Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

jinggapersada

Desember 11, 2014, 09:08:06 AM
GOOD DAYS sahabat saya yg berbaik hati nya salam dari saya

raqiem7

Desember 09, 2014, 09:49:41 PM
Apakah di sini ada pembahasan sains dan hubungannya dengan agama?
 

Farabi

Desember 03, 2014, 06:50:05 PM
Seorang diktator akan menuntut rakyatnya untuk mengabdi kepada negara. Padahal seharusnya negara itu menjadi pelayan masyarakat.

tolle

Desember 03, 2014, 10:23:20 AM
gan dlu aku pernah coba buat kontrol robot pake stik ps2 tpi ngak jdi,,,,
bisa minta solusinya ....?

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:47:34 PM
nurhalimah
hmm.. bagus blognya..

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:45:40 PM
hallo.. mau nannya ada yg punya tutorial labview? lagi sangat butuh untuk kuliah..  :D

NurHalimah24

Desember 02, 2014, 11:13:09 AM
Halo salam kenal semuanya. bisa kunjungi blog saya ya http://nurhalimah-24.blogspot.com/ terima kasih :)

agus.sucipto99

Desember 01, 2014, 03:32:01 PM
haloo bang syair dari medan... minta alamat email atau no tlp yg bisa dihubungi dong ????

Learner

Desember 01, 2014, 01:03:16 AM
Ini anggota forumnya masih aktif kah?

quietwave

November 30, 2014, 08:24:45 PM
halo?

Show 50 latest

Penulis Topik: Makhluk Hidup pertama di bumi  (Dibaca 30145 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Makhluk Hidup pertama di bumi
« pada: Maret 14, 2011, 09:16:37 PM »
Kalo boleh tahu makhluk hidup pertama di bumi bentuknya gimana ya...??? :-[


Sesederhana apa kira2...??

Apa yang dimakan ..??


Ora Et Labora

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6817
  • IQ: 34
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #1 pada: Maret 15, 2011, 02:44:16 PM »
Definisi makhluk hidup di sini yang bagaimana? Berdasar biologi? Untuk saat ini makhluk hidup paling sederhana adalah prokaryot (bakteri), tapi prokaryot awal tentunya beda dengan prokaryot masa kini (jadi lucu juga ada tukang obat yang ngoceh makhluk hidup paling sederhana saja begitu kompleks).

Berdasar hipotesa, moyang prokaryot adalah protobiont, moyangnya lagi...lupa :p Tapi kalau dikaitkan ke 'bentuk kehidupan awal', mungkin akan mengarah pada molekul oganis dengan kemampuan menduplikasi diri.

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #2 pada: Maret 19, 2011, 09:35:33 PM »
wew susah dimengerti k k

bisa kasih gambaran atau link nya ga...???

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6817
  • IQ: 34
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #3 pada: Maret 20, 2011, 08:12:55 AM »
Coba aja googling ke banyak sumber dengan keyword abiogenesis. Dan pastikan anda tak masuk ke situs tukang obat atau kreasionis lain.

Kalau tak salah, molekul organis dengan kemampuan untuk menggandakan diri ini disebut replicator. Replicator berbeda dengan virus, karena virus memerlukan inang untuk bisa menggandakan diri, sementara replicator tidak (wong makhluk hidup buat inangnya belum ada)
« Edit Terakhir: Maret 20, 2011, 08:18:10 AM oleh Pi-One »

Offline gema

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #4 pada: April 14, 2011, 04:38:10 PM »
Kutip
Coba aja googling ke banyak sumber dengan keyword abiogenesis.

menurut saya -- untuk mencari tahu Makhluk hidup pertama dibumi -- kurang tepat kalau menggunakan teori abiogenesis.
Karena sesuai dengan percobaan Louis Pasteur,Abiogenesis jelas tidak terbukti kebenarannya.
Ini link nya
http://filzahazny.wordpress.com/2008/02/23/teori-abiogenesis-dan-biogenesis/ [nofollow]
gunakanlah teori biogenesis.
Mpunya sombong dan salah.

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #5 pada: April 14, 2011, 10:43:53 PM »
@gema
Tp kan ada teori abiogenesis dari Harun Yahya yg masih bisa masuk diakal ...

klu yg teori aristoteles yg ginian sihh
  1. ikan dan katak berasal dari Lumpur.

   2. Cacing berasal dari tanah, dan

   3. Belatung berasal dari daging yang membusuk.
udah basi... :P

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6817
  • IQ: 34
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #6 pada: April 14, 2011, 11:19:51 PM »
menurut saya -- untuk mencari tahu Makhluk hidup pertama dibumi -- kurang tepat kalau menggunakan teori abiogenesis.
Karena sesuai dengan percobaan Louis Pasteur,Abiogenesis jelas tidak terbukti kebenarannya.
Jangan pakai abiogenesis klasiknya aristoteles, tapi abiogenesis modern. Keduanya amat berbeda. Louis Pasteur mematahkan abiogenesis klasik, bukan abiogenesis modern :)

@gema
Tp kan ada teori abiogenesis dari Harun Yahya yg masih bisa masuk diakal ...
Sejak kapan HY mencetuskan teori yang masuk akal? ::)

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #7 pada: April 15, 2011, 07:39:12 AM »
Louis Pasteur mematahkan abiogenesis klasik ??  Dia pake alat labu leher angsa itu  ??   :o :D :D

Gak bener itu.  Dogma abad-19 ketika orang belum banyak tahu tentang radiasi kok masih dibawa-bawa,  makanya sampai sekarang menyangkut asal-usul virus masih mbulet ajah kayak benang ruwet ................................... :D :D :D

Dan teori Aristoteles gak bakalan basi,  itu yang bener :  belatung berasal dari daging yang membusuk dan  rayap juga berasal dari kayu yang membusuk,  tentu bukan hanya semata-mata dilihat dari daging dan kayunya,  lihat proses pembusukannya karena pengaruh apa saja,  antara lain iklim / cuaca dan radiasi ........................................
« Edit Terakhir: April 15, 2011, 08:02:54 AM oleh semut-ireng »

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6817
  • IQ: 34
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #8 pada: April 15, 2011, 12:11:25 PM »
Bla bla bla......
Gak bisa post yang lebih bego lagi?
Apa ya korelasi semut-asbun dengan Karno Gendengtono? Gendeng dan ahonya 101 persen mirip ::)

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #9 pada: April 15, 2011, 02:07:15 PM »
Hmm.  Di link yang disampaikan di atas itu jelas tertulis  :

“Kemunculan kehidupan di bumi adalah masalah terbesar yang belum terpecahkan.”

Dan hanya karena kaldu yang keruh akibat berhubungan dengan udara luar,  lalu mereka dengan mudahnya mempercayai bahwa hal itu disebabkan kontaminasi dengan mikroorganisme yang terbawa udara ??  wkwkwkwk :P :P


Offline gema

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #10 pada: April 15, 2011, 06:04:50 PM »
Kutip
Kalau tak salah, molekul organis dengan kemampuan untuk menggandakan diri ini disebut replicator.
kalau begitu,berarti makhluk hidup yang hidup pertama kali sudah sangat kompleks karena sudah bisa mereplikasi diri,bung Pi-One?

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6817
  • IQ: 34
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #11 pada: April 15, 2011, 09:02:13 PM »
kalau begitu,berarti makhluk hidup yang hidup pertama kali sudah sangat kompleks karena sudah bisa mereplikasi diri,bung Pi-One?
'Replicator' bahkan belum bisa disebut makhluk hidup,lebih cocok disebut benda hidup mungkin.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #12 pada: April 15, 2011, 09:28:01 PM »
'Replicator' bahkan belum bisa disebut makhluk hidup,lebih cocok disebut benda hidup mungkin.

apakah ini berarti mahluk hidup sebenarnya bisa menggandakan dirinya tanpa berhubungan badan (tanpa harus menggunakan sel kelamin)?

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6817
  • IQ: 34
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #13 pada: April 16, 2011, 12:53:08 AM »
apakah ini berarti mahluk hidup sebenarnya bisa menggandakan dirinya tanpa berhubungan badan (tanpa harus menggunakan sel kelamin)?
Lha, emang semua makhluk hidup mesti berkembang biak secara seksual? Kan ada yang aseksual, ada juga yang bisa seksual maupun aseksual. Ada yang 'hermaprodit' (cacing atau siput)

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Makhluk Hidup pertama di bumi
« Jawab #14 pada: April 16, 2011, 05:55:45 AM »
'Replicator' bahkan belum bisa disebut makhluk hidup,lebih cocok disebut benda hidup mungkin.

lalu bagaimana prosesnya dari benda hidup menjadi makhluk hidup ?

virus termasuk makhluk hidup,  benda hidup,  atau benda mati / partikel ?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
makhluk hidup abadi

Dimulai oleh nandaz « 1 2 3 4 » Biologi

55 Jawaban
19527 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2010, 10:12:56 AM
oleh Hendy wijaya, MD
54 Jawaban
126577 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2010, 07:31:29 PM
oleh bimabot
25 Jawaban
6712 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 10:27:33 AM
oleh Hendy wijaya, MD
6 Jawaban
27070 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2011, 07:03:53 PM
oleh galihutomo
1 Jawaban
621 Dilihat
Tulisan terakhir November 02, 2014, 05:25:40 PM
oleh embrio11s

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia