Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

alfiansa

Juli 22, 2014, 06:19:13 AM
lebaran jualan sepatu online kak http://goo.gl/G3NXOq

visitpare

Juli 20, 2014, 07:25:09 AM
ada yang mau ke Kampung Inggris Pare - Kediri gak di sini? Salam kenal dari www.visitpare.com  :D
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:17 PM
Presentasi Liputan Internet di http://www.prestisewan.tk/p/liputan-internet.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:48:04 PM
Presentasi Pancaspirasi untuk Prabowo-Hatta yang selengkapnya dapat dibaca http://bloggerwan.blogdetik.com/2014/06/23/pancaspirasi-untuk-prabowo-hatta.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:49 PM
Presentasi Indotophosting Hosting Unlimited dan Domain Murah Terbaik di Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/12-indotophosting-com-hosting-unlimited-dan-domain-murah-terbaik-di-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:30 PM

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:21 PM
Presentasi Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia di http://www.indonia.ga/2014/07/10-camry-mobil-hybrid-terbaik-indonesia.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:47:09 PM
Presentasi Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang di http://www.indonia.ga/2014/07/08-yamaha-r15-dan-yamaha-r25-motor-sport-racing-dan-kencang.html

azaziahmaalin

Juli 16, 2014, 02:46:19 PM
Presentasi ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia yang selengkapnya dapat dibaca di http://dipoblogforce1.blogspot.com/2014/06/12-ADRO-TEXTILE-Konveksi-Murah-Indonesia-Tlp-081362666444.html

Show 50 latest

Penulis Topik: Mutasi pada Manusia  (Dibaca 6641 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Mutasi pada Manusia
« pada: Juni 14, 2011, 02:19:47 PM »
Teman2 tau kan film sci-fi X-Man?

Mungkin ga ea, manusia2 sperti wolfrine, cyclops, strom, rouge, dan yg laen bener2 diwujudkan?
« Edit Terakhir: Juni 15, 2011, 12:23:38 PM oleh syx »



Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6704
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: X-Man
« Jawab #1 pada: Juni 14, 2011, 07:12:40 PM »
Maksudnya X-Men? X-Man kalau gak salah salah satu anggota X-Men.
Mutan pada dasarnya mungkin saja, tapi sebagian besar penggambaran kekuatan mutan yang ada lebih condong fantasi ketimbang mungkin terwujud. Anda ada mutan juga gak akan punya kekuatan sebesar itu.
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun cs

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: X-Man
« Jawab #2 pada: Juni 15, 2011, 07:25:12 AM »
maaf, itu cuma fantasi aja.
mungkin ada yang bisa berikan contoh mutasi yang pernah dialami manusia?

Offline 30n0

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 4
    • Lihat Profil
Re: X-Man
« Jawab #3 pada: Juni 15, 2011, 08:51:49 AM »
Teman2 tau kan film sci-fi X-Man?

Mungkin ga ea, manusia2 sperti wolfrine, cyclops, strom, rouge, dan yg laen bener2 diwujudkan?

itu hanya imajinasi pembuat film..

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6704
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: X-Man
« Jawab #4 pada: Juni 15, 2011, 09:46:06 AM »
maaf, itu cuma fantasi aja.
mungkin ada yang bisa berikan contoh mutasi yang pernah dialami manusia?
Rambut merah misalnya, itu adalah hasil mutasi yang baru terjadi 5-10 ribu tahun silam :)

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: X-Man
« Jawab #5 pada: Juni 15, 2011, 11:43:33 AM »
kulit biru, di india konon ada manusia berkulit biru

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #6 pada: Juni 15, 2011, 12:24:10 PM »
apakah penyakit genetik bisa dikategorikan mutasi? misalnya hemofilia.

Offline neo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 9
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #7 pada: Juni 15, 2011, 01:25:14 PM »
Sejauh ini dg perkembangan ilmu teknologi mutasi berhasil pd hewan dan tumbuhan untuk menghasilkan bibit unggul

jadi knp tdk bisa pada manusia?

Belum bisa?
Ato mungkin hal itu dilarang oleh hukum?

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 377
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #8 pada: Juni 15, 2011, 01:57:54 PM »
Apakah mutasi lebih banyak yg bersifat merugikan, menguntungkan, atau netral? Atau malah frekuensi ketiganya seimbang? Contoh mutasi yg menguntungkan pada manusia atau hewan misalnya apa?
There is impossible to escape the reality, except weaving together all of your imagination to make an alternate reality, and expand your own horizon. But people may call you a madman.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6704
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #9 pada: Juni 15, 2011, 08:38:42 PM »
apakah penyakit genetik bisa dikategorikan mutasi? misalnya hemofilia.
Sebagian penyakit memang merupakan hasil mutasi. Termasuk juga buta warna, obesitas, hipertensi dsb. Hemofiliakalau gak salah juga termasuk.

Sejauh ini dg perkembangan ilmu teknologi mutasi berhasil pd hewan dan tumbuhan untuk menghasilkan bibit unggul

jadi knp tdk bisa pada manusia?

Belum bisa?
Ato mungkin hal itu dilarang oleh hukum?
In fact, ilmuwan memang masih menghindari bermain-main terlalu jauh dengan genetika manusia. Apalagi penelitian begini perlu biaya besar, kalau ditentang masyarakat dunia, gimana mau dapat dana?

Apakah mutasi lebih banyak yg bersifat merugikan, menguntungkan, atau netral? Atau malah frekuensi ketiganya seimbang? Contoh mutasi yg menguntungkan pada manusia atau hewan misalnya apa?
Mayoritas mutasi itu netral (slinet mutation), karena tidak menimbulkan dampak langsung.

Dan soal menguntungkan atau merugikan kadang tidak jelas juga. Misal gen rambut merah, itu menguntungkan atau merugikan? Ini mungkin menguntungkan dalam seleksi seksual (katanya).

Atau sel darah merah berbentuk sabit, yang memiliki mutasi begini memiliki kekurangan tertentu dibanding orang lain, termasuk potensi stroke, tapi di sisi lain mereka kebal terhadap malaria.

Kemampuan resistensi bakteri terhadap antibiotik adalah salah satu hasil mutasi yang menguntungkan (bagi bakteri, bukan bagi kita)

Offline ?

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 739
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #10 pada: Juni 16, 2011, 11:00:45 AM »
Evolution Of New Species Slows Down As Number Of Competitors Increases

http://www.sciencedaily.com/releases/2008/03/080325083359.htm

Apakah artikel ini dapat membantu?

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #11 pada: Juni 16, 2011, 11:42:28 AM »
Di youtube ada tuh video acara discovery.
Stan Lee's superhuman.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Offline hery_hunterz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #12 pada: Juni 16, 2011, 12:27:21 PM »
saya mau tahu juga, manusia udah pernah dikloning ga...???
Ora Et Labora

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #13 pada: Juni 16, 2011, 03:28:52 PM »
saya mau tahu juga, manusia udah pernah dikloning ga...???
kaya nya sih belum. Ada yg ngeklaim sudah, tapi belum ada bukti2 kuat hal tsb sudah berhasil.

Offline ?

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 739
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Mutasi pada Manusia
« Jawab #14 pada: Juni 16, 2011, 05:02:36 PM »
Kloning tersulit yang pernah dilakukan adalah anjing. Harap dikoreksi jika salah.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
23 Jawaban
15024 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 08, 2014, 01:55:05 PM
oleh Monox D. I-Fly
Mutasi DNA

Dimulai oleh soni sascori « 1 2 3 4 » Biologi

55 Jawaban
19992 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2009, 12:03:37 AM
oleh Hendy wijaya, MD
4 Jawaban
2414 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 04, 2009, 11:48:19 AM
oleh milmi
mutasi???

Dimulai oleh alf « 1 2 3 » Biologi

40 Jawaban
12042 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2010, 07:48:33 PM
oleh Astrawinata G
0 Jawaban
1096 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2011, 10:50:28 AM
oleh Chanz99

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia