Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Raidahafi27

Pebruari 28, 2015, 07:12:04 AM
departemen tehnik lingkungan banyak menggambar nya ga??

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:46:50 PM
 >:(

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:42:11 PM
ada yg tau gk bahan kimia /material pembuat n pembentuk plastik n bagaimana proses campurane/takaran yg pas untuk membuat plastik frame kacamata yg celluloid n thanks ya

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:40:36 PM
hy saya anggota baru dr kota surabaya n salam kenal n thanks udh d ijinin gabung

abdillahibnunasrullah

Pebruari 24, 2015, 07:53:17 PM
Assalamualaikum, shalom kenal semuanya, ane temennya MuhammadRyan
 

MuhammadRyan

Pebruari 23, 2015, 10:23:33 PM
YAOW, Akhirnya pulang juga dari Haifah, Israel. Ada proyek... bkan soal Mossad...

DefiRahmawati

Pebruari 23, 2015, 03:34:34 PM
salam kenal semuanya, saya anggota baru di sini, mau tanya apakah ada yg tau bagaimana caranya agar daun yang sudah kita petik tetap segar dan tidak menjadi keriput/ menciut ?
#saya sangat menunggu jawaban dari teman" yang mengetahuinya, terima kasih sebelumnya...  :)

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:39:48 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:32:32 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:32:03 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

Show 50 latest

Penulis Topik: Mutasi pada Manusia  (Dibaca 8103 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Mutasi pada Manusia
« pada: Juni 14, 2011, 02:19:47 PM »
Teman2 tau kan film sci-fi X-Man?

Mungkin ga ea, manusia2 sperti wolfrine, cyclops, strom, rouge, dan yg laen bener2 diwujudkan?
« Edit Terakhir: Juni 15, 2011, 12:23:38 PM oleh syx »



Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6912
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: X-Man
« Jawab #1 pada: Juni 14, 2011, 07:12:40 PM »
Maksudnya X-Men? X-Man kalau gak salah salah satu anggota X-Men.
Mutan pada dasarnya mungkin saja, tapi sebagian besar penggambaran kekuatan mutan yang ada lebih condong fantasi ketimbang mungkin terwujud. Anda ada mutan juga gak akan punya kekuatan sebesar itu.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: X-Man
« Jawab #2 pada: Juni 15, 2011, 07:25:12 AM »
maaf, itu cuma fantasi aja.
mungkin ada yang bisa berikan contoh mutasi yang pernah dialami manusia?

Offline 30n0

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 4
    • Lihat Profil
Re: X-Man
« Jawab #3 pada: Juni 15, 2011, 08:51:49 AM »
Teman2 tau kan film sci-fi X-Man?

Mungkin ga ea, manusia2 sperti wolfrine, cyclops, strom, rouge, dan yg laen bener2 diwujudkan?

itu hanya imajinasi pembuat film..

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6912
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: X-Man
« Jawab #4 pada: Juni 15, 2011, 09:46:06 AM »
maaf, itu cuma fantasi aja.
mungkin ada yang bisa berikan contoh mutasi yang pernah dialami manusia?
Rambut merah misalnya, itu adalah hasil mutasi yang baru terjadi 5-10 ribu tahun silam :)

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: X-Man
« Jawab #5 pada: Juni 15, 2011, 11:43:33 AM »
kulit biru, di india konon ada manusia berkulit biru

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #6 pada: Juni 15, 2011, 12:24:10 PM »
apakah penyakit genetik bisa dikategorikan mutasi? misalnya hemofilia.

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #7 pada: Juni 15, 2011, 01:25:14 PM »
Sejauh ini dg perkembangan ilmu teknologi mutasi berhasil pd hewan dan tumbuhan untuk menghasilkan bibit unggul

jadi knp tdk bisa pada manusia?

Belum bisa?
Ato mungkin hal itu dilarang oleh hukum?

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 377
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #8 pada: Juni 15, 2011, 01:57:54 PM »
Apakah mutasi lebih banyak yg bersifat merugikan, menguntungkan, atau netral? Atau malah frekuensi ketiganya seimbang? Contoh mutasi yg menguntungkan pada manusia atau hewan misalnya apa?
There is impossible to escape the reality, except weaving together all of your imagination to make an alternate reality, and expand your own horizon. But people may call you a madman.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6912
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #9 pada: Juni 15, 2011, 08:38:42 PM »
apakah penyakit genetik bisa dikategorikan mutasi? misalnya hemofilia.
Sebagian penyakit memang merupakan hasil mutasi. Termasuk juga buta warna, obesitas, hipertensi dsb. Hemofiliakalau gak salah juga termasuk.

Sejauh ini dg perkembangan ilmu teknologi mutasi berhasil pd hewan dan tumbuhan untuk menghasilkan bibit unggul

jadi knp tdk bisa pada manusia?

Belum bisa?
Ato mungkin hal itu dilarang oleh hukum?
In fact, ilmuwan memang masih menghindari bermain-main terlalu jauh dengan genetika manusia. Apalagi penelitian begini perlu biaya besar, kalau ditentang masyarakat dunia, gimana mau dapat dana?

Apakah mutasi lebih banyak yg bersifat merugikan, menguntungkan, atau netral? Atau malah frekuensi ketiganya seimbang? Contoh mutasi yg menguntungkan pada manusia atau hewan misalnya apa?
Mayoritas mutasi itu netral (slinet mutation), karena tidak menimbulkan dampak langsung.

Dan soal menguntungkan atau merugikan kadang tidak jelas juga. Misal gen rambut merah, itu menguntungkan atau merugikan? Ini mungkin menguntungkan dalam seleksi seksual (katanya).

Atau sel darah merah berbentuk sabit, yang memiliki mutasi begini memiliki kekurangan tertentu dibanding orang lain, termasuk potensi stroke, tapi di sisi lain mereka kebal terhadap malaria.

Kemampuan resistensi bakteri terhadap antibiotik adalah salah satu hasil mutasi yang menguntungkan (bagi bakteri, bukan bagi kita)

Offline ?

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 739
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #10 pada: Juni 16, 2011, 11:00:45 AM »
Evolution Of New Species Slows Down As Number Of Competitors Increases

http://www.sciencedaily.com/releases/2008/03/080325083359.htm

Apakah artikel ini dapat membantu?

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #11 pada: Juni 16, 2011, 11:42:28 AM »
Di youtube ada tuh video acara discovery.
Stan Lee's superhuman.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #12 pada: Juni 16, 2011, 12:27:21 PM »
saya mau tahu juga, manusia udah pernah dikloning ga...???
Ora Et Labora

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #13 pada: Juni 16, 2011, 03:28:52 PM »
saya mau tahu juga, manusia udah pernah dikloning ga...???
kaya nya sih belum. Ada yg ngeklaim sudah, tapi belum ada bukti2 kuat hal tsb sudah berhasil.

Offline ?

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 739
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #14 pada: Juni 16, 2011, 05:02:36 PM »
Kloning tersulit yang pernah dilakukan adalah anjing. Harap dikoreksi jika salah.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
23 Jawaban
17163 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 08, 2014, 01:55:05 PM
oleh Monox D. I-Fly
4 Jawaban
2980 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 04, 2009, 11:48:19 AM
oleh milmi
mutasi???

Dimulai oleh alf « 1 2 3 » Biologi

40 Jawaban
14854 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2010, 07:48:33 PM
oleh Astrawinata G
0 Jawaban
1304 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2011, 10:50:28 AM
oleh Chanz99
0 Jawaban
287 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 15, 2014, 04:34:51 PM
oleh imad323

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia