Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

visitpare

Juli 29, 2014, 12:13:15 AM
dah malam.. maaf ya frenn ;) ;) ;) ;D ;D ;D ;D

visitpare

Juli 29, 2014, 12:12:45 AM
mana nihh.. kok seooouupiii ya..  >:( >:(

visitpare

Juli 29, 2014, 12:11:57 AM
 >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:(

visitpare

Juli 29, 2014, 12:11:34 AM
 ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

visitpare

Juli 29, 2014, 12:11:02 AM
 :D :D :D :D :D :D

visitpare

Juli 29, 2014, 12:10:44 AM
......zzz.....

visitpare

Juli 29, 2014, 12:10:16 AM
Bagi yang tau info cpns tlg shout ke sini.. makasih banyak

visitpare

Juli 29, 2014, 12:09:14 AM
Ada info tentang CPNS 2014 gak ya? mohon infonya.

visitpare

Juli 29, 2014, 12:05:59 AM
Selamat atas kemenangan Pak Jokowi di Pilpres 2014
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

Show 50 latest

Penulis Topik: Penyakit keturunan  (Dibaca 13088 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Penyakit keturunan
« pada: Juli 05, 2009, 01:04:30 PM »
Ada yang tau apa syaratnya sebuah penyakit dikatakan menurun atau tidak? Makasi sebelumnya!


Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6704
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Penyakit yang menurun
« Jawab #1 pada: Juli 07, 2009, 10:49:47 PM »
Karena sifat (kelainan genetis) tadi sudah ada pada gennya?
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun cs

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Penyakit yang menurun
« Jawab #2 pada: Juli 12, 2009, 02:51:32 PM »
Menurun jika terpaut secara genetik... kalau dalam biologi sederhana, katakanlah ada terpaut autosom dan terpaut sex. Misalkan buta warna, adalah penyakit menurun terpaut sex... namun belum tentu yang bapaknya / ibunya buta warna, akan ikut-ikutan buta warna... Lelaki dengan kromosom sex XY (normal), buta warna bila XcbY, wanita normal adalah XX, bila XcbXcb maka buta warna, sedangkan XcbX disebut karier, artinya tidak buta warna, namun anaknya bisa jadi kena buta warna. Misalkan lelaki buta warna (XcbY) kawin dengan wanita karier (XcbX), dan keluar anak lelaki, ada kemungkinan 50% dia buta warna... dan apabila wanita itu buta warna, kawin dengan ayah buta warna, pasti anak lelakinya buta warna, karena X didonorkan dari ibu, dan semua X nya ibu sudah ada cb nya.... gitu lah kira-kiranya untuk penyakit menurun. Sedangkan penyakit yang tidak menurun ya seperti malaria, demam berdarah, dll. Biasanya penyakit menurun tidak menular, penyakit yang tidak menurun kemungkinan bisa menular.
"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Penyakit yang menurun
« Jawab #3 pada: Juli 16, 2009, 04:25:39 PM »
Menurun jika terpaut secara genetik... kalau dalam biologi sederhana, katakanlah ada terpaut autosom dan terpaut sex. Misalkan buta warna, adalah penyakit menurun terpaut sex... namun belum tentu yang bapaknya / ibunya buta warna, akan ikut-ikutan buta warna... Lelaki dengan kromosom sex XY (normal), buta warna bila XcbY, wanita normal adalah XX, bila XcbXcb maka buta warna, sedangkan XcbX disebut karier, artinya tidak buta warna, namun anaknya bisa jadi kena buta warna. Misalkan lelaki buta warna (XcbY) kawin dengan wanita karier (XcbX), dan keluar anak lelaki, ada kemungkinan 50% dia buta warna... dan apabila wanita itu buta warna, kawin dengan ayah buta warna, pasti anak lelakinya buta warna, karena X didonorkan dari ibu, dan semua X nya ibu sudah ada cb nya.... gitu lah kira-kiranya untuk penyakit menurun. Sedangkan penyakit yang tidak menurun ya seperti malaria, demam berdarah, dll. Biasanya penyakit menurun tidak menular, penyakit yang tidak menurun kemungkinan bisa menular.

Makasi jawabannya.......
Itu membantu sekali...........

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Penyakit keturunan
« Jawab #4 pada: November 29, 2009, 06:24:48 PM »
apa saja macam kelainan n penyakit genetik itu??? tlg kasih penjelasan lengkapnya juga.... terima kasih...  :)

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #5 pada: November 29, 2009, 10:01:52 PM »
Mungkin kalo yang begini mas..Hendy jagonya..ditunggu jawabannya..
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
genetik
« Jawab #6 pada: November 30, 2009, 02:51:31 PM »
pa ja sih yg trmsk penyakit to kelainan genetik??? apkh t bs disembuhkan????

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: genetik
« Jawab #7 pada: November 30, 2009, 04:20:59 PM »
Kayaknya Mas hendy...deh..yang kompetensinya cocok menjawab pertanyaan bung..alf..

Offline t_ita_n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
  • life is fun :D
    • Lihat Profil
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #8 pada: Desember 04, 2009, 09:55:45 AM »
contoh beberapa penyakit herediter yaitu

 albino : orang yg tdk mempunyai pigmentasi dalam tubuhnya, disebabkan oleh gen resesip a (dr kata albus)

 butawarna : orang yg tdk dapat membedakan warna merah dan hijau, disebabkan oleh gen resesip c (dr kata colorblind) yg terdapat pada kromosom X

 hemofilia :penyakit herediter yg mengakibatkan darah sukar membeku saat terluka

 klo ada yg salah tolong dibetulkan  :D
:D :D :D

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #9 pada: Desember 04, 2009, 12:23:50 PM »
Banyak sekali penyakit genetik. Metode pewarisannya juga beragam, bisa terpaut alel autosom atau terpaut kromosom sex, atau di genom mitokondria (ingat, DNA bukan hanya di nukleus). Contoh yang sering dibahas adalah hemofilia, buta warna, albino, PKU, Tay Sachs, Polidaktil, Cystic Fibrosis, dll. Kalau nanya jangan terlalu luas dong, masa dibahas satu per satu? Padahal sudah banyak pembahasan mengenai hal itu di forum ini, seperti di:
http://www.forumsains.com/biologi/pink-dolphin/
http://www.forumsains.com/biologi/haemophilia-the-royal-disease/
http://www.forumsains.com/biologi/penyakit-yang-menurun/
http://www.forumsains.com/biologi/polydactyly/
dan masih banyak lagi.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #10 pada: Desember 04, 2009, 04:44:11 PM »
thanks, bio... topik kita gabung dengan penyakit yang menurun... untuk yg lain bisa disebut pembahasan khusus. tapi kalo misalnya ada pemikiran perlu digabung ok aja. gimana momod milmi?

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #11 pada: Desember 04, 2009, 05:41:16 PM »
contoh beberapa penyakit herediter yaitu

 albino : orang yg tdk mempunyai pigmentasi dalam tubuhnya, disebabkan oleh gen resesip a (dr kata albus)

 butawarna : orang yg tdk dapat membedakan warna merah dan hijau, disebabkan oleh gen resesip c (dr kata colorblind) yg terdapat pada kromosom X

 hemofilia :penyakit herediter yg mengakibatkan darah sukar membeku saat terluka

 klo ada yg salah tolong dibetulkan  :D

Bukannya cb?

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #12 pada: Desember 04, 2009, 07:17:53 PM »
Tapi jagan lupa...ada juga yang terkait dengan DNA di mitokondria...Jadi ada suatu penyakit...genetik..yang diwariskan dari Ibu keseluruh anaknya...Cuma saya maasih belum paham nanti saya cari dulu referensinya...

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #13 pada: Desember 09, 2009, 07:31:32 PM »
Setuju momod syx
...setetes air di samudera luas...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Biobio
« Jawab #14 pada: Desember 10, 2009, 01:06:31 AM »
@phice = cb untuk colorblind, tapi dalam penghitungan mau pakai a,b,c,z,anjing,dog,caca,rujak,gapapa... Cuma simbol saja
@r.a.n= Benar sekali, sudah saya bahas di atas tuh, dan ciri khas penyakit yang melibatkan genom mitokondria adalah pasti diwariskan dari induk maternal.

Pembahasan mengenai analisa pedigree silahkan buka di Pedigree Analysis For Beginner. Baru tadi siang saya bikin.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
10594 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2009, 02:10:48 PM
oleh paladin-x
67 Jawaban
13336 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2010, 08:34:34 PM
oleh Anak_Yang_Ingin_taHu
0 Jawaban
1187 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 23, 2009, 01:48:10 PM
oleh Nabih
10 Jawaban
10810 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 19, 2012, 10:47:07 PM
oleh PriaSehat
2 Jawaban
1990 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 19, 2011, 09:40:34 PM
oleh Icha

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia