Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 11:30:58 AM
Ngobrolin masalah analisis kata yuk? Gimana cara kerja otak mengenali kata, dan bagaimana proses memahaminya

Ruslinadi

Mei 14, 2015, 11:25:59 PM
bengkel online sebagai Agen Bola murah cepat dan berkualitas

M Iqbal

Mei 10, 2015, 04:38:51 PM
gimana cara buat pertanyaannya?

SalsabilaAmalia

Mei 08, 2015, 09:31:25 PM
Hai, salam Kenal mohon bimbingan dalam forum ini Terima kasih

hanan123

Mei 06, 2015, 04:38:23 PM
salam kenal tuk semuanya

Excalnewgate

April 16, 2015, 02:50:32 PM
Hallo salam kenal semua dan mohon bimbinganya ya, kedepanya.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:53:57 PM
maksih infonya gan
 

jasen

April 16, 2015, 01:36:33 PM
@NatsukiReza
Lanjutkan topik lama yang berhubungan dengan pertanyaan yg ingin diajukan, atau buat topik baru, di sub Forum yang sesuai.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:19:56 PM
gimana cara buat pertanyaan di forum ?? :D

Hanifyuand

April 12, 2015, 09:33:01 PM
Topik kita kan sains. Ustad gw ngomong jangan ditabrakin, entar timbul ketidakyakinan. Percayalah temen gw pernah ngalamin. Dia sekarang kerja di CERN. Dia sempet mau ateis gara-gara belajar partikel gitu-gitu

Show 50 latest

Penulis Topik: Sekresi dan Ekskresi?  (Dibaca 25012 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Sekresi dan Ekskresi?
« pada: November 12, 2009, 07:38:03 PM »
...sebetulnya apa perbedaan antara sistem sekresi sama sistem eksresi?
« Edit Terakhir: November 16, 2009, 04:12:17 PM oleh syx »


starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: sekresi dan eksresi?
« Jawab #1 pada: November 13, 2009, 05:25:13 PM »
Sistem sekresi kayak ngeluarin hormon gitu kan... yang dikeluarkan masih dibutuhkan oleh bagian tubuh laen... Tapi kalo' eskresi, pengeluaran zat sampah....
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: sekresi dan eksresi?
« Jawab #2 pada: November 14, 2009, 01:48:58 PM »
Setahu yang saya tahu
Sekresi
Pengeluaran sekret, yaitu zat yang bermanfaat bagi tubuh. Sekret ini dihasilkan dari Kelenjar. Jadi, zat yang dikeluarkan oleh kelenjar disebut dengan sekret. Misalnya, lendir(mucus), hormon, enzim.

Eksresi
Pengeluaran zat zisa. Zat sisa ini tidak bermanfaat bagi tubuh. Misalnya feses(tinja), urine, CO2 hasil respirasi.



Untuk penulisan contoh kalimat yang benar:

::Kelenjar Empedu menghasilkan Sekret berupa Getah Empedu::

::Empedu mensekresikan Getah Empedu, bukan Empedu mengeksresikan Getah Empedu::


Nah, untuk kelenjar keringat saya masih agak bingung. Dia itu termasuk sekresi atau eksresi. Tapi menurut saya kelenjar keringat lebih dekat ke Sekresi Keringat. Karena keringat dihasilkan melalui kelenjar dan juga mempunyai manfaat bagi tubuh (menjaga kelembaban kulit, membantu mendinginkan suhu tubuh).
« Edit Terakhir: November 14, 2009, 01:54:44 PM oleh Idad »
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: sekresi dan eksresi?
« Jawab #3 pada: November 15, 2009, 05:51:29 PM »
@ Om idad:
Ingus gimana?

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: sekresi dan eksresi?
« Jawab #4 pada: November 15, 2009, 07:37:56 PM »
@ Om idad:
Ingus gimana?
Ingus termasuk sekret karena dihasilkan Epitel Kelenjar (dalam hal ini Sel Goblet) dan oleh kelenjar submukosa.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #5 pada: November 16, 2009, 04:16:31 PM »
ingus itu sekret yang berlebihan... sama dengan dahak juga.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #6 pada: November 18, 2009, 07:43:38 PM »
:::::::::RALAT:::::::::

Mohon maaf sebelumnya tentang keringat itu masuk sekret atau eksret. Sbenarnya pertanyaan ini sudah bisa dijawab oleh murid kelas 2 SMA. Tapi kemarin saya bingung dengan definisi dari sekresi dan eksresi.

Tegasnya, pernyataan dibawah ini saya ralat:
Nah, untuk kelenjar keringat saya masih agak bingung. Dia itu termasuk sekresi atau eksresi. Tapi menurut saya kelenjar keringat lebih dekat ke Sekresi Keringat. Karena keringat dihasilkan melalui kelenjar dan juga mempunyai manfaat bagi tubuh (menjaga kelembaban kulit, membantu mendinginkan suhu tubuh).

Dengan demikian, saya ralat pernyataan saya diatas mengenai keringat adalah sekret menjadi Keringat adalah Eksret, dengan alasan definisi dari Skeresi dan Eksresi sebagai Berikut:

a. Sekresi --> hasil keluaran kelenjar yang mengarah ke saluran, rongga, atau ke dalam tubuh.

b. Eksresi --> hasil keluaran metabolisme ke luar tubuh.

Karena keringat di keluarakan ke luar tubuh, maka keringat termasuk Eksret.



Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #7 pada: November 18, 2009, 07:59:26 PM »
...apa  ada hubungannya dengan penamaannya, sekret kupikir berasal dari sex, yang dikeluarkan lewat alat kelamin...padahal keduanya memiliki tujuan yang sama untuk pengeluaran.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #8 pada: November 19, 2009, 08:33:24 AM »
... definisi dari Skeresi dan Eksresi sebagai Berikut:

a. Sekresi --> hasil keluaran kelenjar yang mengarah ke saluran, rongga, atau ke dalam tubuh.

b. Eksresi --> hasil keluaran metabolisme ke luar tubuh.

Karena keringat di keluarakan ke luar tubuh, maka keringat termasuk Eksret.
nah, sekarang yang di telinga itu hasil ekskresi ato sekresi? itu kan keluar dari kulit tapi ada di saluran telinga.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #9 pada: November 19, 2009, 07:55:29 PM »
...apa  ada hubungannya dengan penamaannya, sekret kupikir berasal dari sex, yang dikeluarkan lewat alat kelamin...padahal keduanya memiliki tujuan yang sama untuk pengeluaran.
oh bukan2.., sekret buak dari sex.,. ::: dulu waktu masih SMP saya juga pernah berpikrian demikian, tapi ternyata bukan.

itu kan keluar dari kulit tapi ada di saluran telinga.
kalau dari definisi eksret kan kelaru tubuh dalam artian tidak dipakai dan tidak digunakan oleh tubuh lagi. jadi kalau Ekskret yang dikelaurkan itu zat sisa. Sedangkan sekret yagn dikeluarkan bukan zat sisa..,

nah, sekarang yang di telinga itu hasil ekskresi ato sekresi? itu kan keluar dari kulit tapi ada di saluran telinga.
Karena itu, saya memberanikan diri untuk menjawab...,
bahwa yang ditelinga itu (dalam artian Ear Wax/Cerumen) adalah sekret ..,
dan Cerumen berbeda dengan keringat..,

barusan ngutik wikipedia sedikit dan googling juga (kadang2 Wikipedia ada yang tidak akurat soalnya) saya keteme bahwa  Cerumen itu ada kelenjarnya, namanya Cerumenous Glands. Kayaknya sih yang Ear Wax itu juga ada campuran dari kelenjar sebasea.

@Om Syx
(hehe.., saya masih smester 1..., lum belajar fisioloi dan anatomi secara mendalam:: mohon bimbingan dan koreksinya ya..,)
« Edit Terakhir: November 19, 2009, 08:11:31 PM oleh Idad »

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #10 pada: November 20, 2009, 06:49:59 AM »
kalo air mata? ;D

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #11 pada: November 21, 2009, 06:22:54 AM »
kalo air mata? ;D
jelas sekresi.., hehehe..,
itukan ada kelenjar airmatanya...,

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #12 pada: November 21, 2009, 04:01:41 PM »
Airmata aku pikir termasuk eskret, karena zat tersebut mempunyai saluran keluar dari tubuh...

Bener nggak sih?

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #13 pada: November 21, 2009, 04:34:25 PM »
Airmata aku pikir termasuk eskret, karena zat tersebut mempunyai saluran keluar dari tubuh...

Bener nggak sih?
bukan2., airmata itu sekret. Ada kelenjarnya, namanya Glandula Lacrimalis. Glandula =  Kelenjar, Lacrimal = Airmata.

Fungsinya airmata adalah membasahi bola mata. Airmata juga berfugnsi sebagai pembunuh kuman2 yang masuk kedalam mata. Bayangkan berapa banyak kuman dan kotoran yang menerjang masuk ke permukaan mata kita setiap hari...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Sekresi dan Ekskresi?
« Jawab #14 pada: November 21, 2009, 06:45:16 PM »
...kalo dalam peristiwa pada tumbuh-tumbuhan  istilah apa yang digunakan? misalkan saja tumbuhan mengeluarkan getah/lateks yang berasal dari protoderm atau peristiwa gutasi, nah itu bisa dibilang sekresi  atau eksresi?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
5266 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2008, 07:11:16 PM
oleh reborn
3 Jawaban
4540 Dilihat
Tulisan terakhir November 05, 2008, 07:12:05 AM
oleh syx
3 Jawaban
8117 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2009, 02:12:27 PM
oleh insan sains
13 Jawaban
5389 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2009, 06:44:54 PM
oleh Nabih
0 Jawaban
2646 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2011, 08:09:55 PM
oleh Irvan Wira trihadi G

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia