Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

cheaters123

Hari Ini jam 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: Jam Biologis  (Dibaca 6716 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Jam Biologis
« pada: Juli 24, 2008, 12:42:27 PM »
apa yang dimaksud dengan jam biologis?



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #1 pada: Juli 24, 2008, 04:14:06 PM »
Mudah-mudahan maksudnya sama nih. Kita lagi ngomongin jam biologis yang ngatur kapan tidur dll kan?
Jam biologis itu suatu pola yang diatur secara internal oleh tubuh (manusia dan makhluk  hidup lainnya). Pola ini untuk menjaga keseimbangan fisiologis tubuh, misalnya temperatur tubuh, regenerasi sel, dll.

Nah, yang jadi pertanyaan gw, kok jam biologis pas sama hitungan 1 hari = 24 jam ya? Misalnya, kita harus sarapan, makan siang, makan malam, tidur 8 jam sehari, dll. Ada yang tau kenapa?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #2 pada: Juli 24, 2008, 04:50:35 PM »
jadi sama dengan circadian rhythm? circadian rhythm adalah sistem pengaturan internal dalam 24 jam yang memegang peranan penting dalam menentukan kapan kita tidur dan kapan kita bangun.

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #3 pada: Agustus 02, 2008, 07:16:04 PM »
jadi sama dengan circadian rhythm? circadian rhythm adalah sistem pengaturan internal dalam 24 jam yang memegang peranan penting dalam menentukan kapan kita tidur dan kapan kita bangun.
Jam biologis itu ya terjemahan bebas dari circadian rhythm itu  ;)
Bahasa Indonesia kan jagoannya bikin terjemahan bebas  ;D

Tambahan aaja, ada hal lain lagi yang juga mengatur kronologi biologis tubuh, yaitu fotoperiode (photoperiod). Ini menyangkut lama pencahayaan yang mempengaruhi proses-proses biologis yang berlangsung di dalam tubuh organisme, baik hewan maupun tumbuhan. Dikenal sebagai "hari panjang" dan "hari pendek".

Pada hewan, lama pencahayaan mempengaruhi pertumbuhan tulang, pigmentasi kulit, dan reproduksi. Telah banyak penelitian yang membahas mengenai hal ini.
omne vivum ex vivo, so viva!

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #4 pada: Agustus 02, 2008, 08:42:11 PM »
Artinya setiap makhluk hidup punya circadian rhythm (menghindari kesalahan penggunanaan jam biologis)?
Contoh kasus yang paling dekat nih, nyamuk. Gw heran tiap malem selalu mulai sibuk nyamuk di rumah nih, padahal mulai pagi sampe sore ga ada, kan aneh? Apa dia juga "tau jam"?

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #5 pada: Agustus 02, 2008, 08:54:25 PM »
eh kok yang aku liat di dis-chan beda ya? ada penelitian kalo orang di kasih di sebuah ruangan yang terisolir dari sekitarnya (tanpa terkecuali cahaya matahari) dan ngga ada jam tentu saja, jam biologis mereka lebih panjang sekitar 6 jam (kalo ngga salah inget).

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #6 pada: Agustus 04, 2008, 09:11:46 AM »
Artinya setiap makhluk hidup punya circadian rhythm (menghindari kesalahan penggunanaan jam biologis)? Contoh kasus yang paling dekat nih, nyamuk. Gw heran tiap malem selalu mulai sibuk nyamuk di rumah nih, padahal mulai pagi sampe sore ga ada, kan aneh? Apa dia juga "tau jam"?
bisa jadi itu juga termasuk circadian rhythm. untuk nocturnal animals macam nyamuk uda diset aktif di malam hari. toh, ada juga nyamuk yg ga doyan begadang: si nyamuk zebra Aedes aegypti.

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #7 pada: Agustus 04, 2008, 06:59:50 PM »
Artinya setiap makhluk hidup punya circadian rhythm (menghindari kesalahan penggunanaan jam biologis)?
Contoh kasus yang paling dekat nih, nyamuk. Gw heran tiap malem selalu mulai sibuk nyamuk di rumah nih, padahal mulai pagi sampe sore ga ada, kan aneh? Apa dia juga "tau jam"?
Terbalik tuh.. Bukan nyamuk yang tahu jam, tetapi perilakunya yang membentuk pola, dan kita melihatnya sebagai circadian rhythm  ;D

Ada percobaan nih. Dua ekor burung merpati, salah satu ditempatkan dalam kandang yang dipasangi alat makan. Burung itu harus memencet tombol dengan paruhnya selama beberapa kali untuk dapat membuka pintu yang menutupi semangkuk biji jagung di dalamnya. Setelah pintu terbuka, baru dia bisa makan. Setelah beberapa detik, pintu otomatis menutup, dan burung harus memencet tombol lagi, demikian seterusnya. Burung yang satunya dimasukkan kandang yang gelap, tak berapa lama kemudian ketika peneliti menengok lewat lubang, burung itu diam, memejamkan mata. Sekarang posisi ditukar. Burung yang diam tadi diambil, ditaruh ke kandang yang ada makanannya, burung langsung memencet-mencet tombol mencari makanan. Burung yang tadi sibuk makan setelah dimasukkan ke dalam kandang gelap mendadak diam dan memejamkan mata.

Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh cahaya sangat berperan dalam aktivitas individu. Dari sinilah muncul nokturnal dan diurnal, tetapi pembahasannya masih panjang. Tapi intinya tahu lah ya  ;D

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Lihat Profil
    • Insan Sains
Re: Jam Biologis
« Jawab #8 pada: Agustus 04, 2008, 07:13:13 PM »
@Michelle:
Mungkin ada benarnya. Jadi keingetan jaman doeloe. Maghrib-maghrib udah gak berani keluar rumah. Karena gak ada penerangan yang cukup. Jadi lebih memilih diam di rumah dan tiduuuuuuuuuuur....!! kekekeke...  ;D
Eh.. sekarang, ketika lampu dan listrik udah dimana-mana. Bisa manteng terus nih mata. Apalagi kalo udah ketemu Reborn di tengah malam. Bisa sampe pagi kaliiii...
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #9 pada: Agustus 04, 2008, 07:19:31 PM »
Iya, coba mati lampu lama karena giliran misalnya, jadi ngga bisa ngerjain apa-apa, ngga bisa ngelihat apa-apa, jadinya ngantuk trus tidur juga. Tapi ada yang ngga begitu, biasanya kalau ada teman rame-rame + gitar, biasanya pada keluar rumah trus genjreng-genjreng nunggu lampu nyala. Tapi kalau lama ya bosen juga, tangan cape, ya tidur juga akhirnya ;D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
2483 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2009, 02:01:10 PM
oleh biobio
Jam Matahari?

Dimulai oleh reborn « 1 2 » Do It Yourself

22 Jawaban
7463 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 21, 2011, 03:09:23 PM
oleh bambus
9 Jawaban
3650 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2011, 12:25:36 AM
oleh Astrawinata G
1 Jawaban
1658 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2011, 04:50:41 PM
oleh N.A.T.O
0 Jawaban
1152 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2012, 04:51:38 PM
oleh cplusing

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia