Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Hari Ini jam 11:30:58 AM
Ngobrolin masalah analisis kata yuk? Gimana cara kerja otak mengenali kata, dan bagaimana proses memahaminya

Ruslinadi

Mei 14, 2015, 11:25:59 PM
bengkel online sebagai Agen Bola murah cepat dan berkualitas

M Iqbal

Mei 10, 2015, 04:38:51 PM
gimana cara buat pertanyaannya?

SalsabilaAmalia

Mei 08, 2015, 09:31:25 PM
Hai, salam Kenal mohon bimbingan dalam forum ini Terima kasih

hanan123

Mei 06, 2015, 04:38:23 PM
salam kenal tuk semuanya

Excalnewgate

April 16, 2015, 02:50:32 PM
Hallo salam kenal semua dan mohon bimbinganya ya, kedepanya.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:53:57 PM
maksih infonya gan
 

jasen

April 16, 2015, 01:36:33 PM
@NatsukiReza
Lanjutkan topik lama yang berhubungan dengan pertanyaan yg ingin diajukan, atau buat topik baru, di sub Forum yang sesuai.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:19:56 PM
gimana cara buat pertanyaan di forum ?? :D

Hanifyuand

April 12, 2015, 09:33:01 PM
Topik kita kan sains. Ustad gw ngomong jangan ditabrakin, entar timbul ketidakyakinan. Percayalah temen gw pernah ngalamin. Dia sekarang kerja di CERN. Dia sempet mau ateis gara-gara belajar partikel gitu-gitu

Show 50 latest

Penulis Topik: Kamus istilah biologi  (Dibaca 19788 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Kamus istilah biologi
« pada: Juli 29, 2010, 07:49:56 PM »
Temans  :)

Bbrp kali saya mengalami kesulitan ketika menerjemahkan artikel berbhs Inggris ke dlm bhs Indonesia. Juga ketika membaca artikel sains yg bukan bidang saya. Salah satu sebabnya krn ada banyak istilah teknis dlm bhs Indonesia yg saya tidak tahu. Kadang saya coba cek di wikipedia versi bhs Indonesia, eh ternyata ngga lengkap juga.

Nah, saya jd ada usul nih  8)  gimana kalo kita bekerja sama mengumpulkan istilah2 teknis dlm bhs Indonesia, terutama yg bukan kata serapan langsung dr bhs Inggris. Selain utk menambah pengetahuan dan membantu kita dlm membaca dan menulis artikel sains, juga bisa ikut mempopulerkan penggunaan bhs Indonesia asli (cieeeh  8)).


Usul saya, sementara kita kompilasi dg format spt di bawah ini dulu. Nanti kalau sudah banyak, bisa saja saya bikin satu tabel dan berurutan sesuai abjad.

Istilah bhs Indonesia = ...
Bhs Inggris = ...
Arti (dlm bhs Indonesia) = ...



Contohnya (tolong dikoreksi kalau saya salah):

Utas ganda
Bhs Inggris = double helix
Arti = dalam biologi molekular, utas ganda merujuk pada struktur DNA dan RNA yg terdiri dari 2 utas rantai polinukleotida yg terpilin menjadi satu



Kalau ada teman2 yg tdk tahu istilah tertentu, juga bisa di-post di sini, biar kita bisa saling membantu  :)
« Edit Terakhir: Juli 29, 2010, 07:55:34 PM oleh peregrin »


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #1 pada: Juli 29, 2010, 07:53:48 PM »
saya duluan yg nanya yaa  ;D

Apa itu sintas?

Offline Sabrina Dian V

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #2 pada: Maret 13, 2011, 10:01:15 AM »
saya mau nanya , apa ya arti homeostatis?
dan apa arti neurohumor?

saya dapat kata kata itu teh dari bab tentang sistem saraf .
mohon bantuannya :D

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #3 pada: April 24, 2011, 03:46:57 PM »
klu setau saya homeostatis itu prinsip nya biologi, intinya adalah menjaga keseimbangan
klu d sistem saraf sih saya rasa itu ttg masuk n keluarnya ion K dan Na yang merupakan penghantar impuls...

neurohumor ???
tak pernah dengar saya.
Ora Et Labora

Offline shafura ren

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 23
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
  • let's play
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #4 pada: April 25, 2011, 06:09:23 PM »
Neurohumor --> zat/substansi yang dikeluarkan sel neuron yang mampu memberi pengaruh terhadap sel lain (sel neuron, sel otot, atau kelenjar)

Homeostatis --> mekanisme pengaturan kesetimbangan dinamis pada tubuh suatu organisme
it isn't always easy to live the life you were meant to, but the lessons learned and the rewards are immeasurable

Offline can-can

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #5 pada: Mei 20, 2011, 04:08:10 PM »
untuk kata "sintas"...menurut artikata.com,
artinya dlm bhs inggris: survive
artinya dlm bhs indonesia: terus bertahan hidup, mampu mempertahankan keberadaannya

smg bermanfaat..:)

Offline suciwdd

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #6 pada: Agustus 25, 2011, 11:40:45 PM »
kalo foton ??

Offline muse

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #7 pada: September 16, 2011, 09:41:29 AM »
setau saya sih, foton itu berupa paket-paket partikel energi cahaya matahari gitu...
semoga bermanfaat..   :)

Offline suciwdd

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #8 pada: September 19, 2011, 07:35:33 PM »
setau saya sih, foton itu berupa paket-paket partikel energi cahaya matahari gitu...
semoga bermanfaat..   :)

trima kasih. lalu bagaimana dengan massa foton? bermassa 0 kah atau memiliki massa yang tak hingga?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #9 pada: September 30, 2011, 12:57:35 AM »
@suciwdd

bukan tempatnya membahas itu di sini.

ikutan nambahin :

sel punca
Bhs Inggris = stem cell
Arti = sel muda yang belum berdiferensiasi dan berpotensi untuk berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel lainnya.
Dikenal juga dengan sebutan sel tunas, sel induk, sel batang.

Offline Im

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 66
  • IQ: 18
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #10 pada: September 30, 2011, 04:29:04 PM »
Pernah Dengar Istilah Biostatis dan Bioteknologi Ngk Ya ?

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah biologi
« Jawab #11 pada: Desember 03, 2011, 02:27:54 PM »
dilatasi itu artinya apa ya? saya tanya ke om google malah nyambung ke matematika.
i adore your intelligence

Offline kukuh

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah biologi
« Jawab #12 pada: Maret 15, 2012, 10:15:25 AM »
saya mau tanya, apa yang dimaksud Spontaneous Evolutionary?
terimakasih

Offline dodidul

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
dilatasi
« Jawab #13 pada: Maret 31, 2013, 01:05:34 PM »
kalo enggak salah dilatasi itu artinya memperlebar atau memperluas gan
jadi dilatasi kaya usaha untuk memperlebar suatu rongga tubuh

Offline Bithdaddy

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #14 pada: Desember 05, 2014, 03:21:25 AM »
saya mau nanya , apa ya arti homeostatis?
dan apa arti neurohumor?

saya dapat kata kata itu teh dari bab tentang sistem saraf .
mohon bantuannya :D

homeostasis tu suatu upaya untuk menjaga kondisi seimbang dalam suatu sistem. Contohnya ginjal sering disebut organ homeostasis karena, salah satu contohnya, ia akah membuang kelebihan air via urine atau menahan urin kalau tubuh kekurangan air. Dengan demikian air dalam tubuh relatif selalu konstan/seimbang

Kalau neurohumor itu istilah untuk menyebut bahan yang menghantarkan impuls syaraf yang biasa dilepas oleh ujung neuron pada daerah sinapsis apabila ada impuls mengalir dalam akson neuron. Contohnya asetilkolin.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
26 Jawaban
144258 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2014, 10:55:11 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1727 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2009, 07:41:55 PM
oleh Nabih
8 Jawaban
13854 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 12:55:41 AM
oleh A
Kamus istilah fisika

Dimulai oleh peregrin « 1 2 » Fisika

17 Jawaban
17910 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2014, 08:13:28 PM
oleh Monox D. I-Fly
4 Jawaban
2920 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2011, 10:40:19 AM
oleh obbiq

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia