Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

qwertypo

Kemarin jam 09:45:43 AM
Gan, ane lagi nyari buku Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran, William D Cooper author nya Sahat Pakpahan

SplitzBurned

September 30, 2014, 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

Show 50 latest

Penulis Topik: Tentang dinosaurus  (Dibaca 25226 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #15 pada: Juli 28, 2008, 12:39:36 PM »
Katanya kadal (ato komodo, aku lupa).. Itu sebenarnya dinosaurus yang masih bertahan hidup..

@Pi-One: Kawah Arizona itu bukan penyebabnya, itu masih terlalu kecil..

Offline dopamine

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 29
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #16 pada: Agustus 01, 2008, 04:28:52 PM »
baru baca nih..
dulu gw sempet belajar banyak tentang dinosaurus, cuma berhenti gara-gara ngga masuk jurusan paleontologi, sekarang banting setir jadi animator.. tapi gw masih inget beberapa.

ada yang bilang dinosaurus itu punah karena meteor, mungkin benar mungkin tidak, meskipun bukti kawahnya banyak, kepunahan era itu tidak membunuh 90% kehidupan dimuka bumi saat itu.

In my opinion, dinosaurus punah karena banyak hal. dalam imajinasi saya, apatosaurus, seismosaurus, Tyrannosaurus, Therizinosaurus, Gigantosaurus dan lainnya yang berukuran sangat besar tidak mampu menandingi kompetitornya yang justru lebih kecil saat itu, siapa lagi kalau bukan mamalia. bukti fosil menunjukkan tidak adanya ruang buat evolusi mamalia menjadi besar untuk ketiga zaman dinosaurus (Triassic, Jurassic, Cretaceous), namun semenjak dinosaurus punah, mamalia berevolusi menjadi lebih besar seolah mengganti relung kehidupan yang semula didominasi dinosaurus.

pertanyaan berikutnya, dinosaurus kecil kan ada? dan kenapa hanya dinosaurus yang dipilih punah? bukti fosil tidak menunjukkan bahwa di perbatasan K-T (perbatasan antara cretaceous-tertiary) tidak menunjukkan bahwa dinosaurus lenyap begitu saja, melainkan bertahap. bisa dipastikan mereka punah perlahan-lahan, spesies demi spesies.

makhluk hidup tumbuh dan berevolusi dalam ruang geologis yang aktif, semuanya dirancang sesuai kebutuhan mengikuti alam, tidak ada binatang kamuflasif hutan di gurun pasir (silakan cari sendiri) atau unta yang hidup di hutan hujan. sama, dinosaurus juga demikian, belum lagi efek meteor yang (mungkin) memusnahkan sebagian spesies mereka.

tapi gw pribadi lebih setuju dengan kehadiran kompetitor, atau ada yang mengacaukan rantai makanan, mamalia-mamalia kecil memangsa telur dinosaurus, who knows...

oya satu lagi, dinosaurus bukan kadal. teknik berjalannya bukanlah sprawling-gait mirip komodo atau buaya, namun lebih mirip burung atau mamalia. dinosaurus adalah klan archosaurus, bukan kadal. buaya, komodo dan tuatara mungkin kadal yang hidup sezaman dengan dinosaurus, namun tetap mereka bukan dinosaurus.

informasi lebih lanjut baca di wikipedia aja
http://en.wikipedia.org/wiki/Dinosaurs [nofollow]
« Edit Terakhir: Agustus 01, 2008, 04:36:10 PM oleh dopamine »

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #17 pada: Agustus 01, 2008, 04:40:25 PM »
emang ga ada fosil manusia di jaman dinosaurus. tapi gimana dengan fosil jejak di paluxy river, deket glen rose texas?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #18 pada: Agustus 01, 2008, 04:47:26 PM »
@dopamine
wah, thanks berat jawabannya bro. Rada masuk akal nih penjelasannya. Walau ada satu yang mengganjal nih.

pertanyaan berikutnya, dinosaurus kecil kan ada? dan kenapa hanya dinosaurus yang dipilih punah? bukti fosil tidak menunjukkan bahwa di perbatasan K-T (perbatasan antara cretaceous-tertiary) tidak menunjukkan bahwa dinosaurus lenyap begitu saja, melainkan bertahap. bisa dipastikan mereka punah perlahan-lahan, spesies demi spesies.

Pertanyaannya kan belum terjawab tuh. Kenapa hanya dinosaurus yang dipilih punah? Walaupun bertahap, kan tetep aja pada akhirnya mereka semua punah, yang besar dan kecil. Apa yang menyebabkan mereka gak bisa bertahan hidup?
Thanks lagi  ;)

Offline dopamine

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 29
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #19 pada: Agustus 01, 2008, 11:26:08 PM »
@syx
itu bukan manusia, trust me my friend. atau kalaupun itu jejak manusia, bukan di zaman dinosaurus. tapi kalo gw perhatiin, itu jejak tiga jari, kemungkinan reptil.

@reborn
thanks. sampai saat ini kan masih misterius kenapa hanya dinosaurus yang punah, tapi sebenarnya kepunahan tidak hanya terjadi pada dinosaurus kan? contohnya pada zaman permian yang memusnahkan 70% kehidupan darat dan 95% kehidupan laut terjadi 248 juta tahun lalu sebelum dinosaurus muncul. kemudian punahnya dinosaurus memusnahkan 50% lebih kehidupan dibumi, berarti bukan hanya dinosaurus. kemungkinan juga pendinginan iklim akibat efek meteor. kenapa binatang lain tidak ikut punah? mereka bisa beradaptasi lebih cepat daripada dinosaurus (in my opinion). tikus misalnya (rhodentia), mengembangkan strategi beranak lebih banyak sebagai perilaku adaptif agar tidak punah. tapi gw (pribadi) lebih 'menyalahkan' mamalia sebagai biang kepunahan dinosaurus.

maap kalo penjelasan gw kurang menarik hati, silakan didiskusikan lagi. santai aja bro..  :D
« Edit Terakhir: Agustus 01, 2008, 11:36:11 PM oleh dopamine »

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #20 pada: Agustus 01, 2008, 11:49:01 PM »
@dopamine
Menarik kok, gw malah banyak ga tau nih soal dinosaurus, film jurassic park aja nontonnya setengah2, itu juga di tipi :P. Tapi memang gw kurang bisa nerima penjelasan mereka punah karena ada meteor yang jatuh, emang sebesar apa meteornya, trus masa cuman dinosaurus yang punah?

Nah penjelasan dopamine keliatannya lebih masuk akal, walau masih ada bbrp pertanyaan yg belum terjawab juga sih. Selain dinosaurus, hewan purba apa yang udah punah sekarang? Buat perbandingan aja, alasan yg lain punah kenapa.

Offline dopamine

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 29
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #21 pada: Agustus 02, 2008, 12:11:41 AM »
hewan yang udah punah ya? ada pelycosaurus (separuh reptil-separuh mamalia dan bukan dinosaurus) sudah total lenyap, kemudian ada pterosaurus (reptil terbang dan bukan dinosaurus), kemudian ada plesiosaurus (reptil laut dan bukan dinosaurus), ada thecodont (leluhur dinosaurus, crocodilian, burung), dan banyak lagi deh..

yang menarik, ternyata dinosaurus dan burung masih satu saudara loh, hubungan kekerabatan evolusi mereka ternyata dekat. bisa dibilang dinosaurus dan burung masih satu klan, mereka sama-sama archosaurus. kan istilah dinosaurus sebenarnya 'non-avian dinosaurs', berarti burung (aves) adalah 'dinosaurus' yang belum punah. mereka (archosaurus) muncul awal zaman triassic sekitar 248 juta tahun silam. masih diperdebatkan siapa leluhur asli klan archosaurus ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #22 pada: Agustus 02, 2008, 12:22:16 AM »
ckckck... mantap nih pengetahuan perdinosaurusannya ;D selain dinosaurus yang punah kebanyakan reptil dong? Apa kesamaan mereka ya? Kalo burung dodo itu termasuk burung (walau ga bisa terbang)? Dodo udah punah juga kan? Harus baca lagi sejarahnya nih, ga mudeng gw jaman Triassic, Jurassic, ..... ??? Ntar baca2 dulu deh.  Oya, ada rekomendasi bacaan buat ini ga?

Offline dopamine

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 29
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #23 pada: Agustus 02, 2008, 12:26:37 AM »
oh rekomendasi buat artikel ini buka aja disini :
http://science.nationalgeographic.com/science/prehistoric-world/prehistoric-time-line.html [nofollow]

hehe.. thanks ya, udah banyak yang lupa, maklum udah jadi desainer 3d. jadi harus baca-baca lagi.
« Edit Terakhir: Agustus 02, 2008, 12:28:15 AM oleh dopamine »

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #24 pada: Agustus 02, 2008, 09:58:31 AM »
Kalo burung dodo itu termasuk burung (walau ga bisa terbang)? Dodo udah punah juga kan? Harus baca lagi sejarahnya nih, ga mudeng gw jaman Triassic, Jurassic, ..... ??? Ntar baca2 dulu deh.  Oya, ada rekomendasi bacaan buat ini ga?
burung dodo ga isa terbang, banyak burung lain yg ga isa terbang, di antaranya burung unta dan kiwi. burung dodo kalo ga salah punah gara-gara rasa ingin taunya yg tinggi. ngeliat manusia bukannya lari malah mendekat karena penasaran. ya akibatnya berakhir di panggangan.
banyak yg punah karena ulah manusia, di antaranya harimau tasmania.
berkaitan dengan dinosaurus dan makhluk purba setidaknya ada beberapa binatang yg dianggap fosil hidup, di antaranya komodo di nusa tenggara dan coelacanth di perairan sulawesi.
terus ada juga yg dianggap masi berkaitan dengan burung purba... gw bahas di topic hoatzin. burung ini punya jari pada sayapnya semasa masih kecil.

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #25 pada: Agustus 02, 2008, 07:55:58 PM »
wah setau aku burung dodo punah gara2 rebutan semangka sama Manfred, Sid, Diego. hehehe ice age nih.

sampe sekarang masih bingung tentang dinosaur sebenernya lebih dekat ke burung daripada reptil. setau aku mirip aves adalah perilakunya dan bukan dari fisik. CMIIW

Offline dopamine

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 29
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #26 pada: Agustus 02, 2008, 08:11:30 PM »
@uzik-sama
sayangnya perilaku tidak dapat dipelajari lewat fosil..
jadi kesimpulan perilaku masih butuh pertimbangan khusus lewat kerabat terdekatnya antara burung dan reptil. ciri fisik sih banyak mas uzik, tapi semuanya sebatas tulang, dan beberapa fosil dinosaurus memperlihatkan bulu burung ditubuhnya, hebat.

ternyata ayam goreng yang kita makan adalah 'dinosaurus' hehe... ngacir~

Offline Indiana Jones

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #27 pada: Desember 15, 2009, 01:47:24 PM »
dalam islam sebenarnya sudah ada mahluk yang di ciptakan tuhan sebelum manusia pertama (adam) di turunkan di muka bumi. adapun nama mahkluk itu itu adalah banulja'an. para sejarahwan islam berpendapat bahwa yang di maksud dengan Banulja'an itu adalh dinosaurus sendiri. itu semua berdasarkan riwayat mahkluk itu sendiri karena tuhan telah memusnahkan mahlyk itu dengan hujan batu dari neraka, coba pikirkan riwayat punahnya banulja'an tersebut sama dengan cerita musnahnya dinosaurus yang katanya terkena hujan meteor

Offline Indiana Jones

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #28 pada: Desember 15, 2009, 02:57:23 PM »
berdasarkan kitab suci islam zaman dimana bumi di ciptakan adalah sebanyak 6 masa. sejarahwan islam berpendapat bahwa masa itu merupakan waktu ketentuan yang tidak terbatas. dan bumi sendiri di ciptakan dalam masa yng ke-4, berdasarkan penjalaasan tersebut maka banulja'an turun kebumi di masa yg ke4. berdasarkan peembagian zaman prasejarah dinosaurus muncul di masa\zaman yang ke4. karena 1)islam telah menzelaskan bahwa masa yg pertama tuhan menciptakan istananya dulu jadi masa pertama kosong bumi belum dirancang. berdasrkan pembagian itu
2).Archaekum, zaman bumi baru mulai tercipta
3).palaezoikum, zaman awal kehidupan
4).mesozoikum, zaman dinosaurus
5).neozoikum, zaman mamalia raksasa
6).holosen, zaman manusia
berdasarkan pembagian prasejarah zaman/masa sendiri di bagi  menjadi 5 bagian (dalam lingkup ilmu pengetahuan dan 6 dalam lingkup keagamaan)

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6711
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #29 pada: Desember 16, 2009, 09:20:21 AM »
Pembagian waktu adalah buatan manusia, jadi bisa disesuaikan. Sejatinya zaman sendiri bisa dibagi 6, 9, 20, atau berapa juga angka yang anda mau, tinggal menyesuaikan perimeternya saja.

Dalam contoh kasus, antara zaman awal kehidupan dan zaman dinosaurus, ada masa dimana hewan multi sel dan bercangkang hidup. Antara zaman dinosaurus dan zaman mamalia raksasa ada zaman mamalia kecil. Dan kita tidak tahu jika manusia telah punah, akan ada zaman apa...
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun cs

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???

Dimulai oleh Ahazveroz « 1 2 3 » Biologi

35 Jawaban
12717 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 10, 2009, 09:37:06 AM
oleh milmi
15 Jawaban
12735 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 25, 2010, 10:44:42 PM
oleh arydhamayanti
0 Jawaban
1799 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2009, 04:27:39 PM
oleh Alicha
0 Jawaban
2104 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 12, 2009, 05:03:24 PM
oleh biobio
8 Jawaban
4634 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2009, 04:09:56 PM
oleh Pi-One

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia