Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

agaricpro

Januari 23, 2015, 11:37:52 AM

lochvigo

Januari 21, 2015, 03:36:15 PM
kenapa terowongan bentuknya bulat? bantu jawab

denumam

Januari 20, 2015, 08:07:54 PM
Kok sepi yah disini??? Ga kaya forum geje sebelah. Mungkin orang indonesia suka yg geje2... :v

SAHABATPD

Januari 20, 2015, 02:57:45 PM
Salam kenal  ;)
 

Gen-I-uSy

Januari 19, 2015, 05:32:53 AM
sekarang latexnya udah ga bisa lagi ya

Taf_id

Januari 18, 2015, 06:00:30 PM
Sebuah mesin carnot dengan reservoir suhu tinggi 640K menyerap kalor sebesar 1250 kaloridengan efisiensi 20%. Berapakah kalor yang di serap  pada reservoir suhu tinggi bila efisiensi mesin naik menjadi 50%? Mohon di jawab dengan langkah2nya. Terima kasih
 

ch0c0

Januari 17, 2015, 07:21:24 PM
siapa aja yg online ni ;D

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:15:50 PM
kalau mau ttg partikel tuhan,saya sedikit tahu tp ni mencakup ilmu tasawwuf modern

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:14:45 PM
salam kenal semuanya
 :)

Elman

Januari 15, 2015, 11:24:47 AM
Haii semuanya salam kenal.

Show 50 latest

Penulis Topik: Mutasi pada Manusia  (Dibaca 7921 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Mutasi pada Manusia
« pada: Juni 14, 2011, 02:19:47 PM »
Teman2 tau kan film sci-fi X-Man?

Mungkin ga ea, manusia2 sperti wolfrine, cyclops, strom, rouge, dan yg laen bener2 diwujudkan?
« Edit Terakhir: Juni 15, 2011, 12:23:38 PM oleh syx »



Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6879
  • IQ: 35
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: X-Man
« Jawab #1 pada: Juni 14, 2011, 07:12:40 PM »
Maksudnya X-Men? X-Man kalau gak salah salah satu anggota X-Men.
Mutan pada dasarnya mungkin saja, tapi sebagian besar penggambaran kekuatan mutan yang ada lebih condong fantasi ketimbang mungkin terwujud. Anda ada mutan juga gak akan punya kekuatan sebesar itu.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: X-Man
« Jawab #2 pada: Juni 15, 2011, 07:25:12 AM »
maaf, itu cuma fantasi aja.
mungkin ada yang bisa berikan contoh mutasi yang pernah dialami manusia?

Offline 30n0

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 4
    • Lihat Profil
Re: X-Man
« Jawab #3 pada: Juni 15, 2011, 08:51:49 AM »
Teman2 tau kan film sci-fi X-Man?

Mungkin ga ea, manusia2 sperti wolfrine, cyclops, strom, rouge, dan yg laen bener2 diwujudkan?

itu hanya imajinasi pembuat film..

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6879
  • IQ: 35
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: X-Man
« Jawab #4 pada: Juni 15, 2011, 09:46:06 AM »
maaf, itu cuma fantasi aja.
mungkin ada yang bisa berikan contoh mutasi yang pernah dialami manusia?
Rambut merah misalnya, itu adalah hasil mutasi yang baru terjadi 5-10 ribu tahun silam :)

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: X-Man
« Jawab #5 pada: Juni 15, 2011, 11:43:33 AM »
kulit biru, di india konon ada manusia berkulit biru

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #6 pada: Juni 15, 2011, 12:24:10 PM »
apakah penyakit genetik bisa dikategorikan mutasi? misalnya hemofilia.

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #7 pada: Juni 15, 2011, 01:25:14 PM »
Sejauh ini dg perkembangan ilmu teknologi mutasi berhasil pd hewan dan tumbuhan untuk menghasilkan bibit unggul

jadi knp tdk bisa pada manusia?

Belum bisa?
Ato mungkin hal itu dilarang oleh hukum?

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 377
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #8 pada: Juni 15, 2011, 01:57:54 PM »
Apakah mutasi lebih banyak yg bersifat merugikan, menguntungkan, atau netral? Atau malah frekuensi ketiganya seimbang? Contoh mutasi yg menguntungkan pada manusia atau hewan misalnya apa?
There is impossible to escape the reality, except weaving together all of your imagination to make an alternate reality, and expand your own horizon. But people may call you a madman.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6879
  • IQ: 35
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #9 pada: Juni 15, 2011, 08:38:42 PM »
apakah penyakit genetik bisa dikategorikan mutasi? misalnya hemofilia.
Sebagian penyakit memang merupakan hasil mutasi. Termasuk juga buta warna, obesitas, hipertensi dsb. Hemofiliakalau gak salah juga termasuk.

Sejauh ini dg perkembangan ilmu teknologi mutasi berhasil pd hewan dan tumbuhan untuk menghasilkan bibit unggul

jadi knp tdk bisa pada manusia?

Belum bisa?
Ato mungkin hal itu dilarang oleh hukum?
In fact, ilmuwan memang masih menghindari bermain-main terlalu jauh dengan genetika manusia. Apalagi penelitian begini perlu biaya besar, kalau ditentang masyarakat dunia, gimana mau dapat dana?

Apakah mutasi lebih banyak yg bersifat merugikan, menguntungkan, atau netral? Atau malah frekuensi ketiganya seimbang? Contoh mutasi yg menguntungkan pada manusia atau hewan misalnya apa?
Mayoritas mutasi itu netral (slinet mutation), karena tidak menimbulkan dampak langsung.

Dan soal menguntungkan atau merugikan kadang tidak jelas juga. Misal gen rambut merah, itu menguntungkan atau merugikan? Ini mungkin menguntungkan dalam seleksi seksual (katanya).

Atau sel darah merah berbentuk sabit, yang memiliki mutasi begini memiliki kekurangan tertentu dibanding orang lain, termasuk potensi stroke, tapi di sisi lain mereka kebal terhadap malaria.

Kemampuan resistensi bakteri terhadap antibiotik adalah salah satu hasil mutasi yang menguntungkan (bagi bakteri, bukan bagi kita)

Offline ?

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 739
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #10 pada: Juni 16, 2011, 11:00:45 AM »
Evolution Of New Species Slows Down As Number Of Competitors Increases

http://www.sciencedaily.com/releases/2008/03/080325083359.htm

Apakah artikel ini dapat membantu?

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #11 pada: Juni 16, 2011, 11:42:28 AM »
Di youtube ada tuh video acara discovery.
Stan Lee's superhuman.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #12 pada: Juni 16, 2011, 12:27:21 PM »
saya mau tahu juga, manusia udah pernah dikloning ga...???
Ora Et Labora

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #13 pada: Juni 16, 2011, 03:28:52 PM »
saya mau tahu juga, manusia udah pernah dikloning ga...???
kaya nya sih belum. Ada yg ngeklaim sudah, tapi belum ada bukti2 kuat hal tsb sudah berhasil.

Offline ?

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 739
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #14 pada: Juni 16, 2011, 05:02:36 PM »
Kloning tersulit yang pernah dilakukan adalah anjing. Harap dikoreksi jika salah.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
23 Jawaban
16715 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 08, 2014, 01:55:05 PM
oleh Monox D. I-Fly
4 Jawaban
2916 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 04, 2009, 11:48:19 AM
oleh milmi
mutasi???

Dimulai oleh alf « 1 2 3 » Biologi

40 Jawaban
14486 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2010, 07:48:33 PM
oleh Astrawinata G
0 Jawaban
1277 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2011, 10:50:28 AM
oleh Chanz99
0 Jawaban
227 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 15, 2014, 04:34:51 PM
oleh imad323

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia