dan keturunanny fertil? G pernah tahu ni.ada yg bs bnt?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #7 pada: Desember 10, 2008, 09:40:13 AM »
ini silangan macan x singa:

kabarnya yg jantan steril, sedangkan yg betina masi fertil.

bottlenose dolphin x false killer whale


Golden Phesant x Lady Amherst’s Pheasant


leopard x singa


grizzly bear x polar bear


llama x unta


kuda x zebra


zebra x keledai


zebra x kuda poni


babi hutan x babi domestik


anjing x srigala




Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #8 pada: Desember 10, 2008, 09:48:16 AM »
Wah...baru tny ttg bs gak Canis lupus >< Canis familiaris, om syx udah kasih gambarnya,n lengkap lg. Sip,sip! Thx om! Btw mereka itu fertil ato steril? Ada keterangannya gak?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #9 pada: Desember 10, 2008, 09:54:13 AM »
Oh ya,untuk diskusi lbh lanjut mengenai teori,konsep,dan definisi spesies,tlg buka topik yg br aku buat ya..."DEFINISI SPESIES". Mhn partisipasi para member utk membagikan pengetahuannya.thanks.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #10 pada: Desember 10, 2008, 10:02:17 AM »
beberapa hybrid binatang bisa dilihat di wikipedia: Hybrid (biology)

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #11 pada: Desember 23, 2008, 08:05:57 AM »
ternyata spesies g bs diidentifikasi dr morfologinya aja ya..buktinya,anjing tu antar varietas aja beda bgt.dr mini pinscher sampe st.bernard...tp mini pinscher dan st.bernard sbtlny g bs kawin kan?gede lawan kcl gt,mati yg kcl...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #12 pada: Desember 23, 2008, 08:08:10 AM »
malah dpt info br nih dr petugas bonbin!trnyta macan kumbang item itu satu spesies dgn jaguar y? Kq tmbh bikin pusing y..ada albino alias putih semua,ada yg item smua..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #13 pada: Desember 23, 2008, 02:24:44 PM »
ternyata spesies g bs diidentifikasi dr morfologinya aja ya..buktinya,anjing tu antar varietas aja beda bgt.dr mini pinscher sampe st.bernard...tp mini pinscher dan st.bernard sbtlny g bs kawin kan?gede lawan kcl gt,mati yg kcl...
sebenernya masi bisa. tapi betina yang dikawinkan dengan spesies atau varietas yang lebih besar kemungkinan bisa mengalami kesulitan dalam persalinan dan rentan mati.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Singa >< Harimau
« Jawab #14 pada: Desember 23, 2008, 02:48:17 PM »
sebenernya masi bisa. tapi betina yang dikawinkan dengan spesies atau varietas yang lebih besar kemungkinan bisa mengalami kesulitan dalam persalinan dan rentan mati.
berarti jantannya yg kecil,betina yg besar ya..

 

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia