Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: media bakteri  (Dibaca 4435 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline hawari

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 30
    • Lihat Profil
media bakteri
« pada: April 12, 2010, 02:23:24 PM »
bagaimana cara membuat media bakteri zhimomonas? untuk membuata alkohol



Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: media bakteri
« Jawab #1 pada: April 14, 2010, 05:47:15 AM »
Peruntukan mediumnya untuk apa? Kalau hanya untuk pemeliharaan, gunakan NA (Nutrient Agar) sudah cukup. NA sudah banyak dijual jadi, namun kalau tidak ada uang bisa dibuat dengan mencampur air kaldu (rebusan tulang) dengan sukrosa (gula pasir) 2% dan ditambah dengan agar roti atau agar kue 1,5 hingga 2%. Kemudian disterilisasi di autoklaf 121 derajat celcius selama 15 menit. Persen (%) yang digunakan adalah berat per volume (gr/ml)

Kalau mediumnya ingin digunakan dalam produksi ethanol, tidak perlu agar. Cukup sumber gulanya, biasanya menggunakan molase atau bisa dengan glukosa 2 - 3%, ditambah sumber N (biasanya menggunakan Yeast Extract atau garam-garam N). Sterilisasi sama, nanti mediumnya bentuk cair (broth).
...setetes air di samudera luas...

Offline hawari

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 30
    • Lihat Profil
Re: media bakteri
« Jawab #2 pada: April 14, 2010, 12:07:43 PM »
untuk menumbuhkan (mengembangbiakkan)

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: media bakteri
« Jawab #3 pada: April 16, 2010, 08:48:25 PM »
untuk menumbuhkan (mengembangbiakkan)

Kalau begitu gunakan NA.

Offline hawari

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 30
    • Lihat Profil
Re: media bakteri
« Jawab #4 pada: April 21, 2010, 03:13:53 PM »
pa ada keuntungan tersendiri ketika menggunakan NA dan NB?apa kelebihan masing-masing?

Offline hawari

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 30
    • Lihat Profil
media bakteri2
« Jawab #5 pada: April 21, 2010, 03:15:44 PM »
setahu saya etanol dibuat dengan kondisi anaerob. apa itu harus ?dan bagaimana mengkondisikan agar sitem bebas dari oksigen?

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: media bakteri2
« Jawab #6 pada: April 21, 2010, 05:21:12 PM »
Mungkin dengan mem-vakumkan ruangannya?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
2327 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2008, 05:34:10 PM
oleh devil
4 Jawaban
1285 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2011, 04:24:21 PM
oleh syx
44 Jawaban
8196 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2011, 01:42:38 PM
oleh 47k
2 Jawaban
3352 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2011, 07:15:46 PM
oleh rithone
19 Jawaban
432 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2014, 07:12:29 PM
oleh mynick

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia