Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Juli 05, 2015, 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

Show 50 latest

Penulis Topik: Kamus istilah biologi  (Dibaca 20397 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Kamus istilah biologi
« pada: Juli 29, 2010, 07:49:56 PM »
Temans  :)

Bbrp kali saya mengalami kesulitan ketika menerjemahkan artikel berbhs Inggris ke dlm bhs Indonesia. Juga ketika membaca artikel sains yg bukan bidang saya. Salah satu sebabnya krn ada banyak istilah teknis dlm bhs Indonesia yg saya tidak tahu. Kadang saya coba cek di wikipedia versi bhs Indonesia, eh ternyata ngga lengkap juga.

Nah, saya jd ada usul nih  8)  gimana kalo kita bekerja sama mengumpulkan istilah2 teknis dlm bhs Indonesia, terutama yg bukan kata serapan langsung dr bhs Inggris. Selain utk menambah pengetahuan dan membantu kita dlm membaca dan menulis artikel sains, juga bisa ikut mempopulerkan penggunaan bhs Indonesia asli (cieeeh  8)).


Usul saya, sementara kita kompilasi dg format spt di bawah ini dulu. Nanti kalau sudah banyak, bisa saja saya bikin satu tabel dan berurutan sesuai abjad.

Istilah bhs Indonesia = ...
Bhs Inggris = ...
Arti (dlm bhs Indonesia) = ...



Contohnya (tolong dikoreksi kalau saya salah):

Utas ganda
Bhs Inggris = double helix
Arti = dalam biologi molekular, utas ganda merujuk pada struktur DNA dan RNA yg terdiri dari 2 utas rantai polinukleotida yg terpilin menjadi satu



Kalau ada teman2 yg tdk tahu istilah tertentu, juga bisa di-post di sini, biar kita bisa saling membantu  :)
« Edit Terakhir: Juli 29, 2010, 07:55:34 PM oleh peregrin »


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #1 pada: Juli 29, 2010, 07:53:48 PM »
saya duluan yg nanya yaa  ;D

Apa itu sintas?

Offline Sabrina Dian V

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #2 pada: Maret 13, 2011, 10:01:15 AM »
saya mau nanya , apa ya arti homeostatis?
dan apa arti neurohumor?

saya dapat kata kata itu teh dari bab tentang sistem saraf .
mohon bantuannya :D

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #3 pada: April 24, 2011, 03:46:57 PM »
klu setau saya homeostatis itu prinsip nya biologi, intinya adalah menjaga keseimbangan
klu d sistem saraf sih saya rasa itu ttg masuk n keluarnya ion K dan Na yang merupakan penghantar impuls...

neurohumor ???
tak pernah dengar saya.
Ora Et Labora

Offline shafura ren

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 23
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
  • let's play
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #4 pada: April 25, 2011, 06:09:23 PM »
Neurohumor --> zat/substansi yang dikeluarkan sel neuron yang mampu memberi pengaruh terhadap sel lain (sel neuron, sel otot, atau kelenjar)

Homeostatis --> mekanisme pengaturan kesetimbangan dinamis pada tubuh suatu organisme
it isn't always easy to live the life you were meant to, but the lessons learned and the rewards are immeasurable

Offline can-can

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #5 pada: Mei 20, 2011, 04:08:10 PM »
untuk kata "sintas"...menurut artikata.com,
artinya dlm bhs inggris: survive
artinya dlm bhs indonesia: terus bertahan hidup, mampu mempertahankan keberadaannya

smg bermanfaat..:)

Offline suciwdd

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #6 pada: Agustus 25, 2011, 11:40:45 PM »
kalo foton ??

Offline muse

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #7 pada: September 16, 2011, 09:41:29 AM »
setau saya sih, foton itu berupa paket-paket partikel energi cahaya matahari gitu...
semoga bermanfaat..   :)

Offline suciwdd

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #8 pada: September 19, 2011, 07:35:33 PM »
setau saya sih, foton itu berupa paket-paket partikel energi cahaya matahari gitu...
semoga bermanfaat..   :)

trima kasih. lalu bagaimana dengan massa foton? bermassa 0 kah atau memiliki massa yang tak hingga?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #9 pada: September 30, 2011, 12:57:35 AM »
@suciwdd

bukan tempatnya membahas itu di sini.

ikutan nambahin :

sel punca
Bhs Inggris = stem cell
Arti = sel muda yang belum berdiferensiasi dan berpotensi untuk berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel lainnya.
Dikenal juga dengan sebutan sel tunas, sel induk, sel batang.

Offline Im

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 66
  • IQ: 18
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #10 pada: September 30, 2011, 04:29:04 PM »
Pernah Dengar Istilah Biostatis dan Bioteknologi Ngk Ya ?

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah biologi
« Jawab #11 pada: Desember 03, 2011, 02:27:54 PM »
dilatasi itu artinya apa ya? saya tanya ke om google malah nyambung ke matematika.
i adore your intelligence

Offline kukuh

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah biologi
« Jawab #12 pada: Maret 15, 2012, 10:15:25 AM »
saya mau tanya, apa yang dimaksud Spontaneous Evolutionary?
terimakasih

Offline dodidul

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
dilatasi
« Jawab #13 pada: Maret 31, 2013, 01:05:34 PM »
kalo enggak salah dilatasi itu artinya memperlebar atau memperluas gan
jadi dilatasi kaya usaha untuk memperlebar suatu rongga tubuh

Offline Bithdaddy

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah biologi
« Jawab #14 pada: Desember 05, 2014, 03:21:25 AM »
saya mau nanya , apa ya arti homeostatis?
dan apa arti neurohumor?

saya dapat kata kata itu teh dari bab tentang sistem saraf .
mohon bantuannya :D

homeostasis tu suatu upaya untuk menjaga kondisi seimbang dalam suatu sistem. Contohnya ginjal sering disebut organ homeostasis karena, salah satu contohnya, ia akah membuang kelebihan air via urine atau menahan urin kalau tubuh kekurangan air. Dengan demikian air dalam tubuh relatif selalu konstan/seimbang

Kalau neurohumor itu istilah untuk menyebut bahan yang menghantarkan impuls syaraf yang biasa dilepas oleh ujung neuron pada daerah sinapsis apabila ada impuls mengalir dalam akson neuron. Contohnya asetilkolin.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
26 Jawaban
145278 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2014, 10:55:11 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1774 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2009, 07:41:55 PM
oleh Nabih
8 Jawaban
14422 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 12:55:41 AM
oleh A
Kamus istilah fisika

Dimulai oleh peregrin « 1 2 » Fisika

17 Jawaban
18552 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2014, 08:13:28 PM
oleh Monox D. I-Fly
4 Jawaban
3024 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2011, 10:40:19 AM
oleh obbiq

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia