Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Kemarin jam 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

Show 50 latest

Penulis Topik: Jam Biologis  (Dibaca 7809 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Jam Biologis
« pada: Juli 24, 2008, 12:42:27 PM »
apa yang dimaksud dengan jam biologis?



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #1 pada: Juli 24, 2008, 04:14:06 PM »
Mudah-mudahan maksudnya sama nih. Kita lagi ngomongin jam biologis yang ngatur kapan tidur dll kan?
Jam biologis itu suatu pola yang diatur secara internal oleh tubuh (manusia dan makhluk  hidup lainnya). Pola ini untuk menjaga keseimbangan fisiologis tubuh, misalnya temperatur tubuh, regenerasi sel, dll.

Nah, yang jadi pertanyaan gw, kok jam biologis pas sama hitungan 1 hari = 24 jam ya? Misalnya, kita harus sarapan, makan siang, makan malam, tidur 8 jam sehari, dll. Ada yang tau kenapa?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #2 pada: Juli 24, 2008, 04:50:35 PM »
jadi sama dengan circadian rhythm? circadian rhythm adalah sistem pengaturan internal dalam 24 jam yang memegang peranan penting dalam menentukan kapan kita tidur dan kapan kita bangun.

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #3 pada: Agustus 02, 2008, 07:16:04 PM »
jadi sama dengan circadian rhythm? circadian rhythm adalah sistem pengaturan internal dalam 24 jam yang memegang peranan penting dalam menentukan kapan kita tidur dan kapan kita bangun.
Jam biologis itu ya terjemahan bebas dari circadian rhythm itu  ;)
Bahasa Indonesia kan jagoannya bikin terjemahan bebas  ;D

Tambahan aaja, ada hal lain lagi yang juga mengatur kronologi biologis tubuh, yaitu fotoperiode (photoperiod). Ini menyangkut lama pencahayaan yang mempengaruhi proses-proses biologis yang berlangsung di dalam tubuh organisme, baik hewan maupun tumbuhan. Dikenal sebagai "hari panjang" dan "hari pendek".

Pada hewan, lama pencahayaan mempengaruhi pertumbuhan tulang, pigmentasi kulit, dan reproduksi. Telah banyak penelitian yang membahas mengenai hal ini.
omne vivum ex vivo, so viva!

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #4 pada: Agustus 02, 2008, 08:42:11 PM »
Artinya setiap makhluk hidup punya circadian rhythm (menghindari kesalahan penggunanaan jam biologis)?
Contoh kasus yang paling dekat nih, nyamuk. Gw heran tiap malem selalu mulai sibuk nyamuk di rumah nih, padahal mulai pagi sampe sore ga ada, kan aneh? Apa dia juga "tau jam"?

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #5 pada: Agustus 02, 2008, 08:54:25 PM »
eh kok yang aku liat di dis-chan beda ya? ada penelitian kalo orang di kasih di sebuah ruangan yang terisolir dari sekitarnya (tanpa terkecuali cahaya matahari) dan ngga ada jam tentu saja, jam biologis mereka lebih panjang sekitar 6 jam (kalo ngga salah inget).

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #6 pada: Agustus 04, 2008, 09:11:46 AM »
Artinya setiap makhluk hidup punya circadian rhythm (menghindari kesalahan penggunanaan jam biologis)? Contoh kasus yang paling dekat nih, nyamuk. Gw heran tiap malem selalu mulai sibuk nyamuk di rumah nih, padahal mulai pagi sampe sore ga ada, kan aneh? Apa dia juga "tau jam"?
bisa jadi itu juga termasuk circadian rhythm. untuk nocturnal animals macam nyamuk uda diset aktif di malam hari. toh, ada juga nyamuk yg ga doyan begadang: si nyamuk zebra Aedes aegypti.

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #7 pada: Agustus 04, 2008, 06:59:50 PM »
Artinya setiap makhluk hidup punya circadian rhythm (menghindari kesalahan penggunanaan jam biologis)?
Contoh kasus yang paling dekat nih, nyamuk. Gw heran tiap malem selalu mulai sibuk nyamuk di rumah nih, padahal mulai pagi sampe sore ga ada, kan aneh? Apa dia juga "tau jam"?
Terbalik tuh.. Bukan nyamuk yang tahu jam, tetapi perilakunya yang membentuk pola, dan kita melihatnya sebagai circadian rhythm  ;D

Ada percobaan nih. Dua ekor burung merpati, salah satu ditempatkan dalam kandang yang dipasangi alat makan. Burung itu harus memencet tombol dengan paruhnya selama beberapa kali untuk dapat membuka pintu yang menutupi semangkuk biji jagung di dalamnya. Setelah pintu terbuka, baru dia bisa makan. Setelah beberapa detik, pintu otomatis menutup, dan burung harus memencet tombol lagi, demikian seterusnya. Burung yang satunya dimasukkan kandang yang gelap, tak berapa lama kemudian ketika peneliti menengok lewat lubang, burung itu diam, memejamkan mata. Sekarang posisi ditukar. Burung yang diam tadi diambil, ditaruh ke kandang yang ada makanannya, burung langsung memencet-mencet tombol mencari makanan. Burung yang tadi sibuk makan setelah dimasukkan ke dalam kandang gelap mendadak diam dan memejamkan mata.

Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh cahaya sangat berperan dalam aktivitas individu. Dari sinilah muncul nokturnal dan diurnal, tetapi pembahasannya masih panjang. Tapi intinya tahu lah ya  ;D

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Lihat Profil
    • Insan Sains
Re: Jam Biologis
« Jawab #8 pada: Agustus 04, 2008, 07:13:13 PM »
@Michelle:
Mungkin ada benarnya. Jadi keingetan jaman doeloe. Maghrib-maghrib udah gak berani keluar rumah. Karena gak ada penerangan yang cukup. Jadi lebih memilih diam di rumah dan tiduuuuuuuuuuur....!! kekekeke...  ;D
Eh.. sekarang, ketika lampu dan listrik udah dimana-mana. Bisa manteng terus nih mata. Apalagi kalo udah ketemu Reborn di tengah malam. Bisa sampe pagi kaliiii...
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: Jam Biologis
« Jawab #9 pada: Agustus 04, 2008, 07:19:31 PM »
Iya, coba mati lampu lama karena giliran misalnya, jadi ngga bisa ngerjain apa-apa, ngga bisa ngelihat apa-apa, jadinya ngantuk trus tidur juga. Tapi ada yang ngga begitu, biasanya kalau ada teman rame-rame + gitar, biasanya pada keluar rumah trus genjreng-genjreng nunggu lampu nyala. Tapi kalau lama ya bosen juga, tangan cape, ya tidur juga akhirnya ;D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
2902 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2009, 02:01:10 PM
oleh biobio
Jam Matahari?

Dimulai oleh reborn « 1 2 » Do It Yourself

22 Jawaban
9058 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 21, 2011, 03:09:23 PM
oleh bambus
9 Jawaban
4443 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2011, 12:25:36 AM
oleh Astrawinata G
1 Jawaban
1806 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2011, 04:50:41 PM
oleh N.A.T.O
0 Jawaban
1361 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2012, 04:51:38 PM
oleh cplusing

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia