Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik

Show 50 latest

Penulis Topik: LEUKOSIT DAN TROMBOSIT  (Dibaca 58544 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Dwi Indriastuti

  • Pengunjung
LEUKOSIT DAN TROMBOSIT
« pada: November 26, 2007, 06:53:04 PM »
TAU GA LEUKOSIT YANG UDAH MATI PERGINYA KEMANA??


JAWAB YAH.. BUTUH NIGH...
 ??? ??? ???



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: LEUKOSIT DAN TROMBOSIT
« Jawab #1 pada: November 27, 2007, 09:28:56 PM »
leukosit yang mana? kan ada banyak leukosit. ada granulosit, monosit, limfosit, sama sel plasma. Satu lagi tuh yang di judulnya, trombosit.

Masing2 punya masa hidup yang berbeda, berkaitan sama fungsinya juga.
Misal granulosit & monosit  : fagositosis, limfosit & sel plasma : sistem imun, trombosit : pembekuan darah.

Detilnya bisa dicari di bacaan ttg sel darah, harusnya ada kan ya.

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
    • Lihat Profil
Re: LEUKOSIT DAN TROMBOSIT
« Jawab #2 pada: November 30, 2007, 07:45:20 PM »
Hmm.. ini aku nemu yg trombosit & eritrosit..  :D

Di dalam tubuh kita terdapat keping darah (trombosit) yang dapat menggumpalkan darah. Keping darah berbentuk cakram & tidak berinti. Masa hidupnya sekitar 8-10 hari. Setelah itu, keping darah akan dibawa ke limpa untuk dihancurkan.

Dalam keadaan normal, eritrosit bertahan selama rata-rata 120 hari. Saat sel menua, membran sel rapuh & pecah. Eritrosit tua dimusnahkan di organ limpa (lien) dan hati. Hemoglobin dicerna oleh sel-sel retikuloendotelium. Zat besi dilepas kembali ke dalam darah untuk kemudian diangkut kembali ke sumsum tulang dan hati. Hemoglobin diubah menjadi pigmen empedu (bilirubin) dan disekresi oleh hati ke dalam empedu.

Masa hidup leukosit berbeda-beda, granulosit sekitar 12 jam; monosit sulit dinilai karena selalu mengembara, tetapi diduga selama beberapa minggu atau bulan; limfosit umumnya bertahan selama 100-300 hari.
Tapi setelah itu perginya ke mana, aku juga ga tau..  ;D

Coba dicari di buku bologi kelas 2 SMA  ;D
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: LEUKOSIT DAN TROMBOSIT
« Jawab #3 pada: Juni 18, 2008, 02:45:40 PM »
Leukosit yang sudah "berumur" gak ke mana-mana kok, mereka akan melakukan tindakan paling heroik yang dapat mereka lakukan: bunuh diri.
Yup, leukosit apabila telah mencapai umurnya, akan melakukan mekanisme apoptosis, yaitu penghancuran diri sendiri menggunakan enzim-enzim lisis yang disimpan di dalam lisosom di dalam sel mereka. Setelah hancur, sisa-sisa sel tersebut akan di "makan" oleh leukosin yg lain, yaitu scavanger macrophage yang bertugas membersihkan darah dari sisa-sisa sel hasil bunuh diri tersebut.
...setetes air di samudera luas...

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: LEUKOSIT DAN TROMBOSIT
« Jawab #4 pada: Juli 13, 2008, 02:58:43 PM »
Leukosit yang sudah mati, apapun jenisnya, akan dieliminasi dari dalam tubuh dengan cara dimakan (fagositosis) oleh makrofag dan/atau neutrofil, tergantung di mana letak leukosit tersebut sehingga terjangkau oleh makrofag atau neutrofil.

Kematian leukosit bisa terjadi karena 2 hal, yaitu:

(1) mati karena "bertugas" (misalnya neutrofil yang mati setelah "kekenyangan" makan antigen), atau mati "tak sengaja" (misalnya terpajan bahan kimia atau nekrosis). Leukosit yang mati dengan cara demikian akan segera dimakan oleh fagosit karena adanya signal yang ditangkap oleh scavenger-receptor yang dimiliki oleh fagosit. Selain itu adanya signal kemotaksis (sitokin) yang dikeluarkan oleh sel-sel di sekitarnya untuk menarik fagosit ke TKP.

(2) mati karena memang sudah waktunya mati (senescent cell). Leukosit yang mati dengan cara demikian akan meluncurkan "program bunuh diri" (PCD) atau apoptosis, seperti yang telah dijelaskan oleh sdr.milmi.

Perlu saya koreksi sedikit, apoptosis TIDAK melibatkan enzim-enzim litik lisosom (lisozim) karena enzim tersebut dapat mencerna membran sel. Apabila enzim ini sampai keluar dari sel, maka akan menyerang dan merusak sel-sel lain di sekitarnya. Keadaan seperti ini hanya terjadi pada nekrosis dan autolisis (kematian sel yang tidak diharapkan).

Pada apoptosis, adanya signal kematian yang diterima sel (bisa dari luar sel maupun dari dalam sel itu sendiri) akan menyebabkan nukleus mengaktifkan enzim endonukleolitik untuk mendegradasi DNA menjadi fragmen-fragmen yang tidak fungsional. Akibatnya, organela akan berhenti berfungsi: mitokondria merusak diri, lisosom tidak bereaksi. Sel juga akan memasang tanda "makanlah aku" di permukaan membrannya, untuk memberitahu fagosit agar dirinya dimakan.

Kira-kira begitu penjelasannya saya buat sederhana supaya mudah diterima. Kalau mau yang rinci dan rumit boleh lain waktu, pilihannya ada dua: puas atau malah puyeng  ;D

Oya, tambahan keterangan mengenai trombosit dan eritrosit yang mati...
Debris (sisa-sisa sel) yang dihasilkan dari perombakan (recycle) trombosit dan eritrosit oleh limpa dan hati juga akan dimakan oleh fagosit, yaitu makrofag "The Giant Eater" ;)
omne vivum ex vivo, so viva!

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: LEUKOSIT DAN TROMBOSIT
« Jawab #5 pada: Juli 13, 2008, 04:38:40 PM »
 :P Ternyata masih harus banyak belajar neh......

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
4872 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2008, 07:11:16 PM
oleh reborn
1 Jawaban
4635 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 20, 2009, 03:07:21 PM
oleh syx
5 Jawaban
3964 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 17, 2010, 02:17:11 PM
oleh sule1234
3 Jawaban
5500 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 15, 2009, 07:10:18 PM
oleh phice
6 Jawaban
2422 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 16, 2010, 02:09:49 PM
oleh kodok_migren

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia