Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

evviapriliya

November 12, 2014, 08:16:55 PM
assalamualaikum
 :)

andiana

November 11, 2014, 04:27:01 AM
halo semua lam kenal yah, member baru neh ikutan gabung yah agen ibcbet  :)

Show 50 latest

Penulis Topik: Makhluk Hidup pertama di bumi  (Dibaca 29566 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Makhluk Hidup pertama di bumi
« pada: Maret 14, 2011, 09:16:37 PM »
Kalo boleh tahu makhluk hidup pertama di bumi bentuknya gimana ya...??? :-[


Sesederhana apa kira2...??

Apa yang dimakan ..??


Ora Et Labora

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6774
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #1 pada: Maret 15, 2011, 02:44:16 PM »
Definisi makhluk hidup di sini yang bagaimana? Berdasar biologi? Untuk saat ini makhluk hidup paling sederhana adalah prokaryot (bakteri), tapi prokaryot awal tentunya beda dengan prokaryot masa kini (jadi lucu juga ada tukang obat yang ngoceh makhluk hidup paling sederhana saja begitu kompleks).

Berdasar hipotesa, moyang prokaryot adalah protobiont, moyangnya lagi...lupa :p Tapi kalau dikaitkan ke 'bentuk kehidupan awal', mungkin akan mengarah pada molekul oganis dengan kemampuan menduplikasi diri.
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun cs

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #2 pada: Maret 19, 2011, 09:35:33 PM »
wew susah dimengerti k k

bisa kasih gambaran atau link nya ga...???

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6774
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #3 pada: Maret 20, 2011, 08:12:55 AM »
Coba aja googling ke banyak sumber dengan keyword abiogenesis. Dan pastikan anda tak masuk ke situs tukang obat atau kreasionis lain.

Kalau tak salah, molekul organis dengan kemampuan untuk menggandakan diri ini disebut replicator. Replicator berbeda dengan virus, karena virus memerlukan inang untuk bisa menggandakan diri, sementara replicator tidak (wong makhluk hidup buat inangnya belum ada)
« Edit Terakhir: Maret 20, 2011, 08:18:10 AM oleh Pi-One »

Offline gema

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #4 pada: April 14, 2011, 04:38:10 PM »
Kutip
Coba aja googling ke banyak sumber dengan keyword abiogenesis.

menurut saya -- untuk mencari tahu Makhluk hidup pertama dibumi -- kurang tepat kalau menggunakan teori abiogenesis.
Karena sesuai dengan percobaan Louis Pasteur,Abiogenesis jelas tidak terbukti kebenarannya.
Ini link nya
http://filzahazny.wordpress.com/2008/02/23/teori-abiogenesis-dan-biogenesis/ [nofollow]
gunakanlah teori biogenesis.
Mpunya sombong dan salah.

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #5 pada: April 14, 2011, 10:43:53 PM »
@gema
Tp kan ada teori abiogenesis dari Harun Yahya yg masih bisa masuk diakal ...

klu yg teori aristoteles yg ginian sihh
  1. ikan dan katak berasal dari Lumpur.

   2. Cacing berasal dari tanah, dan

   3. Belatung berasal dari daging yang membusuk.
udah basi... :P

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6774
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #6 pada: April 14, 2011, 11:19:51 PM »
menurut saya -- untuk mencari tahu Makhluk hidup pertama dibumi -- kurang tepat kalau menggunakan teori abiogenesis.
Karena sesuai dengan percobaan Louis Pasteur,Abiogenesis jelas tidak terbukti kebenarannya.
Jangan pakai abiogenesis klasiknya aristoteles, tapi abiogenesis modern. Keduanya amat berbeda. Louis Pasteur mematahkan abiogenesis klasik, bukan abiogenesis modern :)

@gema
Tp kan ada teori abiogenesis dari Harun Yahya yg masih bisa masuk diakal ...
Sejak kapan HY mencetuskan teori yang masuk akal? ::)

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #7 pada: April 15, 2011, 07:39:12 AM »
Louis Pasteur mematahkan abiogenesis klasik ??  Dia pake alat labu leher angsa itu  ??   :o :D :D

Gak bener itu.  Dogma abad-19 ketika orang belum banyak tahu tentang radiasi kok masih dibawa-bawa,  makanya sampai sekarang menyangkut asal-usul virus masih mbulet ajah kayak benang ruwet ................................... :D :D :D

Dan teori Aristoteles gak bakalan basi,  itu yang bener :  belatung berasal dari daging yang membusuk dan  rayap juga berasal dari kayu yang membusuk,  tentu bukan hanya semata-mata dilihat dari daging dan kayunya,  lihat proses pembusukannya karena pengaruh apa saja,  antara lain iklim / cuaca dan radiasi ........................................
« Edit Terakhir: April 15, 2011, 08:02:54 AM oleh semut-ireng »

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6774
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #8 pada: April 15, 2011, 12:11:25 PM »
Bla bla bla......
Gak bisa post yang lebih bego lagi?
Apa ya korelasi semut-asbun dengan Karno Gendengtono? Gendeng dan ahonya 101 persen mirip ::)

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #9 pada: April 15, 2011, 02:07:15 PM »
Hmm.  Di link yang disampaikan di atas itu jelas tertulis  :

“Kemunculan kehidupan di bumi adalah masalah terbesar yang belum terpecahkan.”

Dan hanya karena kaldu yang keruh akibat berhubungan dengan udara luar,  lalu mereka dengan mudahnya mempercayai bahwa hal itu disebabkan kontaminasi dengan mikroorganisme yang terbawa udara ??  wkwkwkwk :P :P


Offline gema

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #10 pada: April 15, 2011, 06:04:50 PM »
Kutip
Kalau tak salah, molekul organis dengan kemampuan untuk menggandakan diri ini disebut replicator.
kalau begitu,berarti makhluk hidup yang hidup pertama kali sudah sangat kompleks karena sudah bisa mereplikasi diri,bung Pi-One?

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6774
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #11 pada: April 15, 2011, 09:02:13 PM »
kalau begitu,berarti makhluk hidup yang hidup pertama kali sudah sangat kompleks karena sudah bisa mereplikasi diri,bung Pi-One?
'Replicator' bahkan belum bisa disebut makhluk hidup,lebih cocok disebut benda hidup mungkin.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #12 pada: April 15, 2011, 09:28:01 PM »
'Replicator' bahkan belum bisa disebut makhluk hidup,lebih cocok disebut benda hidup mungkin.

apakah ini berarti mahluk hidup sebenarnya bisa menggandakan dirinya tanpa berhubungan badan (tanpa harus menggunakan sel kelamin)?

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6774
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #13 pada: April 16, 2011, 12:53:08 AM »
apakah ini berarti mahluk hidup sebenarnya bisa menggandakan dirinya tanpa berhubungan badan (tanpa harus menggunakan sel kelamin)?
Lha, emang semua makhluk hidup mesti berkembang biak secara seksual? Kan ada yang aseksual, ada juga yang bisa seksual maupun aseksual. Ada yang 'hermaprodit' (cacing atau siput)

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #14 pada: April 16, 2011, 05:55:45 AM »
'Replicator' bahkan belum bisa disebut makhluk hidup,lebih cocok disebut benda hidup mungkin.

lalu bagaimana prosesnya dari benda hidup menjadi makhluk hidup ?

virus termasuk makhluk hidup,  benda hidup,  atau benda mati / partikel ?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
makhluk hidup abadi

Dimulai oleh nandaz « 1 2 3 4 » Biologi

55 Jawaban
19120 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2010, 10:12:56 AM
oleh Hendy wijaya, MD
54 Jawaban
125076 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2010, 07:31:29 PM
oleh bimabot
25 Jawaban
6523 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 10:27:33 AM
oleh Hendy wijaya, MD
6 Jawaban
26828 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2011, 07:03:53 PM
oleh galihutomo
1 Jawaban
533 Dilihat
Tulisan terakhir November 02, 2014, 05:25:40 PM
oleh embrio11s

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia