Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

dhea252

Agustus 19, 2016, 11:20:05 AM
Very good idea you've shared here, from here I can be a very valuable new experience. all things that are here will I make the source of reference, thank you friends.
http://obatambeien.tasikstore.com/
http://obatambeien.healthylifeindonesia.com/
http://obatambeien.bestagaric.web.id/
http://obat

dhea252

Agustus 19, 2016, 11:19:44 AM
Thanks for sharing, success always
http://obatambeien.tasikstore.com/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:14:36 AM
Thanks for sharing, success always

http://obatkolesterol.healthylifeindonesia.com/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:14:11 AM

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:13:27 AM
The information is so exciting, very enjoyable to be listened

http://obatkolesterol.best-agaric.net/
http://obatkolesterol.best-agaric.com/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:12:56 AM
It is interesting to read, I hope the future is much better


http://obatkolesterol.agaricpro.info/
http://obatkolesterol.agaricpro.net/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:12:19 AM
Wow, I like the way you design this web... It's so beautiful.

http://obatkolesterol.agaricpro.biz/
http://obatkolesterol.agaricpro.org/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:11:35 AM

auzyouchen

Agustus 03, 2016, 09:53:07 AM
selamat pagi
Kutip

agaricback

Juli 29, 2016, 08:43:47 AM
ada hukum archimedes yang dimana masanya berkurang karena adanya udara..
http://goo.gl/aXAJAC | http://goo.gl/4nts9p | http://goo.gl/SqrQc0 | http://goo.gl/H4YOdC |

Show 50 latest

Penulis Topik: membuat alkohol  (Dibaca 15613 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline hawari

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 30
    • Lihat Profil
membuat alkohol
« pada: Mei 05, 2010, 12:20:53 PM »
mau nanya untuk proses fermentasi glukosa yang menggunakan zimomonas, media yang cocok apa ya?kmrn soalnya ada dua opsi yakni Nb dicampur glukosa. trus yang lainnya ada glukosa dicampur dengan garam n yeast. thx



Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #1 pada: Mei 05, 2010, 06:24:10 PM »
mungkin opsi yg kedua?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline hawari

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 30
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #2 pada: Mei 06, 2010, 04:51:36 PM »
alasannya??

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #3 pada: Mei 12, 2010, 05:21:37 PM »
bisa dijelaskan lebih lanjut masing-masing opsi?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #4 pada: Mei 12, 2010, 06:07:39 PM »
glukosa campur yeast aja...itu umum khan
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #5 pada: Mei 12, 2010, 06:08:43 PM »
selain umum kyaknya lebih mdah di dapt daripada opsi pertama...?

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 266
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Quorum Sensing
Re: membuat alkohol
« Jawab #6 pada: Mei 15, 2010, 04:20:58 AM »
Tambah glukosa di dalam medium. Kalau garam, biasanya jumlahnya sangat sedikit, bahkan kalau tidak juga tidak apa2x. Jangan ditambah khamir, nanti Zymomonas nya overpopulated oleh khamirnya, karena khamir jauh lebih cepat menggunakan glukosa untuk membuat alkohol.
...setetes air di samudera luas...

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #7 pada: Mei 17, 2010, 08:19:10 AM »
knp alkohol yg djual kdrny bs mncapai 70% lbh bhkn bs smpai 90% ??? pdhl klu hsl fermentasi alkoholny cuma berkadar sktr 3%....

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #8 pada: Mei 17, 2010, 12:32:19 PM »
knp alkohol yg djual kdrny bs mncapai 70% lbh bhkn bs smpai 90% ??? pdhl klu hsl fermentasi alkoholny cuma berkadar sktr 3%....
alkohol yang kadar 70% itu bukan berasal dari fermentasi makanan, biasanya pake fermentasi kayu...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #9 pada: Mei 17, 2010, 01:11:57 PM »
Kenapa gak bisa buat alkohol 100%?
Kenapa hanya 96%.
Trus, dari fermentasi apa yang 96% ini?

Emm.. fermentasi kayu? Bisa dijelasin?
OOT OOT OOT..!!!

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #10 pada: Mei 17, 2010, 04:18:22 PM »
knp alkohol yg djual kdrny bs mncapai 70% lbh bhkn bs smpai 90% ??? pdhl klu hsl fermentasi alkoholny cuma berkadar sktr 3%....
bukannya itu karena pemurnian? kadar alkohol yang ketinggian kan justru bikin mikrobanya mabuk dan mati.

Kenapa gak bisa buat alkohol 100%?
Kenapa hanya 96%.
Trus, dari fermentasi apa yang 96% ini?
alkohol (etanol) emang paling stabil pada 96%. di kondisi itu dia ga bakal serap air lagi. alkohol 100% ada tapi cepet banget menyerap air dari udara hingga jadi 96%. makanya yang paling lazim ditemui kadar tertingginya 96%.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #11 pada: Mei 17, 2010, 04:19:07 PM »
Kenapa gak bisa buat alkohol 100%?
Kenapa hanya 96%.
Trus, dari fermentasi apa yang 96% ini?

Emm.. fermentasi kayu? Bisa dijelasin?
...aku pernah baca buku alkohol 70% dibuat dari serbuk kayu gitu tapi lupa kelanjutan bacanya...kenapa ngga 100% karena alkohol itu sangat mudah menguap dan mudah terbakar dan lagi etanol murni sangat higroskopis(mudah nyerep air dan udara), kalo udah bercampur dengan air etanol disebut azeotrop...kalo yang bioetanol juga semacam alkohol ada yang dibuat dari  gula plus kulturnya, anggap lah gula itu bisa diambil dari jagung,dll ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #12 pada: Mei 17, 2010, 04:21:58 PM »
kalo dari serbuk kayu apa proses sintesisnya ga jadi tambah panjang karena musti memecah selulosa sampe jadi monosakarida sebelum akhirnya jadi alkohol?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #13 pada: Mei 17, 2010, 04:34:12 PM »
..lupa deh, nanti kalo sempet pulang kampung aku baca bukuku deh, disana ditulisakan bikin metanol70% atau seukuran spritus dibikin dari destilasi kayu.... ;D
« Edit Terakhir: Mei 17, 2010, 04:38:40 PM oleh nandaz »

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: membuat alkohol
« Jawab #14 pada: Mei 18, 2010, 09:37:08 AM »
cara pemurnian alkohol t bgmn?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
7346 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 15, 2009, 07:10:18 PM
oleh phice
0 Jawaban
1303 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2010, 06:54:50 PM
oleh Arvielri
Injeksi Alkohol

Dimulai oleh syx « 1 2 3 » Agama dan Filosofi

41 Jawaban
12906 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 24, 2011, 10:52:41 AM
oleh maula
33 Jawaban
9934 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 08, 2011, 06:29:32 PM
oleh familycode
0 Jawaban
1316 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 23, 2011, 02:11:39 AM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia